lifestyle

Gak Nyangka! Ternyata 3 Hobi Ini Bisa Buat Lebih Bahagia

By  | 

Kita semua tahu bahwa kadang-kadang sulit untuk menemukan me time-nya kita dan menghabiskan waktu untuk menikmati kegiatan seorang diri.

Memiliki hobi bukan hanya sekedar menghabiskan hari-hari atau menikmati me time tetapi ternyata memiliki fungsi penting untuk kesehatan mental kita.

Hobi adalah cara terbaik untuk menghabiskan waktu luang dan bersantai dari rutinitas harian kami. Penelitian telah menunjukkan bahwa orang-orang menjalankan hobinya, jarang menderita stres, depresi, dan suasana hati yang buruk.

Oleh karena itu, menjalankan hobi sangat penting bagi kesehatan mental kita. Hobi adalah kegiatan yang akan membuat kita “keluar”, membuat kita merasa lebih bahagia dan lebih santai.

Tidak masalah jika hobimu di dunia kreatif, akademik, atletik atau sesuatu yang sifatnya personal, yang penting adalah kamu menganggapnya bermakna dan menyenangkan.

Pastikan kamu selalu menjalankan hobimu di luar sana. Kami telah mengumpulkan beberapa daftar hobi yang baik untuk kesehatan mentalmu.

Baca juga: Gak Nganggur Lagi, Ini 8 Tips ini Agar Mudah Diterima Kerja

1. Musik

5 Hobi untuk Kesehatan Mental

(foto: unsplash/jordan)

Jika kamu selalu bermimpi untuk belajar memainkan alat musik, maka sekarang adalah waktu terbaik.

Bermain musik adalah cara yang fantastis untuk menghilangkan stres dan menyalurkan emosi yang tidak nyaman.

Selain itu, bermain secara berkelompok seperti band atau orkestra adalah cara yang baik untuk mengasah kemampuan komunikasimu saat bekerja sama dengan musisi lain.

Para ahli mengatakan bahwa menetapkan tujuan (goal) dapat membantu mengalahkan kecemasan dan depresi dalam pikiran.

Cobalah menekuni hobi bermusik. Meraih pencapaian secara musikal pasti akan meningkatkan kepercayaan dirimu.

2. Berkebun

5 Hobi untuk Kesehatan Mental

(foto: unsplash/markus)

Salah satu hobi terbaik yang akan membantumu bersentuhan dengan alam adalah berkebun. Tidak masalah jika kamu memilih untuk menanam bunga atau sayuran, yang penting pastikan bahwa hobi itu membuatmu tetap sehat baik secara fisik maupun mental.

Setiap produk sayuran dan buah memiliki nilai gizi terbaik ketika matang. Itulah mengapa buah dan sayuran sebaiknya dipetik sebelum mereka matang.

Sebagian besar produk harus melakukan perjalanan jauh sebelum mereka sampai ke supermarket. Inilah waktu di mana sayur dan buah menjadi matang sehingga ketika kamu ketika membelinya sudah dalam keadaan matang.

Nilai nutrisi berasal dari batang tanaman. Nilai tersebut akan menurun setiap hari setelah panen. Sementara dengan berkebun kamu akan selalu memiliki buah dan sayuran segar tanpa berisiko mengalami penurunan nutrisi.

Meskipun kamu dapat membeli makanan organik di luar pasar, kamu tidak akan pernah bisa memastikan kualitasnya.

Namun, ketika kamu menanamnya sendiri kebun, kamu dapat merencanakan kualitas tanah yang akan kamu gunakan untuk berkebun.

Berkebun juga merupakan latihan yang baik untuk daya tahan, fleksibilitas, dan kekuatan. Ini karena kamu bekerja dengan alat-alat seperti gunting kebun, pisau tanah, sekop pisau lengkung, dan bahkan gergaji mesin.

Ingatlah bahwa beberapa alat ini seperti gergaji mesin bisa berbahaya dan jika kamu seorang pemula, pastikan kamu mempelajari semua jenis alat-alat yang tersedia.

Cari gergaji listrik dengan kualitas terbaik karena kualitas yang buruk dapat berakhir dengan masalah teknis yang konstan.

Baca juga: 6 Tips Agar Interview Kerja Berjalan Lancar

3. Menulis

5 Hobi untuk Kesehatan Mental

(foto: unsplash/neonbrand)

Menulis adalah salah satu hobi paling sederhana karena hanya mengharuskan kamu memiliki pena, kertas, dan laptop. Kamu selalu dapat menulis perasaanmu setiap hari, menulis cerita fiksi, puisi, atau bahkan novel.

Hobi ini memiliki banyak manfaat dan secara mengejutkan efektif dalam mengurangi tingkat stres, melawan depresi dan kecemasan, meningkatkan daya ingat dan memecahkan masalah tidur.

Ketika kamu menuliskan perasaanmu, kamu dapat mengidentifikasi pikiran dan perilaku negatif.

Dengan mengetahui pikiran dan perilaku negatif kamu semakin berefleksi tentang kekurangan-kekuranganmu dan berujung merubahnya menjadi positif.

Manfaat lainnya dari menulis cerita, jurnal, dan blog adalah menjauhkan pikiranmu dari pikiran negatif.

Inilah tiga hobi yang bisa kamu lakukan, di waktu untuk luangmu untuk menjaga hati kamu tetap bahagia. Kira-kira, apa hobi kamu?