. 7 Tips Agar Pekerjaan Kamu Bisa Selesai Lebih Cepat | Dailysia

lifestyle

7 Tips Agar Pekerjaan Kamu Bisa Selesai Lebih Cepat

By  | 

Semua orang pastinya memiliki pekerjaan yang harus diselesaikan secepat mungkin. Tapi ada beberapa orang yang memang tidak atau belum mengetahui bagaimana cara menyelesaikan pekerjaan agar selesai lebih cepat.

Karena rasa malas memang sangat sering menghampiri kita yang akhirnya hanya menghambat pekerjaan yang seharusnya kita selesaikan dengan cepat.

Jika kita sering menuruti rasa malas ini, tentunya pekerjaan kita pun menjadi terhambat dan malah semakin menumpuk saja.

Agar kamu bisa menyelesaikan pekerjaan dengan tepat waktu, cobalah menggunakan cara-cara berikut ini yang dilansir dari Forbes.

Baca juga: 5 Aktivitas Gak Bikin Capek Dikerjakan Meskipun Lagi Puasa

1. Gunakan timer pada setiap kerjaan utama

7 Cara Agar Kerjaan Bisa Selesai Lebih Cepat

(foto: unsplash/lukechesser)

Gunakanlah timer untuk menyelesaikan pekerjaan. Ini sangat membantu kita untuk bisa mengerjakannya tepat waktu.

Karena jika kita memberikan tenggang waktu yang jelas saat mengerjakan pekerjaan, maka pekerjaan juga akan lebih cepat selesainya karena kita berusaha untuk mengalahkan waktu.

Gunakanlah timer atau alarm, jadi sebelum alarm berbunyi pekerjaan harus selesai terlebih dahulu.

2. Buatlah skala prioritas

7 Cara Agar Kerjaan Bisa Selesai Lebih Cepat

(foto: unsplash/glenncarstenspeters)

Memang sih kita punya begitu banyak pekerjaan yang harus diselesaikan. Tapi dari sekian banyak pekerjaan, pastinya ada yang harus di prioritaskan bukan?

Maka dari itu buatlah skala prioritas agar kamu bisa mengetahui mana pekerjaan yang harus diselesaikan terlebih dahulu dan juga pekerjaan mana yang bisa dikerjakan belakangan.

Skala prioritas ini memang sangat membantu karena setiap pekerjaan yang ada bisa kita selesaikan semuanya tanpa ada yang terbengkalai satu pun.

3. Anggap setelah jam 11 tidak bisa bekerja lagi

7 Cara Agar Kerjaan Bisa Selesai Lebih Cepat

(foto: unsplash/aleskrivec)

Cobalah kamu menganggap bahwa batas bekerja hanya bisa sampai jam 11 pagi saja. Dan setelah lewat dari jam 11, kamu tidak bisa bekerja lagi.

Tapi bagaimana jika pekerjaan yang kamu lakukan sangatlah banyak? caranya buatlah catatan kecil dan segera menyelesaikan tugas tersebut, jangan menunda lagi!

Biasanya pada pagi hari orang-orang tidak langsung melakukan pekerjaannya, tapi lebih banyak menghabiskan waktu untuk mengobrol dan bersantai sambil minum teh atau kopi.

Jika hal itu diteruskan maka akan membuang waktu kamu yang sangat berharga untuk menyelesaikan pekerjaan selanjutnya.

Lakukan setiap hari untuk menyelesaikan pekerjaan sebelum jam 11 pagi dan secara tidak langsung itulah yang akan menjadi kebiasaan positif untuk kamu.

4. Menentukan jadwal pekerjaan

7 Cara Agar Kerjaan Bisa Selesai Lebih Cepat

(foto: unsplash/erothermel)

Agar penyelesaian pekerjaan bisa lebih efisien jangan lupa untuk menentukan jadwal pekerjaan. Karena pastinya membutuhkan waktu yang lebih lama untuk menyelesaikan pekerjaan berat dibandingkan dengan pekerjaan ringan.

Kamu juga bisa kok membuat jadwal pekerjaan yang mencakup dengan pekerjaan lainnya secara detail, misalnya pekerjaan rumah.

Jadwal ini bisa menjadi acuan untuk kamu agar bisa menyelesaikan berbagai jenis pekerjaan setiap harinya dan waktu tidak terbuang sia-sia.

Baca juga: 5 Ide Usaha untuk Tambah Penghasilan Ditengah Pandemi Corona

5. Setiap harinya bekerja di rumah selama 1 jam

7 Cara Agar Kerjaan Bisa Selesai Lebih Cepat

(foto: unsplash/creativegangsters)

Kita terbiasa mengerjakan pekerjaan hanya di kantor saja, padahal ada banyak sekali gangguan yang ada di kantor. Misalnya saja kebisingan dan gangguan yang menjengkelkan lainnya.

Maka dari itu kamu bisa bekerja setiap paginya di rumah selama 1 jam. Meskipun hanya 1 jam tapi sangat membantu kamu untuk mencicil segala pekerjaan yang ada.

Selama 1 jam lebih baik kamu lebih mendahulukan kerja yang membutuhkan konsentrasi. Cobalah hal ini setidaknya selama 2 minggu berturut-turut.

6. 10 menit melakukan kerja yang ringan

7 Cara Agar Kerjaan Bisa Selesai Lebih Cepat

(foto: unsplash/danielcgold)

Untuk mengerjakan pekerjaan yang ringan cobalah untuk melakukannya hanya dalam 10 menit. Ini juga akan membantu kamu untuk menyelesaikannya lebih cepat.

Kita memang menyadari bahwa ada banyak sekali tugas harian di rumah yang cukup menyita waktu padahal tidak terlalu sulit untuk mengerjakannya.

Setelah pekerjaan ringan selesai, barulah kamu menyelesaikan pekerjaan yang cukup sulit.

7. Konsumsi makanan dan minuman bergizi

7 Cara Agar Kerjaan Bisa Selesai Lebih Cepat

(foto: unsplash/olamischenko)

Karena mengerjakan tugas yang begitu banyak, kamu perlu mengimbanginya dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang bergizi agar terhindar dari sakit.

Jangan lupa juga untuk menyediakan cemilan atau minuman yang sehat untuk menemani kamu melakukan berbagai pekerjaan yang menguras otak dan tenaga.

Kamu harus ingat, bahwa kamu bukanlah robot yang dituntut untuk selalu bekerja dan bekerja tanpa menghiraukan kesehatan.

Itulah 7 cara agar pekerjaan bisa selesai dengan cepat. Tapi jangan lupa juga untuk beristirahat yang cukup ya agar tubuhmu tetap fit.