. 5 Aktivitas Gak Bikin Capek Dikerjakan Meskipun Lagi Puasa | Dailysia

lifestyle

5 Aktivitas Gak Bikin Capek Dikerjakan Meskipun Lagi Puasa

By  | 

Gak terasa ya bulan Ramadhan sudah mau berakhir nih. Di saat puasa kita harus menahan rasa haus, lapar  dan nafsu.

Tapi biasanya saat puasa tubuh akan merasa lebih lemas dan cepat lelah ya karena berkurangnya cairan dan energi pada tubuh.

Apalagi setiap harinya kamu dituntut untuk menjalankan aktivitas-aktivitas yang cukup berat. Nah, aktivitas yang cukup berat ini bisa membuat tubuh dehidrasi lho.

Dari banyaknya aktivitas yang perlu kamu jalankan, ternyata ada beberapa aktivitas yang gak bikin cape dan tentunya bisa kamu lakukan saat puasa nih.

Ini dia beberapa aktivitasnya yang sebagian dilansir dari Your World Healthcare.

Baca juga: 5 Ide Usaha untuk Tambah Penghasilan di Tengah Pandemi Corona

1. Bekerja di rumah

Aktivitas Gak Bikin Cape yang Bisa Dilakukan Saat Puasa

(foto: unsplash/zal3wa)

Karena puasa saat ini bersamaan dengan pandemic virus corona covid-19, jadi mengharuskan beberapa perusahaan memberlakukan work from home untuk para karyawannya.

Ternyata work from home ini atau bekerja di rumah bisa membuat kamu gak terlalu capek. Karena jika bekerja di kantor kamu akan menempuh perjalanan yang cukup lama, apalagi jika menggunakan transportasi umum.

Belum lagi cuaca yang tidak menentu, seperti panas yang akan membuat kamu lebih mudah haus dan dehidrasi.

Jadi bekerja di rumah memang menjadi cara terbaik agar pekerjaan bisa diselesaikan dengan lancar tanpa bikin capek ya.

2. Olahraga ringan

Aktivitas Gak Bikin Cape yang Bisa Dilakukan Saat Puasa

(foto: unsplash/hannaeberh)

Siapa bilang saat puasa kamu tidak perlu berolahraga karena bisa membuat lebih cepat haus dan lapar? padahal olahraga ketika puasa bisa membuat tubuh lebih sehat dan bugar lho.

Kurangnya olahraga juga bisa membuat tubuh lebih mudah terserang penyakit. Apalagi saat puasa, jika kamu tidak berolahraga pastinya tubuh akan jadi cepat lelah dan lemas.

Memang gak semua olahraga bisa dilakukan saat puasa, kamu hanya diperbolehkan melakukan olahraga yang ringan saja seperti yoga, bersepeda, angkat beban, hula hoop, jalan santai dan sebagainya.

Olahraga yang berat bisa membuat tubuh lebih cepat haus, lelah dan bahkan meningkatkan risiko dehidrasi dan bisa saja lho puasa kamu batal.

Meskipun memilih olahraga ringan, tapi waktu untuk berolahraga juga harus diperhatikan.

Sebaiknya kamu olahraga beberapa menit sebelum berbuka puasa atau pada saat malam hari. Sebelum buka puasa, waktu yang dibutuhkan untuk olahraga sekitar 15 sampai 20 menit saja.

3. Pekerjaan rumah yang menyenangkan

Aktivitas Gak Bikin Cape yang Bisa Dilakukan Saat Puasa

(foto: pixabay/carolinefeelgood)

Ada berbagai aktivitas menyenangkan yang bisa kamu lakukan di rumah untuk mengisi waktu luang. Misalnya saja dengan membuat kerajinan tangan atau melakukan hobi yang kamu sukai.

Seperti menyulam, membuat berbagai barang dari pakaian yang sudah tidak digunakan dan lain sebagainya. Dengan begitu hobi dan kemampuan kamu akan terasah.

Baca juga: Mudah Dicari, Ini 5 Bahan Alami untuk Buat Body Scrub di Rumah

4. Membaca buku

Aktivitas Gak Bikin Cape yang Bisa Dilakukan Saat Puasa

(foto: unsplash/dollargill)

Buku menjadi jendela dunia, bukan hanya buku pelajaran saja, kamu juga bisa membaca berbagai cerita fiksi seperti novel ataupun cerpen.

Cobalah mencari spot yang nyaman untuk membaca buku seperti di halaman belakang rumah, teras atau sofa yang nyaman.

Selain bisa menambah wawasan, membaca buku juga bisa membuat mood kamu jadi lebih baik. Tentunya kegiatan membaca buku ini sungguh mengasyikan bukan?

5. Skincare dan body care

Aktivitas Gak Bikin Cape yang Bisa Dilakukan Saat Puasa

(foto: unsplash/christinehumephoto)

Merawat kecantikan dan kesehatan kulit memang wajib nih hukumnya apalagi untuk seorang cewek. Kulit yang cantik dan sehat akan membuat penampilan kamu jadi lebih menarik dan terlihat bersih.

Cobalah untuk melakukan perawatan kulit wajah dan tubuh di rumah. Dengan melakukannya secara rutin, percaya deh kamu akan jauh lebih cantik dan menarik.

Gak perlu mengeluarkan biaya mahal, karena kamu bisa membuat berbagai skincare atau body care dari bahan alami. Misalnya saja untuk scrub, manfaatkanlah madu dan gula pasir agar kulit jadi lebih halus.

Itulah berbagai aktivitas yang gak bikin capek dan bisa dilakukan saat puasa. Aktivitas tersebut sangat menyenangkan lho, jadi jangan lupa untuk mencobanya ya!