lifestyle

14 Manfaat Daun Sirsak serta Efek Sampingnya

Penulis:   | 

Buah sirsak menjadi salah satu buah favorit sebagian besar orang, sebab memiliki rasa asam dan manis. Tidak hanya buahnya, manfaat daun sirsak juga dapat kita rasakan pada tubuh, pasalnya daun ini memiliki ragam khasiat ampuh untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan.

Daun sirsak kerap dijadikan sebagai obat tradisional untuk berbagai macam penyakit. Salah satunya adalah untuk mengatasi jerawat membandel.

Hal ini dikarenakan, daun sirsak mengandung senyawa antioksidan, sifat antibakteri, serta sifat antiradang yang diyakini bisa mengobati jerawat. Akan tetapi, penggunaannya harus dengan hati-hati sebab dapat menimbulkan efek samping seperti iritasi.

Tidak hanya untuk mengatasi jerawat pada wajah, masih ada banyak manfaat daun sirsak yang bisa didapatkan.

Berikut ini 14 manfaat daun sirsak yang perlu kamu ketahui.

Baca juga: 10 Manfaat Kunyit Putih, Ampuh Menangkal Sel Kanker

1. Menurunkan resiko hipertensi

10 Manfaat Daun Sirsak, Obat Tumor & Kanker

(foto: istockphoto)

Hipertensi merupakan salah satu penyakit yang kerap memyerang banyak orng, mulai usia muda hingga tua.

Penyakit ini ditandai dengan naiknya tekanan darah dalam tubuh yang diakibatkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah emosi yang berlebihan.

Hipertensi yang tidak segera ditangani maka akan menimbulkan dampak lebih buruk, seperti muncul resiko penyakit stroke dan jantung.

Untuk menurunkan tekanan darah di dalam tubuh, kamu bisa mengonsumsi obat atau ramuan tradisional yang berasal dari daun sirsak.

Kandungan antioksidan yang terdapat di dalamnya, diyakini mampu melancarkan peredaran darah dan melenturkan pembuluh darah. Sehingga, aliran dara akan menjadi stabil dan tidak terjadi kenaikan pada tekanannya.

2. Mengobati infeksi

10 Manfaat Daun Sirsak, Obat Tumor & Kanker

(foto: istockphoto)

Ketika bagian tubuh terluka, maka harus diperhatikan kebersihannya. Jika tidak, maka akan menimbulkan dampak buruk, seperti infeksi.

Infeksi disebabkan oleh bakteri, jamur, serta virus yang bisa menyerang tubuh kapan saja.

Bagi kamu yang sedang mengalami infeksi baik luka luar maupun infeksi bagian dalam tubuh, kamu bisa mengobatinya dengan daun sirsak.

Sebab, daun ini mengandung flavonoid, alkohol, saponin, dan tanin yang memiliki peran untuk melawan bakteri penyebab infeksi.

Selain itu, senyawa tersebut juga bisa membantu melindungi organ vital lainnya seperti paru-paru, yang mana kita tahu bahwa organ tersebut mudah mengalami inveksi yang disebabkan oleh virus.

3. Mengobati kista

10 Manfaat Daun Sirsak, Obat Tumor & Kanker

(foto: istockphoto)

Wanita sangat rentan terjangkit penyakit yang berkaitan dengan rahim, seperti kista. Kista merupakan tumor jinak yang kerap menyerang rahim.

Walaupun termasuk tumor jina, namun jika tidak segera ditangani akan menimbulkan penyakit yang lebih berbahayam yakni kanker ovarium alias kanker rahim.

Penyakit ini sangatlah ganas. Bahkan, tidak sedikit dari mereka yang menyerah dan akhirnya menutup usia akibat keganasannya.

Untuk mengobati kista dan mencegah kanker, mengonsumsi daun sirsak karena dianggap mampu membunuh tumor jinak.

Akan tetapi, alangkah baiknya jika dikonsultasikan kepada dokter kandungungan terlebih dahulu mengingat tidak semua orang bisa mengonsumsi ramuan herbal.

4. Meningkatkan kesuburan pada wanita

kesuburan pada wanita

(foto: adobestock)

Kesuburan pada wanita sangatlah penting. Sebab, kondisi tersebut dapat mempermudah proses pembuahan sel telur.

Dengan demikian, wanita subur akan lebih cepat dan mudah memiliki anak daripada yang tidak. Akan tetapi, tidak semua wanita beruntun. Sebab, banyak dari mereka yang mengalami masalah pada keseburan.

Jika kamu salah satu dari mereka, maka jangan khawatir. Pasalnya, tingkat kesuburan dapat dinaikkan hanya dengan mengonsumsi daun sirsak.

Hal ini dikarenakan, daun tersebut memiliki kemampuan dalam memperkuat rahim sehingga mudah untuk dijadikan sebagai tenpat pembuahan.

Namun, masih belum ada penelitian yang cukup akurat mengenai manfaat daun sirsak untuk kesuburan. Oleh sebab itu, sebaiknya lakukan konsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk menghindari efek samping.

5. Mengatasi masalah rambut

masalah rambut

(foto: istockphoto)

Rambut dikatakan sehat jika tidak memiliki masalah seperti rambut bercabang, ketombe, rambut rontokm dan berbagai jenis masalah lainnya.

Akan tetapi, masih banyak orang yang memiliki masalah rambut tersebut. Bahkan, tak sedikit dari mereka memilih untuk melakukan perawatan dengan harga cukup mahal di salon kecantikan agar masalah tersebut dapat diatasi.

Daun sirsak rupanya juga bisa mengatasi berbagai masalah pada rambut. Cukup hanya dengan mengoleskan pasta daun sirsak ke seluruh bagian rambut secara rutin maka rambut sehat akan mudah didapatkan.

Baca juga: Apa Overthinking? Ini Ciri, Dampak Buruk & Cara Mengatasi

6. Untuk mengatasi insomnia

mengatasi insomnia

(foto: adobestock)

Apakah kamu termasuk orang yang memiliki masalah pada jam tidur? Masalah tersebut kerap disebut dengan insomnia, dimana mata tetap terjaga selam semalam penuh tanpa sebuah alasan yang pasti.

Insomnia sering dikaitkan dengan begadang, padahal keduanya adalah kondisi yang berbeda.

Begadang merupakan tidur tengah malam atau bahkan tidak tidur sama sekali hingga pagi akibat melakukan aktivitas, yang bersifat disengaja.

Sementara, insomnia merupaka sebuah penyakit yang dilakukan atas dasar ketidakesengajaan. Penyakit ini harus degera diatasi agar tidak semakin parah.

Untuk mengatasi insomnia, kamu bisa mengonsumsi daun sirsak. Sebab, daun tersebut mengandung trytophan yang dapat memberikan efek mengantuk sehingga bisa tidur lebih awal,

7. Menurunkan kadar gula darah

10 Manfaat Daun Sirsak, Obat Tumor & Kanker

(foto: istockphoto)

Tingginya kadar gula dalam tubuh dapat menyebabkan berbagai penyakit berbahaya seperti diabetes dan obesitas.

Kondisi tersebut terjadi akibat mengonsumsi makanan dan minuman manis, serta karbohidrat secara berlebihan.

Untuk itu, kadar gula dalam darah harus dalam keadaan stabil. Caranya, dengan mengatur pola makan sehat dan mengonsumsi daun sirsak.

Daun tersebut dipercaya mampu menurunkan gula darah dalam tubuh sehingga jumlahnya dapat terkontrol.

8. Mengatasi anemia

10 Manfaat Daun Sirsak, Obat Tumor & Kanker

(foto: adobestock)

Jika tekanan darah mengalami kenaikan disebut dengan hipertensi, maka adalah merupakan sebaliknya.

Anemia merupakan suatu kondisi dimana tekanan darah dalam tubuh cukup rendah dan mengalami penurunan.

Penyakit tersebut bisa diakibatkan oleh kebiasaan buruk, yakni begadang. Jika tidak diatasi, maka akan menimbulkan dmpak buruk lainnya.

Mengonsumsi daun sirsak diyakini ampuh dalam mengatasi tekanan darah rendah. Hal tersebut dikarenakan kandungan zat besi di dalamnya mampu meningkatkan produksi sel darah merah.

9. Mencegah penuaan dini

10 Manfaat Daun Sirsak, Obat Tumor & Kanker

(foto: istockphoto)

Masalah kesehatan wajah tidak hanya jerawat dan komedo saja. Ada beberapa masalah lain yang kerap membuat wanita merasa stres, salah satunya adalah penuaan dini.

Penuaan dini ditandai dengan adanya garis halus pada wajah, serta bintik-bintik hitam yang dapat mengganggui penampilan.

Kondisi tersebut bisa dicegah dan diatasi dengan memanfaatkan daun sirsak. Sebab, daun ini mengandung vitamin C dan asam askorbat yang mampu menangkal radikal bebas penyebab penuaan.

Cara menggunakan daun sirsak untuk mencegah penuaan dini adalah dengan mengolahnya menjadi pasta dan aplikasikan ke seluruh wajah seperti masker.

10. Menurunkan berat badan

10 Manfaat Daun Sirsak, Obat Tumor & Kanker

(foto: istockphoto)

Berat badan yang mengalami kenaikan secara terus menerus, dapat menimbulkan rasa tidak percaya diri. Pasalnya, ukuran tubuh akan bertambah besar sehingga mengganggu penampilan.

Disamping menyebabkan rasa tidak percaya diri, berat badan berlebihan juga dapat menyebabkan obesitas yang bisa membahayakan tubuh jika tidak segera diatasi.

Daun sirsak rupanya memiliki manfaat untuk menurunkan berat badan. Hal ini dikarenakan, daun tersebut dapat melancarkan pencernaa.

Sebagaimana kita tahu, bahwa pencernaan yang lancar dapat membuang sisa-sisa makanan dalam tubuh sehingga tidak menyebabkan penimbunan yang akhirnya berubah menjadi lemak.

11. Mengobati kanker

20 Manfaat Daun Binahong untuk Kesehatan dan Kecantikan

(foto: adobestock)

Kanker merupakan suatu penyakit yang disebabkan oleh tumbuhnya sel kanker pada tubuh. Bianya, sel tersebut tumbuh akibat pola hidup tidak sehat, seperti kebiasaan merokok, minum alkohol, malas berolahraga, dan masih banyak lainnya.

Kanker disebut sebagai penyakit berbahaya dan mematikan. Hal ini dikarenakan, banyak kasus kematian yang disebabka oleh penyakit ini.

Saat sel kanker menyerang, maka diperlukan perawatan dan pengobatan yang tidak mudah, salah satunya adalah dengan cara kemoterapi.

Kemoterpi dilakukan dengan tujuan agar pertumbuhan sel kanker terhambat, sehingga bisa dicegah. Akan tetapi, pengobatan ini membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Namun, jangan khawatir bila ternyata kamu termasuk penderita kanker yang tidak memiliki cukup uang untuk melakukan pengobatan, pasalnya ada bahan alami yang bisa dijadikan sebagai obat, yakni daun sirsak.

Manfaat temulawak rupanya bisa membantu mengobati kanker. Hal ini dikarenakan, kandungan acetogenin yang terdapat di dalamnya memiliki sifat antikanker yang cukup kuat.

Sifat tersebut sama seperti pengobatan kemoterapi, yang mana dapat menghalau pembelahan DNA sel kanker sehingga tidak bisa menyebar ke seluruh tubuh.

Dengan demikian, tubuh bisa sembuh dari penyakit kanker.

12. Mengobati sariawan

10 Manfaat Teh Hijau, untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit

(foto: adobestock)

Sariawan merupakan luka atau peradangan yang terjadi di bibir maupun bagian lainnya di dalam rongga mulut.

Bentuknya bulat atau oval dengan warna putih dan kuning, sementara bagian tepinya berwarna merah. Ukurannyapun bervariasi, bisa kecil maupun besar.

Walaupun luka yang timbul cukup kecil dan dianggap tidak berbahaya, namun menimbulkan rasa sakit apalagi ketika sedang makan dan berbicara.

Semua orang baik pria maupun wanita, anak kecil maupaun orang dewasa, pasti mengalami sariawan.

Umumnya, penyakit ini disebabkan oleh tergigit atau salah dalam menyikat gigi, infeksi jamur, virus, dan bakteri mulut, penyakit autoimun, serta faktor keturunan.

Manfaat daun sirsak bisa membantu mengobati sariawan. Caranya, tumbuk beberapa lembar daun sirsak sampai halus. Kemudian, rebus sampai mendidih. Setelah itu, minum air rebusan tersebut secara rutin sampai sariawan sembuh.

13. Mengatasi masalah jerawat

9 Manfaat Daun Bidara yang Tertuang dalam Al Qur'an

(foto: adobestock)

Jerawat merupakan masalah kulit yang kerap dialami oleh sebagian besar orang, baik pria maupun wanita.

Jerawat ditandai dengan munculnya bitnik-bintik yang terkadang disertai dengan munculnya nanah atau cairan putih di dalamnya. Biasanya, jerawat tumbuh di area wajah, leher, punggung, dan dada.

Masalah kulit ini seringkali cukup sulit untuk dihilangkan. Bahkan, harus tidak sedikit pula orang sampai rela melakukan perawatan demi menghilangkan jerawat membandel.

Jerawat biasanya disebabkan oleh produksi minyak berlebih yang mengakibatkan pori-pori tersumbat. Penyumbatan ini akhirnya menimbulkan penumpukan sel kulit mati dan juga bakteri.

Mengobati jerawat bisa dengan cara menggunakan daun sirsak. Hal ini dikarenakan, daun tersebut mengandung senyawa antioksidan, sifat antibakteri, serta sifat antiradang yang mana sudah kita ketahui bahwa ketiganya dapat membantu melawan pertumbuhan bakteri penyebab jerawat.

Selain itu, juga bisa menekan produksi minyak pada kulit, serta meredakan peradangan pada jerawat.

14. Meningkatkan imun tubuh

10 Manfaat Jagung, Mencegah Depresi dan Alzheimer

(foto: istockphoto)

Imunitas alias daya tahan tubuh berfungsi untuk melawan dan menghalau berbagai virus dan bakteri penyebab penyakit yang mencoba masuk ke dalam tubuh.

Daya tahan tubuh yang kuat dapat menjaga tubuh agar selalu terhindar dari berbagai penyakik, baik penyakit ringan maupun berat.

Umumnya, menigkatkan daya tahan tubuh bisa dengan cara mengonsumsi makanan dna minuman bernutrisi, serta rajin berolahraga.

Selain itu, mengonsumsi air rebusan daun sirsak rupanya juga mampu meningkatkan daya tahan tubuh, sebab terdapat kandungan antioksidan seperti asam linoleate, annacatalin, annohexocindan anomurine di dalamnya.

Oleh sebab itu, tidak ada salahnya jika mengonsumsi air rebusan daun sirsak agar imun tetap kuat dan terhindar dari penyakit.

Efek samping daun sirsak

8 Manfaat Jahe Merah, Redakan Batuk dan Tenggorokan Gatal

(foto: istockphoto)

Apapun jika dikonsumsi secara berlebihan, maka tidak baik dan bisa menimbulkan efek buruk bagi kesehatan tubuh, termasuk daun sirsak yang jika dikonsumsi secara berlebihan dapat menyebabkan masalah pada kesehatan.

1. Menyebabkan infeksi

Infeksi merupakan salah satu efek samping ketika mengonsumsi daun sirsak dalam jumlah yang banyak dan dalam waktu yang cukup lama.

Hal tersebut dikarenakan, jamur akan berkembang pesat di dalam tubuh sehingga menyebabkan infeksi.

Oleh sebab itu, disarankan untuk mengonsumsi air rebusan daun sirsak dalam jumlah yang wajar dan tidak berlebihan, supaya dapat merasakan manfaatnya.

2. Mual dan muntah

Mual dan muntah merupakan masalah pencernaan yang kerap terjadi pada siapapun, baik anak-anak hingga orang dewasa. Biasanya, ketika mual mulai menyerang, maka akan diikuti oleh muntah.

Saat mual, perut akan terasa tidak nyaman. Bahkan. Kondisi tersebut bisa membuat penderitanya tidak bisa melakukan aktivitas dengan baik.

Umumnya, mual disebabkan oleh berbagai faktor, seperti sedang hamil, mabuk kendaraan, salah mengonsumsi makanan, dan masih banyak lainnya.

Mengonsumsi air rebusan daun sirsak rupanya bisa menyebabkan mual dan muntah dan menimbulkan ketidaknyamanan pada saluran cerna.

Untuk itu, konsumsilah ramuan daun tersebut sewajarnya dan tidak berlebihan.

3. Menyebabkan diare

Diare merupakan salah satu penyakit yang menyerang organ pencernaan, khususnya usus. Biasanya, penyebab penyakit tersebut adalah karena adanya virus dan bakteri yang menempel pada usus sehingga menyebabkan infeksi.

Gejala yang ditimbulkan saat diare adalah sakit perut, sering buang air besar, tinja berbentuk cair, badan lemas, hingga muntah.

Mengonsumsi ramuan daun sirsak secara berlebihan juga menyebabkan efek samping diare. Jika tidak segera ditangani, maka dapat menyebabkan tubuh kekurangan cairan.

Oleh sebab itu, jika pada saat diare tubuh terasa lemas disertai wajah pucat, maka sebaiknya segera periksakan ke dokter.

4. Produksi keringat berlebih

Keringat merupakan cairan yang keluar dari dalam tubuh setelah melalui proses ekskresi. Biasanya, jumlah keringat yang keluar akan semakin banyak ketika suhu tubuh meningkat.

Suhu tubuh meningkat bisa diakibatkan oleh aktivitas fisik yang cukup berat seperti olahraga, ataupun ketika cuaca sedang panas.

Akan tetapi, produksi keringat rupanya juga terjadi akibat terlalu banyak mengonsumsi daun sirsak. Hal tersebut disebabkan oleh kemampuan daun tersebut dalam meningkatkan suhu tubuh.

Jika keringat yang keluar masih dalam jumlah yang wajar, amka tidak perlu kahwatir. Namun, jika jumlahnya berlebihan selama beberapa hari walau tanpa melakukan aktivitas cukup berat, maka segera periksakan ke dokter.

5. Menimbulkan halusinasi

Halusinasi merupakan gangguan yang membuat seseorang melihat, mendengar, dan merasakan sesuatu yang sebenarnya tidak nyata.

Biasanya, apa yang mereka lihat, dengar, dan rasakan tersebut hanya ada di dalam pikiran saja . penyebab gangguan tersebut adalah gangguan mental.

Mengonsumsi terlalu banyak daun sirsak ternyata juga dapat menyebabkan efek halusinasi. Bahkan, sebuah penelitian yang dilakukan pada warga Karibia juga membuktikan bahwa mereka yang mengonsumsi daun tersebut dapat mengalami halusinasi sebagai efek sampingnya.

Hal tersebut dikarenakan, daun sirsak dapat menyebakan keracunan pada sistem saraf dan juga otak.

Oleh sebab itu, jika kamu berniat untuk mencoba ramuan daun tersebut sebagai pengobatan alternative untuk mengatasi berbagai macam masalah kesehatan, maka sebaiknya tanyakan terlebih dahulu pada dokter.

Selain itu, akan lebih baik lagi jika mengonsumsinya dalam jumlah yang wajar sehingga tidak menimbulkan efek samping yang berarti.

Akhir kata

Nah, itulah 14 manfaat daun sirsak yang baik untuk kesehatan dan juga kecantikan pada tubuh. Namun, perlu diingat bahwa mengonsumsi daun sirsak tidak boleh secara berlebihan.

Sebab, daun tersebut dapat menimbulkan efek samping berbahaya seperti menyebabkan infeksi, diare, mual dan muntah, dan masih banyak lainnya.

Oleh sebab itu, bijaksanalah dalam menikmati manfaat daun sirsak agar efek sampingnya bisa dihindari.

TULIS KOMENTAR

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.