. 5 Ide Usaha untuk Tambah Penghasilan Ditengah Pandemi Corona

lifestyle

5 Ide Usaha untuk Tambah Penghasilan Ditengah Pandemi Corona

By  | 

Virus corona covid-19 memang menggemparkan seluruh dunia dan membuat perekonomian dunia melemah, tidak terkecuali Indonesia.

Sejumlah karyawan dirumahkan bahkan di PHK dan beberapa perusahaan tutup sehingga para pekerja tidak memiliki penghasilan yang cukup untuk memenuhi kebutuhan hariannya.

Meskipun demikian, kamu tidak perlu khawatir karena ada beberapa usaha yang bisa dijalankan untuk menambah penghasilan.

Tentunya beberapa usaha di sini bisa kamu lakukan dirumah, modal yang kecil dan tidak ribet tapi mendatangkan keuntungan yang menggiurkan.

Ini dia 5 ide usaha untuk menambah penghasilan di tengah pandemi.

Baca juga: Mudah Dicari, Ini 5 Bahan Alami untuk Buat Body Scrub di Rumah

1. Menjadi dropshipper

Tambah Penghasilan Ditengah Pandemic dengan 5 Usaha ini

(foto: pexels/gustavofring)

Mengelola ketersediaan barang dengan baik menjadi salah satu komoitmen terbesar saat menjalankan bisnis. Meskipun dengan modal yang sangat minim, kamu sudah bisa mulai usaha, salah satunya dengan menjadi dropshipper.

Untuk kamu yang belum mengetahui apa itu dropshipper, sebenarnya adalah pemasuk pihak ketiga menyimpan dan mengirimkan sejumlah barang atas nama kamu.

Sekarang ini memang sudah banyak yang menjalankan bisnis dropshipper karena kamu tetap bisa berbisnis bahkan tanpa modal sedikitpun.

Selain itu, menjalankan usaha dropshipper juga lebih praktis dan bisa dilakukan di rumah. Keuntungan yang didapat juga lumayan besar.

2. Desain kaos sablon sesuai permintaan

Tambah Penghasilan Ditengah Pandemic dengan 5 Usaha ini

(foto: unsplash/rubensn)

ide usaha kedua adalah mendesain kaos sablon sesuai dengan permintaan pembeli. Tentunya di peluang usaha yang kedua ini kemampuan desain kamu diuji.

Bukan cuma mendesain kaos, tapi kamu juga bisa desain produk lain. Misalnya saja cangkir, sepatu, jaket, topi, celana dan lain sebagainya.

Jika desain bagus, maka sudah pasti pelanggan akan terus berdatangan dan bahkan permintaan dalam skala besar bisa kamu dapatkan.

Jika masih baru dalam dunia desain, jangan berkecil hati karena kamu bisa coba menggunakan situs 99Designs, Dribble, Upwork dan lain sebagainya.

Agar lebih banyak orang yang tau, cobalah untuk membuat promosi di beberapa media sosialmu atau bisa juga memberikan spanduk di dekat rumah.

3. Menjual pakaian

Tambah Penghasilan Ditengah Pandemic dengan 5 Usaha ini

(foto: unsplash/hanmankk)

Kamu menyukai fashion? coba deh menjual pakaian secara online ataupun dihalaman rumahmu. Jika modal yang kamu punya belum mencukupi, cobalah untuk menggunakan dropshipper yang sudah dibahas sebelumnya.

Atau kamu juga bisa menjual pakaian yang masih layak pakai dengan harga yang terjangkau. Selain bisa menambah penghasilan, secara tidak langsung pengetahuanmu tentang fashion juga semakin bertambah.

Baca juga: 6 Bahan Murah & Alami Ini Bisa Bantu Atasi Ketiak Hitam

4. Desain poster

Tambah Penghasilan Ditengah Pandemic dengan 5 Usaha ini

(foto: unsplash/thoutbox)

Sama seperti poin nomor 3, untuk kamu yang menyukai dunia desain bisa banget coba peluang usaha lain seperti mendesain poster.

Seperti tidak dimakan oleh zaman, poster memang selalu ada peminatnya dari berbagai kalangan agar usahanya dikenal banyak orang.

Meskipun saat ini sudah ada media sosial yang bisa mempromosikan usaha seseorang, tapi poster tetap menjadi pilihan terbaik.

Poster-poster unik dan terkesan tidak monoton memang sangat digemari saat ini. Jangan lupa untuk beritahu orang-orang mengenai desain poster yang kamu jalankan.

5. Menjual jasa

Tambah Penghasilan Ditengah Pandemic dengan 5 Usaha ini

(foto: unsplash/benchaccounting)

Sekarang ini bukan hanya produk yang bisa kamu jual, karena jasa juga bisa mendatangkan uang yang pastinya sangat menguntungkan.

Sebelum pandemi misalnya, kamu bisa menjadi fotografer di beberapa acara tertentu seperti pernikahan. Tapi saat saat pandemi seperti sekarang, kamu bisa menjual jasa seperti mengedit video, menulis artikel dan lainnya.

Sebaiknya jika kamu ingin menjual jasa, pilihlah yang sesuai dengan kemampuan agar kamu juga bisa lebih bersemangat saat menjalaninya.

Untuk menjual jasa ini juga sangat mudah di jaman sekarang, karena ada berbagai situs gratis yang menampung penjualan jasamu.

Itulah beberapa ide peluang usaha yang bisa dilakukan saat pandemi seperti ini. Jangan lupa untuk menjalankan usaha dengan sepenuh hati agar kamu tidak merasa mudah jenuh dan malas.