lifestyle

9 Manfaat Pemanasan Sebelum Olahraga

Penulis:   | 

Salah satu manfaat pemanasan sebelum olahraga adalah agar tubuh terhindar dari resiko cedera ringan maupun berat.

Cedera tersebut umumny terjadi akibat otot yang menegang akibat mendapatkan perlakuan yang cukup kuat berupa gerakan yang dilakukan ketika berolahraga.

Oleh sebab itu, sangat penting untuk melakukan pemanasan sebagai gerakan awal sebelum berolahraga. Dengan demikian, otot dan sendi sudah siap dan bisa bergerak secara maksimal.

Ada banyak jenis dan porsi pemanasan yang bisa diterapkan sebelum mulai berolahraga. Biasanya, pemanasan dilakukan selama kurang lebih 10 hingga 15 menit.

Sebab, pemanasan yang dilakukan dalam waktu terlalu lama, justru tidak baik karena dapat menguras tenaga lebih banyak.

Baca juga: Mengenal Blue Waffle, Penyakit Menular Seksual

Manfaat Pemanasan sebelum Olahraga

9 Manfaat Pemanasan sebelum Olahraga

(foto: istockphoto)

Perlu diketahui, manfaat pemanasan sebelum olahraga tidak hanya untuk mencegah terjadinya cedera. Ada banyak manfaat lain yang bisa didapatkan. Lantas, apa saja manfaat tersebut?

1. Mencegah nyeri punggung bawah

Pada saat berolahraga, tubuh akan bergerak secara optimal. Biasanya, ada beragam jenis gerakan, baik ringan maupun berat. Dan biasanya, dapat menimbulkan rasa nyeri pada beberapa bagian tubuh, salah satunya adalah punggung bagian bawah.

Hal tersebut dikarenakan, gerak pemanasan mampu meningkatkan kelenturan beberapa bagian otot seperti otot paha, bagian belakang, otot panggul, serta pinggul.

Perlu diktehaui bahwa otot-otot tersebut berfungsi untuk mengurangi tekanan pada tulang belakang, sehingga nyeri punggung bagian bawah dapat dicegah, terutama setelah olahraga.

2. Menurunkan ketegangan otot

Jika tubuh bergerak cukup berat tanpa melakukan gerakan kecil atau pemanasan sebelumnya, maka otot akan mengalami ketegangan.

Saat kondisi tersebut terjadi selama berolahraga, maka bisa dipastikan tubuh akan mengelami cedera, terutama pada bagian yang menggunakan otot secara aktif.

Oleh sebab itu, sangat penting untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu sebelum berolahraga agar otot terasa lebih rileks, sehingga dapat mencegah otot tegang ataupun kaku.

Selain itu, ketegangan otot yang dapat diredam juga sangat bermanfaat, yakni agar pasokan nutrisi dan oksigen menuju otot tetap terlindungi dengan baik.

3. Memperluas area gerakan

Manfaat pemanasan sebelum olahraga adalah untuk memperluas are gerakan. Biasanya, untuk mendapatkan manfaat tersebut kita harus melakukan dua jenis pemanasan, yakni pemanasan statis dan dinamis.

Yang dimaksud dengan pemanasan statis adalah gerakan yang dilakukan dengan meregangkan otot dan menahan agar tetap berada di posisi tersebut untuk beberapa saat.

Sementara, pemanasa dinamis adalah gerakan yang dillakukan dalam intensitas ringan namun secara berulang.

4. Memperbaiki postur tubuh

Ketika kamu berolahraga dengan tujuan agar postur tubuh dapat diperbaiki, maka kamu harus melakukan pemanasan terlebih dahulu.

Pasalnya, pemanasan sebelum melakukan gerakan kuat dapat membantu memperbaiki postur tubuh.

Sebab, dengan dilakukannya pemanasan, maka dapat mencegah ketidakseimbangan otot. Adanya ketidak seimbangan otot tersebutlah yang menjadi faktor pemicu terjadinya postur tubuh yang kurang baik.

Dapat disimpulkan bahwa, ketika kamu melakukan pemanasan secara rutin sebelum berolahraga, maka memungkinan bagi kamu untuk bisa memiliki postur tubuh yang ideal.

Oleh karena itu, mulai sekarang jangan malas untuk melakukan gerakan tersebut.

5. Meningkatkan fleksibilitas

Kelenturan otot sangat diperlukan bagi tubuh, terutama saat sedang melakukan olahraga. Pasalnya, otot yang lentur dan dapat digerakkan dengan bebas, bisa terhindar dari resiko penegangan otot yang akhirnya dapat menimbulkan cedera serius.

Selain itu, otot yang fleksibel juga akan selalu sehat dan terhindar dari berbagai macam masalah.

Manfaat memiliki otot yang lentur adalah untuk mencegah penurunan fungi anggota gerak di kemudian hari, serta dapat membantu tubuh melakukan aktivitas dengan baik.

6. Meningkatkan performa

Saat otot dalam kondisi fleksibel alias lentur, maka performa tubuh akan semakin meningkat. Dengan demikian, tubuh dapat melakukan berbagai aktivitas baik ringan maupun berat dengan mudah.

Manfaat tersebut bisa kamu dapatkan saat melakukan pemanasan. Sebab, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa gerakan tersebut dapat membuat otot menjadi lebih fleksibel alias lentur.

Dengan kondisi sendi dan otot yang lentur, maka ketika tubuh tidak akan membutuhkan tenaga banyak untuk bisa bergerak bebas.

7. Menurunkan stress

Tidak hanya bermanfaat untuk kekeuatan fisik berupa otot dan sendi, manfaat pemanasan sebelum olahraga juga dapat menyehatkan mental. Pasalnya gerakan tersebut terbukti dapat menurunkan stress.

Ketika pemanasan dilakukan, seluruh beban di dalam pikiran akan berangsur-angsur pergi, sehingga tubuh dan pikiran menjadi lebih rileks.

Perlu diketahui bahwa ketikan sedang stress, maka otot dalam tubuh juga akan ikut menegang. Biasanya, kondisi tersebut terjadi pada oto leher dan Pundak.

Untuk itu, lakukan pemanasan agar fisik dan mental tetap sehat.

8. Melancarkan pernapasan

Tubuh melakukan proses pernapasan untuk bisa bertahan hidup, bernapas merupakan aktivitas yang dilakukan untuk menghirup oksigen dan mengeluarkan zat sisa yakni karbondiaoksida.

Dengan bernapas, manusia akan mendapatkan pasokan oksigen yang sangat bermanfaat bagi kelangsungan hidup. Sebab, oksigen berfungsi untuk melancarkan kinerja seluruh organ yang ada di dalam tubuh.

Mengingat pentingnya pernapasan, maka kita harus bisa menjaganya agar tetap lancar. Jika pernapasan tidak lancar dan mengalami gangguan, maka bisa dipastikan organ yang ada di dalam tubuh tidak akan berfungsi dengan baik.

Manfaat pemanasan sebelum olahraga dapat membantu melancarakan pernapasan. Ketika seseorang rajin melakukan gerakan tersebut, maka akan terhindari dari sesak sapas.

Napas berat terjadi karena tenaga yang digunakan untuk melakukan gerakan cukup besar. Sehingga aliran darah ke otot tidak akan lancer. Itulah yang menyebabkan sesak napas.

9. Meningkatkan kualitas tidur

Manusia membutuhkan waktu tidur yang cukup untuk membuat otot lebih rileks dan seluruh organ tubuh akan beristirahat, sehingga saat melakukan aktivitas keesokan harinya, tubuh sudah lebih siap.

Idealnya, seseorang membutuhkan waktu tidur selama kurang labih 6 hingga 8 jam setiap harinya.

Namun, tidak semua orang bisa mendapatkan waktu tidur yang cukup karena berbagai macam hal.

Melakukan pemanasan rupanya juga bermanfaat untuk meningkatkan kualitas tidur. Pasalnya, ketika gerakan tersebut dilakukan sebelum berolahraga, maka tubuh akan menjadi lebih segar.

Hal tersebut secara tidak langsung dapat memberikan dampak yang baik bagi kualitas tidur. Dengan demikian, tidur akan menjadi lebih nyenyak sehingga saat bangun keesok harinya akan terasa lebih segar dan sehat.

Baca juga: 11 Jenis Ikan Channa, Ikan Gabus Bercorak Unik dan Menarik

Penyebab pemanasan tidak efektif

9 Manfaat Pemanasan sebelum Olahraga

(foto: istockphoto)

Perlu diketahui bahwa setiap pemanasan yang dilakukan sebelum olahraga tidak semua berjalan efektif. Pasalnya ada beberapa hal yang bisa membuat pemanasan tidak berjalan dengan lancer, diantaranya:

  • Pemanasan dilakukan terlalu cepat.
  • Melakukan aktivitas fisik dalam intesitas tinggi.
  • Pemanasan yang dilakukan berbanding lurus dengan kondisi kesehatan, gangguan mental yang dialami, serta berbagai hal lainnya yang berkaitan dengan subjek itu sendiri.
  • Adanya ketidak cocokan antara pemanasan dengan aktivitas yang dilakukan.
  • Banyak menghabiskan waktu untuk jeda antara pemanasan dan olahraga.

AKhir kata

Demikianlah 8 manfaat pemanasan sebelum olahraga yang bisa didapatkan jika dilakukan secara rutin. perlu diingat bahwa ada beberapa faktor penting yang dapat membuat pemanasan tidak menghasilkan manfaat baik bagi tubuh.

Untuk itu, lakukan pemanasan dengan baik dan sungguh-sungguh serta sesuaikan kondisi tubuh saat melakukannya.

Pastikan untuk tidak melakukannya dalam waktu yang cukup lama agar tubuh tidak mengeluarkan tenaga yang cukup besar.

TULIS KOMENTAR

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.