lifestyle

Jaga Pola Makan Anak, Yuk Buat 6 Snack Sehat Berikut

By  | 

Tumbuh kembang anak merupakan salah satu hal yang menjadi pusat perhatian para orangtua.

Selain memberikan vitamin, imunisasi dan juga menjaga kesehatannya, hal yang bisa dilakukan untuk menjaga tumbuh kembang anak tetap baik adalah memastikan tiap asupan makanan yang mereka makan adalah sehat.

Mungkin akan terasa mudah jika anak hanya memiliki pola makan tiga kali sehari, tetapi bagaimana jika posisi anak adalah sedang suka untuk makan snack.

Tentunya kalian tidak bisa memberikan makanan ringan yang sembarangan, para orangtua tentunya harus memperhatikan apakah makanan ini, sehat dan layak untuk dikonsumsi.

Tapi tidak perlu khawatir, berikut ini ada beberapa alternatif snack sehat yang bisa kalian berikan untuk anak-anak selama mereka di rumah saja.

Baca juga: Gak Nyangka! Ternyata 3 Hobi Ini Bisa Buat Lebih Bahagia

1. Buah

6 Pilihan Snack Sehat Untuk Anak

(foto: unsplash/martin)

Salah satu pilihan camilan yang cukup umum dan aman untuk dikonsumsi tentunya adalah buah.

Tahukah kalian, dalam masa tumbuh kembangnya, anak bisa mengkonsumsi 1,5 cangkir buah dalam satu hari.

Bagaimana jika anak bosan dengan makanan buah, kamu bisa memberikan buah kering sebagai menu pengganti yang juga cukup aman.

Hal ini dikarenakan, meskipun buahnya kering dan nampak seperti diawetkan, kandungan gizinya tidak akan mengalami perubahan salah satunya untuk kandungan gula.

2. Sereal

6 Pilihan Snack Sehat Untuk Anak

(foto: unsplash/samantha)

Tahukah kalian sereal bisa memberikan manfaat baik untuk kesehatan tubuh. Contohnya untuk menurunkan kadar kolesterol didalam darah serta untuk meningkatkan kesehatan anak secara keseluruhan.

Meskipun terbilang baik, tetaplah jadi orangtua yang cerdas, dengan tetap menjaga kehati-hatian dalam menyajikan sereal, agar tidak menghasilkan kandungan gula yang cukup tinggi.

 3. Ubi goreng

6 Pilihan Snack Sehat Untuk Anak

(foto: unsplash/sheri)

Dibandingkan dengan kentang goreng, ubi goreng terbukti menjadi pilihan makanan yang lebih sehat. Meskipun manis, ubi goreng tidak memiliki kandungan gula yang tinggi.

Karena alasan itulah, ubi manis yang sudah kamu goreng, bisa menjadi alternatif menu camilan sehat untuk anak. Tambahkanlah saus tomat, untuk menambah rasa yang enak.

Baca juga: Gak Nganggur Lagi, Ini 8 Tips ini Agar Mudah Diterima Kerja

 4. Selai kacang tanpa gula

6 Pilihan Snack Sehat Untuk Anak

(foto: unsplash/olia)

Dalam sebuah selai kacang, terkandung sebuah serat dan protein yang juga dibutuhkan oleh anak-anak. Sebelum kamu memberikan selai kacang, pastikan anak tidak memiliki alergi.

Dan ketika anak sudah pasti tidak memiliki alergi, berikanlah selai kacang dengan roti tawar sebagai menu yang cocok untuk makan pagi ataupun snack disela waktu mereka bermain dan belajar.

5. Cake dengan topping buah

6 Pilihan Snack Sehat Untuk Anak

(foto: unsplash/mellisa)

Tidak ada anak-anak yang akan menolak sebuah kue. Ketika anak-anak suka dengan kue, kamu bisa membuatnya dengan menurunkan kadar gula di dalam cake agar tetap aman dikonsumsi oleh anak-anak.

Salah satu caranya adalah dengan memasukkan buah-buahan ke dalam adonan kue dan atau menjadi topping. Tatalah buah dengan cantik, untuk menarik dan menggugah selera anak ketika memakannya.

 6. Popcorn

6 Pilihan Snack Sehat Untuk Anak

(foto: unsplash/corina)

Berondong jagung atau popcorn terlihat tidak sehat, tapi ternyata memiliki kandungan yang penuh dengan biji-bijian utuh dan serat.

Dan kandungan biji tersebut, memiliki pengaruh yang baik untuk mengurangi serangan diabetes dan penyakit jantung, yang bisa saja menyerang atau berakar sedari kecil.

Sebagai alternatif pengganti mentega dan garam, kamu bisa memberikan taburan kayu manis atau bubuk bawang putih di atas popcorn.

Namun, ketika anak ternyata tidak tergugah selera, campurkan saja popcorn polos ke dalam camilan berisikan buah dan kacang.

Jadi, tidak perlu terburu-buru membelikan camilan untuk anak dari luar rumah, cukup dengan bahan-bahan yang ada di rumah dan sedikit sisi kreatif, kamu bisa memberikan camilan anak yang sehat dan menggugah selera.