lifestyle

7 Manfaat Micellar Water serta Tips Memilihnya

Penulis:   | 

Salah satu produk kecantikan yang wajib kamu miliki untuk merawat wajahmu adalah Micellar water. Manfaat micellar water adalah untuk membersihkan dan mengangkat kotoran, debu, dan sisa make up yang menempel pada kulit wajah.

Berbagai macam kotoran yang menempel pada wajah jika tidak dibersihkan akan menimbulkan masalah seperti kusam, jerawat, komedo, dan lainnya. Tentu saja, kamu tidak ingin itu terjadi pada kulitmu, bukan?

Hampir semua wanita mendambakan wajah sehat, seperti cerah, mulus, glowing, dan bebas dari masalah komedo dan jerawat. Pasalnya, sedikit masalah saja pada wajah akan membuat rasa percaya diri berkurang.

Untuk mendapatkan wajah yang diinginkan, tak heran jika sebagian besar dari mereka sampai rela merogoh kocek untuk biaya perawatan di sebuah salon kecantikan.

Namun, tidak sedikit juga lebih memilih melakukan perawatan di rumah, dengan cara menggunakan rangkaian produk kecantikan yang harganya jauh lebih terjangkau.

Rangkaian produk kecantikan tersebut tentu saja memiliki peran masing-masing dengan manfaat yang juga berbeda-beda.

Micellar water merupakan pembersih wajah berbahan dasar air yang terdiri dari campuran glycerin, surfactants, dan pelembab.

Produk ini biasanya digunakan pada tahap pertama sebelum membersihkan wajah dengan sabun pembersih wajah.

Oleh sebab itu, banyak wanita menggunakan produk itu ketika sedang membersihkan make up, baik make up tebal maupun ringan.

Tidak sedikit juga wanita yang menggunakan micellar water sebelum tidur agar wajah bersih dan bebas dari jerawat.

Tapi ternyata, manfaat micellar water tidak hanya itu saja, loh. Masih ada sederet manfaat ajaib lainnya yang mungkin sebagian besar orang belum tahu. Apa saja manfaat tersebut? Simak penjelasan berikut ini.

Baca juga: 10 Manfaat Habbatussauda, Obat Segala Penyakit Ala Rasulullah SAW

1. Manfaat micellar water untuk menghidrasi kulit

7 Manfaat Ajaib Micellar Water pada Wajah, Kamu wajib Tahu!

(foto: pexels)

Manfaat micellar water yang pertama adalah untuk menghidrasi kulit wajah. Bagi kamu yang memiliki kulit kering, kamu wajib punya produk ini.

Seperti yang kita tahu, kulit kering bisa menyebabkan berbagai masalah pada kulit seperti timbul rasa gatal, rentan terhadap kuman dan bakteri, lebih sensitif, kulit menjadi kusam, bahkan penuaan dini.

Kandungan gliserin yang ada di micellar water mampu menjaga kelembapan kulit secara efektif sehingga membuat kulitmu terhidrasi dengan baik dan tidak kering.

Tidak hanya itu saja, Bahan aktif surfaktan pada produk ini juga tergolong ringan dan tidak menyebabkan iritasi, sehingga menjadikannya pilihan tepat bagi kamu yang memiliki kulit wajah kering.

2. Bisa menghilangkan komedo

7 Manfaat Ajaib Micellar Water pada Wajah, Kamu wajib Tahu!

(foto: pexels)

Komedo merupakan masalah wajah yang hampir semua orang punya. Adanya komedo pada wajah terutama di bagian hidung, dagu, dan pipi, membuat penampilan menjadi terganggu.

Saat komedo muncul di wajah, tentu kamu akan merasa sangat kesal. Pasalnya, masalah kulit wajah yang satu ini sangat susah dihilangkan.

Diperlukan perawatan khusus agar komedo membandel hilang seketika, tentu saja perawatan tersebut membutuhkan biaya tidak sedikit.

Tapi, kali ini kamu tidak perlu kesal lagi. Sebab, ada cara mudah untuk menghilangkan komedo, yakni dengan menggunakan micellar water.

Hal ini dikarenakan micellar water dapat mengangkat sel kulit mati yang terperangkap di dalam pori-pori dan tidak meninggalkan residu minyak setelah penggunaannya.

Caranya, gunakan micellar water secara rutin terutama setelah penggunaan make up dan sebelum tidur. Dengan demikian, kotoran yang menempel di wajah khususnya pori-pori wajah akan terangkat.

3. Mencegah jerawat

7 Manfaat Ajaib Micellar Water pada Wajah, Kamu wajib Tahu!

(foto: everyday health)

Sama halnya dengan komedo, jerawat juga merupakan masalah wajah yang paling menyebalkan. Satu saja muncul jerawat di wajah, mood akan menjadi jelek, terutama bagi kaum perempuan.

Tak jarang, jerawat juga bisa membuat wanita stress. Pasalanya, jerawat sudah sekali dihilangkan.

Bahkan, membersihkan jerawat dengan cara dipencetoun, sama sekali tidak efektif. Sebab, setelah itu jerawat akan tumbuh dan terus tumbuh lagi.

Seperti yang kita tahu bahwa jerawat merupakan pertumbuhan dari komedo yang dibiarkan terlalu lama sehingga terinfeksi dan tumbuh membesar menjadi jerawat.

Untuk mencegah jerawat tumbuh pada wajah, kamu bisa menggunakan micellar water, yang ampuh menghilang komedo. Sehingga, komedo dapat teratasi dan jerawat tidak akan pernah muncul di wajah cantikmu.

4. Mengurangi resiko iritasi kulit

7 Manfaat Ajaib Micellar Water pada Wajah, Kamu wajib Tahu!

(foto: pexels)

Manfaat micellar water selanjutnya adalah dapat mengurangi resiko iritasi pada kulit wajah.

Seperti yang kita tahu bahwa setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda. Ada yang memiliki jenis kulit normal, ada pula yang memiliki jenis kulit sensitif.

Bagi wanita yang memiliki jenis kulit sensitif, harus berhati-hati dalam memilih produk kecantikan. Sebab, tidak semua produk kecantikan cocok digunakan pada kulit sensitif.

Akibatnya, kulit akan menjadi iritasi dan menimbulkan masalah wajah lainnya seperti kulit kemerahan, bruntusan, dan gatal.

Sebagian micellar water tidak mengandung bahan-bahan yang dapat mengiritasi kulit, seperti alkohol, paraben, sulfat, pewangi, dan pewarna. Sehingga, sangat aman digunakan pada kulit sensitif.

Hal ini dibuktikan dengan hasil sebuah penelitian yang menyatakan bahwa micellar water merupakan produk kecantikan yang dapat membersihkan dan melembabkan wajah tanpa menimbulkan resiko kulit teriritasi.

Jadi, jika kamu termasuk orang yang memiliki kulit sensitif dan mudah iritasi, kamu bisa menambahkan produk ini ke dalam rangkaian skin care mu agar tidak salah lagi dalam memilih produk pembersih.

5. Menyegarkan kulit wajah

7 Manfaat Ajaib Micellar Water pada Wajah, Kamu wajib Tahu!

(foto: pexels)

Tidak hanya toner yang bermanfaat menyegarkan kulit wajah, rupanya micellar water juga memiliki manfaat yang sama, loh.

Kandungan air yang ada di dalam micellar water mampu memberikan rasa segar pada kulit wajah dan juga melembabkan.

Sehingga, efek segar yang dihasilkan akan membuat wajah terlihat lebih cerah dan sehat.

Baca juga: 10 Manfaat Temulawak untuk Kesehatan, Aman untuk Ibu Menyusui

6. Mengangkat sel kulit mati

Mengangkat sel kulit mati

(foto: pexels)

Penumpukan sel kulit mati pada pori-pori wajah biasanya terjadi akibat sisa-sisa make up yang masih menempel pada wajah.

Jika tidak diatasi dengan benar, maka penumpukan sel-sel kulit mati tersebut akan membuat wajah menjadi kusam.

Wajah kusam merupakan salah satu masalah yang tidak diinginkan oleh wanita. Pasalnya, kulit kusam membuat penampilan menjadi tidak segar dan kotor.

Oleh sebab itu, gunakanlah pembersih wajah seperti micellar water secara rutin ke seluruh permukaan wajah. Sebab, produk ini terbukti ampuh mengangkat sel-sel kulit mati. Sehingga, wajah kusampun hilang.

7. Membersihkan kuas make up

Membersihkan kuas make up

(foto: pexels)

Tidak hanya mampu membersihkan wajah, micellar water ternyata juga bisa membersihkan kuas make up.

Penggunaan kuas make up sangat penting khususnya bagi wanita yang gemar menggunakan make up.

Kuas make up sangat berguna untuk membantu mengaplikasikan make up ke wajah dan meratakannya ke seluruh wajah secara sempurna.

Seperti yang kita tahu bahwa penggunaan kuas make up dalam kondisi kotor akan menimbulkan resiko buruk pada kulit wajah, seperti iritasi, timbulnya jerawat, dan resiko buruk lainnya.

Untuk itu, bersihkanlah kuas make up secara rutin menggunakan air bersih dan micellar water.

Tips memilih micellar water

(foto: istockphoto)

Berdasarkan beberapa manfaat micellar water yang sudah disebutkan di atas, tentunya produk tersebut harus dan wajib ada di dalam rangkaian skin care harianmu.

Namun, jangan sampai salah memilih produk pembersih wajah tersebut agar tidak menimbulkan efek buruk bagi kulit wajah.

Nah, untuk memilih produk micellar water yang bagus untuk kulit, simak beberapa tips di bawah ini.

1. Pilihlah produk yang mengandung vitamin

Tugas micellar water tidak hanya untuk membersihkan make up saja, melainkan juga untuk menutrisi kulit agar tetap sehat dan lembab.

Oleh karenanya, pilihlah produk pembersih wajah tersebut dengan seksama, yakni yang mengandung vitamin.

Seperti yang kita tahu bahwa kulit membutuhkan vitamin agar tetap sehat, seperti vitamin A, vitamin E, serta vitamin C.

Ketiga jenis vitamin tersebut sangat bermanfaat untuk melindungi kulit dari radikal bebas yang dapat menyebabkan berbagai macam masalah pada kulit, seperti jerawat, komedo, dan lain sebagainya.

Tidak hanya itu, memilih micellar water dengan kandungan vitamin juga dapat membuat wajah menjadi lebih cerah bebas kusam.

2. Pilih produk yang membersihak secara efektif

Seperti yang kita tahu bahwa tugas utama dari micellar water adalah untuk memberihkan make up serta sisa-sisa kotoran yang menempel pada wajah.

Penggunaan make up cukup sering juga dapat emmbuat wajah menjadi kotor, apalagi dengan jenis produk waterproof atau yang cukup sulit untuk dihilangkan hanya dnegan menggunakan air.

Oleh karena itu, pilihlah produk micellar water yang mampu emmbersihkan make up secara efektif. Tujuannya adalah supaya wajah benar-benar bersih dan terhindar dari berbagai macam kotoran serta virus dan bakteri penyebab jerawat dan komedo.

Cara memilihnya cukup mudah. Produk pembersih wajah yang dapat menghapus make up waterproof biasanya mengandung minyak.

Jadi, kamu hanya perlu membaca kandungan yang terdapat pada kemasan. Jika mengandung minyak, maka kamu bisa memilihnya.

3. Hindari yang mengandung bahan aditif

Yang dimaksud dengan bahan aditif adalah senyawa aktif yang biasanya memiliki kandungan yang cukup berat.

Sehingga, jika digunakan oleh seseorang yang memiliki jenis kulit sensitif, maka dapat memicu resiko iritasi pada kulit.

Dalam memilih micellar water, sebaiknya hindari yang emngandung banyak bahan aditif terlebih lagi jika kamu memiliki jenis kulit sensitif.

Pilihlah produk yang mengandung air dan non alkohol untuk meminimalisir terjadinya iritasi pada kulit.

Jangan lupa untuk selalu mengeceknya dalam table komposisi paa kemasan. Tidak lupa, jangan memilih jenis micellar water yang mengandung bahan pewarna, pewangi dan paraben.

4. Pilih sesuai jenis kulit

Setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda, ada yang sensitive dan juga yang tidak. Oleh sebab itu, sangat penting untuk memilih produk berdasarkan kondisi dan jenis kulit agar tidka menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan kulit.

Tidak terkecuali dalam memilih micellar water. Pilihlah prosuk yang memang sesuai dengan jenis dan kondisi kulit.

Pertama, jangan lupa untuk mengidentifikasi terlebih dahulu seperti apa jenis kulit yanag kamu miliki, seperti kulit kering, berminyak, sensitif, normal, atau kombinasi.

Bagi kamu yang memiliki jenis kulit kering, pilihlah produk yang memiliki sifat melembabkan sehingga dapat membantu melembabkan kulit.

Sementara, untuk jenis kulit berminyak pilhlah produk dengan formula khusus untuk mengurangi jumlah produksi minyak pada kulit wajah.

Nah, itulah 7 manfaat ajaib micellar water untuk wajah. Walaupun micellar water memberikan banyak manfaat dan aman digunakan untuk segala jenis kulit wajah, alangkah baiknya jika kamu tidak sembarangan memilih produk ini.

Sebab, ada beberapa produk micellar water yang memiliki kandungan cukup berbahaya bagi wajah.

Pilihlah produk micellar water yang sudah teruji klinis dan aman digunakan seperti beberapa tips di atas. Jika kamu salah dalam memilih produk micellar water, maka resiko buruk akan terjadi pada wajahmu.

TULIS KOMENTAR

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.