travel

Deretan 11 Tempat Wisata di Malaysia yang Beragam

By  | 

Meskipun tak populer sebagai negara wisata yang ada di kawasan Asia, namun Malaysia dapat dijadikan sebagai salah satu destinasi wisata yang asyik untuk berlibur.

Ada banyak potensi wisata yang beragam dan tersimpan di dalamnya. Malaysia memiliki wilayah Negara yang tidak begitu luas, namun banyak tempat wisata menarik dan beragam yang bisa kamu kunjungi disini. Apa sajakah itu? Berikut ini daftarnya.

Baca juga: Rekomendasi 10 Destinasi Wisata Singapura yang Menarik

1. Melihat Menara Kembar Petronas, ikon Kota Malaysia

Wisata Malaysia Terbaik Dan Patut Dikunjungi Untuk Mengisi Liburan Panjang

(foto: instagram/malaysiaasia)

Ikon wisata dari Malaysia ini menjadi tempat yang tak boleh dilewatkan begitu sampai di Malaysia. Bahkan bangunan ini pernah mencapai rekor sebagai menara tertinggi di dunia (1998-2004).

Bukan hanya menjadi kantor bagi beberapa perusahaan, namun Menara Kembar Petronas ini memiliki daya tarik tersendiri karena kehadiran jembatan udara. Jembatan udara ini adalah jembatan yang menghubungkan 2 menara yang berada di lantai 41 dan 42.

Jembatan ini berada di ketinggian 170m. Pengunjung bisa mencoba naik ke jembatan udara sembari menikmati pemkamungan Kuala Lumpur dari atas ketinggian.

2. Menikmati waktu santai di Taman KLCC (Kuala Lumpur City Center)

Wisata Malaysia Terbaik Dan Patut Dikunjungi Untuk Mengisi Liburan Panjang

(foto: pinterest)

Tak jauh dari Menara Kembar Petronas, kamu bisa mengunjungi wisata Taman KLCC (Kuala Lumpur City Center).

Disini biasanya para pengunjung sering mencoba berbagai kegiatan seperti jogging, bersepeda, maupun sekedar duduk santai menikmati keindahan taman yang dihiasi gedung-gedung pencakar langit di sekelilingnya.

Hal yang menariknya lagi, di taman ini terdapat danau buatan yang dilengkapi sebuah air mancur. Jika beruntung, kamu dapat melihat pertunjukan air berwarna-warni yang diadakan setiap malam.

3. Berwisata belanja dan kuliner Bukit Bintang

Wisata Malaysia Terbaik Dan Patut Dikunjungi Untuk Mengisi Liburan Panjang

(foto: pinterest)

Berlibur tak akan lengkap tanpa berbelanja, dan salah satu pusat wisata belanja yang sering dikunjungi wisatawan lokal hingga asing di Malaysia adalah Bukit Bintang. Ada banyak toko yang menjual berbagai barang, dari harga murah bahkan hingga barang impor bermerk.

Tak hanya berbelanja, wisatawan pun bisa mencoba berbagai kuliner disini. Ada banyak kafe, restoran, hingga pedagang kaki lima yang menjajakan berbagai makanan dari berbagai Negara yang patut untuk dicoba

4. Melihat patung dewa terbesar di Batu Caves (Gua Batu)

Wisata Malaysia Terbaik Dan Patut Dikunjungi Untuk Mengisi Liburan Panjang

(foto: instagram/malaysiaasia)

Caves adalah ikon serta tempat wisata yang cukup populer di kawasan Selangor. Wisata ini menjadi tempat yang suci bagi umat Hindu. Setiap tahunnya, pengelola wisata menyelenggarakan festival Thaipusam, yang dirayakan oleh Umat Hindu yang berasal dari seluruh dunia.

Batu Caves merupakan gua batu kapur, dengan 3 goa utama serta beberapa goa kecil di dalamnya. Saat memasuki kawasan wisata ini, kamu akan langsung disambut dengan patung Dewa Murugan yang dilapisi emas dan tinggi nya yang mencapai 42,7m.

Setelah itu pengunjung dapat menaiki 272 anak tangga untuk mencapai lokasi wisata. Melelahkan mungkin, namun di sekelilingnya akan banyak pemkamungan menarik banyak banyak monyet-monyet liar yang berkeliaran.

5. Nikmati suasana alam nan menyenangkan Penang National Park

Wisata Malaysia Terbaik Dan Patut Dikunjungi Untuk Mengisi Liburan Panjang

(foto: instagram/haaveaniceday)

Jika mencari wisata alam terbaik di Malaysia, cobalah untuk mengunjungi Penang National Park. Baik wisatawan lokal ataupun asing, setiap harinya selalu memadati lokasi wisata ini.

Wilayah yang luasnya mencapai 1.213 hektar ini merupakan penangkaran penyu yang berada di kawasan Pantai Kampi dan Kerachut, hutan bakau serta danau alami yang begitu mempesona.

Selain itu, Penang National park juga menjadi rumah untuk ribuan fauna dan flora khas wilayah tropis. Bahkan jika beruntung, pada bulan September-April pengunjung dapat melihat proses migrasi burun-burung langka. Dan lebih menyenangkannya lagi adalah semuanya bisa dinikmati secara gratis.

Baca juga: 10 Tempat Wisata Bangladesh, Negara dengan Sejarah Keagamaan Kuat

6. Berwisata sejarah di Benteng (Fort) Cornwallis

Wisata Malaysia Terbaik Dan Patut Dikunjungi Untuk Mengisi Liburan Panjang

(foto:instagram/constacelaujm)

Situs bersejarah di Malaysia ini mungkin yang paling sering dikunjungi wisatawan asing. Berlokasi di Pulau Penang, disini pengunjung dapay melihat berbagai spot wisata yang menyenangkan.

Mulai dari sebuah kapal tua, Seri Rambai Canon yaitu senjata raksasa bersejarah, serta galeri yang dipenuhi dengan cerita sejarah Malaysia.

7. Keindahan stalagmite dan stalaktit di Gunung Mulu National Park

Wisata Malaysia Terbaik Dan Patut Dikunjungi Untuk Mengisi Liburan Panjang

(foto: pinterest)

Tempat wisata alam lainnya yang cukup populer di Malaysia adalah Gunung Mulu yang berada di kawasan Serawak. Untuk bisa sampai ke tempat ini, wisatawan bisa menggunakan pesawat. Sesampainya di bkamura setempat, perjalanan dapat dilanjutnya dengan berkendara.

Daya tarik utama dari wisata alam ini adalah kehadiran 2 gua yang memiliki keunikan masing-masing. Seperti di Cave of The Winds, kamu bisa melihat keindahan stalagmite dan stalaktit yang ada di langit-langit goa.

Sedangkan di Deer Cave, kamu dapat melihat sarang kelelawar yang panjangnya mencapai 2 km dan berada di atas langit goa. Uniknya lagi, terdapat aliran sungai diantara 2 gua ini. pengunjung bisa menyewa perahu mesin atau kapal untuk menyusuri keindahan sungai alami ini.

8. Asyik bermain bersama anak di Legoland Malaysia

Wisata Malaysia Terbaik Dan Patut Dikunjungi Untuk Mengisi Liburan Panjang

(foto: instagram/erintaulany)

Bagi kamu yang merencanakan liburan bersama anak-anak, cobalah untuk mengajak keluarga kamu mengunjungi Legoland, taman bermain yang paling populer di Malaysia. Ada 2 wahana utama di tempat wisata ini, yaitu Legoland Theme Park serta Legoland Water.

Masing-masing wahana mempunyai harga tiket masuk yang berbeda. untuk wahana dan atraksi yang ditawarkan, tak perlu ditanyakan lagi.

Karena taman bermain ini dilengkapi berbagai permainan dan fasilitas yang mumpuni. Dan uniknya lagi semua bangunan yang ada di kawasan taman bermain ini didesain hingga mirip seperti tumpukan lego.

9. Snorkeling dan diving seru di Pulau Manukan

Wisata Malaysia Terbaik Dan Patut Dikunjungi Untuk Mengisi Liburan Panjang

(foto: pinterest)

Pulau terbesar kedua yang berada di kawasan Taman Tunku Abdul Rahman ini secara geografis berada di Sabah, Malaysia bagian Timur.

Untuk bisa menuju Pulau Manukan, wisatawan dapat pergi ke Kota Kinabalu terlebih dahulu dan kemudian menyebrang menuju Pulau Manukan..

Daya tarik dari Pulau Manukan ini bisa dilihat dari air lautnya yang begitu jernih. Apalagi bagi kamu yang hobi diving atau snorkeling, mungkin bisa mencoba mengeksplor keindahan bawah lautnya.

10. Menikmati keagungan dan kemegahan wisata Kuil Kek Lok Si

Wisata Malaysia Terbaik Dan Patut Dikunjungi Untuk Mengisi Liburan Panjang

(foto: instagram/minh.bing)

Tempat wisata Malaysia favorit lainnya yang juga seringkali dikunjungi wisatawan asing adalah Kuil Kek Lok Si. Bangunan pagoda ini terdiri atas 7 lantai dan menjadi kuil Buddha terbesar yang ada di kawasan Asia Tenggara.

Desain bangunan begitu indah, memadukan antara budaya Burma, Thailand, dan juga China. Di dalamnya terdapat 1.000 patung Buddha yang terbuat dari pualam serta perunggu.

Selain itu terdapat pula patung Dewi Kwan Im yang terbuat dari perunggu dengan tinggi mencapai 30.2 meter.

11. Nikmati keindahan alam menaiki Langkawi Cable Car

Wisata Malaysia Terbaik Dan Patut Dikunjungi Untuk Mengisi Liburan Panjang

(foto: instagram/tripadvisor)

Ke Malaysia tak akan lengkap tanpa mencoba kereta gantung yang menuju puncak gunung tertinggi kedua yang ada di Langkawi. Berada di ketinggian 709mdpl, kamu akan diajak melintas hutan tropis serta air terjun yang begitu indah.

Bahkan ketika cuaca sedang sangat cerah, kamu dapat melihat bagaimana keindahan Indonesia yang ada arah barat daya. Namun bagi kamu yang berencana menaiki Cable Car ini, penting untuk mengetahui jam operasional.

Karena biasanya jam operasional kereta gantung ini bergantung dari kondisi cuaca. Jika angin terasa sangat kencang, maka layanan kereta gantung bisanya akan dihentikan.

Bagaimana? Menarik bukan? Jika kamu sedang berencana untuk berlibur keluar negeri namun tak ingin terlalu jauh dari Indonesia, maka Malaysia mungkin bisa jadi tempat yang terbaik. Tempat-tempat wisata diatas juga dapat kamu jadikan rekomendasi saat ingin berlibur di Malaysia.