inspirasi

13 Hantu Seram di Indonesia, Salah Satunya Ditakuti di Maluku dan Papua

Penulis:   | 

Hantu Seram – Di Indonesia banyak sekali kisah mistis yang berkembang di suatu daerah atau bahkan seantero Nusantara.

Kisah mistis itu bisa menjadi legenda atau yang lebih dikenal sebagai urban legend atau bahkan menjadi rahasia umum yang banyak orang tahu.

Kisah mistis tersebut menjadi sesuatu yang menyeramkan lantaran keberadaan hantu-hantu dalam cerita tersebut.

Hantu-hantu tersebut tentunya akan tampak sebagai sesuatu yang sangat menakutkan. Bahkan banyak yang meyakini jika hantu akan berubah menjadi sosok yang dipikirkan manusia untuk tujuan menakuti.

Kini banyak sekali hantu seram di Indonesia sudah diangkat menjadi film layar lebar. Tak pelak hal ini menambah kepopuleran dari hantu yang menyeramkan tersebut. Jadi, apa saja sih hantu terseram di Indonesia? Simak ulasannya.

Baca juga: 8 Fakta Unik Monstera, Tanaman Berdaun Unik dan Cantik

1. Kuntilanak

13 Hantu Terseram di Indonesia, Salah Satunya Ditakuti di Maluku dan Papua

(foto: sonora)

Kuntilanak menjadi salah satu hantu populer sekaligus menyeramkan di Indonesia. Wujudnya adalah sosok perempuan, berbaju putih panjang dna berambut panjang.

Kerap mendiami pohon besar, kuntilanak dipercaya suka mengganggu anak kecil dan wanita hamil.

Alasannya dipercaya kuntilanak merupakan hantu yang berasa dari wanita yang meningga saat melahirkan. Jadi ia mencari sosok anaknya.

2. Pocong

13 Hantu Terseram di Indonesia, Salah Satunya Ditakuti di Maluku dan Papua

(foto: cnnindonesia)

Pocong menjadi momok menakutkan bagi banyak orang. Wujudnya adalah sosok mayat yang mengenakan kain kafan.

Banyak orang percaya jika pocong muncul lantaran jenazah yang tak dibuka tali pocongnya saat proses pemakaman.

Ditakuti banyak orang, pocong disebutkan kerap melompat-lompat namun ada juga yang menyebut bahwa pocong sebenarnya adalah terbang. Pocong juga disebutkan berwajah hitam dan rusak.

3. Kuyang

13 Hantu Terseram di Indonesia, Salah Satunya Ditakuti di Maluku dan Papua

(foto: liputan6)

Hantu seram ini menjadi momok menakutkan di Kalimantan. Digambarkan sebagai sosok perempuan dengan rambut panjang namun terbang tanpa badan. Hanya memiiki kepala dan organ dalam.

Dipercaya jika kuyang adalah manusia yang menguasai ilmu hitam. Jadi ia membutuhkan darah bayi yang baru lahir atau wanita hamil untuk mempertahankan ilmunya.

4. Sundel Bolong

13 Hantu Terseram di Indonesia, Salah Satunya Ditakuti di Maluku dan Papua

(foto: transonlinewatch)

Hantu yang satu ini sudah familiar lantaran diangkat menjadi film dan diperankan oleh Ratu Film Horor Indonesia, Suzzanna.

Dipercaya jika sundel bolong adalah wanita yang meninggal saat sedang hamil. Saat hamil itulah ia mengalami nasib naas diperkosa oleh orang tak bertanggung jawab.

Sosoknya gentayangan untuk membalaskan dendamnya. Ciri khas hantu seram ini adalah adanya lubang pada punggung dan dipenuhi belatung.

5. Suster ngesot

13 Hantu Terseram di Indonesia, Salah Satunya Ditakuti di Maluku dan Papua

(foto: tempo)

Sama seperti sundel bolong, suster ngesot makin dikenal lantaran sempat diangkat menjadi film. Seperti namanya, hantu ini dipercaya adalah sosok perawat atau suster semasa hidupnya.

Tak berjalan, suster ngesot dipercaya menakuti dengan cara menyeret tubuhnya dengan kedua tangannya. Hantu ini juga dipercaya kerap muncul di rumah sakit atau sekolah.

6. Genderuwo

13 Hantu Terseram di Indonesia, Salah Satunya Ditakuti di Maluku dan Papua

(foto: sonora)

Genderuwo digambarkan sebagai hantu yang memiliki tubuh yang sangat besar, berbulu lebat, bertaring panjang, memiliki kuku panjang dan mata yang berwarna merah. Mereka dipercaya menempati bangunan tua, pohon besar dan hutan.

Dipercaya hantu ini berasal dari laki-laki yang meninggal tak wajar. Bahkan mitosnya hantu ini bisa mengubah fisiknya menjadi manusia dan mengganggu para wanita.

Baca juga: Fenomena Aphelion, Dianggap Memicu Suhu Dingin di Bumi

7. Leak

13 Hantu Terseram di Indonesia, Salah Satunya Ditakuti di Maluku dan Papua

(foto: tribunnews)

Leak menjadi hantu yang menakutkan bagi masyarakat Bali. Dipercaya leak ini merupakan manusia namun memiliki ilmu spiritual yang tinggi.

Di siang hari, mereka berwujud manusia namun ketika malam hari, leak bisa menjadi hantu yang merampas organ tubuh demi kekuatan sihirnya.

Leak juga dipercaya bisa mengubah dirinya menjadi binatang seperti kera, babi atau bahkan harimau.

8. Banaspati

13 Hantu Terseram di Indonesia, Salah Satunya Ditakuti di Maluku dan Papua

(foto: inibaru)

Hantu ini awalnya terdengar di wilayah Jawa Tengah saja. Namun mulai sering didengar di telinga masyarakat Indonesia.

Hantu ini berbentu seperti bola api menyala yang bisa menghisap darah manusia dan membakar manusia yang mengusiknya.

Banaspati juga dipercaya sebagai hantu atau ruh jahat yang memiliki ilmu hitam tingkat tinggi. Sering digunakan untuk melakukan santet.

9. Tuyul

13 Hantu Terseram di Indonesia, Salah Satunya Ditakuti di Maluku dan Papua

(foto: suara.com)

Hantu ini memiliki bentuk tubuh kecil, berkepala gundul dan sangat pendek. Dipercaya tuyul juga kerap digunakan manusia untuk berbuat jahat seperti mencuri uang dan pesugihan.

Mitosnya tuyul berasal dari bayi pertama yang lahir prematur dan meninggal. Bahkan ada yang menyebut jika memelihara tuyul, orang yang memelihara harus merawatnya seperti menggendong dan disusui.

10. Hantu Suanggi

Suanggi

(foto: indenpendensia)

Suanggi menjadi hantu yang dikenal di Maluku dan Papua. Dipercaya jika suanggi merupakan penyihir atau dukun yang memiliki kemampuan ilmu hitam tinggi.

Suanggi juga disebut mampu mengubah dirinya menjadi perempuan cantik dna menggoda para pria.

Jika sang pria tergoda, suanggi akan menyerang dan memakan alat vital mereka. Hantu ini muncul seperti bola api di atas rumah korbannya.

11. Wewe gombel

Wewe gombel

(foto: merdeka.com)

Para orang tua zaman dulu sering menakuti anak mereka akan diculik wewe gombel jika sang anak ingin main keluar pada malam hari.

Bukan tanpa alasan, hantu ini dipercaya menyukai anak kecil sehingga kerap menculiknya. Meski menculik anak kecil, wewe gombel disebut tak akan menyakitinya.

Hantu ini dipercaya berwujud perempuan tua yang meninggal karena bunuh diri. Alasannya ia dituduh membunuh suaminya yang selingkuh.

12. Lampor

Lampor

(foto: paragram.id)

Lampor juga menjadi salah satu hantu yang diangkat menjadi film. Kisah lampor kerap kali terdengar di Jawa Tengah. Wujud lampor adalah keranda terbang yang konon dikendalikan oleh pencabut nyawa.

Menjadi momok menakutkan, dipercaya korban yang dibawa kampir akan kembali dalam keadaan gila atau bahkan mati. Jika mendengar suara kereta kuda di malam hari, bisa saja itu lampor.

13. Jenglot

Jenglot

(foto: merdeka.com)

Jenglot disebut sebagai hantu yang bertubuh kecil seperti boneka, berkulit gelap, memiliki taring dan kuku yang panjang.

Walaupun seperti boneka, nyatanya banyak yang percaya bahwa di dalamnya ada roh lantaran kuku, rambut dan taringnya yang bisa tumbuh.

Banyak pendapat beredar mengenai asal-usul jenglot. Seperti ada yang mengatakan bahwa jenglot adalah pertapa yang menginginkan kekekalan. Ada juga pendapat bahwa jenglot adalah pesugihan yang dipelihara dukun.

TULIS KOMENTAR

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.