lifestyle

18 Manfaat Kunyit Putih, Ampuh Menangkal Sel Kanker

Penulis:   | 

Manfaat kunyit putih mungkin tidak sepopuler kunyit kuning yang kerap dijadikan sebagai bumbu masakan. Namun, ia memiliki segudang manfaat baik bagi kesehatan tubuh.

Kunyit putih merupakan tanaman rimpang sejenis jahe, temulawak, dan lainnya. Tanaman ini berasal dari Bangldesh, Sri Lanka, dan India.

Tanaman yang memiliki nama latin curcuma zedoaria ini, juga banyak dibudidayakan di beberapa negara seperti Indonesia, Jepang, Nepal, Tiongkok, Brasil, hingga Thailand.

Walaupun tidak bisa dimanfaatkan sebagai bumbu untuk melezatkan masakan, namun rupanya tanaman ini memiliki segudang manfaat ajaib untuk kesehatan. Apa saja manfaat tersebut? Berikut penjelasan lengkapnya.

Baca juga: Apa Overthinking? Ini Ciri, Dampak Buruk & Cara Mengatasi

1. Untuk mencegah kanker

10 Manfaat Kunyit Putih, Ampuh Menangkal Sel Kanker

(foto: istockphoto)

Sel kanker dapat menyebar ke seluruh tubuh dengan cepat. Bahkan, ia bisa melumpuhkan organ lain sehingga tidak berfungsi dengan baik.

Kanker merupakan penyakit yang sulit untuk diobati. Sebagian penderitanya berakhir dengan kematian.

Oleh sebab itu, sebelum penyakit mematikan tersebut menyerang tubuh, sebaiknya dicegah terlebih dahulu agar tidak berakibat buruk.

Cara mencegah kanker adalah dengan mengonsumsi ramuan yang terbuat dari kunyit putih. Pasalnya, sebuah penelitian menunjukkan bahwa tanaman ini dapat memicu protein caspase.

Protein itulah yang nantinya akan berperang melawan sel kanker terutama kanker payudara, yang akan masuk ke dalam tubuh, sehingga sel tersebut akan mati terlebih dahulu.

2. Menghilangkan nyeri menstruasi

10 Manfaat Kunyit Putih, Ampuh Menangkal Sel Kankerhatan dan Kecantikan

(foto: istockphoto)

Nyeri pada perut, pinggang, dan pinggul bukanlah hal baru bagi wanita yang sedang haid atau menstruasi.

Hal tersebut dikarenakan, saat haid dinding rahim mengalami peluruhan yang memicu kontraksi sehingga pembuluh darah yang mengelilingi akan mengalami tekanan. Itulah yang akhirnya menyebabkan nyeri pada perut.

Nyeri perut yang sudah mengganggu aktivitas sebaiknya harus segera diatasi. Untuk mengatasinya, kamu bisa mengonsumsi ramuan herbal yang terbuat dari kunyit putih.

Hal ini dikarenakan manfaat dari tanaman ini dapat meredakan sakit atau nyeri pada saat haid dengan cara memblokir sinyal rasa sakit sebelum sampai ke otak.

Jika otak tidak merasakan sinyal rasa sakit, maka tubuh juga tidak dapat merasakannya.

3. Mengobati diabetes

10 Manfaat Kunyit Putih, Ampuh Menangkal Sel Kanker

(foto: istockphoto)

Kebiasaan mengonsumsi makanan manis secara berlebihan dapat memicu kenaikan gula darah sehingga menyebabkan penyakit diabetes.

Diabetes merupakan salah satu penyakit berbahaya karena dapat menimbulkan komplikasi jika tidak segera diobati. Bahkan, tidak sedikit penceritanya harus menghembuskan nafas terakhir akibat ganasnya penyakt ini.

Manfaat kunyit putih dapat membantu mengobati diabtes. Hal ini dikarenakan kndungan komponen aktif seperti kurkumin terbukti dapat menurunkan kadar glukosa atau gula dalm darah.

Hal tersebut juga dibuktikan oleh sebuah penelitian yang mengungkapkan bahwa peran kurkumin sangatlah penting dalam mencegah penyakit gula darah.

4. Membantu melancarkan pencernaan

Membantu melancarkan pencernaan

(foto: istockphoto)

Saat manusia mengonsumsi makanan dan minuman, maka harus melalui tahap pencernaan terlebih dahulu sebelum akhirnya dirubah menjadi nutrisi dan energi.

Proses pencernaan tersebut dilakukan oleh beberapa organ penting dalam tubuh seperti mulut, kerongkongan, usus, lambung, dan anus.

Ketika salah satu organ tersebut mengalami masalah, maka proses pencernan tidak akan berjalan lancar.

Akibatnya, timbul berbagai gangguan pencernaan seperti perut kembung, kehilangan nafsu makan, buang air besar tidak teratur, dan masih banyak lainnya.

Jika terus dibiarkan, maka dapat menyebabkan dampak buruk lainnya. Oleh sebab itu, pencernaan yang tidak lancar harus segera ditangani dengan benar.

Manfaat kunyit putih dapat membantu melancarkan pencernaan, sebab terdapat kandungan minyak esensial di dalamnya.

Kamu bisa memanfaatkan tanaman ini dengan cara menjadikannya sebagai ramuan herbal yang diminum secara rutin.

5. Mengobati batuk

Mengobati batuk

(foto: istockphoto)

Walaupun bukan penyakit berbahaya, namun batuk seringkali membuat penderitanya merasa tidak nyaman.

Sebab, ketika batuk tenggorokan akan terasa gatal sehinga kerap mengganggu tidur di siang ataupun malam hari.

Terlebih lagi jika batuk disertai dengan flu atau pilek, maka dapat mengganggu pernapasan akibat hidung tersumbat.

Kunyit putih mengandung anti-inflamasi sehingga cukup ampuh dalam mengobati batuk dan juga melegakan tenggorokan yang terasa gatal.

Baca juga: 3 Fungsi Mulut dan Bagian-bagian Penting di dalamnya

6. Untuk mengobati jerawat

10 Manfaat Kunyit Putih, Ampuh Menangkal Sel Kanker

(foto: istockphoto)

Jerawat merupakan masalah kulit terutama pada wajah yang cukup sulit untuk dihilangkan. Banyal orang sampai rela mengeluarkan banyak uang untuk melakukan perawatan menghilangkan jerawat.

Namun, tidak sedikit pula yang lebih memilih untuk menggunakan obat tradisional karena dianggap ampuh mengobati jerawat.

Salah satu obat tradisional yang bisa digunakan adalah kunyit putih. Tanaman ini rupanya dapat membantu menghilangkan jerawat karema mengandung zat anti-inflamasi.

Zat tersebut mampu membersihkan pori-pori kulit dan menenangkannya sehingga dapat mencegah timbulnya jerawat.

Sama seperti kunyit kuning yang juga bisa mengatasi masalah jerawat, akan tetapi kunyit putih diyakini lebih ampuh dan bekerja efektif.

7. Mampu mencerahkan kulit

mencerahkan kulit

(foto: istockphoto)

Wanita mana sih yang tidak menginginkan wajah cerah bebas dari bintik-bintik hitam? Semua wanita pasti mendambakannya.

Bintik-bintik hitam pada kulit wajah merupakan salah satu tanda penuaan. Oleh sebab itu, banyak wanita yang merasa kesal jika wajah mereka mengalami masalah tersebut.

Jik kamu salah satu dari mereka, tenang saja. Kamu bisa mengatasi dengan cara menggunakan bubuk kunyit putih yang dicanpur dengan susu dan jus lemon.

Gunakan ramuan tersebut menjadi masker wajah dan gunakan secara rutin. Ramuan tersebut dipercaya ampuh dalam mencerahkan bintik-bintik pada kulit wajah sehingga terlihat lebih cerah.

8. Obat maag

10 Manfaat Kunyit Putih, Ampuh Menangkal Sel Kanker

(foto: istockphoto)

Manusia membutuhkan makanan sebagai sumber energi yang nantinya digunakan untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

Mengingat pentingnya makanan, maka dianjurkan untuk makan tepat waktu agar tidak terjadi masalah pada tubuh, salah satunya adalah maag.

Maag merupakan penyakit yang diakibatkan oleh jumlah cairan asam pada lambung meningkat. Biasanya, penyakit ini ditandai dengan sakit perut hingga ulu hati.

Meningkatnya cairan asam tersebut diakibatkan tidak adanya makanan yang masuk ke dalam lambung sehingga organ tersebut tidak bisa menggiling apapun.

Maag yang tidak segera ditangani maka akan menyebabkan penyakit yang lebih berbahaya, yakni infeksi lambung.

Oleh karena itu, sebelum hal tersebut terjadi maka perlu dilakukan tindakan untuk mengobati maag, dengan cara mengonsumsi kunyit putih.

Akar dari tanaman ini yang diolah menjadi bubuk tepung diyakini dapat mengurangi jumlah cairan asam lambung, sehingga maag dapat diobati dengan cepat.

9. Sebagai obat alergi

10 Manfaat Kunyit Putih, Ampuh Menangkal Sel Kanker

(foto: istockphoto)

Alergi kerap ditandai dengan adanya ruam dan gatal-gatal pada kulit. Hal tersebut merupakan reaksi kulit dalam menangkal zat asing yang masuk ke dalam tubuh.

Rasa gatal yang disebabkan alergi seringkali membuat kulit menjadi luka akibat terlalu sering digaruk.

Untuk itu, agar rasa gatal berkurang kamu bisa memanfaatkan kunyit putih. Kandungan zat curcuminoids yang memiliki mafaat sebagai anti-alergi mampu menghambat peradangan akibat alergi.

10. Ampuh mengatasi asma

10 Manfaat Kunyit Putih, Ampuh Menangkal Sel Kanker

(foto: istockphoto)

Selain dapat mengobati batuk, kunyit putih juga bisa mengatasi sesak napas alias asma. Asma merupakan salah satu penyakit yang ditandai dengan sulitnya bernapas.

Terkadang, dada akan terasa sangat sakit karena paru-paru bekerja lebih keras dalam menghirup udara.

Manfaat kunyit putih bisa kamu rsakan dalam mengatasi asma dengan cara mengonsumsinya. Campurkan bubuk kuyit putih dengan segelas air atau susu hangat, kemudian minumlah secara rutin.

11. Meredakan peradangan dan nyeri

18 Manfaat Kunyit Putih, Ampuh Menangkal Sel Kanker

(foto: istockphoto)

Peradangan merupakan sebuah respons dari tubuh sebagai bentuk perlindungan terhadap cedera atau luka.

Biasanya, kondisi tersebut terjadi ketika sel darah putih mencoba melawan bakteri dan virus penyebab infeksi.

Peradangan bisa disebabkan oleh cedera, serta virus dan bakteri. Gejala yang ditimbulkan juga berbeda tergantung penyebabnya.

Jika peradangan terjadi akibat cedera atau luka, maka gejala yang ditimbulkan seperti nyeri dan lebih sensitive, kemerahan, hangat bila disentuh, memar, kemerahan, kaku, serta kehilangan mobilitas.

Sementara, peradangan yang disebabkan oleh virus dan bakteri, akan menimbulkan gejala seperti, mudah Lelah dan nyeri.

Hal tersebut dikarenakan, tubuh mengerahkan seluruh energinya saat sel darah putih berperang melawan virus dan bakteri.

Manfaat kunyit putih mampu membantu meredakan peradangan dan nyeri karena adanya sifat diuretic yang mampu membersihkan mikroba di dalam tubuh.

Tidak hanya itu, rempah ini juga memiliki sifat anti-inflamasi sehngga bisa mengobati peradangan, luka, dan penyakit kulit lainnya.

12. Antimikroba

18 Manfaat Kunyit Putih, Ampuh Menangkal Sel Kanker

(foto: istockphoto)

Kunyit putih memiliki sifat antimikroba yang mampu melawan berbagai macam bakteri jahat yang mencoba masuk ke dalam tubuh, seperti  bakteri E.coli, S.aureus, spesies Cornybacterium, Candida sp, Aspergillus, dan masih banyak lainnya.

Seperti yang kita tahu bahwa dari sekian banyak bakteri tersebut jika masuk ke dalam tubuh, akan menimbulkan berbagai macam penyakit berbahaya, salah satu satunya dapat mengganggu sistem pencernaan.

Dengan mengonsumsi kunyit putih secara rutin, maka antimikroba di dalamnya dapat menghalau semua bakteri jahat yang akan masuk. Dengan demikian, tubuh akan tetap sehat dan terhindar dari ancaman penyakit berbahaya lainnya.

13. Membantu mengatasi depresi

10 Manfaat Daun Sirih, bis Turunkan Berat Badan

(foto: istockphoto)

Ketika seseorang sedang merasa khawatir dan cemas secara berlebihan, maka dapat memicu depresi. Depresi merupakan penyakit mental yang bisa menyerang siapa saja, terutama pada seseorang yang stress akibat terlalu banyak pikiran.

Gangguan mental tersebut bisa menyebabkan dampak buruk, dan yang lebih parahnya adalah menyakiti diri sendiri alias bunuh diri.

Oleh karenanya, dibutuhkan cara untuk mencegah ataupun mengatasi depresi agar kondisi mental tida semakin buruk.

Manfaat kunyit putih bisa membantu mengatasi depresi karena terdapat kandungan kurkumin di dalamnya.

Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2014 silam menunjukkan, kurkumin dapat dijadikan sebagai obat yang aman dan efektif dalam mengatasi gangguan depresi mayor.

14. Mencegah penyakit degenerasi mata

10 Manfaat Seledri untuk Kesehtan, Bagus untuk Jantung dan Mata

(foto: istockphoto)

Degenerasi mata atau yang biasa disebut dengan degenerasi makula merupakan gangguan pada penglihatan. Gangguan ini seringkali terjadi paa orang lanjut usia, terutama pada wanita.

Biasanya, penyakit ini disebabkan oleh kebiasaan merokok, hipertensi, obesitas, sering terpapar matahari, serta terdapat riwayat degenerasi makula pada keluarga.

Akibat dari penyakit ini adalah penurunan pada kemampuan penglihatan sehingga menjadi buram, terutama pada bagian tengah penglihatan.

Para penderita penyakit ini akan mengalami gangguan dalam membaca, menulis, mengemudi, atau dalam mengenali wajah seseorang, sehingga diperlukan alat bantu seperti kacamata untuk bisa melihat dengan jelas.

Manfaat kunyit putih mampu mencegah penyakit degenerasi mata. Hal ini dikarenakan, terdapat kandungan kurkumin di dalamnya mampu membuat mata terlindungi dari berbagai macam gangguan penglihatan.

Sebuah penelitian membuktikan, meneteskan ekstrak kunyit putih pada mata menunjukkan hasil bahwa mata yang diberi tetesan kurkumin lebih sehat dibanding dengan mata yang tidak mendapat perlakuan.

Dengan demikian, dapat ditari kesimpulan bahwa kurkumin dapat dijadikan sebagai obat untuk mencegah degenerasi mata.

15. Meredakan keputihan

18 Manfaat Kunyit Putih, Ampuh Menangkal Sel Kanker

(foto: istockphoto)

Selain mampu meredakan nyeri saat menstruasi, manfaat kunyit putih juga bisa meredakan keputihan.

Keputihan merupakan kondisi yang dialami oleh hampir semua wanita yang sudah pubertas dengan ditandai oleh keluarnya cairan berwarna putih atau bening dari dalam vagina.

Normalnua, keputihan tidak berwarna, tidak berbau, dan tidak menimbulkan rasa gatal. Selain itu, jumlahnya juga tidak terlalu banyak.

Akan tetapi, ada juga keputihan abnormal yang bisa menjadi salah satu tanda bahwa tubuh sedang tidak baik-baik saja. Ciri-ciri keputihan abnormal, yakni berwarna hijau atau kuning, berbau, lengket, dan menimbulkan rasa gatal.

Saat mengalami keputihan tidak normal, tentu akan merasa terganggu, bukan? Olehs ebab itu, diperlukan tindakan tepat untuk bisa mengatasinya agar tidak menimbulkan dampak yang lebih buruk.

Menjaga kebersihan organ intim juga sangat penting agar tidak menjadi sarang bakteri penyebab keputihan. Selain itu, stress juga bisa menjadi penyebab. Sehingga, ada baiknya jika menghindari hal yang bisa menyebabkan stress.

Mengonsumsi kunyit putih juga bermanfaat dalam mencegah keputihan abnormal, sebab terdapat kandungan flavonoid saponin, antioksidan, zat anti lipid peroksida, ribozom inacting protein, serta kurkumin.

Semua kandungan tersebut terbukti ampuh dalam meningkatkan daya tahan tubuh, melindungi gen, menonakitfkan sel kanker, serta meredakan peradangan.

16. Mengobati cacingan

18 Manfaat Kunyit Putih, Ampuh Menangkal Sel Kanker

(foto: istockphoto)

Cacingan merupakan sebuah penyakit yang kerap menyerang anak-anak. Umumnya, anak yang terserang penyakit ini seringkali merasa kehilangan nafsu makan, nyeri perut, diare, dan berat badan menyusut.

Hal ini dikarenakn, semua asupan nutrisi yang diperoleh dari makanan dan minuman yang dikonsumsi, tidak dapat terserap oleh tubuh karena diambil oleh cacing.

Ketika cacingan tidak segera diatasi, maka dapat menimbulkan komplikasi penyakit pita yang menimbulkan gejala seperti demam, infeksi bakteri, kejang-kejang, adanya benjolan, serta terbentuknya ruas-ruas pada tubuh.

Manfaaat kunyit putih mampu mengobati cacingan pada anak karena mengandung sifat antibakteri dan kurkumin. Kandungan tersebut dapat membunuh cacing dan mencegah peradangan.

Caranya, ambil beberapa ruas kunyit putih dan parut sampai halus. Kemudian, peras untuk mengambil airnya. Campurkan perasan air tersebut dengan bahan lain, seperti air asam, madu, dan gula jawa.

Minum ramuan tersebut secara rutin setiap hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

17. Sebagai obat kumur

18 Manfaat Kunyit Putih, Ampuh Menangkal Sel Kanker

(foto: istockphoto)

Mulut merupakan salah satu organ penting pada manusia. Ada banyak fungsinya, seperti organ pencernaan, berbicara, dan bernapas.

Mengingat pentingnya fungsi mulut, maka harus selalu dijaga dan dirawat kesehatannya dengan baik agar tidak mengalami masalah.

Salah satu masalah yang sering menyerang mulut adalah bau mulut yang tidak sedap. Masalah tersebut terjadi akibat pertumbuhan bakteri dan jamur di dalamnya.

Untuk mengatasi bakteri dan jamur penyebab bau tidak sedap, biasanya orang akan menggunakan obat kumur yang dijual di pasaran.

Namun, saat ini kamu bisa menggunakan kunyit putih sebagai obat kumur. Hal ini dikarenakan, sifat antimikroba dan antijamur yang terdapat di dalamnya, mampu membunuh dan mengurangi jumlah bakteri dan virus di dalam mulut.

18. Penawar bisa atau racun ular

18 Manfaat Kunyit Putih, Ampuh Menangkal Sel Kanker

(foto: istockphoto)

Ular merupakan salah satu jenis binatang yang berbahaya, sebab ia memiliki bisa atau racun yang bisa mematikan.

Tak heran, jika banyak orang yang takut terhadap binatang tersebut, bahkan mereka tidak segan untuk membunuhnya jika melihatnya.

Manfaat kunyit putih ternyata bisa menjadi obat penawar bisa atau racun ular yang masuk ke dalam tubuh melalui gigitan.

Sebuah studi juga menunjukkan, ekstrak kunyit putih dapat dijadikan sebagai antiracun yang dapat menghambat aktivotas racun ular.

Dengan demikian, jika ada kerabat atau orang terdejat yang terkena gigitan ular, pertolongan pertama yang bisa dilakukan adalah meminumkan ekstrak kunyit putih sebelum dibawa ke rumah sakit.

Akhir kata

Demikianlah 18 manfaat kunyit putih yang bisa kamu dapatkan. Namun, ada beberapa penyakit yang masih belum terbukti secara akurat dapat diobati dengan tanaman rimpang ini.

Oleh sebab itu, ada baiknya jika dikonsultasikan kepada pakar kesehatan atau dokter terlebih dahulu. Walaupun memiliki manfaaat, sebaiknya tidak mengonsumsi tanaman ini secara berlebihan.

TULIS KOMENTAR

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.