lifestyle

10 Manfaat Bunga Telang, Efek Samping & Cara Mengolah

Penulis:   | 

Manfaat bunga telang bisa dinikmati oleh sebagian besar masyarakat Indonesia dengan cara diolah menjadi teh.

Biasanya, mereka mengonsumsi bunga ini untuk menghilangkan stres, sebab kandungan antioksidan di dalamnya dipercaya mampu mengurangi stres.

Bunga telang merupakan bunga yang memiliki warna cantik yakni biru keunguan. Ia memiliki nama lain butterfly pea dan berasal dari Indonesia, Malaysia, dan Thailand.

Bunga ini termasuk bunga yang mudah tumbuh dengan cepat di lahan semak, hutan terbuka dan pinggiran sungai. Walaupun tumbuh cepat, sayangnya bunga ini memiliki umur yang cukup pendek.

Banyak orang yang percaya bahwa daun telang memiliki ragam manfaat untuk kesehatan, salah satunya adalah menghilangkan stres. Tidak hanya itu saja, masih banyak manfaat lain yang bisa didapatkan.

Baca juga: 10 Manfaat Madu, bikin Tidur lebih Nyenyak

1. Meningkatkan fungsi sistem saraf

10 Manfaat Bunga Telang, untuk Kesehatan dan juga Kuliner

(foto: adobestock)

Sistem saraf merupakan sistem yang memiliki peran penting dalam mengatur segala aktivitas yang dilakukan oleh tubuh manusia.

Dengan adanya sistem ini, manusia bisa melakukan aktivitas seperti berjalan, berpikir, berbicara, bernapas, dan aktivitas lainnya.

Beberapa organ yang masuk ke dalam sistem saraf, seperti otak, mata, telinga, sum-sum tulang belakang, dan organ sensorik lainnya. Seluruh organ tersebut memiliki fungsi penting.

Oleh sebab itu, sangat penting untuk selalu menjaga fungsi saraf agar tidak menimbulkan penyakit berbahaya, salah satunya adalah alzheimer, yakni penyakit yang menyerang otak. Sehingga, otak tidak berfungsi dengan baik, bahkan tidak bisa mengingat.

Manfaat bunga telang rupanya mampu meningkatkan sistem saraf dan menjaganya tetap sehat. Hal ini dikarenakan, terdapat kandungan senyawa baik seperti ansiolitik, antidepresan, antikonvulsan dan antistres, sehingga bagus untuk saraf otak.

2. Menjaga kesehatan mata

10 Manfaat Bunga Telang, untuk Kesehatan dan juga Kuliner

(foto: istockphoto)

Mata merupakan salah satu orga penting manusia yang berfungsi untuk melihat. Berkat organ ini, kita semua bisa melihat betapa indahnya dunia dan segala isinya.

Mengingat peran penting mata, kita diwajibkan untuk selalu menjaga kesehatannya agar tidak terserang penyakit mata seperti rabun jauh, rabun dekat, silinder, katarak, dan gangguan mata lainnya.

Jika penyakit tersebut menyerang, maka mata tidak akan berfungsi dengan baik, bahkan bisa mengalami kebutaan jika tidak segera diatasi.

Menjaga kesehatan mata bisa dilakukan dengan cara memanfaatkan bunga telang. Pasalnya, akar dari tanaman bunga ini memiliki fungsi untuk mencegah dan mengobati berbagai penyakit mata.

Sebuah studi membuktikan bahwa bunga daun telang mampu mencegah bakteri penyebab infeksi mata, yakni konjungtivitas.

3. Mengobati diabetes

Mengobati diabetes

(foto: istockphoto)

Kebiasaan mengonsumsi makanan dan minuman manis secara berlebihan dapat meningkatkan jumlah gula darah dalam tubuh. Akibatnya, timbul penyakit berbahaya yang disebut dengan diabetes.

Penyakit tersebut termasuk berbahaya dan mematikan jika tidak ditangani dengan cepat. Sebab, dapat menyebabkan komplikasi, yakni timbulnya penyakit lain seperti obesitas, gagal jantung, stroke, hipertensi, dan lain sebagainya.

Mengobati penyakit ini tidaklah mudah seperti membalikkan telapak tangan. Akan tetapi, kamu bisa mengurangi jumlah kadar gula darah dengan cara menjaga pola makan dan rajin berolahraga.

Selain itu, kamu juga bisa mengonsumsi ekstrak daun dan bunga telang secara rutin. Sebab, ramuan tersebut terbukti ampuh dalam menurunkan dan mengontrol gula darah sehingga tidak mengalami kelonjakan.

4. Mengatasi haid yang tidak teratur

haid yang tidak teratur

(foto: pexels)

Haid atau menstruasi merupakan siklus rutin yang terjadi pada wanita dengan ditandai keluarnya darah dari dinding rahim melalui vagina. Normalnya, siklus ini terjadi selama 6 hingga 8 hari dalam satu bulan.

Akan tetapi, tidak sedikit wanita mengalami masalah haid tidak teratur, yang harusnya datang setiap bulan, mereka bisa dua bulan atau bahkan lebih.

Biasanya, kondisi tersebut terjadi akibat beberapa faktor, salah satunya adalah stres. Masalah tersebut tentu saja harus segera ditangani agar tidak terjadi dampak buruk ke depannya.

Bunga telang menjadi solusi untuk kamu yang memiliki masalah pada siklus haid.  Sebab, bunga ini dipercaya mampu membuat haid menjadi lancar. Selain itu, jga bisa mengatasi masalah pada reproduksi seperti keputihan yang tidak normal.

5. Untuk mengobati asma

mengobati asma

(foto: adobestock)

Asma merupakan suatu penyakit dimana tubuh mengalami kesulitan dalam bernapas. Penyakit ini bisa diakibatkan oleh alergi akan sesuatu yang menyerang tubuh.

Bisa dikatakan bahwa, selain berupa gatal dan ruam, reaksi tubuh terhadap alergi yang menyerang juga bisa berupa asma.

Asma juga merupakan penyakit keturunan, sehingga jika orang tua atau anggota lain dan silsilah keluargamu memiliki penyakit tersebut, maka kemungkinan besar kamu juga akan terserang.

Untuk mengobati asma, kamu bisa memanfaatkan bunga telang. Sebab, khasiat bunga ini ternyata bisa mengobati alergi secara alami tanpa menimbulkan efek samping.

Sebuah studi mengungkapkan bahwa alasan bunga telang mampu mengobati asma adalah karena adanya kandungan antioksidan dan antiastmatik ekstrak etanol, khususnya pada akar tanaman daun telang.

Baca juga: 7 Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan dan Kecantikan

6. Mengatasi rambut rontok

10 Manfaat Bunga Telang, untuk Kesehatan dan juga Kuliner

(foto: pexels)

Tidak sedikit orang mengalami masalah pada rambut, seperti ketombe, rambut rontok, rambut bercabang, dan masalah lainnya. Terkadang, masalah tersebut kerap membuat stres karena cukup sulit untuk diatasi.

Manfaat bunga telang mampu mengatasi masalah pada rambut, khususnya rambut rontok.

Pasalnya, bungi ini mengandung antosianin  yang dipercaya bisa membuka aliran darah d kulit kepala dan memperkuat folikel rambut sehingga akar rambut menjadi kuat dan tidak mudah rontok.

Caranya, haluskan bunga telang dan campur dengan air sehingga membetuk tekstur seperti pasta atau masker rambut. Kemudia, aplikasinya pada seluruh rambut terutama akarnya.

7. Aman dikonsumsi saat hamil

10 Manfaat Bunga Telang, untuk Kesehatan dan juga Kuliner

(foto: istockphoto)

Apakah kamu termasuk pecinta kopi? Kopi merupakan minuman mengandung kafein yang disukai banyak orang. Bahkan, tak sedikit pula dari mereka yang mengalami kecanduan.

Akan tetapi, tidak semua orang bisa mengonsumsinya, sebab kandungan kafein di dalamnya bisa menimbulkan efek samping bagi beberapa orng dengan kondisi tertentu, sebut saja ibu hamil.

Ibu hamil pasti juga ingin mengonsumsi kopi maupun teh. Nah, rupanya manfaat bunga telang bisa dijadikan sebagai pengganti kafein dari kopi maupun teh. Tentu saja, lebih aman dikonsumsi dan tidak menimbulkan efek samping paa janin.

Caranya, cukup mengolah bunga telang menjadi seperti teh. Akan tetapi, jangan diminum setiap hari ya. Minumlah secukupnya saja.

8. Mengatasi sembelit

Mengatasi sembelit

(foto: adobestock)

Sembelit merupakan salah satu gangguan pencernaan yang ditandai dengan susahnya buang air besar.

Kondisi tersebut terkadang membuat tidak nyaman, sebab perut kan terasa sakit dan seperti sangat penuh.

Sembelit jika tidak segera diobati, maka akan semakin parah dan menyebabkan penyakit lain, yakni wasir. Penyakit tersebut cukup berbahaya karena bisa mengeluarkan banyak darah dari anus.

Untuk mengatasi masalah sembelit, kamu bisa mengonsumsi bunga daun telang yang dipercaya dapat melamcarkan pencernaan.

Caranya, panggang beberapa biji bunga telang kemudian haluskan hingga berbentuk seperti bubuk. Lalu, seduh bubuk tersebut dengan air hangat.

Minumlah secara rutin, yakni dua kali sehari. Lakukakn selama tiga hari untuk mendapatkan hasil maksimal.

9. Mengobati sakit kepala secara alami

10 Manfaat Bunga Telang, untuk Kesehatan dan juga Kuliner

(foto: pexels)

Sakit kepala terkadang membuat kita tidak bisa melakukan aktivitas. Rasa sakit tersebut bisa diakibatkan oleh beberapa faktor, seperti stres, hipertensi, dan lain sebagainya.

Sakit kepala bisa diobati dengan cara mengonsumsi obat penghilang nyeri. Namun, bagaimana jika kamu termasuk orang yang alergi terhadap obat kimia?

Tenang saja, sebab ada pengobata alami yang dipercaya ampuh menghilangkan sakit kepala, yakni dengan mengonsumsi bunga telang.

Kandungan tanin, pati, alkaloid, saponin, protein, karbohidrat, dan taraxerol yang terdapat di dalam bunga tersebut, diyakini dapat dijadikan sebagai obat alami sakit kepala.

10. Sebagai pewarna alami makanan dan minuman

10 Manfaat Bunga Telang, untuk Kesehatan dan juga Kuliner

(foto: adobestock)

Terkadang, makanan dan minuman membutuhkan pewarna agar terlihat lebih menarik dan menggugah selera. Oleh sebab itu, diperlukan penggunaan pewarna buatan agar mendapatkan warna sesuai dengan keinginan.

Akan tetapi, tidak semua pewarna buatan aman untuk dikonsumsi. Untuk itu, sebaiknya memilih bahan alami sebagai pewarna.

Manfaat bunga telang bisa digunakan sebagai pewarna alami makanan dan minuman. Kamu bisa mendapatkan warna yang diinginkan tergantung seberapa lama kamu merebus bunga tersebut.

Efek samping bunga telang

Kenali 7 Manfaat Kencur, Meningkatkan Nafsu Makan

(foto: pexels)

Selain memiliki manfaat yang cukup beragam, bunga telang rupanya juga memiliki efek samping yang berbahaya bagi tubuh.

Akan tetapi, efek samping tersebut hanya bisa dirasakan ketika dikonsumsi atau digunakan dalam jumlah yang berlebihan. Selain itu, juga bisa terjadi akibat pengolahan yang salah.

Berikut adalah beberapa efek samping bunga telang yang dikonsumsi dan digunakan secara berlebihan, diantaranya:

1. Anti gizi

Mengonsumsi bunga telang secara berlebihan dapat menimbulkan efek samping, yakni menyebabkan anti gizi. Artinya, tubuh tidak bisa menyerap gizi yang diperoleh dari makanan yang dikonsumsi setiap harinya.

Hal ini dikarenakan. Terdapat kandungan asam oksalat di dalam bunga tersebut yang apabila dikonsumsi secara berlebihan dapat mengikat gizi lain yang ada di dalam tubuh.

Akibatnya, tubuh tidak bisa menggunakan gizi yang diperlukan. Dengan demikian, tubuh akan mengalami kekurangan gizi yang akhirnya membuat lambatnya pertumbuhan dan perkembangan, terutama pada anak.

2. Diare dan mual

Diare dan mual merupakan gangguan pencernaan yang kerap datang secara bersamaan. Akibat yang ditimbulkan adalah seringnya buang air besar.

Umumnya, gangguan ini terjadi akibat mengonsumsi makanan yang kotor sehingga terpapar kuman dan bakteri penyebab diare.

Selain itu, juga bisa disebabkan oleh makanan yang mengandung tingkat kepedasan tinggi, sehingga lambung tidak bisa menerimanya.

Mengonsumsi bunga telang secara berlebihan rupanya juga dapat menyebabkan diare dan mual, terutama pada ibu hamil.

Disarankan kepada ibu hamil untuk tidak mengonsumsi bunga ini selama masa kehamilan agar tidak memperparah rasa mual.

Kemudian, jika terjadi diare dengan frekuensi yang cukup cepat, maka sebaiknya segera periksakan ke dokter terdekat agar mendapatkan penanganan yang tepat.

Sebab, jika diare tidak diatasi dengan segera, maka tubuh akan mengalami kekurangan cairan sehingga dapat menyebabkan rasa lemas dan bisa berujung pada kematian.

3. Menyebabkan batu ginjal

Batu ginjal merupakan penyakit yang menyerang sistem ekskresi alias pembuangan, tepatnya apda organ ginjal.

Penyakit ini disebabkan oleh limbah atau sisa makanan membentuk kristal dan menumpuk pada bagian ginjal.

Penyebabnya adalah kurangnya konsumsi air putih, konsumsi garam dalam jumlah berlebihan, konsumsi protein hewani terlalu banyak, obesitas, dan masih banyak lainnya.

Mengonsumsi bunga telang terlalu banyak ternyata juga menjadi penyebab timbulnya penyakit batu ginjal.

Sebab, terdapat kandungan asam oksalat di dalamnya dimana senyawa tersebut dapat mengikat senyawa lain yang akhirnya akan menumpuk dan menjadi padat. Kemudian, tumpukan tersebut akan tertimbun di dalam ginjal.

Jika tidak segera diatasi, maka penderitanya akan merasa kesulitan saat buang air kecil.

4. Berbahaya untuk mata

Manfaat bunga telang bisa dijadikan sebagai obat tetes mata untuk menjaga agar organ tersebut selalu sehat dan terhindar dari gangguan mata.

Akan tetapi, penggunaan bunga telang sebagai obat tets mata juga menimbulkan efek samping jika penggunaannya terlalu sering.

Selain itu, pada saat bunga tersebut direndam sebelum dijadikan obat mata, kita tidak tahu apakah masih steril atau tidak.

Jika kondisi bunga telang saat direndam sudah terkontaminasi oleh mikroba seperti kuman dan bakteri, maka dapat memicu resiko sakit mata bahkan dampak yang lebih buruk lagi.

Oleh sebab itu, sebaiknya gunakan bunga tersebut sebagai obat mata dalam jangka waktu yang tidak terlalu sering dan sesuai dengan kebutuhan saja.

Selain itu, pastikan untuk selalu terjaga kebersihannya saat sedang direndam, agar tidak terkontaminasi dengan mikroba lainnya.

Cara mengonsumsi bunga telang

(foto: istockphoto)

Ada beberapa cara mengolah bunga telang, baik dijadikan sebagai minuman yang dicampur dengan berbagai macam rempah, hingga dijadikan sebagai the dengan rasa yang khas.

Akan tetapi, pengolahan bunga telang yang dimanfaatkan untuk mata memiliki perbedaan karena tidak dikonsumsi melaikan sebagai obat tetes mata.

1. Air bunga telang untuk mata

Untuk menggunakan bunga ini sebagai obat mata, pertama-tama pilihlah beberapa buah bunga telang yang masih segar. Kemudian celupkan ke dalam air mendidih.

Tunggu selama beberapa saat hingga suhu air berubah menjadi hangat atau ruam-ruam kuku. Setelah itu, pisahkan bunga dengan air rendaman.

Air hasil celupan dan rendaman tersebut kemudian dijadikan sebagao obat yang diteteskan pada mata sebanyak 3 hingga 5 tetes.

2. Teh bunga telang

Teh bunga telang merupakan cara pengolahan yang paling sering dilakukan karena proses pembuatannya yang cukup mudah.

Kamu hanya perlu menyiapkan beberapa bahan-bahan yang dibutuhkan seperti air dan satu genggam atau sekitar 10 kelopak bunga telang segar.

Pertama-tama, didihkan air lalu tuangkan ke dalam cangkir atau gelas. Kemudian, masukkan bunga telang dan biarkan selama sekitar 15 menit.

Bunga tersebut akan mengeluarkan warna sehingga air rendaman akan berubah warna menjadi biru, setelah bunga tersebut tidak mengeluarkan warna lagi, maka saring kelopak bunga yang tersisa. Setelah itu, kamu bisa mengonsumsi teh bunga telang.

3. Bunga telang dan serai wangi

Pengolahan bunga telang dengan cara ini dipercaya dapat mengatasi gangguan pada organ mulut sehingga menjadikannya selalu sehat dan segar.

Tidak hanya itu, juga bisa dijadikan sebagai minuman untuk mengatasi masalah perut kembung serta meningkatkan produksi sel darah merah.

Bahan-bahan yang diperlukan adalah beberpa kelopak bunga telang, 3 hingga 5 batang serai yang sudah dipotong kecil, dan terakhir adalah air putih.

Langkah pertama yang harus dulakukan adalah panaskan air hingga mendidih. Kemudian, masukkan bunga telang dan potongan serai.

Setelah air berubah warna menjadi biru dan aroma serai tercium, tuangkan ke dalam gelas yang sudah disaring tersebih dahulu.

Tambahkan madu agar menghasilkan rasa yang cukup enak. Lalu, minum sampai habis.

Nah, demikianlah 10 manfaat bunga telang yang bisa kamu dapatkan. Selain untuk kesehatan, buanga tersebut juga bermanfaat untuk dunia kuliner.

Tidak lupa juga untuk selalu memperhatikan jumlah takaran ingin dikonsumsi ataupun digunakan agar tidak menimbulkan efek samping seperti penjelasan di atas.

Terakhir, penting untuk memperhatikan bagaimana cara mengolah bunga tersebut sebelum akhirnya dikonsumsi atau digunakan agar tidak menimbulkan resiko ataupun dampak yang lebih buruk.

TULIS KOMENTAR

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.