lifestyle

Perbedaan Lotion dan Moisturizer, Perawatan Terbaik Buat Kulit

Penulis:   | 

Setiap orang tentunya ingin memiliki kulit yang sehat. Beragam perawatan kulit pun dilakukan, misalnya memakai lotion dan moisturizer. Produk perawatan kulit ini mungkin sudah tidak asing lagi di kehidupan sehari-hari.

Yang sering kamu menemukan misalnya variasi produk seperti hand and body lotion, body butter, moisturizing lotion, dan sebagainya. Ternyata antara lotion dan moisturizer punya perbedaan yang signifikan.

Yang menjadi pembeda adalah fungsi dan kandungannya yang ada di setiap produknya. Setelah mengetahui bedanya, nanti kamu akan lebih tepat dalam memilih produk yang sesuai kebutuhan kulitmu.

Baca juga: 7 Fakta tentang Aromaterapi, Kenali Efeknya untuk Fisik dan Mental

Lotion bisa diaplikasikan dengan telapak tangan agar kulit lebih halus dan lembut 

Perbedaan Lotion dan Moisturizer, Perawatan Terbaik Buat Kulit

(foto: popsugar)

Lotion merupakan zat yang cenderung cair, dibuat dengan campuran bahan kimia serta wangi-wangian yang dipakai untuk perawatan kulit. Kadar cairan dan bahan-bahannya memungkinkan untuk dipakai di kulit.

Cara memakainya bisa dengan telapak tangan yang sudah dicuci bersih atau memakai kain dan kapas yang lembut. Menurut jenisnya, ada lotion yang dioleskan di tangan, di kaki, atau juga untuk badan (body lotion).

Beberapa produk lotion memiliki kekentalan lebih tinggi dari gel dan krim, tapi yang mempunyai kegunaan yang serupa untuk melembutkan kulit. Waktu terbaik untuk memakai lotion adalah setelah mandi pagi.

Memiliki kandungan pewarna dan pewangi, tapi tidak menangkal radikal bebas

Perbedaan Lotion dan Moisturizer, Perawatan Terbaik Buat Kulit

(foto: kleinmd)

Lotion yang ada di pasaran produk kecantikan pada umumnya mengandung pewarna dan juga pewangi. Dalam hal ini, lotion dipakai untuk mencerahkan kulit dengan aroma wangi yang menyegarkan.

Saat diaplikasikan ke kulit, lotion bisa menghilangkan atau meminimalisir beberapa macam efek negatif yang muncul pada kulit bagian luar, contohnya adalah tekstur kulit yang cenderung kasar.

Produk lotion bisa menyerap ke kulit, tapi tidak menghidrasi dan juga tidak bisa menangkal radikal bebas karena matahari atau polusi udara yang terlalu lama.

Baca juga: Fenomena Hypophrenia, Mendadak Menangis tanpa Alasan

Moisturizer memiliki beberapa kandungan yang bisa mencegah kulit kering

Perbedaan Lotion dan Moisturizer, Perawatan Terbaik Buat Kulit

(foto: pinterest)

Moisturizer merupakan produk kosmetika yang diciptakan untuk dapat menutrisi kulit. Di dalamnya ada kandungan seperti minyak alami yang bisa meresap ke dalam lapisan kulit.

Beberapa kandungan moisturizer misalnya hyaluronic acid, ceramides, gylcerin, lactid acid, dan natural oil. Moisturizer yang lebih cair memiliki kandungan propylene glycol, aloe vera, glycerin, dan juga hyaluronic acid.

Memakai moisturizer membuat kulit lebih kenyal, lembap, dan terhidrasi atau tidak kering. Moisturizer menaikkan kadar air dalam kulit dan juga mengurangi penguapan di pori-pori kulit.

Tidak ada tambahan pewarna dan juga pewangi tambahan dalam moisturizer

Perbedaan Lotion dan Moisturizer, Perawatan Terbaik Buat Kulit

(foto: faveable)

Pengguna moisturizer bisa dari kalangan usia muda maupun yang sudah usia lanjut. Pada umumnya orang-orang 50 tahun ke atas menggunakan moisturizer untuk dapat mengurangi risiko tanda-tanda penuaan berupa kulit keriput.

Manfaatnya memang bisa melembapkan kulit sampai ke lapisan yang paling dalam.

Dalam mengatasi kulit kering, moisturizer bisa bertahan untuk waktu yang lebih lama daripada lotion. Waktu terbaik memakainya adalah sebelum tidur.

Pada umumnya moisturizer berwarna netral atau bening karena tidak diberi pewarna tambahan dan juga tidak ditambah pewangi. Itulah mengapa beberapa produk moisturizer di depan kemasannya diberi label no perfume. 

Antara lotion dan moisturizer, mana yang saat ini dibutuhkan oleh kulitmu?

Perbedaan Lotion dan Moisturizer, Perawatan Terbaik Buat Kulit

(foto: popsugar)

Tentunya setiap orang ingin mempunyai kulit yang lembut, tidak kering, dan pastinya sehat lebih lama. Karena itu, penting sekali untuk teliti sebelum membeli produk perawatan agar sesuai dengan kebutuhan kulit.

Lotion biasa dipakai untuk melembutkan kulit bagian luar, dengan dilengkapi pewangi dan pewarna tambahan. Efek pemakaian lotion relatif sebentar.

Moisturizer dipakai untuk melembapkan dan menghidrasi sekaligus menutrisi sehingga kulit tidak kering. Karena bisa meresap lebih dalam, moisturizer bisa bermanfaat lebih lama untuk kulit.

Saat membeli lotion dan moisturizer, sebaiknya juga periksa kandungan bahannya. Dengan begitu, manfaat lotion dan moisturizer akan lebih maksimal di kulit.

TULIS KOMENTAR

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.