lifestyle

10 Tips Mudah Meningkatkan Konsentrasi, Apa Saja?

By  | 

Dalam mengerjakan sesuatu pastinya diperlukan konsentrasi yang cukup agar pekerjaan bisa diselesaikan dan mengurangi risiko kesalahan.

Tapi kenyataannya tidak semua orang bisa berkonsentrasi dengan baik. Untuk kamu yang selama ini sulit untuk berkonsentrasi, coba deh beberapa cara meningkatkan konsentrasi yang dilansir dari Healthline.

Baca juga: Untuk yang Super Sibuk? Begini 8 Cara Membagi Waktu yang Benar

1. Melatih otak

Cara Jitu Meningkatkan Konsentrasi, Apa Saja?

(foto: freepik)

Salah satu cara meningkatkan konsentrasi adalah dengan memainkan game tertentu, seperti sudoku, teka teki silang, catur, pencarian atau pengacakan kata dan juga permainan yang mengasah ingatan.

Hasil studi yang dilakukan pada tahun 2015, dengan melatih otak setidaknya 15 menit perhari akan sangat membantu meningkatkan konsentrasi.

Game yang sudah dijelaskan sebelumnya juga membantu untuk meningkatkan ingatan jangka pendek dan meningkatkan keterampilan dalam memecahkan suatu masalah.

2. Memperbaiki jam tidur

Cara Jitu Meningkatkan Konsentrasi, Apa Saja?

(foto: unsplash/allwhowander)

Kurang tidur atau istirahat memang sangat berpengaruh pada konsentrasi. Tidak hanya itu, kurang tidur juga akan membuat kamu lebih mudah lupa dan suasana hati yang buruk.

Jika kamu selama ini sulit untuk tidur, ada beberapa tips yang bisa di ikuti seperti mematikan TV setidaknya satu jam sebelum tidur, jaga suhu kamar agar tetap sejuk, tenangkan diri sebelum tidur dan olahraga secara teratur juga akan sangat membantu tidurmu agar lebih nyenyak.

Setelah itu, jangan lupa untuk membiasakan tidur setidaknya 7 hingga 8 jam setiap harinya ya.

3. Luangkan waktu untuk olahraga

Cara Jitu Meningkatkan Konsentrasi, Apa Saja?

(foto: freepik)

Dengan olahraga secara teratur, pastinya akan sangat membantu kamu dalam meningkatkan konsentrasi.

Studi yang dilakukan pada tahun 2018 menyatakan bahwa sebanyak 116 siswa yang diamati, memiliki konsentrasi yang meningkat setelah berolahraga selama 4 minggu.

Maka dari itu, cobalah untuk berolahraga secara rutin 3 kali dalam seminggu selama 15 hingga 30 menit.

4. Menghabiskan waktu di alam

Cara Jitu Meningkatkan Konsentrasi, Apa Saja?

(foto: freepik)

Ada beberapa orang yang sangat menyukai pemandangan alam dan udara yang sejuk bisa meningkatkan konsentrasi mereka.

Kamu tidak perlu keluar jauh dari rumah untuk menghabiskan waktu di alam, karena di halaman rumah atau taman di sekitar komplek rumah pun bisa sangat membantu kamu dalam meningkatkan konsentrasi.

Sebelum bekerja atau melakukan aktivitas lain, kamu bisa berjalan atau memandangi keindahan alam setidaknya 15 menit setiap hari.

5. Lakukan meditasi

Cara Jitu Meningkatkan Konsentrasi, Apa Saja?

(foto: unsplash/jmason)

Meditasi memiliki begitu banyak manfaat dan salah satunya bisa meningkatkan konsentrasi. Meditasi dapat membantu kamu untuk lebih fokus dan meningkatkan kemampuan kognitif lainnya.

Banyak orang yang beranggapan bahwa meditasi mengharuskan seseorang untuk diam dengan mata tertutup, karena kamu juga harus melatih pernapasan dalam.

Baca juga: 9 Tips Jalani Hubungan LDR Agar Gak Membosankan

6. Mendengarkan musik

Cara Jitu Meningkatkan Konsentrasi, Apa Saja?

(foto: unsplash/maltewingen)

Ada beberapa orang yang menganggap mendengarkan musik ketika bekerja atau belajar memang sangat menganggu.

Tapi tentunya hal tersebut tidak berlaku untuk sebagian orang. Karena mereka menganggap dengan mendengarkan musik akan sangat membantu dalam meningkatkan konsentrasi.

Jenis musik yang paling cocok untuk meningkatkan konsentrasi adalah musik klasik.

7. Lakukan diet

Cara Jitu Meningkatkan Konsentrasi, Apa Saja?

(foto: unsplash/louishansel)

Jangan salah, diet bukan hanya membuat berat badan turun tapi juga bisa meningkatkan konsentrasi.

Cobalah untuk mengurangi atau bahkan menghindari makanan olahan, makanan dengan kadar lemak tinggi dan yang mengandung banyak gula.

Ada beberapa makanan yang mampu meningkatkan konsentrasi seperti blueberry, bayam, telur (baik kuning atau putihnya) dan ikan salmon.

8. Konsumsi kafein

Cara Jitu Meningkatkan Konsentrasi, Apa Saja?

(foto: unsplash/kimdonkey)

Meskipun banyak pakar kesehatan yang menyarankan untuk mengurangi dan menghindari kafein, nyatanya kafein bisa membantu meningkatkan konsentrasi.

Jika kamu kurang suka mengonsumsi kopi, bisa mengonsumsi teh hijau atau teh hitam. Kafein memang baik untuk meningkatkan konsentrasi tapi jangan terlalu berlebihan mengonsumsinya.

9. Konsumsi suplemen

Cara Jitu Meningkatkan Konsentrasi, Apa Saja?

(foto: unsplash/kaylamaurais)

Sekarang ini kamu bisa dengan mudah menemui suplemen yang mengandung bahan-bahan untuk meningkatkan konsentrasi.

Memang tidak ada salahnya untuk mengonsumsi suplemen ini, tapi untuk kamu yang memiliki penyakit tertentu sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu ke dokter.

Biasanya suplemen untuk meningkatkan konsentrasi mengandung bahan seperti folat, flavonoid, omega-3 dan lain sebagainya.

10. Istirahat

Cara Jitu Meningkatkan Konsentrasi, Apa Saja?

(foto: unsplash/anhwa)

Ada banyak pekerjaan ataupun tugas yang harus kamu selesaikan? Meskipun deadline sudah menunggu, tapi jangan paksakan dirimu untuk terus bekerja.

Tubuhmu bukan robot yang harus bekerja terus menerus dan akhirnya kehilangan konsentrasi

Setelah merasa lelah atau merasa konsentrasi mulai berkurang, cobalah untuk istirahat 30 menit hingga 1 jam untuk memulihkan tubuh dan agar konsentrasi tetap terjaga.

Demikianlah 10 cara jitu meningkatkan konsentrasi. Tentunya kamu tidak perlu melakukan semuanya, pilihlah salah satu yang menurutmu paling mudah untuk dilakukan.