lifestyle

9 Tips Jalani Hubungan LDR Agar Gak Membosankan

By  | 

Long distance relationship atau LDR pastinya tidak mudah ya untuk dijalani. Dibutuhkan komitmen yang kuat dan komunikasi yang cukup agar hubungan dapat bertahan.

LDR ini memang membuat pasangan harus tetap menjalin hubungan meskipun terbentang jarak dan waktu. Tidak jarang karena LDR ini banyak pasangan yang merasa bosan dan memutuskan untuk mengakhiri hubungan.

Rasa bosan ini jika dibiarkan begitu saja akan membuat hubungan menjadi renggang. Lantas bagaimana cara mengatasi bosan saat LDR? Yuk simak beberapa tips berikut ini yang dilansir dari Psychology Today.

Baca juga: Terkena Baby Blues Syndrome? Atasi dengan 7 Cara Ini

1. Mengatur jadwal dengan baik

Ini Dia 9 Tips Agar LDR Tidak Membosankan Lagi!

(foto: freepik)

LDR bisa saja berbeda kota atau bahkan berbeda negara. Jadi saat berkomunikasi terdapat perbedaan waktu yang signifikan.

Aturlah jadwal dengan baik untuk menelepon, sekedar mengirim pesan singkat atau komunikasi lainnya. Tentu untuk mengatur jadwal tersebut harus ada persetujuan dari kedua pihak ya.

2. Pastikan tujuan dari hubungan kalian

Ini Dia 9 Tips Agar LDR Tidak Membosankan Lagi!

(foto: unsplash/priscilladupreez)

Apakah hubungan kalian hanya main-main saja atau ingin meuju ke jenjang yang lebih serius? Bicarakan hal ini dengan pasangan secara serius.

Jika hanya main-main saja, kamu tidak perlu membuang banyak waktu untuk menjalin hubungan LDR ini.

Tapi kalau memang kalian berkomitmen untuk menuju ke jenjang yang lebih serius lagi, ingatlah akan hal itu ketika kalian merasa bosan.

3. Jangan hanya mengandalkan teknologi

Ini Dia 9 Tips Agar LDR Tidak Membosankan Lagi!

(foto: unsplash/freestocks)

Pasangan yang sedang LDR memang sangat terbantu dengan adanya teknologi saat ini yang memudahkan mereka dalam berkomunikasi.

Perlu kamu ingat disamping teknologi tersebut yang bisa membuat kalian melepas rindu, cobalah untuk menyimpan benda yang mengingatkan kamu dengan pasangan misalnya topi atau baju.

Jadi disaat kamu dan si dia merasa rindu, kalian bisa melihat benda-benda tersebut.

4. Komunikasi berkualitas

Ini Dia 9 Tips Agar LDR Tidak Membosankan Lagi!

(foto: freepik)

Jangan hanya karena sudah waktunya untuk berkomunikasi, kalian malah memaksakan untuk telepon, mengirim pesan, video call dan lain sebagainya.

Lebih baik berfokus pada komunikasi yang berkualitas dibandingkan dengan seringnya komunikasi tapi hanya membahas hal-hal itu saja dan dianggap kurang penting.

Komunikasi berkualitas akan menguatkan hubungan kalian. Sebaliknya, komunikasi yang dipaksakan hanya bisa membuat kalian merasa bosan.

5. Tanyakan hal-hal kecil

Ini Dia 9 Tips Agar LDR Tidak Membosankan Lagi!

(foto: freepik)

Meskipun kamu dan pasangan perlu fokus pada komunikasi yang berkualitas, bukan berarti jika tidak ada hal yang ingin dibicarakan kamu tidak berkomunikasi sama sekali.

Setidaknya dalam sehari, kamu perlu menanyakan hal-hal kecil yang pasangan lakukan seperti apa saja kegiatannya hari ini? Apa yang dia makan? Apakah ada kesulitan yang dia lalui? Dan lain sebagainya.

Meskipun terdengarnya sepele, hal-hal kecil seperti itu akan sangat berguna untuk merekatkan hubungan kalian.

Baca juga: Ngidam Makanan Gak Sehat? Begini Cara Mengatasinya

6. Jangan terlalu mengekang

Ini Dia 9 Tips Agar LDR Tidak Membosankan Lagi!

(foto: freepik)

Banyak orang yang karena terlalu mengkhawatirkan pasangannya saat LDR, malah membuat berbagai peraturan yang seakan-akan mengekang.

Tentu ini sangat tidak baik untuk hubungan kalian. Jika kamu ada di posisinya, kamu terus dikekang dan harus mematuhi berbagai peraturan yang telah ia buat, pastinya kamu akan merasa bosan, bukan?

7. Percaya dan bebaskan

Ini Dia 9 Tips Agar LDR Tidak Membosankan Lagi!

(foto: unsplash/coopery)

Kepercayaan memang sangat penting dalam suatu hubungan, apalagi saat LDR. Meskipun ada rasa khawatir, tapi cobalah untuk percaya bahwa dia akan menjaga hatinya untukmu.

Setelah itu kamu bisa memberikan kebebasan untuknya. Tentunya ini akan sangat membantu hubungan kalian agar tidak dilanda dengan kebosanan.

8. Berpikir positif

Ini Dia 9 Tips Agar LDR Tidak Membosankan Lagi!

(foto: freepik)

LDR bisa membuat siapa saja memiliki pikiran negatif, misalnya jika pesan atau telepon kamu tidak diangkat.

Siapa tahu dia sedang sibuk bekerja sehingga tidak punya waktu untuk membalas atau mengangkat telepon dari kamu. Usahakanlah untuk memenuhi kepalamu dengan berbagai pikiran yang positif.

9. Jangan terlalu serius

Ini Dia 9 Tips Agar LDR Tidak Membosankan Lagi!

(foto: freepik)

Keseriusan memang sangat penting, tapi jika terlalu serius pastinya kamu dan dia juga akan merasa sangat bosan.

Berilah sedikit humor agar hubungan kalian bisa membawa kebahagiaan. Ya, setidaknya kamu tau kapan harus serius dan kapan harus bercanda ya.

Saat kamu atau si dia merasa bosan, coba deh beberapa cara diatas yang akan membantu hubungan kalian tidak terasa bosan lagi. Selamat mencoba ya!