lifestyle

Masih Muda Tapi Gampang Stres? Kamu Bisa Coba Hilangkan dengan 6 Cara Ini

By  | 

Stres memiliki reputasi buruk. Sejumlah penelitian telah mengungkapkan efek negatifnya terhadap kesehatan dan ketenangan emosional. Tetapi tahukah kamu bahwa stres ada karena suatu alasan?

Dahulu, stres menyelamatkan nenek moyang kita dari ancaman dan predator dengan memicu respons untuk menyelamatkan diri.

Hal ini memungkinkan untuk mematikan fungsi tubuh yang tidak penting selama situasi pertarungan atau pelarian.

Tapi saat ini kita tidak sedang lari dari predator. Sebaliknya, kita hidup di dunia yang membuat stres dengan cara-cara baru. Stres masih menyebabkan reaksi tubuh yang sama, namun dampaknya tanpa henti merusak jiwa, bukan melindunginya.

Untungnya, ada beberapa cara untuk memerangi dampak negatif ini. Cobalah aktivitas yang menghilangkan stres di bawah ini.

Baca juga: 3 Bahaya Tidur Dekat dengan Ponsel yang Menyala, Resiko Kebakaran & Radiasi

1. Lebih banyak tersenyum

6 Cara Ini Efektif untuk Hilangkan Stres

(foto: unsplash/alexandra)

Kamu mungkin berpikir bahwa tersenyum adalah cerminan kebahagiaan. Tetapi penelitian menunjukkan bahwa tersenyum (tidak peduli bagaimana perasaan kamu) dapat meningkatkan suasana hatimu dalam situasi stres.

Sebaiknya tersenyumlah pada siapa saja ketika dalam sebuah komunitas. Jika ingin tersenyum sendiri, pastikan tidak ada orang di sekitar kamu. 

2. Sayangi hewan peliharaanmu

6 Cara Ini Efektif untuk Hilangkan Stres

(foto: unsplash/yerlin)

Dengan hanya 15 menit mengelus anjing, dapat melepaskan hormon perasaan enak/nyaman (seperti serotonin, prolaktin, dan oksitosin).

Aktivitas ini juga sekaligus mengurangi hormon stres kortisol, menurut penelitian University of Missouri-Columbia.

Selain itu, hal ini dapat menurunkan tekanan darah, membantu pemulihan penyakit jantung, dan meningkatkan penghargaan terhadap diri sendiri.

3. Buatlah kenangan

6 Cara Ini Efektif untuk Hilangkan Stres

(foto: unsplash/sarandy)

Penelitian telah membuktikan bahwa pengalaman membuat kita lebih bahagia dari pada harta benda. Karena itu, berinvestasilah dalam pengalaman hidup yang bermakna.

Rencanakan kegiatan menyenangkan bersama, keluarga, teman, pacar, atau siapa pun. Kemudian dokumentasikan dalam bentuk foto.

Otakmu akan mengasosiasikan sebuah foto dengan kenangan di belakangnya. Kamu tidak hanya akan memiliki kenangan indah, tapi kamu juga akan merasa tekanan hidupmu berkurang.

Baca juga: 8 Tips Sederhana Merawat Rambut yang di Cat

4. Terhubung dengan orang lain

6 Cara Ini Efektif untuk Hilangkan Stres

(foto: unsplash/priscilla)

Kita diciptakan untuk membuat hubungan dengan manusia lain dan menciptakan komunitas untuk mengelola tantangan kehidupan.

Berinteraksi secara sosial membuat kita merasa adanya dukungan untuk melepaskan diri dari tekanan hidup. Penelitian bahkan menunjukkan bahwa mereka yang memiliki ikatan sosial yang kuat dapat hidup lebih lama dan hidup lebih sehat

Bergabunglah dengan komunitas yang sehat di mana kamu dapat mencurahkan uneg-uneg dan menghiburmu di kala stres.

5. Buatlah jurnal

6 Cara Ini Efektif untuk Hilangkan Stres

(foto: unsplash/ava)

Menulis dapat membantu kamu memproses peristiwa apa saja yang membuat stres dan sekaligus mengurangi kecemasan. Cobalah mencatat beberapa pemikiran setiap hari. 

Kemudian kamu dapat membacanya kembali di akhir minggu atau akhir bulan. Kamu akan tahu hal-hal yang membuatmu tertekan dan kamu menjadi tahu bagaimana menanganinya nanti.

6. Ambil napas dalam-dalam

6 Cara Ini Efektif untuk Hilangkan Stres

(foto: unsplash/becca)

Pernahkah seseorang mengatakan kepadamu untuk “ambil napas dalam-dalam” ketika kamu kesal? Mungkin kata-kata tersebut juga sering diucapkan di film-film ketika salah seorang pemerannya menghadapi tekanan atau akan marah.

Ternyata memang benar jika menghirup napas dalam-dalam dapat meredakan stres. Menurut American Institute of Stress, mengambil napas dalam-dalam selama 20 hingga 30 menit setiap hari dapat menenangkan reaksi stres tubuhmu. Fokus pada pernapasan yang dalam juga dapat memiliki efek menenangkan selama situasi stres.