lifestyle

7 Manfaat Meditasi Kundalini, Ampuh untuk Atasi Stres

Penulis:   | 

Meditasi kundalini merupakan salah satu jenis meditasi yang bertujuan untuk meningkatkan energi keseluruh tubuh.

Manfaat pelepasan energi ini dapat menyelaraskan pikiran dan tubuh sehingga dapat menetralkan berbagai masalah yang timbul baik dari fisik maupun pikiran.

Ternyata jenis meditasi yang satu ini juga dipercaya menjadi salah satu cara untuk detoksifikasi atau pembersihan pikiran dan penyeimbangan energi dalam tubuh.

Menurut sejarahnya, meditasi kundalini dipopulerkan oleh Yogi Bhajan pada tahun 1968.

Yogi Bhajan pergi meninggalkan India barat ke Amerika untuk mengembangkan meditasi. Kundalini sendiri memiliki arti sebagai ‘energi primal’.

Meditasi kundalini menjadi salah satu metode untuk mengurangi stres dan rasa sakit baik secara fisik maupun kejiwaan. Hal ini tentu sangat berguna di masa sekarang, ketika banyak orang menghadapi banyak beban hidup.

Akan tetapi, perlu diingat bahwa meditasi ini bukan berasal dari ritual keagamaan tertentu, melainkan hanya sarana untuk membangkitkan energi dalam tubuh.

Berikut adalah manfaatnya yang bisa didapatkan setelah mempraktikkan.

Baca juga: Apa Itu Penyakit Ain, Kenali Sebab dan Bahayanya

1. Bisa meredakan stres

7 Manfaat Meditasi Kundalini, Ampuh untuk Atasi Stres

(foto: pixabay)

Manfaatnya yang pertama adalah untuk meredakan dan mengontrol stres melalui penyeimbangan dari kontrol sistem saraf.

Dengan memperkuat sistem saraf, maka akan mengakibatkan energi positif dalam reaksi tubuh dan munculnya keadaan tubuh yang enerjik.

Hal ini juga didukung dengan adanya laporan hasil penelitian pada tahun 2017 dari International Journal of Yoga yang menyatakan bahwa meditasi kundalini terbukti ampuh meredakan stres.

2. Meningkatkan fungsi kognitif

7 Manfaat Meditasi Kundalini, Ampuh untuk Atasi Stres

(foto: pixabay)

Fungsi kognitif atau memori menjadi salah satu masalah yang dihadapi banyak orang terutama para lansia.

Ketika bertambahnya usia cenderung terjadi penurunan fungsi kognitif atau memori. Dengan melakukan kundalini rutin, maka dapat meningkatkan memori.

Pada studi yang membandingkan antara yoga dan kundalini tahun 2017, didapatkan hasil bahwa kundalini mampu meningkatkan fungsi memori secara efektif.

3. Meredakan emosi negatif yang muncul

7 Manfaat Meditasi Kundalini, Ampuh untuk Atasi Stres

(foto: pixabay)

Meditasi kundalini yang melakukan banyak pergerakan dan proses melatih pernapasan dalam praktiknya, akan menimbulkan efek tenang dan dapat meredakan emosi-emosi yang muncul.

Kesedihan, stres, kecemasan dan berbagai jenis emosi lainnya, dapat diredakan melalui meditasi dengan cara menurunkan kadar hormon kortisol seiring yang dikenal sebagai hormon stres.

Baca juga: Perbedaan Lotion dan Moisturizer, Perawatan Terbaik Buat Kulit

4. Membantu meningkatkan konsentrasi

7 Manfaat Meditasi Kundalini, Ampuh untuk Atasi Stres

(foto: pixabay)

Melalui kundalini, kemampuan dan hubungan dengan intuisi yaitu firasat yang terbentuk pada alam bawah sadar pada tubuh akan semakin meningkat dan terkoneksi baik dengan tubuh.

Dengan demikian, pemikiran, jiwa, dan perasaan akan menemukan keselarasan yang mempermudah anda untuk berkonsentrasi dan juga lebih bijak dalam pengambilan keputusan.

5. Mengurangi rasa sakit dan menambah kekuatan fisik

7 Manfaat Meditasi Kundalini, Ampuh untuk Atasi Stres

(foto: pixabay)

Pada tahun 2008 telah dilakukan penelitan terhadap para veteran yang mengalami gangguan dan nyeri di beberapa bagian tubuh seperti punggung, sendi, dan lainnya.

Tentu saja efeknya yang satu ini tidak akan sama persis antara satu orang dan orang lain. Tapi secara umum didapatkan hasil bahwa meditasi kundalini dapat mengurangi nyeri yang diderita.

6. Meningkatkan hormon serotonin dan dopamin

7 Manfaat Meditasi Kundalini, Ampuh untuk Atasi Stres

(foto: pixabay)

Apakah kamu sudah cukup familiar dengan istilah hormon serotonin dan dopamin? Hormon serotonin berguna untuk peningkatan energi, sedangkan dopamin berfungsi dalam pengaturan emosi.

Meditasi kundalini terbukti dapat meningkatkan kadar dari serotonin dan dopamin diotak yang berperan penting dalam menimbulkan rasa senang dan bahagia.

7. Memperluas kapasitas paru-paru

7 Manfaat Meditasi Kundalini, Ampuh untuk Atasi Stres

(foto: pixabay)

Kundalini dilakukan dengan pengolahan teknik pernapasan, yaitu kemampuan untuk menarik dan membuang nafas sesuai pola yang ditetapkan. Hal ini berdampak positif para paru-paru.

Kapasitas paru-paru menjadi meningkat, karena meditasi yang memfokuskan pada pengambilan nafas panjang dan dalam yang menimbulkan efek relaksasi.

Nah, itulah beberapa manfaat meditasi kundalini. Jangan lupa dicoba dan rasakan ragam manfaatnya ya.

3 KOMENTAR

  1. Faza

    21/09/2021 at 21:13

    pikiran jadi tenang dan damai

  2. reno

    21/09/2021 at 21:11

    wa keren

  3. pawpaw

    21/09/2021 at 21:10

    wa lagu nya ampuh

TULIS KOMENTAR

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.