lifestyle

5 Pilihan Menu Makanan Sehat yang Ramah di Kantong

By  | 

Selain dengan berolahraga, pola hidup sehat tentunya bisa diawali melalui mengkonsumsi makan-makanan sehat, dimana komposisi makanan tersebut tentunya mengandung dan meliputi nutrisi yang seimbang dan pastinya diperlukan oleh tubuh. Sehingga, kesehatan dan imunitas tubuh bisa tetap terus terjaga.

Namun, apakah makanan sehat itu harus selalu mahal? Jawabannya tentu saja tidak, karena makanan sehat bisa saja dibuat di rumah dengan cara yang praktis dan terjangkau.

Justru, dengan memasak sendiri resep makanan sehat dan bergizi, juga bisa lebih menghemat pengeluaran dan kebersihannya tentu pasti akan lebih terjaga.

Tentu saja, dengan terus mengikuti pedoman kesehatan, yang diikuti dengan simbol gambar piramida atau piring makanan sehat.

Pasti kamu penasaran, kira-kira menu makanan apa yang bisa dijadikan alternatif untuk menu makan pagi, makan siang, dan makan malam? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

Baca juga: Pengakuan Cewek! Ternyata Ini 9 Sikap Cowok yang Bikin Risih

1. Nasi goreng

5 Pilihan Menu Makanan Sehat yang Ramah di Kantong

(foto: unsplash/obi)

Menu makanan ini tentu sudah tidak asing lagi untuk kamu. Apalagi menu makanan ini selalu ada di hampir semua tempat makan, seperti di warung makan, restoran, kafe hingga penjual nasi gerobak keliling.

Tapi, tidak semua rumah makan ataupun penjual nasi goreng, memberikan menu nasi goreng yang sehat. Solusinya sudah pasti jelas, kamu perlu mencoba memasak nasi goreng sehat ala kamu di rumah.

Pada dasarnya pola masaknya sama seperti membuat nasi goreng pada umumnya. Untuk menambah unsur sehatnya, kamu bisa menambahkan beberapa jenis sayuran, seperti kacang polong, buncis, sawi, wortel, dan tambahan protein lainnya seperti tahu ataupun tempe.

2. Sup sayur

5 Pilihan Menu Makanan Sehat yang Ramah di Kantong

(foto: unsplash/lightscape)

Menu makanan ini tentu juga akan terjamin sehat dan penuh dengan gizi yang seimbang. Hal ini dikarenakan, menu makanan ini terbuat dari berbagai jenis sayuran dan daging ayam.

Pilihan sayuran ini terdiri dari wortel, kentang, buncis, jagung, daun bawang, sayur kubis. Untuk tambahannya kamu bisa menambahkan seperti ayam, tahu, dan juga jamur.

Cara membuat sup ini tentu saja tidak ada bedanya dengan menu sup lainnya, namun pemilihan bahan makanan dan kandungan gizinya tentu harus tetap menjadi perhatian utama.

Semisal, ketika kamu ingin menumis bawang, bisa dengan menggunakan minyak zaitun, pertimbangannya adalah minyak ini mengandung banyak lemak tak jenuh tunggal dan kaya antioksidan yang berfungsi untuk membuat jantung menjadi lebih sehat.

3. Sandwich

5 Pilihan Menu Makanan Sehat yang Ramah di Kantong

(foto: unsplash/mae-mu)

Menu makanan yang berasal dari negara Eropa, bisa kamu jadikan sebagai salah satu menu sehat yang bisa dibuat di rumah.

Beberapa kandungan gizi dan nutrisi dari Sandwich, bisa membuat membuat aktivitas kamu menjadi lebih semangat dan penuh dengan energi.

 Selain karena sehat dan juga, menu sandwich ini sangat mudah untuk dibuat. Modalnya juga sangat sederhana, hanya perlu dua lembar roti tawar, potongan tomat, selada, mentimun, telur mata sapi, mayonaise, dan jangan lupa tambahkan keju.

Untuk pilihan proteinnya, bisa kamu gunakan ikan, saus, dan telur rebus. Jika bosan dengan tekstur roti tawar, kamu bisa memanggang roti nya terlebih dahulu, dan kemudian susunlah semua bahan hingga menjadi sandwich.

Baca juga: 7 Penyebab Berat Badan Naik Saat Diet, Salah Satunya Melewatkan Sarapan

4. Gado-gado

5 Pilihan Menu Makanan Sehat yang Ramah di Kantong

(foto: unsplash/nielsen)

Gado-gado juga merupakan salah satu menu makanan sehat dan hemat, selain karena harganya murah dan tentu saja bahan-bahannya sangat mudah untuk didapatkan.

Gado-gado selain bisa di dapatkan di rumah makan, tidak jarang kamu temui ada juga bapak-bapak penjual gado-gado yang membuka gerobak jualannya di pinggir jalan. Untuk kamu yang ragu dan takut akan kebersihannya, menu makanan ini bisa kamu buat di rumah.

Cara membuatnya sangatlah mudah, siapkan beberapa jenis sayuran yang menyehatkan seperti tauge, wortel, kubis, kangkung, mentimun, selada, tahu, tempe, dan sayuran lainnya yang kamu rasa cocok untuk dijadikan menu gado-gado.

Kemudian, potong dan rebus semua bahan ini, pastikan semua bahannya sudah kamu cuci terlebih dahulu. Untuk bumbunya, kamu bisa memperoleh bumbu kacang instan yang dijual di minimarket hingga supermarket.

5. Salad buah dan sayur

5 Pilihan Menu Makanan Sehat yang Ramah di Kantong

(foto: unsplash/tania)

Untuk membuat campuran salad buah dan sayur, ternyata tidak susah, dan justru sangat mudah untuk dibuat.

Bahan-bahan yang bisa kamu siapkan adalah seperti tomat, alpukat dimana bahan-bahan ini mengandung banyak vitamin dan lemak tak jenuh.

Tomat mengandung vitamin A, C, dan likopen, sementara alpukat mengandung vitamin E, sehingga campuran keduanya baik untuk kesehatan kulit kamu. Bagi kamu yang sedang melakukan diet, menu ini sangat cocok.

Itulah lima menu makanan sehat dan hemat, yang bisa kamu coba di rumah. Selamat menjalani hidup sehat.