lifestyle

Gak Mahal, 7 Bumbu Dapur Ini Bisa Bantu Hilangkan Jerawat

By  | 

Setiap orang pastinya ingin punya wajah yang bersih dan bebas dari jerawat yang mengganggu. Seperti yang diketahui, jerawat memang menjadi salah satu masalah pada kulit yang dialami oleh hampir semua orang.

Sebenarnya ada banyak faktor yang bisa mempengaruhi seseorang berjerawat. Mulai dari sering makan berminyak, kebiasaan memegang wajah saat tangan kotor, jarang mencuci wajah dan lainnya.

Karena hampir setiap orang pernah memiliki jerawat, pastinya jerawat ini dianggap bukan masalah besar. Padalah jerawat juga ada yang sulit disembuhkan.

Ada berbagai cara untuk menghilangkan jerawat, salah satunya dengan bumbu dapur. Dilansir dari Medical News Today, ada beberapa bumbu dapur yang ternyata ampuh atasi jerawat nih.

Baca juga: 7 Tips Merubah Penampilan Menjadi Lebih Menarik Saat Lebaran

1. Bawang putih

Bumbu Dapur yang Bisa Atasi Jerawat! Dari Teh hingga Kunyit

(foto: unsplash/mabstudio)

Ada banyak manfaat yang bisa ditemui pada bumbu dapur yang satu ini. Selain rasanya yang unik dan sangat baik untuk kesehatan, ternyata bawang putih juga bisa untuk mengobati infeksi dan melawan kuman.

Kandungan yang ampuh untuk mengatasi bakteri adalah organosulfur yang terdapat di bawang putih. Organosulfur juga bisa meningkatkan kekebalan tubuh.

Sangat mudah untuk mengatasi jerawat dengan bawang putih ini. Kamu hanya perlu mengonsumsi bawang putih mentah atau memperbanyak konsumsi bawang putih pada masakan.

Banyak juga orang yang mengoleskan bawang putih langsung ke jerawat. Tapi kamu perlu hati-hati saat mengoleskannya, karena bisa menyebabkan kulit terbakar.

2. Kunyit

Bumbu Dapur yang Bisa Atasi Jerawat! Dari Teh hingga Kunyit

(foto: unsplash/merodnt)

Bahan dapur lainnya yang paling ampuh untuk mengatasi jerawat. Gak heran ya kalau berbagai skincare yang ada di pasaran saat ini memilih kunyit sebagai salah satu bahan utamanya.

Bumbu dapur yang berwarna kuning ini ternyata memiliki sifat antibakteri dan mencegah jerawat berkembang lebih banyak.

Sifat anti inflamasi di kunyit bisa membantu mengurangi peradangan dan kemerahan di wajah akibat jerawat.

Untuk menggunakannya kamu hanya perlu mencampurkan bubuk kunyit dan susu cair, aduk hingga menjadi pasta. Setelah itu oleskan pada bagian wajah yang berjerawat.

3. Teh hijau

Bumbu Dapur yang Bisa Atasi Jerawat! Dari Teh hingga Kunyit

(foto: pexels/nipananlifestyle)

Teh hijau terkenal akan kandungan antioksidan yang sangat tinggi. Teh hijau juga banyak digunakan untuk menjadi bahan skincare karena bisa mengurangi sebum dan mengurangi jerawat.

Antioksidan ini sangat dibutuhkan untuk mengurangi sel-sel yang tidak sehat. Dan teh hijau juga akan membersihkan kotoran dan bakteri yang ada pada jerawat.

Konsumsilah teh hijau yang cukup setiap harinya. Agar bisa mendapat hasil yang optimal, kamu bisa menggunakan skincare yang juga mengandung teh hijau.

4. Rosemary

Bumbu Dapur yang Bisa Atasi Jerawat! Dari Teh hingga Kunyit

(foto: unsplash/arleccio)

Meskipun rosemary masih sulit ditemui di Indonesia, nyatanya bumbu dapur yang satu ini juga bisa mengatasi masalah jerawat pada kulit.

Rosemary mengandung sifat antibakteri, anti inflamasi dan tinggi akan antioksidan. Beberapa penelitian juga sudah melihat bahwa rosemary bisa mengatasi jerawat membandel.

Dan penelitian pada tahun 2013 mengatakan bahwa ekstrak rosemary bisa mengurangi peradangan dari bakteri yang bisa menyebabkan jerawat.

Baca juga: Menggoyang Lidah, Ini 6 Makanan Khas Lebaran Berbagai Negara

5. Jahe

Bumbu Dapur yang Bisa Atasi Jerawat! Dari Teh hingga Kunyit

(foto: unsplash/sentotss)

Jahe menjadi bahan dapur yang bisa digunakan untuk membuat makanan ataupun minuman. Selain bisa menghangatkan tubuh, jahe juga bisa membantu kamu untuk melawan jerawat.

Caranya simple banget, kupas jahe yang masih segar, setelah itu tambahkan air dan blender hingga halus. Setelah itu saring jahe yang telah diblender.

Gunakan airnya untuk dioleskan pada kulit yang terdapat jerawatnya, diamkan beberapa menit dan cuci wajahmu. Gunakan cara ini setiap hari.

6. Madu

Bumbu Dapur yang Bisa Atasi Jerawat! Dari Teh hingga Kunyit

(foto: unsplash/alexandermils)

Madu memang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Selain itu dalam dunia kecantikan, madu dapat melembapkan kulit yang sangat kering.

Tapi ternyata, madu juga sangat bermanfaat untuk mengatasi kulit yang berjerawat, karena madu bisa menghentikan pertumbuhan bakteri dan juga bisa membantu membersihkan kulitmu.

Untuk menggunakannya kamu hanya perlu mencampurkan beberapa sendok madu dengan bubuk kayu manis atau bisa juga dengan bubuk kunyit.

Oleskan pada area wajah yang berjerawat, diamkan beberapa menit dan bilas dengan air bersih.

7. Lemon

Bumbu Dapur yang Bisa Atasi Jerawat! Dari Teh hingga Kunyit

(foto: pexels/lukas)

Selain bisa mencerahkan wajah, lemon juga banyak digunakan sebagai salah satu bahan alami yang bisa mengurangi dan bahkan mengatasi jerawat.

Lemon mengandung vitamin C yang tinggi, sehingga sangat bermanfaat untuk kecantikan kulitmu, bisa mencerahkan wajah dan mengangkat sel-sel kulit mati yang bisa membuat wajah menjadi kusam dan mengurangi jerawat.

Jangan langsung mengoleskan air perasan lemon ke wajah, karena akan sangat perih rasanya. Campurkan perasan lemon dengan madu, lalu oleskan ke kulitmu.

Selain mengatasi jerawat dengan bahan dapur, kamu juga harus lebih memperhatikan gaya hidup. Hindari kebiasaan yang bisa menyebabkan jerawat salah satunya dengan tidak begadang.