lifestyle

Gak Nganggur Lagi, Ini 8 Tips ini Agar Mudah Diterima Kerja

By  | 

Dalam hidup ini semuanya memang butuh usaha, termasuk usaha untuk mencari pekerjaan yang di inginkan. Setiap orang pastinya ingin cepat diterima kerja setelah ia mengirimkan surat lamaran.

Tapi sayangnya tidak semua bisa berjalan dengan mulus. Sudah menunggu lama tapi belum dipanggil untuk sesi interview atau panggilan kerja. Hal tersebut bisa saja karena perusahaan lebih tertarik degan pelamar lain.

Ada beberapa tips mudah diterima kerja yang sebagian dilansir dari clearcompany yang bisa kamu ikuti.

Baca juga: 6 Tips Agar Interview Kerja Berjalan Lancar

1. Ketahui lebih dalam

Ikuti Beberapa Tips ini Agar Mudah Diterima Kerja

(foto: unsplash/lordmaui)

Kita semua tau bahwa waktu memang sangat berharga dan kita tidak boleh membuang waktu secara percuma. Ini juga berlaku untuk kamu yang ingin melamar pekerjaan.

Dari pada membuang waktu untuk memberikan lamaran ke banyak perusahaan, lebih baik carilah pekerjaan yang benar-benar sesuai dengan passion kamu.

Sekarang ini sudah banyak website yang membantu kita untuk melamar pekerjaan. Dan di website tersebut biasanya ada notifikasi lowongan pekerjaan apa yang sesuai dengan passion kita.

Bukan hanya itu, dengan penggunaan website lowongan pekerjaan juga kamu bisa dengan mudah mengetahui seberapa jauh lokasi perusahaan dan berapa besar gaji yang bisa di dapatkan.

2. Teliti dan minta saran

Ikuti Beberapa Tips ini Agar Mudah Diterima Kerja

(foto: unsplash/headwayio)

Jika ada notifikasi dari website lowongan pekerjaan dan ternyata ada beberapa lowongan yang sesuai dengan minat kamu, cobalah untuk teliti terlebih dahulu dan jangan langsung melamar ke semuanya.

Kamu harus mengetahui lebih spesifik tentang pekerjaan tersebut. Mintalah saran ke orang-orang yang sudah terjun ke pekerjaan itu agar wawasanmu bertambah.

Jika kamu sudah ada panggilan sesi interview, setidaknya kamu sudah bisa menjawab beberapa hal yang berhubungan dengan pekerjaan tersebut.

3. Jangan lupakan surat pengantar

Ikuti Beberapa Tips ini Agar Mudah Diterima Kerja

(foto: unsplash/helloquence)

Perusahaan sangat membutuhkan surat pengantar agar bisa mengetahui kualifikasi kamu. Buatlah surat pengantar yang sesuai dengan jenis pekerjaan yang kamu lamar.

Perusahaan juga ingin mengetahui apakah yang membedakan kamu dengan pelamar lainnya. Jika kamu tidak memberikan surat pengantar, sudah bisa dipastikan bahwa kamu tidak lebih menonjol dibandingkan pelamar yang lain.

4. Jangan pura-pura

Ikuti Beberapa Tips ini Agar Mudah Diterima Kerja

(foto: unsplash/johannabuguet)

Pura-pura memang sangat tidak disukai semua orang. Dimanapun kita berada dan di dalam situasi apapun sebaiknya kita harus jujur, termasuk dalam sesi interview kerja.

Jangan coba untuk berpura-pura karena perusahaan ingin mengetahui jawaban kamu yang sejujurnya. Tujuan dari interview adalah agar perusahaan lebih mengetahui karakter dan mencocokan antara posisi pekerjaan dan kamu.

Perusahaan yang sudah berpengalaman pastinya sudah bisa mengetahui mana pelamar kerja yang jawab jujur dan berpura-pura.

Jika kamu sudah jawab dengan jujur dan tidak diterima kerja di perusahaan tersebut, kamu bisa mencari pekerjaan lain yang lebih baik. Yang penting harus utamakan kejujuran.

Baca juga: 6 Cara Ini Bikin Orang yang Kamu Suka Lebih Tertarik Denganmu

5. Bagikan pengalaman

Ikuti Beberapa Tips ini Agar Mudah Diterima Kerja

(foto: unsplash/wocintechchat)

Saat interview kamu tidak boleh lupa untuk membagikan pengalaman yang berhubungan dengan pekerjaan tersebut.

Bagikanlah pengalaman semenarik mungkin dan buatlah dirimu menonjol (asal jangan terlalu berlebihan). Kamu juga bisa memberikan berbagai cara yang bermanfaat untuk perusahaan.

6. Perluas jaringan

Ikuti Beberapa Tips ini Agar Mudah Diterima Kerja

(foto: unsplash/marvelous)

Jaringan kerja yang luas memang sangat dibutuhkan untuk saat ini. Dengan berbagai platform seperti LinkedIn kamu bisa terhubung dengan mudah dengan orang lain.

7. Perhatikan jejak digital

Ikuti Beberapa Tips ini Agar Mudah Diterima Kerja

(foto: unsplash/dole777)

Attitude kita akan tercermin dari jejak digital yang ada. Cobalah untuk perhatikan apakah kamu pernah berkomentar atau berkata yang tidak pantas di jejaring sosial?

Komentar dan konten yang tidak pantas di media sosial memang sangat berpengaruh karena bisa di akses oleh siapa saja. Mulai saat ini, bijaklah dalam menggunakan internet ya.

8. Jangan ragu untuk melamar lagi

Ikuti Beberapa Tips ini Agar Mudah Diterima Kerja

(foto: unsplash/dchuck)

Setelah dipastikan kamu tidak diterima kerja dan beberapa minggu kemudian lowongan masih terbuka, jangan ragu untuk melamar lagi ya!

Perhatikan apa saja kesalahan yang kamu lakukan saat pertama kali melamar dan jangan mengulangi kesalahan itu di lamaran selanjutnya.

Secara tidak langsung ini menunjukan bahwa kamu adalah seseorang yang tidak mudah menyerah dan memiliki inisiatif tinggi.

Itulah beberapa cara simple yang akan mempermudah kamu untuk diterima kerja. Jangan lupa juga untuk percaya diri dan berpikiran positif ya, selamat mencoba!