lifestyle

8 Tips Sederhana Merawat Rambut yang di Cat

By  | 

Mewarnai rambut memberi kesenangan tersendiri untuk dilakukan. Banyak wanita menyukai bereksperimen dengan ide mewarnai rambut mereka.

Namun, ada kekhawatiran tersendiri akan dampak kerusakan rambut yang diakibatkan cat rambut. Segala jenis perawatan kimiawi yang mengubah warna atau struktur rambut, cenderung menyebabkan kerusakan.

Ada beberapa cara untuk menjaga rambutmu tetap sehat setelah mengalami proses pewarnaan.

Baca juga: Galau Karena Putus Cinta? 6 Cara Ini Bisa Bantu Mengatasinya

1. Persiapkan rambutmu sebelumnya

8 Tips Sederhana Perawatan Rambut Bercat

(foto: unsplash/charisse kenion)

Jika kamu ingin rambutmu sehat setelah diwarnai, kamu harus merawat dengan baik rambutmu berbulan-bulan sebelum mewarnainya.

Ambilah perawatan dengan minyak dan hair mask setidaknya 2 bulan sebelum kamu berencana untuk mewarnai rambut.

Hal ini untuk memastikan rambutmu terawat dan terhidrasi dengan baik. Selain itu, potong atau rapikan rambutmu secara rutin dan hindari pemakaian pemanas rambut.

2. Pilih pewarna yang tepat

8 Tips Sederhana Perawatan Rambut Bercat

(foto: pixabay/arturs budkevics)

Saat mewarnai rambut, penting untuk mendapatkan pewarna yang berkualitas baik agar rambutmu tidak terlalu rusak.

Jika kamu mengangkat warna dengan bleaching, pastikan kamu memakai produk developer yang tepat untuk warna rambutmu.

Jika rambutmu tipis, pilih developer volume 20 atau 30. Volume 20 dan 30 juga merupakan tingkatan yang aman dari efek kerusakan rambut.

3. Bacalah instruksi dengan teliti

8 Tips Sederhana Perawatan Rambut Bercat

(foto: pixabay/thanks for your Like)

Sangat penting bagi kamu untuk menemukan stylist yang benar-benar tahu dan berpengalaman dalam mewarnai. Namun, jika kamu berencana mengecat rambut di rumah, selalu lakukan percobaan terlebih dahulu.

Bacalah instruksi dengan seksama. Proses menunggu warna meresap jangan sampai melewati waktu yang disarankan. Jika ada yang membantu kamu di rumah itu akan lebih baik. 

4. Jangan dulu memakai sampo

8 Tips Sederhana Perawatan Rambut Bercat

(foto: pixabay/igor ovsyannykov)

Setelah kamu mewarnai rambut, cobalah menunggu setidaknya 2 hari sebelum kamu mencuci rambut lagi. Hal ini akan membantu warna menyebar dengan baik dan akan meminimalkan color bleeding.

Selain itu proses 2 hari tersebut akan membantu rambutmu mengeluarkan minyak. Fungsi minyak itu untuk membentuk lapisan pelindung di sekitar batang rambutmu sehingga mengurangi pemudaran.

Baca juga: Hindari 10 Kebiasaan Ini Jika Ingin Hubungan Langgeng

5. Potonglah rambut rusak

8 Tips Sederhana Perawatan Rambut Bercat

(foto: unsplash/aw creative)

Memotong rambut merupakan selalu jadi jalan keluar yang bagus setelah melewati beberapa proses pewarnaan. Kerusakan setelah mewarnai rambut tidak bisa dihindari.

Memangkas ujung-ujung rambut adalah solusi untuk membuat kerusakan ini tidak menyebar. Jika kamu beralih dari rambut gelap ke pirang, bersiaplah untuk memotong rambut dalam jumlah yang cukup banyak.

6. Pilihlah produk yang tepat

8 Tips Sederhana Perawatan Rambut Bercat

(foto: pixabay/adorebeautynz)

Rambut yang baru diwarnai rentan terhadap kerusakan dan pendarahan (bleeding). Untuk memastikan warna bertahan lebih lama dan rambutmu tetap sehat, sangat penting untuk memilih beberapa produk pelindung warna yang bagus.

Gunakan sampo dan kondisioner khusus pelindung warna untuk melindungi lapisan atas batang rambut dan juga menjaga warna agar tidak bleeding.

Sampo tersebut harus bebas sulfat. Sampo bebas sulfat tidak menghilangkan minyak alami dari rambut dan juga tidak meninggalkan endapan.

7. Kurangi rutinitas mencuci rambut

8 Tips Sederhana Perawatan Rambut Bercat

(foto: unsplash/rrick larregui)

Salah satu cara terbaik untuk membuat warna bertahan lebih lama adalah dengan mengurangi rutinitas mencuci rambut. Jika kamu terbiasa mencuci rambut 4 kali seminggu, cobalah menguranginya menjadi 2-3 kali.

Cara ini tidak hanya akan membantu membuat warna lebih tahan lama, tetapi juga melestarikan minyak alami yang diproduksi oleh kulit kepala yang berfungsi menyehatkan rambut.

8. Bilas dengan air dingin

8 Tips Sederhana Perawatan Rambut Bercat

(foto: pixabay/tookapic)

Mencuci rambut dengan air panas menyebabkan kutikula pada lapisan luar batang rambut naik. Ini menyebabkan hilangnya kelembaban dan membuat rambut menjadi keriting.

Selain itu, hal itu membuat rambut lebih rentan terhadap kerusakan. Cara efektif untuk menghindari ini adalah dengan selalu membilas rambut dengan air dingin.

Air dingin melindungi kutikula, mengendalikan rambut kusut dan melindungi warna di batang rambut. Jika kamu tidak bisa mandi dengan air dingin, bilaslah rambutmu dengan air dingin setelah itu mandilah dengan air hangat.

Nah, sekarang setelah kamu tahu cara merawat rambut berwarna, tunggu apa lagi? Mengikuti tips sederhana ini dapat mengembalikan dan menjaga kesehatan rambutmu yang berwarna. Lakukan dengan rutin, untuk hasil yang lebih maksimal.