lifestyle

6 Tips Agar Interview Kerja Berjalan Lancar

By  | 

Tahukah kamu salah satu proses yang paling menakutkan saat melamar pekerjaan itu apa? Yup, jawabannya adalah wawancara kerja atau interview. Karena di sesi interview ini kemampuan berkomunikasi kita akan dilihat.

Meskipun kemampuan berkomunikasi kita terbilang lancar, tapi jika saat interview kita akan merasa gugup, berkeringan dingin, bahkan latihan yang sudah kita lakukan sebelumnya bisa saja kurang membantu.

Sebenarnya setiap perusahaan memiliki kriteria tersendiri dalam memilih kandidat yang tepat untuk diterima kerja. Sebagian dilansir dari monster, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar sesi interview kerja berjalan dengan lancar.

Baca juga: 6 Cara Ini Bikin Orang yang Kamu Suka Lebih Tertarik Denganmu

1. Komunikasi nonverbal yang baik

6 Cara Ampuh Agar Interview Berjalan Lancar

(foto: unsplash/wocintechchat)

Selain komunikasi verbal, komunikasi nonverbal juga sangat menentukan seseorang diterima kerja atau tidak dalam sesi interview. Apa yang kamu pikirkan akan tergambar secara jelas dari tutur kata, ekspresi dan bahasa tubuh.

Jangan lupa untuk memperhatikan hal yang sederhana seperti posisi duduk. Duduk terlalu bungkuk akan memberikan kesan kalau kamu terlalu santai dan kurang tertarik dengan interview.

Sedangkan jika duduk terlalu tegak menggambarkan bahwa kamu terlalu tegang dan panik. Saat sesi tanya jawab, selalu tatap mata, jangan melihat keatas dan kebawah seperti orang kebingungan dan tidak meyakinkan.

Pada kesan pertama ini berikanlah energi positif dan antusiasme yang cukup. Karena orang lain akan mengingatmu dari kesan pertama yang kamu berikan.

2. Menggunakan pakaian formal

6 Cara Ampuh Agar Interview Berjalan Lancar

(foto: unsplash/officestock)

Pakaian juga sangat penting untuk diperhatikan. Pakaian yang rapi, sopan dan menarik menjadi nilai plus untuk kamu di mata perusahaan.

Ada beberapa perusahaan yang menentukan kandidatnya harus menggunakan pakaian apa saat sesi interview.

Jika memang perusahaan tidak menentukan pakaian apa yang harus digunakan, kamu bisa coba menggunakan kemeja dan blazer atau pakaian formal lainnya.

3. Jangan terlalu banyak berbicara

6 Cara Ampuh Agar Interview Berjalan Lancar

(foto: unsplash/amyhirschi)

Kita memang perlu aktif dalam menjawab segala pertanyaan. Tapi jika menjawab terlalu berlebihan bagaimana? wah itu sangat fatal akibatnya, karena kamu bisa dianggap sok tahu dan terlalu ingin meonjol.

Yang harus kamu ketahui yaitu ketika kamu terlalu banyak berbicara dalam menjawab pertanyaan, bisa saja hal-hal yang seharusnya tidak diucapkan malah terucap.

Sebaiknya latihan terlebih dahulu dirumah dan membaca berbagai artikel yang berhubungan dengan pekerjaan yang kamu inginkan agar bisa tepat menjawab pertanyaan.

Baca juga: Gugup Saat Interview? Ini Rahasia Ampuh Mengatasinya

4. Tepat waktu

6 Cara Ampuh Agar Interview Berjalan Lancar

(foto: unsplash/kyasser)

Nilai plus lain yang bisa kamu dapatkan adalah dengan datang interview sesuai waktu yang sudah ditentukan. Tapi akan lebih baik lagi jika kamu datangnya lebih cepat ya agar bisa mempersiapkan diri.

Ketepatan waktu saat interview juga menggambarkan bahwa kamu memang serius dalam melamar pekerjaan tersebut.

5. Gunakan bahasa yang sesuai

6 Cara Ampuh Agar Interview Berjalan Lancar

(foto: unsplash/punttim)

Cobalah untuk se profesional mungkin yang kamu bisa saat sesi interview ini. Jangan gunakan kata yang berbau SARA atau bahasa gaul sehari-hari yang bisa mengurangi nilaimu.

Dengan menggunakan bahasa yang sesuai dengan konteks, secara tidak langsung akan mencerminkan bahwa kamu memang profesional dan serius pada pekerjaan tersebut.

Bahasa yang tidak sesuai juga akan membuat perusahaan memandang kamu buruk dan tidak serius dalam bekerja.

6. Mengajukan pertanyaan

6 Cara Ampuh Agar Interview Berjalan Lancar

(foto: unsplash/vantaymedia)

Saat interview, kamu bukan hanya menjawab pertanyaan tapi bisa juga mengajukan pertanyaan. Memang sebagian besar kandidat menjawab ‘tidak’ saat ditanya apa ada yang ingin ditanyakan.

Padahal dengan mengajukan pertanyaan, bisa menjadi nilai tambah karena kamu bisa dianggap berminat dengan pekerjaan tersebut.

Pertanyaan bisa kamu ajukan jika ada infomasi yang kurang jelas saat sesi interview tersebut.

Itulah 6 tips yang bisa kamu lakukan agar interview bisa berjalan dengan lancar. Jangan lupa juga untuk tetap memperhatikan pewawancara dan jawablah dengan jujur segala pertanyaan yang ada ya.