. 7 Penyebab Berat Badan Naik Saat Diet, Salah Satunya Melewatkan Sarapan

lifestyle

7 Penyebab Berat Badan Naik Saat Diet, Salah Satunya Melewatkan Sarapan

By  | 

Berat badanmu bertambah dan ingin menguranginya? Nah, salah satu caranya yaitu dengan melakukan diet.

Tapi pernah gak sih kamu melakukan diet ternyata malah bikin berat badanmu naik? Jika iya, berarti ada kesalahan yang kamu lakukan saat menjalankan diet ini.

Dilansir dari Realbuzz, ada beberapa kesalahan yang sering dilakukan oleh banyak orang ketika menjalankan diet dan hasilnya berat badan malah naik. Ini dia beberapa kesalahannya.

Baca juga: 4 Cara Sederhana Ini Bisa Bantu Memutihkan Gigi

1. Mencoba banyak program diet

Selain Melewatkan Sarapan Ternyata ini Penyebab yang Bikin Berat Badan Naik Saat Diet

(foto: unsplash/lyfefuel)

Ada banyak program diet sekarang ini, bahkan karena terlalu banyak malah membuat kamu menjadi bingung ingin menjalankan program yang mana.

Berdasarkan hasil penelitian, jika kamu menjalankan banyak program diet dalam setahun bisa menyebabkan metabolisme tubuhmu terganggu. Jika metabolisme terganggu, maka berat badan juga tidak bisa terkontrol.

2. Selalu berpikir kamu gemuk

Selain Melewatkan Sarapan Ternyata ini Penyebab yang Bikin Berat Badan Naik Saat Diet

(foto: unsplash/dsmacinnes)

Bukan hanya dari makanan dan pola diet saja yang bisa mempengaruhi berhasil atau tidaknya diet yang kamu jalankan.

Karena dari pola pikir juga sangat mempengaruhi lho! Penelitian terbaru menunjukkan bahwa jika berpikir bahwa dirimu gemuk, maka berat badan akan cenderung bertambah.

Penelitian pada Journal of Obesity menemukan jika seseorang memiliki berat badan yang sehat dan pola pikir yang sehat pula, maka kemungkinan berat badannya bertambah di 10 tahun kemudian.

Bukan tanpa alasan, karena pikiran yang tidak sehat seperti berpikir bahwa dirimu gemuk akan melepaskan hormon. Nah, hormon inilah yang bisa menyebabkan nafsu makanmu meningkat.

Mulai sekarang jagalah kesehatan mental dan berpikirlah positif mengenai tubuhmu, dan kamu akan merasakan berat badan yang ideal.

3. Mengonsumsi gula tambahan

Selain Melewatkan Sarapan Ternyata ini Penyebab yang Bikin Berat Badan Naik Saat Diet

(foto: pexels/mareefe)

Gula berlebih memang membuat obesitas dan penyakit lainnya menumpuk di tubuhmu. Tapi saat menjalankan diet bukan berarti kamu tidak mengonsumsi gula sama sekali.

Kamu bisa mengonsumsi gula rendah kalori yang tentunya lebih sehat. Dan perlu di ingat meskipun kamu mengurangi gula, hindari konsumsi makanan berlebih yang mengandung banyak gula.

Karena jika kamu menghindari gula tapi mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung gula tambahan, sama saja kamu membuat berat badan jadi bertambah.

4. Melewatkan sarapan

Selain Melewatkan Sarapan Ternyata ini Penyebab yang Bikin Berat Badan Naik Saat Diet

(foto: pexels/nathancowley)

Banyak orang yang mengira dengan melewatkan sarapan akan sangat membantu menurunkan berat badan mereka. Padahal dugaan tersebut keliru lho.

Sarapan sangatlah penting untuk kesehatan tubuh karena tubuhmu membutuhkan energi yang cukup untuk menjalani aktivitas seharian dan sarapan membantu menambah energi untukmu.

Jika melewatkan sarapan justru malah menaikkan berat badanmu. Karena saat melewatkan sarapan, kamu cenderung mengonsumsi makanan berkalori tinggi pada saat jam makan siang dan makan sebanyak mungkin. Inilah yang menyebabkan berat badanmu naik.

Baca juga: Gak Ribet, Kamu Bisa Gunakan 5 Bahan Alami Ini untuk Memerahkan Bibir

5. Tidak berolahraga

Selain Melewatkan Sarapan Ternyata ini Penyebab yang Bikin Berat Badan Naik Saat Diet

(foto: pexels/nubianavarro)

Kamu beranggapan bahwa dengan diet saja sudah bisa menurunkan berat badan? Ternyata diet tanpa olahraga hanya akan membuat dietmu kurang maksimal.

Seperti yang diketahui olahraga juga sangat berperan besar dalam penurunan berat badan. Olahraga rutin dan di ikuti dengan diet tentunya akan lebih baik untuk menurunkan berat badan.

Jika dibarengi dengan olahraga keberhasilan berat badan turun sekitar 25% dan jika tidak dibarengi dengan olahraga dietmu hanya berhasil sekitar 10% saja.

6. Makan sepuasnya setelah diet

Selain Melewatkan Sarapan Ternyata ini Penyebab yang Bikin Berat Badan Naik Saat Diet

(foto: pexels/kristinapaukshtite)

Jika berat badanmu sudah turun beberapa kilo, mungkin kamu berpikir untuk mengonsumsi makanan apa saja yang kamu inginkan karena selama diet tidak bisa mengonsumsinya.

Pola pikir tersebut sangat keliru, karena jika kamu menurutinya malah akan membuat berat badanmu bertambah dan hasilnya dietmu akan gagal.

Setelah berat badan turun, sebaiknya kamu tetap menjalankan pola hidup sehat dan tidak menuruti keinginan makan sepuasnya setelah diet.

7. Konsumsi minuman pelangsing

Selain Melewatkan Sarapan Ternyata ini Penyebab yang Bikin Berat Badan Naik Saat Diet

(fotof: pexels/thelazyartist)

Sekarang ini kamu bisa dengan mudah menemukan minuman dengan klaim yang bisa melangsingkan. Padahal belum terbukti keberanarannya.

Penelitian yang dilakukan oleh Universitas Purdue menyatakan bahwa minuman pelangsing atau minuman yang punya klaim bisa menurunkan berat badan ternyata mengandung gula dan pemanis buatan lainnya.

Sehingga jika kamu mengonsumsi minuman tersebut, akan sangat mungkin mengalami kenaikan berat badan.

Jika kamu melakukan beberapa kesalahan diatas saat diet, jangan heran kalau berat badanmu bertambah. Agar diet berhasil, yuk hindari kesalahan-kesalahan tersebut.