lifestyle

18 Manfaat Temulawak untuk Kesehatan, Aman untuk Ibu Menyusui

Penulis:   | 

Manfaat temulawak seringkali kita dapatkan ketika diolah menjadi minuman. Minuman tersebut bisa menyegarkan tubuh bahkan mampu meningkatkan nafsu makan.

Temulawak merupakan tumbuhan herbal yang masuk ke dalam kategori suku temu-temuan. Tanaman berbatang semu ini berasal dari pulau Jawa, Indonesia dan kini telah menyebar di berbagai negara khususnya Malaysia dan Thailand.

Nama latin dari temulawak adalah curcuma xanthorrhiza. Selain itu, tanaman ini juga memiliki beragam nama atau penyebutan berdasarkan bahasa daerah seperti temu labak (Madura), koneng gede (Sunda), dan masih banyak lainnya.

Walaupun temulawak termasuk tanaman rimpang sama seperti jahe dan kunyit, akan tetapi mereka memiliki perbedaan.

Jika jahe dan kunyit kerap dijadikan sebagai bumbu masakan, lain halnya dengan temulawak yang justru lebih populer dijadikan sebagai minuman alias ramuan herbal.

Hal ini dikarenakan, tanaman ini memiliki segudang manfaat baik bagi kesehatan tubuh. Beberapa manfaat temulawak adalah sebagai berikut.

Baca juga: 10 Manfaat Daun Sirsak, Obat Tumor & Kanker

1. Menambah nafsu makan

10 Manfaat Temulawak untuk Kesehatan, Aman untuk Ibu Menyusui

(foto: istockphoto)

Sejak jaman dahulu, temulawak selalu dijadikan ramuan untuk membantu menambah nafsu makan, terutama pada anak-anak. Tak heran jika banyak produk kesehatan atau jamu tradisional menggunakan tanaman ini sebagai obat penambah nafsu makan.

Bukan tanpa alasan, hal itu dikarenakan temulawak mampu mempercepat proses pengosongan lambung. Sehingga, membuat perut terasa lapar lebih cepat dan nafsu makan menjadi semakin meningkat.

Ramuan ini juga sangat aman diminum oleh siapapun, baik anak-anak maupun dewasa. Oleh sebab itu, jika kamu memiliki nafsu makan yang buruk, sebaiknya mengonsumsi temulawak secara rutin.

2. Manfaat temulawak untuk mengobati jerawat

10 Manfaat Temulawak untuk Kesehatan, Aman untuk Ibu Menyusui

(foto: istockphoto)

Ada banyak ramuan herbal yang bisa digunakan untuk mengobati jerawat karena dianggap lebih aman dan tidak memiliki efek samping, salah satunya adalah menggunakan temulawak.

Kandungan astringent yang terdapat di dalamnya dipercaya mampu mengecilkan pori-pori kulit. Sebab, jika kondisi pori-pori kulit membesar, maka kotoran akan mudah menempel dan memicu timbulnya jerawat.

Dengan mengecilnya pori-pori kulit, maka jerawat akan mudah dicegah dan tidak berdiam di wajah.

Selain itu, temulawak juga mengandung sifat anti-oksidan dan antibakteri yang diyakini mampu mengobati jerawat.

3. Manfaat temulawak untuk mengatasi sakit sendi

10 Manfaat Temulawak untuk Kesehatan, Aman untuk Ibu Menyusui

(foto: istockphoto)

Masalah sendi kerap menghampiri sebagian besar orang, khususnya lansia. Nyeri sendi atau yang dikenal dengan istilah osteoarthritis bisa ditandai dengan rasa sakit dan kaku.

Sehingga, jika tidak segera ditangani maka dapat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Untuk mengatasinya, kamu bisa mengonsumsi temulawak secara teratur. Hal tersebut dibuktikan oleh sebuah penelitian yang mengungkapkan bahwa temulawak memiliki efek yang sama seperti ibuprofen yaitu penghilang rasa sakit dan nyeri, terutama pada sendi.

4. Manfaat temulawak untuk mengobati disfungsi hati

10 Manfaat Temulawak untuk Kesehatan, Aman untuk Ibu Menyusui

(foto: istockphoto)

Hati merupakan salah satu organ tubuh yang berfungsi untuk menyimpan nutrisi, menghasilkan empedu dan energi, menghasilkan protein, membersihkan darah, dan masih banyak fungsi lainnya.

Dengan demikian, sangat diharuskan untuk selalu menjaga kesehatannya agar berfungsi dengan baik.

Akan tetapi, tidak sedikit orang yang mengalami masalah pada hati seperti terserang penyakit hepatitis, liver, dan kanker hati. Kondisi tersebut diakibatkan oleh pola hidup yang tidak sehat.

Masalah disfungsi hati bisa diatasi dan diobati dengan cara mengonsumsi obat kimia maupun tradisional.

Namun, jika ingin lebih aman, kamu bisa memilih ramuan tradisional, salah satunya adalah temulawak. Sebab, salah satu manfaat temulawak adalah diyakini ampuh dalam menjaga kesehatan organ hati.

Kandungan kurkuminoid di dalamnya mampu mencegah perlemakan sel hati dan mengobati gangguan kesehatan hati.

Penyataan tersebut dibenarkan oleh sebuah penelitian yang mengungkapkan bahwa temulawak bisa dijadikan sebagai ramuan tradisional untuk mengobati disfungsi hati terutama liver dan pegal linu.

5. Manfaat temulawak untuk mencegah tumor

10 Manfaat Temulawak untuk Kesehatan, Aman untuk Ibu Menyusui

(foto: istockphoto)

Sebagian besar orang mengira tumor dan kanker adalah penyakit yang sama. Padahal, mereka berdua merupakan jenis penyakit yang berbeda.

Kanker ialah jenis tumor yang menyerang jaringan dan mampu menyebar ke organ lain. Sementara, tumor adalah sel baru yang menyerang tubuh namun belum tentu menjadi kanker. Penyakit ini dibagi menjadi dua jenis yakni tumor ganas dan tumor jinak.

Tumor jinak masih memiliki kemungkinan untuk sembuh total dengan melakukan serangkaian perawatan, baik medis maupun tradisional.

Sedangkan, tumor ganas bisa menyebar ke bagian tubuh lain dan merusak sel sehat dengan cepat, bahkan bisa menyebabkan kematian.

Sebelum terlambat, ada baiknya untuk selalu menjaga kesehatan agar tumor dapat dicegah. Salah satu cara untuk mencegahnya adalah dengan mengonsumsi ramuan herbal.

Manfaat temulawak bisa kamu rasakan ketika dijadikan sebagai obat herbal dalam mencegah pertumbuhan tumor.

Hal ini dikarenakan temulawak mampu mencegah pertumbuhan sel pembentuk tumor. Mengonsumsi ramuan tanaman ini terbilang cukup aman dan efektif.

Baca juga: 10 Manfaat Kunyit Putih, Ampuh Menangkal Sel Kanker

6. Mencegah demam berdarah

10 Manfaat Temulawak untuk Kesehatan, Aman untuk Ibu Menyusui

(foto: istockphoto)

Demam berdarah merupakan salah satu penyakit yang disebabkan oleh gigitan nyamuk bernama aedes aegypti.

Penyakit ini juga bisa menyebabkan kematian. Bahkan, di Indonesia sendiri kasus kematian yang disebakan oleh nyamuk berbahaya ini cukup tinggi.

Oleh sebab itu, pemerintah selalu mengkampanyekan agar semua masyarakat bisa menjaga kebersihan dengan cara menguras penampungan air, menutup rapat tempat penampungan air, dan mendaur ulang sampah yang bisa menjadi sarang nyamuk.

Selain itu, juga dilakukan fogging atau penyemprotan di setiap daerah atau wilayah. Akan tetapi, upaya tersebut tidaklah efektif sebab dilakukan tidak secara rutin melainkan jika hanya ada kasus kematian saja.

Dengan demikian, kita harus bisa mencegah sendiri penyebaran nyamuk penyebab demam berdarah. Cara yang bisa dilakukan adalah dengan membuat ramuan yang nantinya dibalurkan ke kulit.

Aroma temulawak yang khas tidak disukai oleh nyamuk. Selain itu, kandungan minyak atsiri yang terdapat di dalamnya juga menangkal nyamuk untuk hinggap dan menghisap darah kita.

7. Manfaat temulawak untuk melancarkan pencernaan

10 Manfaat Temulawak untuk Kesehatan, Aman untuk Ibu Menyusui

(foto: istockphoto)

Gangguan pencernaan seperti perut kembung dan dispepsia kerap menyerang banyak orang. Tak jarang, mereka merasa tidak nyaman dan mengganggu aktivitas.

Jika kamu termasuk orang yang juga sering mengalami gangguan pencernaan, kamu bisa mengonsumsi temulawak. Sebab, tanaman ini diyakini mampu mengatasi masalah pada pencernaan.

Sebuah penelitian membenarkan pernyataan tersebut dengan memberikan bukti yakni hasil berupa penelitian yang dilakukan pada pasien yang mengalami gangguan pencernaan seperti kolitis ulserstiva dengan memberikan ramuan temulawak secara rutin.

Hasilnya, kondisi pasien tersebut menjadi semakin membaik dan sembuh.

8. Meningkatkan produksi ASI pada ibu menyusui

Meningkatkan produksi ASI pada ibu menyusui

(foto: istockphoto)

Menyusui merupakan kegiatan yang menyenangkan bagi seorang ibu. Pasalnya, dengan menyusui, kedekatan antara ibu dan bayi semakin kuat.

Namun, tidak semua ibu bisa memproduksi ASI dengan mudah. Sebagian besar dari mereka mengalami masalah, salah satunya kurangnya produksi ASI dalam tubuh.

Temulawak rupanya bisa membantu memproduksi ASI pada ibu menyusui. Hal ini dikarenakan tanaman ini mengandung antioksidan yang mampu mencegah oksidasi atau perubahan nutrisi.

Nutrisi seperti protein dan asam lemak sangat diperlukan untuk memproduksi ASI lebih banyak. Oleh sebab itu, kebutuhan kedua jenis nutrisi tersebut pada tubuh harus selalu tercukupi.

9. Melancarkan buang air besar

Melancarkan buang air besar

(foto: istockphoto)

Normalnya, manusia buang air besar setiap hari untuk membuang sampah sisa makanan dalam tubuh agar tidak mengendap dan menjadi lemak.

Akan tetapi, tidak semua orang beruntung bisa buang air besar dengan lancar. Banyak dari mereka mengalami susah buang air besar alias sembelit yang terkadang membuat perut terasa sakit.

Untuk mengatasi masalah tersebut, kamu bisa mengonsumsi temulawak. Hal ini dikarenakan, kandungan kurkumin yang ada di dalamnya mampu melancarkan pencernaan sehingga sembelit bisa hilang.

10. Membantu proses pemulihan tubuh

proses pemulihan tubuh

(foto: istockphoto)

Bagi kamu yang saat ini sedang dalam masa penyembuhan luka maupun penyakit, kamu bisa mengonsumsi temulawak. Sebab, tanaman ini dipercaya dapat membantu proses pemulihan tubuh.

Kandungan borneol aktif yang ada di dalam tanaman ini mampu memulihkan tubuh pasca pengobatan dengan capat.

11. Mengontrol kolesterol dalam tubuh

18 Manfaat Temulawak untuk Kesehatan, Aman untuk Ibu Menyusui

(foto: istockphoto)

Kolesterol atau lemak sangat penting bagi tubuh, salah satunya adalah untuk membantu pembentukan sel.

Ada di jenis kolesterol, yakni kolesterol baik dan kolesterol jahat. Kedua jenis kolesterol tersebut diproduksi langsung oleh tubuh, serta berasal dari asupan makanan dan minuman yang kita konsumsi setiap hari.

Jumlah kolesterol baik haruslah lebih banyak dibanding kolesterol jahat. Sebab, jika jumlah lemak jahat dalam tubuh berlebih, maka dapat menyebabkan berbagai macam penyakit berbahaya, seperti penyakit jantung, obesitas, stroke, dan masih banyak lainnya.

Manfaat temulawak adalah mampu mengontrol jumlah kadar kolesterol dalam tubuh. Hal ini dikarenakan, kandungan kurkuma yang terdapat di dalamnya dipercaya mampu menurunkan jumlah kolesterol jahat dan memperbaiki produksi kolesterol baik.

Untuk mendapatkan manfaatnya, kamu bisa mengolah temulawak menjadi minuman dengan cara merebusnya hingga mendidih. Minum air rebusan tersebut secara rutin agar hasil yang diperoleh lebih maksimal.

12. Mencegah penuaan dini

8 Manfaat Tomat, Menyehatkan mata dan Mencegah Penuaan Dini

(foto: adobestock)

Penuaan merupakan proses alami yang akan terjadi pada semua orang. Normalnya, seseorang menjadi tua disaat usia melebihi angka 30. Namun, tidak sedikit pula yang mengalami penuaan dini sebelum memasuki usia normal.

Tentu saja, kamu tidak ingin mengalami hal tersebut, bukan? Sebab, hampir semua orang pasti mendambakan wajah dan kulit yang awet muda.

Penuaan dini biasanya terjadi akibat pola hidup kurang sehat, seperti terlalu sering begadang, merokok, minum alkohol, banyak pikiran, dan masih banyak faktor lainnya.

Tanda-tanda penuaan bisa dilihat dari flek hitam pada wajah, garis halus, serta kerutan di bawah mata. Yang pasti, tanda-tanda tersebut dapat mengganggu penampilan sehingga mengurangi rasa percaya diri.

Manfaat temulawak rupanya bisa mencegah penuaan dini karena mengandyng minyak atsiri tinggi. Minyak tersebut dipercaya dapat menghalau tanda-tanda penuaan dini pada wajah.

13. Menghaluskan wajah dan menghilangkan bruntusan

Cara Menghilangkan Bruntusan, dengan Bahan Alami hingga Kimia

(foto: istockphoto)

Sebagian besar wanita akan merasa kesal jika wajahnya penuh dengan bruntusan, sebab dapat mengganggu penampilan.

Bruntusan terjadi akibat kandungan minyak pada kulit terlalu berlebihan. Jika tidak segera ditangani, maka akan menyebabkan timbulnya jerawat.

Seelain bruntusan, wajah kasar dan kering juga bisa menjadi masalah besar. Kondisi tersebut bisa menyebabkan kulit mnejadi lebih sensitif, yang akhirnya dapat memicu iritasi.

Untuk mengatasi masalah bruntusan dan kulit wajah kasar, kamu  bisa menggunakan temulawak. Hal ini dikarenakan, kandungan minyak atsiri yang terdapat di dalamnya mampu membuat kulit lebih halus dan lembab.

Saat ini, banyak produk kecantikan menggunakan ekstrak rempah ini sebagai bahan dasar dari sabun wajah.

14. Merangsang produksi empedu

18 Manfaat Temulawak untuk Kesehatan, Aman untuk Ibu Menyusui

(foto: istockphoto)

Empedu merupakan cairan dalam tubuh yang terdiri dari kolesterol, air, asam empedy, garam empedu, dan pigment bilirubin.

Fungsinya adalah untuk membantu pencernaan dengan mengurai lemak, serta membantu fungsi hati dalam mengeluarkan zat sisa metabolisme dari dalam tubuh.

Dengan demikian, empedu memiliki fungsi yang sangat penting, sehingga sangat penting untuk selalu menjaga dan mengontrol jumlah empedu di dalam tubuh.

Mengonsumsi temulawak secara rutin mampu membantu merangsang produksi empedu. Hal tersebut juga dibuktikan oleh sebuah studi yang menunjukkan bahwa rempah tersebut memiliki manfaat dalam pencernaan, khususnya meningkatkan produksi empedu untuk melencarkan pencernaan.

15. Membantu menghadapi depresi

10 Manfaat Kacang Hijau, baik untuk Ibu Hamil

(foto: pexels)

Depresi merupakan sebuah kondisi dimana penderitanya akan merasakan kekhawatiran dan rasa cemas yang berlebihan.

Umumnya, depresi terjadi akibat stress berkepanjangan, banyak pikiran, serta rasa takut berlebihan akan suatu hal.

Kondisi ini bisa menyerang siapa saja, terutama pada seseorang yang berusia dewasa dengan beban pikiran yang cukup berat.

Jika depresi tidak segera ditangani, maka dapat menimbulkan dampak buruk seperti keinginan untuk menyakiti diri sendiri, alias bunuh diri.

Oleh sebab itu, sebelum kondisi tersebut menimpamu dan orang terdekat, maka alangkah baiknya jika bisa dicegah.

Mencegah depresi bisa dengan cara mengonsumsi temulawak secara rutin. Hal ini dikarenakan, kandungan senyawa pentih di dalamnya mampu menghalau rasa cemas dan khawatir yang berlebihan sehingga membuat hati dan pikiran menjadi lebih tenang.

16. Membuat mood lebih baik

9 Manfaat Daun Bidara yang Tertuang dalam Al Qur'an

(foto: istockphoto)

Mood atau suasana hati kerap berubah tergantung situasi dan kondisi. Jika pikiran sedang tenang, maka mood akan menjadi lebih baik. Saat mood baik, seluruh aktivitas yang dilakukan akan terasa menyenangkan.

Sebaliknya, jika pikiran sedang stress dan sedih, maka mood akan berubah menjadi buruk. Akibatnya, keinginan untuk marah dan emosi berlebihan terus meluap-luap. Secara tidak langsung, juga menimbulkan dampak buruk pada orang lain yang ada di sekitar.

Untuk mengembalikan mood agar menjadi lebih baik, banyak orang yang memilih untuk melakukan aktivitas faforit, atau bisa juga dengan mengonsumsi makanan dan minuman kesukaan.

Cara lainnya adalah dengan mengonsumsi temulawak. Sebab, rempah tersebut diyakini dapat membantu membuat mood menjadi lebih baik.

Hal ini dikarenakan, temulawak dapat memproduksi dan melepaskan hormone serotonin dan dopamin. Yang mana kia tahu bahwa kedua hormone tersebut sangat berperan penting dalam menciptakan suasana Bahagia.

17. Mencegah alzheimer

10 Manfaat Jagung, Mencegah Depresi dan Alzheimer

(foto: istockphoto)

Alzheimer alias pikun merupakan sebuah kondisi dimana seseorang kehilangan sebagian memori atai ingatan di dalam otak.

Penyebab utama penyakit ini adalah karena factor usia. Biasanya, Alzheimer menyerang seseorang dengan usia lanjut atau di atas 50 tahun.

Namun, tidak sedikit pula orang mengalami pikun di usia yang masih terbilang cukup muda yang disebabkan oleh penumpukan protein abnormal dalam otak yang menyebabkan kerusakan pada sel.

Jika kondisi tersebut tidak ditangani dengan cepat, maka dapat menimbulkan penyakit lain yakni demensia.

Oleh karenanya, ada baiknya jika alzheimer dicegah sebelum akhirnya menyerang otak. Caranya adalah dengan rutin mengonsumsi temulawak.

Sebuah studi menunjukkan bahwa rempah tersebut memiliki kemampuan untuk menambah daya ingat dan menvegah penyakit pikun.

18. Menjaga fungsi ginjal

Fungsi Ginjal, Bagian-Bagian dan Cara Merawat Kesehatannya

(foto: istockphoto)

Ginjal merupakan salah satu organ vital dalam tubuh yang memeiliki peran sangat penting. Salah satu fungsi ginjal adalah untuk menyaring darah. Artinya, sebelum darah dialirkan ke sluruh tubuh dengan membawa oksigen, maka racun dan mikroorganisme yang juga dibawa akan dibuang terlebh dahulu oleh ginjal.

Dengan demikian, darah yang mengalir ke seluruh tubuh dalam kondisi bersih dan hanya mengangkut oksigen saja.

Mengingat pentingnya fungsi ginjal, maka sebaiknya kita harus selalu menjaga kesehatannya. Sebab, jika organ tersebut tidak dirawat dengan benar maka dapat menimbulkan resiko penyakit berbahaya, seperti gagal ginjal.

Saat tubuh terserang penyakit tersebut, maka serangkaian pengobatan akan dilakukan. Tentu saja, akan membutuhkan waktu dan biaya yang tidak sedikit.

Oleh karena itu, rawatlah ginjal dengan cara mengonsumsi temulak secara rutin agar berfungsi dengan baik.

Temulawak yang dikonsumsi secara rutin dipercaya mampu membantu membersihkan garam berlebih yang terdapat di dalam tubh. Selain itu, juga dapat merangsang ginjal untuk melepaskan natrium ke urine yang nantinya akan dikeluarkan oleh tubuh.

Akhir kata

Demikianlah 10 manfaat temulawak bagi kesehatan. Walaupun bermanfaat baik, sebaiknya tidak mengonsumsi ramuan tanaman ini dalam jangka waktu lama.

Sebab, dapat menimbulkan efek samping seperti rasa mual dan iritasi lambung. Oleh sebab itu, kamu bisa merasakan ajaibnya manfaat temulawak jika dikonsumsi dengan seperlunya saja.

TULIS KOMENTAR

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.