lifestyle

Gugup Saat Interview? Ini Rahasia Ampuh Mengatasinya

By  | 

Saat melamar kerja tentunya hal yang paling ditunggu sekaligus yang paling bikin jantung berdebar adalah sesi wawancara kerja atau interview.

Setelah cukup banyak mengirimkan surat lamaran ke beberapa perusahaan, akhirnya kamu  dipanggil untuk interview, pastinya senang banget deh!

Tapi untuk seseorang yang sudah berpengalaman dalam bekerja, mungkin sesi interview bisa diatasi dengan mudah. Lalu bagaimana dengan fresh graduate yang sama sekali belum pernah melakukan interview sebelumnya?

Pasti rasa gugup, tegang, deg-degan dan bahkan rasanya gak bisa tidur semalaman ya. Tapi tenang aja nih, karena ada beberapa rahasia ampuh mengatasi gugup saat interview yang dilansir dari Phychology Today.

Baca juga: 10 Cara Sederhana Ini Bisa Bikin Cewek Senang, Dijamin!

1. Persiapkan semuanya dengan matang

Gugup Saat Interview? Ini Rahasia Ampuh Mengatasinya

(foto: pixabay)

Cara yang pertama untuk mengurangi rasa gugup saat interview adalah dengan mempersiapkan segala sesuatu yang berhubungan dengan interview secara matang.

Mulailah dengan mencari tahu segala hal yang berhubungan dengan perusahaan tempatmu melamar dan posisi apa yang kamu pilih.

Dengan cara ini, setidaknya kamu bisa menambah wawasan dan juga bisa menjawab saat diberikan pertanyaan.

2. Perhatikan makanan dan minuman

Gugup Saat Interview? Ini Rahasia Ampuh Mengatasinya

(foto: unsplash/natedumlao)

Ternyata makanan dan minuman yang kamu konsumsi sebelum interview juga cukup berperan dalam kelancaran interview lho.

Sebaiknya hindari konsumsi alkohol atau kafein berlebih yang bisa menyebabkan rasa mulas, kram perut dan pusing. Jangan lupa juga untuk tidak mengonsumsi makanan yang berlebihan karena bisa membuat lebih cepat lelah.

3. Jangan memaksa dirimu untuk tetap tenang

Gugup Saat Interview? Ini Rahasia Ampuh Mengatasinya

(foto: unsplash/linkedinsalesnavigator)

Terkadang rasa gugup dan deg-degan akan datang pada dirimu kapan saja dan dimana saja, apalagi saat interview kerja.

Beberapa orang berpikir bahwa memaksakan diri untuk tenang mungkin akan lebih baik. Tapi sebenarnya jika terlalu memaksakan sekeras mungkin, yang ada kamu hanya akan terlihat stres dan tidak tenang.

4. Siap menghadapi kejadian tidak terduga

Gugup Saat Interview? Ini Rahasia Ampuh Mengatasinya

(foto: pexels/energepic)

Kamu tidak bisa untuk mengontrol apa saja pertanyaan yang ditujukan untuk kamu saat interview. Tapi kamu bisa untuk mengontrol dirimu.

Manfaatkanlah kecemasan yang ada agar dirimu bisa lebih siap menghadapinya. Berlatih untuk menjawab pertanyaan dengan seprofesional mungkin, berlatih berjabat tangan dan duduk, jangan lupa juga berlatih untuk menceritakan pengalaman dan kemampuan dirimu.

Karena semakin kamu mempersiapkannya, sudah bisa dipastikan interview akan berjalan semakin lancar dan kemungkinan untuk diterima perusahaan juga semakin besar.

Jika memungkinkan, cobalah untuk melakukan latihan wawancara dengan orang lain beberapa jam sebelumnya.

Baca juga: Wajib Coba, 4 Cara Ampuh Mengatasi Stres Akibat Di PHK

5. Kurangi kecemasan dengan menulis

Gugup Saat Interview? Ini Rahasia Ampuh Mengatasinya

(foto: unsplash/aaronburden)

Menulis bisa menjadi salah satu cara ampuh untuk mengatasi kecemasan. Cobalah untuk menuliskan apa saja yang kamu pikirkan di selembar kertas.

Semua hal-hal yang membuat dirimu gugup, tuliskan di kertas tersebut. Setelah semuanya selesai, cobalah untuk membacanya lagi dan membuangnya ke tempat sampah.

Dengan cara seperti ini, secara tidak langsung kamu menuangkan segala kecemasan di kertas dan membuang kecemasan tersebut.

6. Atur pernapasan

Gugup Saat Interview? Ini Rahasia Ampuh Mengatasinya

(foto: unsplash/elidefaria)

Saat cemas, pernapasan akan menjadi lebih pendek. Cobalah untuk mengatur pernapasan kamu sebaik mungkin. Tarik napas dalam-dalam dan keluarkan bersamaan dengan kecemasan kamu.

Ulangi beberapa kali dan kamu akan merasa bahu lebih rileks, ketegangan di leher pun akan berkurang. Kamu bisa melakukan hal ini setiap saat jika merasa cemas atau gugup.

7. Jangan pikirkan kegagalan

Gugup Saat Interview? Ini Rahasia Ampuh Mengatasinya

(foto: unsplash/tjump)

Jangan pernah pikirkan kegagalan di masa lalu. Tapi kamu harus berfokus pada tujuanmu saat ini yaitu lolos sesi interview.

Memikirkan kegagalan yang pernah terjadi hanya akan membuat kamu terbayang-bayang dengan kegagalan dan menghambat pikiran positif.

Bahkan tingkah lakumu juga menjadi aneh dan tidak tenang. Sebaiknya cobalah untuk membuang jauh-jauh kegagalan yang pernah terjadi.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi gugup saat interview. Jangan lupa juga berdoa untuk kelancaran interview.