lifestyle

Beda Serum, Essence, Ampoule, dan Emulsion saat Pakai Skin Care

By  | 

Pernahkah kamu merasa ragu saat memilih produk perawatan kulit atau skin care?

Ada banyak sekali produk skin care yang ditawarkan, misalnya serum, essence, ampoule, dan emulsion yang begitu terkenal dalam tren Korean beauty beberapa tahun terakhir.

Beberapa brand terkenal selalu menawarkan produk barunya dengan spesifikasi yang berbeda-beda. Untuk yang masih pemula, tentu tidak mudah untuk memilih skin care yang tepat agar kulit tetap terawat.

Baca juga: Mengenal Dark Circle, Eye Bags, Puffy Eyes, dan Apa Bedanya

Serum

Beda Serum, Essence, Ampoule, dan Emulsion Saat Pakai Skin Care

(foto: pinterest)

Serum wajah berbentuk gel dan biasanya dikemas di dalam sebuah botol kecil lengkap dengan pipet seperti yang ada di laboratorium. Kandungan bahan aktif untuk serum adalah air, hyaluronic acid, vitamin, dan gliserin.

Konsentrasinya relatif tinggi dibandingkan dengan produk skin care lain seperti essence. Serum bisa mengatasi permasalahan kulit seperti kerutan, noda bekas jerawat, kulit kering, dan kusam.

Serum sebagai pelembap dengan bahan ringan bisa meresap lebih jauh dalam kulit. Setiap kulit wajah yang berbeda-beda juga membutuhkan jenis serum yang berbeda.

Misalnya untuk mengatasi kulit kering membutuhkan serum yang mengandung hyaluronic acid. Untuk masalah flek hitam atau meratakan warna kulit bisa memakai serum dengan kandungan vitamin C.

Essence

Beda Serum, Essence, Ampoule, dan Emulsion Saat Pakai Skin Care

(foto: intothegloss)

Kandungan utama untuk essence adalah air dan dilengkapi bahan aktif lain seperti hydroxycitric acid. Essence lebih encer dari serum dan bisa mencerahkan kulit serta menjaga kelembapan kulit dari dalam.

Karena aktivitas seharian di luar, maka kulit pun menjadi rentan untuk menjadi kusam, tampak lelah, terkena radikal bebas, sinar matahari, dan juga polutan.

Faktanya, kulit akan mulai memunculkan kerutan dan garis halus seiring bertambahnya usia. Inilah pentingnya essence untuk menjaga kondisi kulit terlihat awet muda.

Essence yang berbentuk cair, gel, dan cream bisa dipakai mulai dari bagian dagu sampai ke wajah bagian atas dengan merata. Manfaatnya juga bisa memaksimalkan penyerapan skin care yang dipakai selanjutnya.

Ampoule

Beda Serum, Essence, Ampoule, dan Emulsion Saat Pakai Skin Care

(foto: joahbox)

Ampoule juga bisa disebut sebagai serum yang konsentrasinya lebih tinggi. Umumnya ampoule punya kemasan berbentuk botol kecil dari kaca dengan pipet seperti serum.

Banyak yang menilai bahwa cara kerja dari ampoule cenderung lebih canggih daripada serum dan essence. Harganya pun sedikit lebih mahal daripada serum atau essence.

Tekstur pada ampoule lebih licin dan ringan, sehingga mudah untuk diserap kulit. Untuk jenis kulit yang bermasalah, memang ampoule lebih ampuh karena kadar bahannya yang lebih kuat.

Tapi, ampoule tidak disarankan dipakai setiap hari untuk kulit yang normal karena justru bisa memicu alergi atau bintik-bintik merah di wajah.

Baca juga: 10 Tanda Clingy dalam Hubungan, Bisa Ngambek Karena Hal Kecil

Emulsion

Beda Serum, Essence, Ampoule, dan Emulsion Saat Pakai Skin Care

(foto: theklog)

Emulsion bermanfaat untuk pelembap yang bisa diaplikasikan setelah serum yang konsentrasinya lebih tinggi.

Pada perawatan kulit ala wanita Korea, emulsion diterapkan di akhir, karena memang tujuannya agar semua nutrisi kulit pada tahap sebelumnya bisa terserap sempurna dan ‘terkunci’, sehingga kulit selalu lembap.

Emulsion yang punya tekstur ringan dan warnanya putih ini cocok untuk kulit berminyak atau kulit kombinasi. Untuk beberapa merek, emulsion diganti sebutannya dengan lotion.

Sebenarnya emulsion tidak termasuk produk yang wajib, disesuaikan dengan  kebutuhan kulit masing-masing.

Ini perbedaan serum, essence, ampoule, dan emulsion yang disesuaikan jenis kulit

Beda Serum, Essence, Ampoule, dan Emulsion Saat Pakai Skin Care

(foto: thefruitcompote)

Empat jenis skin care serum, essence, ampoule, dan emulsion memang banyak diminati saat ini, tapi tentunya tidak perlu memakai semuanya sekaligus. Bisa dipilih yang sesuai kebutuhan kulit, agar bisa lebih maksimal manfaatnya.

Serum adalah skin care berbentuk gel dengan konsentrasi tinggi yang bermanfaat untuk melembapkan, mencerahkan, juga mengatasi flek hitam di wajah.

Essence juga bermanfaat mencerahkan kulit dan menjadikan kulit tampak awet muda. Dibandingkan dengan serum, essence cenderung lebih encer dan bisa membantu penyerapan skin care yang telah diaplikasikan sebelumnya.

Ampoule pada dasarnya juga mirip serum, tapi kadarnya lebih tinggi. Ampoule bersifat memperbaiki kulit yang bermasalah, tapi jika sudah sembuh normal lagi, sebaiknya tidak perlu diteruskan pemakaiannya.

Yang terakhir adalah emulsion atau kadang disebut lotion. Emulsion bisa diterapkan di tahap akhir dari skin care sebelumnya, khususnya serum dan essence.

Antara serum, essence, ampoule, dan emulsion bisa memberi manfaat jika cocok dengan kondisi kulit.

Itulah mengapa setiap orang yang akan memakai serum, essence, ampoule, dan emulsion perlu memahami jenis kulitnya sendiri. Di antara keempat produk tersebut, mana yang pernah kamu pakai?