lifestyle

Terkena Baby Blues Syndrome? Atasi dengan 7 Cara Ini

By  | 

Untuk seorang ibu yang baru saja melahirkan anak pertama, biasanya terkena baby blues sydrome atau sindrom baby blues.

Sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan sindrom baby blues ini? Jika seorang ibu merasa hatinya terganggu atau tidak nyaman setelah melahirkan, mudah lelah, sedih, menangis dan juga marah tanpa alasan maka itulah yang disebut dengan sindrom baby blues.

Sindrom ini memang tidak berlangsung lama (umumnya si ibu mengalaminya selama 2 minggu setelah melahirkan), tapi sayangnya jika sindrom ini tidak diatasi dengan baik maka akan berakibat fatal.

Ada beberapa kasus yang menyebutkan bahwa baby blues mengakibatkan seorang ibu menyakiti diri sendiri, suami hingga bayinya yang baru lahir.

Maka dari itu baby blues harus ditangani dengan segera. Ada beberapa cara unuk mengatasinya yang sebagian dilansir dari Parents.

Baca juga: Ngidam Makanan Gak Sehat? Begini Cara Mengatasinya

1. Konsultasi dengan psikolog

Terkena Baby Blues Syndrome? Cara-Cara ini Bisa Bantu Mengatasinya

(foto: unsplash/wocintechchat)

Jika menurutmu baby blues memang sulit diatasi sendiri dan kamu sudah tidak tahu lagi bagaimana cara mengatasinya, coba deh konsultasi dengan psikolog.

Psikolog memang sangat membantu kamu dalam mengatasi baby blues jika memang kamu tidak bisa mengatasinya sendiri.

Selain itu dengan konsultasi ke psikolog, kamu akan punya “teman curhat” dan bisa membagi masalah yang sedang kamu hadapi saat ini.

2. Ingat bahwa kamu tidak sendirian

Terkena Baby Blues Syndrome? Cara-Cara ini Bisa Bantu Mengatasinya

(foto: unsplash/tinamosquito)

Jutaan dan bahkan semua wanita yang ada di dunia ini juga mengalami baby blues syndrome kok. Jadi sama sepertimu, dan kamu harus tau bahwa kamu memang tidak sendirian.

Bahkan ada banyak wanita di luar sana yang mengalami baby blues lebih parah dibandingkan kamu dan mereka bisa melewati sindrom tersebut dengan baik.

3. Tidur yang cukup

Terkena Baby Blues Syndrome? Cara-Cara ini Bisa Bantu Mengatasinya

(foto: freepik)

Memang sih akan sulit rasanya untuk cukup tidur setelah melahirkan, karena bayi bisa bangun kapan saja dan bahkan saat malam hari.

Tapi jangan jadikan hal tersebut membebani kamu. Kamu bisa kok tidur cukup caranya dengan memanfaatkan waktu saat si kecil tidur.

Biasanya bayi akan tidur cukup lama dan menangis beberapa kali saja, jadi bisa kamu manfaatkan untuk tidur deh.

Selain itu jika kamu masih kurang tidur, cobalah untuk meminta bantuan pasangan untuk sekedar mengganti popok atau meredakan bayi yang sedang menangis.

4. Buat koneksi sosial

Terkena Baby Blues Syndrome? Cara-Cara ini Bisa Bantu Mengatasinya

(foto: unsplash/plhnk)

Kamu sangat beruntung lho berada di jaman sekarang ini karena teknologi sudah semakin canggih sehingga memudahkan segala pekerjaanmu dan membuat koneksi sosial.

Bergabunglah dengan beberapa komunitas yang bisa mendukung kamu dalam menghadapi berbagai permasalahan seperti baby blues syndrome.

Kamu juga bisa sharing dengan para wanita yang juga mengalami hal yang sama atau sudah pernah mengalami sebelumnya.

Baca juga: Begini 9 Tips Cara Mengatasi Mual Saat Hamil Muda

5. Olahraga rutin dan konsumsi makanan berkualitas

Terkena Baby Blues Syndrome? Cara-Cara ini Bisa Bantu Mengatasinya

(foto: unsplash/brookelark)

Olahraga bukan hanya membuat tubuhmu lebih sehat tapi juga bisa meningkatkan kualitas tidur dan membuat mental jadi lebih sehat.

Tentunya manfaat akan lebih bisa kamu rasakan jika olahraga dibarengi dengan mengonsumsi berbagai makanan yang berkualitas dan sehat.

Hindari junk food, gula berlebih dan makanan ringan kemasan karena bisa membuat mood swing semakin parah. Hal tersebut juga sudah dibuktikan lewat beberapa penelitian yang sudah dilakukan.

Pada awalnya baby blues ini memang sangat mengganggu ya, tapi hampir semua wanita juga merasakannya dan yakinlah bahwa kamu bisa melaluinya dengan sangat baik.

Dan kamu juga harus ingat bahwa disamping adanya baby blues syndrome, ada malaikat kecil yang Tuhan titipkan untuk kamu, sehingga harus dijaga dengan sangat baik. Semoga beberapa cara diatas bisa membantu kamu ya, selamat mencoba!