. Menggoyang Lidah, Ini 6 Makanan Khas Lebaran Berbagai Negara

lifestyle

Menggoyang Lidah, Ini 6 Makanan Khas Lebaran Berbagai Negara

By  | 

Sebentar lagi hari raya Idul Fitri atau Lebaran akan tiba nih, dan umat muslim di dunia merayakannya dengan penuh sukacita.

Pastinya berbagai persiapan akan dilakukan untuk menyambut hari raya. Salah satu yang gak boleh ketinggalan yaitu sajian yang menggugah selera.

Bukan hanya di Indonesia, di berbagai negara lain juga menyajikan makanan khasnya saat Idul Fitri. Dan setiap negara tentunya memiliki sajian khasnya sendiri.

Dilansir dari The Culture Trip, ini dia beberapa makanan khas Lebaran dari berbagai negara yang bisa kamu coba di rumah.

Baca juga: 7 Tips Agar Pekerjaan Kamu Bisa Selesai Lebih Cepat

1. Chicken bastila – Maroko

Makanan Khas Lebaran yang Menggoyang Lidah Dari Berbagai Negara

(foto: instagram/essaveursdemeriem)

Bastila ayam atau Chicken bastila menjadi makanan favorit masyarakat Maroko saat Idul Fitri. Untuk rotinya sendiri mirip seperti pie dan ditambahkan ayam.

Rasanya sangat nikmat dan kaya akan rempah seperti kunyit, bubuk kayu manis, lada dan jahe. Setelah Bastila matang, lalu ditaburkan bubuk kayu manis atau gula halus.

2. Aseeda – Yaman

Makanan Khas Lebaran yang Menggoyang Lidah Dari Berbagai Negara

(foto: instagram/hudarajab)

Aseeda bisa juga dikenal Aseed merupakan salah satu jenis makanan penutup yang bisa juga dijumpai di Arab Saudi, Libya dan Sudan.

Aseeda terbuat dari madu dan gandum yang menyehatkan serta memberi energi untuk tubuh. Hidangan ini biasanya dinikmati oleh masyarakat tradisional.

Sedangkan untuk rasa yang lebih nikmat, Aseeda bisa dinikmati selagi hangat.

3. Manti – Rusia

Makanan Khas Lebaran yang Menggoyang Lidah Dari Berbagai Negara

(foto: instagram/fitchihouse)

Rusia juga termasuk negara yang merayakan Idul Fitri dengan sajian yang lezat. Dan biasanya hidangan yang wajib ada saat Idul Fitri di negara ini yaitu Manti.

Dari bentuknya memang sangat mirip dengan pangsit, hanya saja isiannya bukan ayam melainkan daging domba atau sapi yang sudah diberikan beberapa bumbu. Rasanya gurih dan lezat, sama seperti pangsit.

Tapi resep Manti juga berbeda dari daerah yang satu dengan daerah lain di Rusia. Jadi bisa saja rasa yang dihasilkan juga berbeda tergantung dengan resep yang digunakan.

Baca juga: 5 Aktivitas Gak Bikin Capek Dikerjakan Meskipun Lagi Puasa

4. Bolani – Afghanistan

Makanan Khas Lebaran yang Menggoyang Lidah Dari Berbagai Negara

(foto: instagram/aurigakitchenkabul)

Di negara Afghanistan biasanya perayaan Idul Fitri lebih ditujukan untuk anak-anak. Karena akan ada banyak festival saat Idul Fitri yang khusus untuk anak-anak.

Sedangkan untuk makanan khas yang wajib ada yaitu Bolani. Menjadi salah satu makanan yang paling digemari karena semua usia menyukainya, mulai dari anak-anak hingga orang tua.

Bolani merupakan roti yang dipanggang dengan isian sayuran hijau dan terkadang juga ditambahkan kacang-kacangan, yogurt dan kentang.

5. La Mian – China

Makanan Khas Lebaran yang Menggoyang Lidah Dari Berbagai Negara

(foto: instagram/imperialshanghaiid)

La Mian menjadi makanan favorit khas Idul Fitri di China karena rasanya yang super nikmat dan akan membuat siapa saja yang mencobanya ingin nambah lagi dan lagi nih.

Bentuknya seperti mie dan bahan utama untuk pembuatannya yaitu tepung terigu yang dibuat menjadi adonan. Setelah itu dibentuk menjadi panjang dan disiram kuah pedas yang ditambahkan tahu dan daging.

6. Rendang – Indonesia

Makanan Khas Lebaran yang Menggoyang Lidah Dari Berbagai Negara

(foto: instagram/rendangdensuko)

Dan yang terakhir ini berasal dari Indonesia, apalagi kalau bukan rendang. Sebenarnya di Indonesia sendiri ada banyak makanan khas untuk sajian saat Idul Fitri seperti opor ayam, semur daging, sayur ketupat, rendang dan lainnya.

Rendang menjadi favorit banyak orang karena rasanya yang nikmat dan bahkan pernah menjadi makanan terlezat di dunia lho!

Dibuat dari daging sapi, santan dan berbagai rempah lainnya. Proses pembuatan rendang memang panjang tapi rasa lelah saat membuatnya dijamin terbayar lunas deh setelah bisa menikmati rendang buatanmu sendiri.

Itulah beberapa makanan khas Idul Fitri dari berbagai negara. Kamu bisa coba memasak makanan tersebut untuk hidangan pada saat Idul Fitri nanti. Kira-kira makanan khas dari negara mana yang akan kamu pilih?