lifestyle

10 Rekomendasi Makanan yang Cocok untuk Penderita Maag

Penulis:   | 

Penyakit maag umumnya dialami oleh remaja hingga orang dewasa. Oleh sebabnya, penting bagi penderita maag untuk menjaga sekaligus mengatur waktu makan.

Di samping itu, penderita maag juga perlu memperhatikan menu makanan. Tujuannya agar maag tidak kambuh, sehingga kamu leluasa dalam beraktivitas.

Sayangnya, seringkali kita menganggap sepele penyakit yang satu ini. Padahal, kita perlu menjaga makanan agar tidak memicu maag akut.

Biar penyakit maag tidak menjadi bencana, berikut ini 10 menu makanan andalan yang patut dikonsumsi.

Baca juga: Bahaya Latte Factor, Pengeluaran Kecil yang Tidak Disadari

1. Oatmeal

Simak Rekomendasi Makanan yang Cocok Untuk Penderita Maag

(foto: pexels/foodie)

Tahukah kamu? Oatmeal cocok dijadikan sebagai menu sarapan. Mengonsumsi semangkuk oatmel membantumu untuk mengurangi gangguan pencernaan. Di samping itu, jenis seral ini kaya akan serat, sehingga baik bagi pencernaan.

Menariknya, oatmeal mampu melindungi lapisan lambung dari resiko iritasi, loh! Serat oatmeal juga mampu melancarkan kinerja usus, megurangi resiko sembelit bahkan memberi rasa kenyang yang lebih lama.

2. Buah-buahan

Simak Rekomendasi Makanan yang Cocok Untuk Penderita Maag

(foto: pexels/ian)

Memang, tidak semua jenis buah-buahan dapat dikonsumsi oleh penderita maag. Beberapa buah yang dianjurkan misalnya apel, pisang, semangka, melon ataupun pir.

Pasalnya, jenis buah-buahan di atas dapat mencegah iritasi lambung. Bukan hanya itu, buah yang mengandung banyak air cenderung menyehatkan lambung. Sehingga, produksi asam lambung dapat terkurangi.

3. Sayur-mayur

Simak Rekomendasi Makanan yang Cocok Untuk Penderita Maag

(foto: pexels/alleksana)

Sudah menjadi rahasia umum bahwasanya sayur kaya akan gizi. Kamu yang menderita maag, konsumsi lah sawi, bayam ataupun kangkung.

Sebab, sayur mempunyai kandungan gula yang terbilang rendah. Karenanya, langkah ini ampuh untuk mengurangi pengingkatan asam lambung.

Kabar baiknya nih, mengonsumsi sayur secara rutin bisa mempercepat pengosongan lambung.

4. Daging

Simak Rekomendasi Makanan yang Cocok Untuk Penderita Maag

(foto: pexels/mallidate)

Meski diperbolehkan mengonsumsi daging, perlu diingat bahwa kamu hanya boleh mengonsumsi daging tanpa lemak. Cara memasaknya pun disarankan untuk dipanggang, dikukus ataupun merebusnya.

Perlu diingat, kamu harus menghindari santapan daging yang digoreng. Yup! minyak berlebih akan memicu gejala maag untuk kambuh.

5. Jahe

Simak Rekomendasi Makanan yang Cocok Untuk Penderita Maag

(foto: pexels/joris)

Tak dapat dipungkiri, jahe merupakan tanaman herbal yang mudah ditemui. Salah satu manfaat jahe adalah mampu mengatasi gejala sakit maag, sekaligus meredakan iritasi lambung.

Saat mengonsumsinya, jadikan jahe sebagai teh hangat. Agar maksimal, konsumsilah sehari satu kali.

Baca juga: Hoarding Disorder, Kebiasaan Menumpuk Banyak Barang di Rumah

6. Roti

Simak Rekomendasi Makanan yang Cocok Untuk Penderita Maag

(foto: pexels/pegah)

Jenis roti yang disarankan bagi penderita maag ialah roti yang mengandung biji-bijian. Sebab, jenis roti ini kaya akan vitamin, serat dan nutrisi yang baik untuk kesehatan lambung.

Jika tak sempat sarapan, gak ada salahnya loh mengonsumsi makanan yang satu ini. Hanya saja, jumlahnya perlu dibatasi agar lambung tidak sulit mencerna.

7. Biskuit

Simak Rekomendasi Makanan yang Cocok Untuk Penderita Maag

(foto: pexels/laura)

Beberapa jam sekali, pengidap maag harus menyantap makanan agar lambung tidak kosong. Tujuannya agar asam lambung tetap stabil.

Nah, biskuit menjadi solusi cerdas untuk jadi camilan. Kandungan biskuit bisa “mengganjel” perut agar tidak merasa lapar. Ada baiknya sediakan biskuit di setiap aktivitas mu, ya!

8. Susu

Susu

(foto: pexels/pegah)

Nyatanya, susu dapat menetralisir asam lambung. Selain mempunyai banyak manfaat, lemak dalam susu terbilang rendah. Sehingga, cocok dikonsumsi terus-menerus.

Kamu juga bisa berkreasi dalam menyajikannya, loh! Kalau terkesan monoton, kamu bisa mencampur susu ke dalam smoothies. Di samping menyehatkan, justru cara ini memberi efek menyegarkan bagi tubuh.

9 Lidah buaya

Lidah buaya

(foto: pexels/kara)

Selain menyuburkan rambut, lidah buaya juga mampu menenangkan saluran pencernaan. Bahkan, mengonsumsi jus lidah buaya dapat mencegah naiknya asam lambung, guys!

Fakta uniknya, tumbuhan ini  dipercaya mampu mengurangi peradangan lambung. Siapa sangka, lidah buaya mengandung zat antiradang, antimikroba dan antioksidan. Karena itu, kamu tidak perlu khawatir mengonsumsinya.

10. Yogurt

Yogurt

(foto: pexels/charlotte)

Banyak dari penderita maag menghindari yoghut lantaran takut asam lambung naik. Maklum, rasa yogurt yang asam kerap mendatangkan khawatir karena takut memperburuk keadaan.

Padahal, minuman fermentasi punya efek baik bagi penderita maag. Kandungan bakteri asam laktat justu menenangkan lambung, sehingga memberi efek nyaman bagi penderitanya.

Namun perlu diingat, saat mengonsumsi yogurt kamu harus menyesuaikan dengan kebutuhan. Karena, konsumsi yang berlebih tentu memicu peningkatan asam lambung.

Kambuhnya gejala maag tentu membuatmu tidak nyaman. Maka dari itu, penting bagi kita menjaga sekaligus memperhatikan pola makan. Jangan biarkan tubuh tersiksa karena gejala maag akut, ya!

Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments