. Pesona 7 Objek Wisata Kendari, Ibukota Sulawesi Tenggara yang Menyimpan Banyak Potensi Wisata

travel

Pesona 7 Objek Wisata Kendari, Ibukota Sulawesi Tenggara yang Menyimpan Banyak Potensi Wisata

By  | 

Kota Kendari memang terbilang masih baru berubah menjadi kota, setelah sebelumnya berstatus Kotamadya. Berada di bagian tenggara Pulau Sulawesi, membut Kendari punya beerapa destinasi wisata yang cukup potensial untuk didatangi.

Beberapa wisata alamnya, bahkan menjadi primadona tersendiri bagi para pelancong yang sudah bertandang. Kota yang dijuluki seagai Kota Tolaki ini, patut coba kau masukkan ke daftar tujuan wisata kamu selanjutnya.

Selain menawarkan beragam pesona alam, Kendari juga punya beberapa aktivitas rekreasi seru yang harus kamu coba, ketika menjajal objek wisatanya.

Bentuk dataran Kendari, menonjolkan area perbukitan yang dilewati sungai-sungai indaha, yang muaranya ada pada Teluk Kendari. Panorama alam ini menjadkan kenampakan alam Kendari sangat alami serta begitu hijau.

Baca juga: 10 Destinasi Wisata Favorit Saat Liburan ke Palangkaraya

1.  Menakjubkannya keindahan Pulau Bokori yang buatmu ketagihan

Pulau Bokori Kendari

(foto: instagram/yew_43)

Wisata alam pertama di Kendari yang harus kamu jelajahi jika berlibur ke Kendari, adalah Pulau Bokori. Pulau Bokori dapat kamu capai dengan menggunakan kapal rakyat, yang banyak terparkir di Desa Tapulaga.

Hanya dengan menempuh waktu kurang lebih 30 menit, kamu bisa langsung sampai ke Pulau Bokori yang memiliki pesona alam berupa air laut yang jernih berwarna biru, serta balutan pasir putih yang menambah nilai keindahannya.

Pohon-pohon kelapa juga nampak berjajajr tak jauh dari bibir pantainya. Menambah pemanis alami dari panorama pantai ini.

Kamu juga bisa coba menikmati bergelantungan di antara pohon, dengan memasang hammock di antara pohon kelapa, yang seringkali jadi aktivitas favorit para wisatawan yang berkunjung ke sini. Di antara pasir putihnya yang lembut, kamu juga bisa menemukan beberapa bintang laut yang bertebaran.

Jangan lupa, rasakan juga sensasi menyelam di alam bawah lautnya, yang dipenuhi dengan ragam bentuk karang nak eksotis sekaligus unik.

Berenang di tepian pantai, di atas air lautnya yang biru jernih, juga menjadi aktivitas seru yang tak boleh kamu lewatkan. Selain menikmati pantainya, kamu juga bisa menjelajah lebih jauh ke dalam pulau, untuk menemukan padang ilalangnya yang hijau menyegarkan mata.

Cobalah juga untuk menikmati pemandangan Pulau Bokori nan elok ini, dari atas ketingggian di puncak padang ilalang.

Loading...

Kamu akan terpukau dengan betapa indahan pantai yang dilatari oleh lautan biru yang begitu aduhai. Tak hanya itu, dari sini pun kamu bisa melihat bangunan-bangunan terapung dari perkampungan Bajo.

2. Menjelajai kekayaan flora dan fauna Kendari, di Kebun Raya Kendari

Kebun Raya Kendari

(foto: instagram/yew_43)

Kendari juga punya ragam kekayaan hayati hingga satwa yang seru untuk dijelajahi. Kawasan konservasi yang menjadi tujuan ekowisata tersebut, adalah Kebun Raya Kendari. Kebun Raya Kendari berada di atas lahan seluas kurag lebih 96 hektare.

Dimana 18 di antaranya merupakan hutan lindung sementara 78 hektare adalah sebagai kawasan hutan produksi tetap. Kekayaam flora yang ada di sini mencapai 1747 koleksi tumbuhan pembibitan, sementara  itu 1.647 koleksi tanaman anggrek serta 120 tanaman anggrek.

Beberapa taman tematik, juga bisa menambah keseruan kamu berwisata ke sini. Seperti Taman Pakuli, yaitu taman tematik yang diisi oleh anekaragam tanaman obat-obatan.

Lalu ada Taman Etnobotani, yaitu taman yang di dalamnya khusus mengkaji mengenai bagaimana penggunaaan tanaman bagi kehiudpan sehari-hari bagi adat tertentu. Selain itu, di sini juga terdapat taman ultrabasah, karena Kebun Raya Kendari merupakan pusat konservasi tanaman ultrabasah.

Sembari menikmati keindahan hayati di kebun raya ini juga kamu dapat menikmati beberapa fasilitas yang tersedia, seperti gazebo, menara pandang, hingga area camping ground.

Kamu juga akan menemukan keistimewaan yang ada di kebun raya ini, berupa terdapatnya aliran anak sungai yang mengalir di tengah display berisi tumbuhan ultrasabah.

3. Menelusuri lebatnya hutan bakau di Tracking Mangrove Bungkutoko

Tracking Mangrove Bungkutoko Kendari

(foto: instagram/jelajahsultra)

Selanjutnya, Kendari juga punya objek wisata Hutan Bakau, yakni Tracking Mangrove Bungkutoko. Letaknya, berada di Kelurahan Lahundape, Kecamatan Kendari Barat, Pulau Bungkutoko.

Tampilan Tracking Mangrove Bungkutoko semakin menarik banyak wisatawan, karena cat warna-warni yang menghiasi jembatan yang digunakan sepanjang jalur berkeliling di hutan ini. Tracking ini, memiliki panjang sekitar 500 meter.

Di hutan mangrove yang sudah didirikan sejak tahun 2016 ini juga, terapat gazebo yang dapat kamu gunakan untuk istirahat sejenak di tengah perjalanan berkeliling hutan.

Kamu juga bisa menikmati pemandangan di sekitar hutan mangrove secara kesluruhan dengan menaikki gardu pandang yang juga tersedia di sini. luas HUtan Mangrove Bungkutoko ini, diperkirakan mencapai dua hektare.

Selain sebagai tujuan wisata, area hutan mangrove ini juga ditujukan sebagai pusat penelitian dan pendidikan. Sementara itu, dengan mengfungsikan hutan mangrove ini sebagai objek wisata, diharapkan mampu membuat kelestariannya dapat terus terjaga.

Jika kamu ingin coba berkunjung ke Trackking Mangrove Bungkutoko, kamu harus mencapai dengan menggunakan perahu untuk menyebrangi perairannya.

Keberadaan Hutan Mangrove ini juga menjadi ruang terbuka hijau, bagi masyarakat Kendari. Serta menjadi paru-paru oksigen Kendari, agar udaranya tetap dapat lebih terjaga kebersihannya.

4. Mengagumi Kendari dari atas Puncak ST

Puncak ST Kendari

(fot0; instagram/

Puncak ST atau Puncak Saeful Tamburaka merupakan objek wisata di Kendari yang menawarkan pesona melihat pemandangan alam Kota Kendari dari ketinggian. Wisata alam ini, menjadi destinasi wisata favorit baru, bagi warga Kendari.

Objek wisata satu ini, memang bisa jadi pilihan yang sangat cocok, bagi kamu yang ingin menepi sejenak  dari hiruk-pikuk kehidupan perkotaan. Suasana di perbukitan yang masih dikelilingi hutan rimbun yang asri dan hijau, membuat udara di atas perbukitan ini masih segar.

Tak hanya sebagai sarana untuk melihat panorama Kota Kendari dari ketinggian,  Puncak ST juga menambahkan di berbagai titiknya dengan hiasan-hiasan menarik, yang bisa pengunjung gunakan untuk berfoto ria.

Tak usah khawatir, meskipun letaknya di puncak pedalaman hutan, kawasan wisata ini sudah dilengkapi dengan beberapa fasilitas pendukung. Seperti toilet, hingga warung-warung makan yang akan membuat suasana kamu saat menikmati pemandangan semakin menyenangkan.

Kawasan wisata yang berlokasi di Desa Langgea, Kecamatan Ranomeeto, Kelurahan Watubangga ini, dicetuskan serta dikelola oleh seorang guru SMA Negeri 1 Kendari. Tak disangka, objek wisata yang ia kelola bersama tetangga-tetangganya ini, bisa mendatangkan banyak pengunjung.

Kawasan yang luasnya diperkirakan mencapai 3 hektare ini,  berada di ketinggian gunung yang kurang lebih 60 meter. Dari atas ketinggian tersebut, kamu juga akan disguhkan dengan pemandangan matahari terbenam yang luar biasa.

5. Bermain berbagi fasilaitas sera wahana bermainair, di Citraland Waterpark

Citraland Waterpark Kendari

(foto: instagram/issma_11)

Berada di Jl. Buburanda Anduonohu, yang tepatnya berada di tengah pusat Kota Kendari, Citraland Waterpark Kendari, memberkan oase tersendiri bagi kamu yang ingi menghabiskan liburan akhir pekan bersama keluarga.

Berbagai fasilitas hingga wahan bermain air disediakan di sini. Seperti ragam perosotan mulai dari yang untuk anak-anak hingga untuk dewasa. Jumlah perosotan tersebut, sebanyak tujuh buah.

Beberapa fasiltas permaianan air seperti ember tumpah hingga mandi busa, menambah keseruan kamu dalam menikmati wisata air di tempat ini.

Objek wisata wahana permainan air ini, menggunakan “The Carribean Adventures” dalam tempat wisata airnya. Yang mana menyediakan beberapa fasilitas rekreasi air seperti waterplay dan waterslide. Pada wahana waterplay, pengunjung akan dimajakan dengan fasiltas berupa octopus slide, aqua bow three, serta watershoor.

Sementara itu, di area water slide, kamu dapat menikmati Bodi Slide, Tube Slide, dan Mini Racer Side. Waterpark ini berada di lahan seluas satu hektare sehinga sat pembangunannya,  Citraland Waterpark diklaim sebagai waterpark terbesar di Sultra.

Tak hanya itu, di kawasan objek wisata ini juga dilengkapi jajaran ruko yamg merupakan modifikasi luasan dari ruko “Samudera Junction”. Tak hanya itu, di sini juga tersedia area outdoor fitness playground.

Objek wisata waterpark ini, dapat kamu kunjungi di kawasan perumahan Citraland Kendari Meskipun begitu, objek wisata ini terbuka untuk umum. Tak hanya bagi penghuni perumahannya saja.

Baca juga: Intip Indahnya 10 Destinasi Wisata Papua, Surganya Wisata Kelas Dunia

6. Indahnya Teluk Kendari, primadona wisata tengah Kendari

Teluk Kendari

(foto: instagram/ muhammadjabir)

Teluk Kendari atau yang oleh masyarakat Kota Kendari dikenal dengan kendari beach, merupakan wiisata pantai yang memiliki keistimewaan berupa kenampakan alamnya yang berada di tengah Kote Kendari. Sejarah keberadaan Menurut sebuah catatan sejarahberupa kartogafi Portugis Kuno,

Kota Kendari sendiri tak bisa terlepas dari keberadaan teluk yang disebutkan bahwa dahulunya ini merupakan tempat persinggahan para pelaut yang berasal dari Eropa maupun Nusantara.

Keelokkan dari Teluk Kendari ini, di masa lalu membuat seorang jenderal asal Belanda bernama Jacque Nicholas terpukau. Kemudia, ia lalu mendirikan sebuah kantor dagang di wilayah bagian utara tersebut.

Bagi kamu yang ingin menimati keindahan alamnya tersbut disertai semilir ngin yang membelai lembut, kamu bisa menikmati berbagai jajanan nikmat berakeragam yang banyak dijajakan di sini.

Area tepi pantai kendari yang dibuat semakin lebra, menjadikan para pengunjung bisa lebih santai menimati berbagai aktivitas menghibur di tepiannya ini.

Oleh warga setempat, kawasan wisata ini lebih sering di singkat namanya menjadi Kebi. Kebi juga cocok digunakan untuk kamu melakukan aktivitas tracking atau sekadar mengabadikab keindahan alam pantainya.

Ketika sore hari tiba, kamu juga akan menemukan beberapa lapak belanja oleh-oleh. Selain itu, juga ada beberapa wahana bermain anak.

7. Indahnya kenampakan alam Kendari, dari ketinggian di Tahura Nipa-nipa

Tahura Nipa-nipa Kendari

(foto: instagram/ryand_umar)

Selanjutnya, kamu juga bisa coba menyaksikan obejek wisata lain yang dapat membuatmu juga menikmati keindahan alam kendari, adalah Taman Hutan Raya Nipa-nipa. Di kawasan wisata Konservasi Taman Hutan Raya (Tahura) Nipa-nipa nini, terdapat area pegunungan yang seringkali digunakan layaknya gardun pandang.

Untuk dapat mencapai puncaknya tersebut, kamu harus menghabis waktu kurang lebih 45 menit dari pusat kota. Dengan derajat kemiringan pendakian hingga 45 derajat.

Tahura Nipa-nipa ini memiliki luas lahan 7.877,5 hektare. Keberadaan hutan lindung in, mampu menjaga Kendari dari bencana seperti banjir dan tanah longsor.

Di kawasa hutan lindung ini, ada beberapa hewan  khas Sulawesi yang secara khusus dilindungi. Kawasan tahura ini tak hanya menjelma sebagai tujuan agrowisata saja. Tetpi menjadi tujuan wisata sejarah juga, karena di dalamnya kamu dapat menemukan goa Jeoang, meriam Portugis hingga kali Belanda.

Di lokasi tahura ini juga, kamu juga dapat menikmati sarana outbond. Beberapa mahasiswa juga kerap kali menjadikan tahura ini sebagai lapangan penelitia  mereka.

Di kawasan wisata ini kamu juga bisa menemukan pipa-pipa panjang yang berfungsi mengalirkan air bersih dari mata air yang terlatak di kawasan ini, bagi warga setempat. Memang terdapat cukup banyak area wisata di kawasan tahura ini, antara lain seperti Wisata Alam Lahundape, Air Terjun Lasolo, hingga Wisata Alam Soropia.

Di area wisata lahundepe, kamu bisa menikmati berkemah di kawasan hutan yang kehijauannya masih terjaga ini, dengan ditemani keindahan serta percikan air segar dari Air Terjun Lahundape.

Loading...