lifestyle

5 Manfaat Tumbuhan bagi Lingkungan dan Cara Merawat

Penulis:   | 

Manfaat tumbuhan bagi lingkungan sekitar dan manusia tidak perlu diragukan lagi. Sebab, tumbuhan merupakan sumber oksigen terbesar di muka bumi ini, sehingga keberadaannya sangatlah penting.

Manfaat tumbuhan biasanya digunakan sebagai bahan makanan, ataupun hiasan di luar maupun dalam ruangan.

Selain itu,tumbuhan berperan penting dalam sistem rantai makanan, sebab manusia, hewan, dan tumbuhan saling membutuhkan untuk memberi kehidupan.

Adapun manfaat tumbuhan bagi lingkungan sekitar dan manusia adalah sebagai berikut.

Baca juga: 4 Contoh Energi Alternatif, Kelebihan & Kekuranganya

Manfaat tumbuhan bagi lingkungan sekitar

Manfaat Tumbuhan bagi Lingkungan sekitar dan Manusia

(foto: pexels)

Lingkungan merupakan segala komponen yang berada di sekitar manusia dan dapat memeberikan pengaruh kepada kehidupan. Lingkungan dibagi menjadi dua, yakni biotik dan abiotik.

Adanya tumbuhan mampu membantu menjaga kondisi lingkungan agar tetap stabil. Tidak hanya itu masih banyak manfaat lainnya yang perlu kamu ketahui, diantaranya:

1. Mengatasi polusi udara

Jaman sekarang, hampir semua orang memiliki kendaraan bermotor pribadi yang digunakan setiap hari, baik untuk bekerja, sekolah, berbelanja, ataupun ke tempat lainnya.

Penggunaan kendaraan bermotor, tentu saja dapat menyebabkan polusi udara. Sebab, asap yang dikeluarkan oleh kendaraan tersebut akan menyebar mencemari udara.

Biasanya, polusi udara banyak terjadi di daerah perkotaan yang banyak kendaraan bermotor dan industri. Terlebih lagi, jarang ada pohon tumbuh sehingga kemungkinan terjadi polusi semakin besar.

Jika terus dibiarkan, maka akan berdampak buruk bagi kesehatan. Akan ada beberapa penyakit berbahaya yang menyerang akibat menghirup udara tidak sehat, seperti penyakit paru-paru, TBC, asma, dan masih banyak lainnya.

Manfaat tumbuhan bagi lingkungan sekitar adalah mampu mengatasin polusi udara. Hal ini dikarenakan, tumbuhan dapat menyerap polutan atau asap kendaraan bermotor, sehingga kualitas udara menjadi lebih baik dan lebih segar.

2. Mencegah polusi air

Selain udara, air juga bisa terkena polutan. Saat terjadi hujan, air yang turun ke bumi akan membawa sejumlah polutan yang berbahaya, sepeti fosfor dan nitrogen.

Msnfaat tumbuhan ternyata juga bisa mencegah polusi air. Contohnya ketika hujan, air yang turun langsung diserap oleh akar tumbuhan, sehingga polutan yang dibawa akan tersaring dan tidak menuju ke dalam tanah.

Sementara, jika tidak ada tumbuhan maka air hujan akan langsung masuk ke dalam tanah tanpa adanya proses penyaringan. Dengan demikian, polutan yang dibawa juga akan masuk dan merusak sumber air.

Oleh sebab itu, ada baiknya jika menanam tumbuhan di lingkungan sekitar. Sebab, manfaat tumbuhan bagi lingkungan sangatlah penting.

3. Mencegah bencana alam

Manfaat tumbuhan juga bisa mencegah bencana alam seperti banjir dan tanah longsor. Hal ini dikarenakan, akar dari tumbuhan mampu menyerap air sehingga tidak akan masuk ke dalam lapisan tanah.

Perlu diketahui bahwa banjir dan longsor terjadi akibat gerakan massa tanah setelah terjadi hujan. Selain itu, juga dikarenakan struktur tanah yang terlalu gembur sehingga tidak bisa menahan beban di atasnya.

Dengan menanam tumbuhan, maka bencana tersebut dapat dicegah. Akan tumbuhan juga bisa menyerap air, sehingga air hujan yang turun tidak tergenang, dan banjirpun dapat dihindari.

4. Menghemat energi

Ketika tidak ada tumbuhan di lingkungan sekitar, maka bisa dipastikan udara akan terasa panas. Secara tidak langsung kita akan menggunakan alat elektronik seperti kipas angin atau AC untuk mengatasi rasa panas tersebut.

Penggunaan alat pendingin tersebut tentu saja membutuhkan energi listrik yang tidak sedikit. Bisa dipastikan kamu akan mengalami pemborosan energi.

Lain halnya jika lingkungan di sekitarmu terdapat tumbuhan rimbun, maka udara yang dihasilkan akan terasa lebih segar dan tidak menimbulkan hawa panas. Dengan demikian, penggunaan alat pendingin listrik tidak lagi dibutuhkan.

Selain tubuh menjadi lebih sehat karena menghirup udara segar, adanya tumbuhan juga bisa membuatmu menghemat energi, terutama energi listrik.

5. Memelihara kualitas tanah

Kondisi tanah yang baik dan subur, dapat membuat tanaman tumbuh dengan mudah di atasnya. Tidak hanya itu, tanah dengan kualitas baik juga bisa membuat tumbuhan tumbuh subur dan sehat.

Manfaat tumbuhan juga bisa memelihara kualitas tanah. Hal ini dikarenakan, akar tumbuhan bisa menjaga kualitas tanah tetap bagus.

Dengan adanya akar tumbuhan, maka mikroorganisme baik akan tinggal di dalamnya. Sehingga, proses penguraian menjadi lebih cepat dan membuat tanah lebih subur.

Baca juga: 9 Manfaat Daun Bidara, Tumbuhan Surga yang Disebut dalam Al-Qur’an

Manfaat tumbuhan bagi manusia

Manfaat Tumbuhan bagi Lingkungan sekitar dan Manusia

(foto: istockphoto)

Selain bermanfaat bagi lingkungan sekitar, tumbuhan juga memiliki ragam manfaat bagi manusia, terutama untuk kesehatan. Beberapa manfaat tersebut diantaranya:

1. Pasokan oksigen yang melimpah

Manusia membutuhkan oksigen untuk bisa bertahan hidup. Dengan adanya oksigen, seluruh organ tubuh akan berfungsi dengan baik. Pasokan oksigen bisa didapatkan dari tumbuhan yang ada di sekitar.

Seperti yang kita tahu bahwa ketika tumbuhan melakukan fotosintesis, ia akan menghasilkan oksigen yang kemudian dihirup oleh manusia, bahkan juga hewan.

Selain itu, tumbuhan juga dapat menyerap karbondioksida, dimana gas tersebut sangat berbahaya bagi manusia karena mengandung racun.

Oleh sebab itu, dengan adanya tumbuhan maka udara yang dihirup akan terbebas dari racun.

2. Menjaga kesehatan mental

Bagi sebagian orang, tumbuhan dianggap sebagai sebuah hiburan yang dapat menciptakan rasa senang. Sehingga, rasa stres setelah bekerja seharian akan sirna seketika ketika melihat tumbuhan yang ada di sekitar rumah.

Sebuah studi menunjukkan bahwa menghirup udara segar di lingkungan yang dipenuhi dengan tumbuhan, mampu menyehatkan pikiran dan mencegah timbulnya rasa stres. Dengan demikian, kesehatan mental dapat terjaga.

3. Sebagai obat herbal tradisional

Tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa sebagian masyarakat masih percaya dengan pengobatan herbal tradisional yang berasal dari tumbuh-tumbuhan.

Pengobatan tersebut diyakini lebih aman dan cukup ampuh dalam mengatasi masalah kesehatan.

Ada beragam jenis tumbuhan yang memiliki kandungan nutrisi dan zat-zat senyawa penting, yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Contohnya, tumbuhan daun sirih yang mengandung antioksidan tinggi sehingga mampu membantu mencegah pertumbuhan sel kanker.

4. Manfaat tumbuhan sebagai sumber makanan

Manusia membutuhkan asupan nutrisi dan vitamin yang berasal dari sayuran. Sayuran sendiri termasuk tumbuhan yang cukup mudah ditemui di sekeliling kita.

Hampir semua bagian tumbuhan bisa dikonsumsi oleh manusia, mulai dari akar, batang, daun, bunga, buah, hingga biji.

Contoh akar tumbuhan yang kerap dikonsumsi oleh manusia adalah jenis umbi-umbian, seperti singkong dan ubi.

Sementara, untuk bagian daun tumbuhan yang bisa dijadikan sebagai sumber makanan adalah daun kangkung, bayam, sawi, kelor, daun singkong, daun pepaya, dan masih banyak jenis daun lainnya.

5. Sebagai alat rumah tangga

Manfaat tumbuhan bagi manusia adalah sebagai bahan dasar pembuatan alat rumah tangga, seperti kursi, meja, alat dapur, lemari, pagar rumah, dan masih banyak lainnya.

Semua alat tersebut berasal dari tumbuhan, yakni kayu yang diolah sedemikian rupa. Alat tersebut memiliki fungsi yang sangat penting bagi kehidupan manusia, sebab dapat membantu mempermudah dan segala kegiatan dan kebutuhan.

Cara menjaga tumbuhan

7 Cara Ngabuburit di Rumah yang Seru Banget!

(foto: unsplash/gallarotti)

Melihat manfaat tumbuhan bagi lingkungan sekitar dan manusia, maka diperlukan cara untuk bisa menjaga dan merawatnya. Dengan dirawatnya alam sekitar, maka manfaatnya dapat kita rasakan.

Adapun cara menjaga tumbuhan di alam sekitar adalah sebagai berikut.

1. Jangan lakukan tebang liar

Semua bagian dari tumbuhan memiliki fungsi dan manfaat sendiri bagi manusia dan lingkungan, salah satunya adalah bagian batang pohon.

Umumnya, bagian tersebut digunakan untuk berbagai macam hal, seperti kayu sebagai bahan bangunan, kayu bakar, bahan baku kertas, dan masih banyak lainnya.

Oleh karenanya, banyak orang yang memburu batang pohon dengan cara yang salah, yakni penebangan secara liar. Umumnya, mereka melakukan penebangan di area hutan yang masih asri dan ditumbuhi oleh pohon-pohonan besar.

Jika kegiatan tersebut berlangsung lama, maka bisa dipastikan alam sekitar akan rusak. Oleh sebab itu, jangan lakukan tebang liar dan siasati dengan tebang pilih..

2. tidak merusak tanaman sekitar

Di lingkungan sekitar, pasti ada banyak jenis tanaman yang tumbuh dan memberikan manfaat baik, salah satunya adalah memberi oksigen yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Dengan adanya tanaman di lingkungan sekitar, maka udara yang dihasilkan akan manjadi lebih segar dan sejuk. Dengan kata lain akan terbebas dari polusi.

Oleh sebab itu, jangan pernah merusak tanaman sekitar kita walau dengan berbagai macam alasan. Sebisa mungkin untuk selalu menjaga dan merawatnya agar tetap tumbuh subur sehingga bisa memberikan manfaat yang baik bagi lingkungan dan makhluk hidup lainnya.

3. Melakukan tebang pilih

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa tumbuhan memiliki banyak manfaat bagi manusia, terutama bagian batangnya.

Sehingga banyak orang yang mengambil batang pohon dengan menebang pohon itu sensdiri. Untuk memanfaatkan tumbuhan tersebut, tidak disarankan melakukan tebang liar karena dapat merusak ekosistem.

Akan tetapi, manusia masih bisa memanfaatkan tumbuhan dengan cara yang lebih bagus yakni melakukan tebang pilih, yakni memilih pohon yang sudah tua untuk ditebang, lalu tanami kembali dengan tanaman baru

Tujuan lain dari dilakukannya tebang pilih adalah untuk menghindari terjadinya bencana alam seperti tanah longsor.

4. Menanam kembali hutan yang gundul

Menanam kembali hutan yang gundul atau yang lebih sering dikenal dengan sebutan reboisasi merupakan cara efektif untuk menjaga lingkungan tetap asri.

Dengan melakukan kegiatan tersebut, maka alam akan bisa lestari secara alami sehingga menjadi tempat ekosistem yang baik dan nyaman.

Selain itu, reboisasi juga bermanfaat untuk memperbaiki sumber daya alam yang rusak dan memperbaharui hutan setelah dilakukannya tebang pilih.

5. Menanam pohon di pinggir jalan kota

Kita semua pasti tahu jika perkotaan lebih rentan terkena polutan dibanding dengan pedesaan. Sebab, tumbuhan di kota lebih sedikit dibanding dengan di desa yang alamnya masih asri.

Hal ini dikarenakan, terdapat banyak bangunan dan gedung sehingga tidak ada tempat untuk menanami tumbuhan.

Jika kondisi tersebut berlangsung lama, maka udara akan menjadi kotor karena terpapar oleh polusi. Dengan demikian, manusia yang hidup di dalamnya tidak dapat menghirup oksigen dalam jumlah yang banyak.

Akibatnya, akan ada banyak penyakit yang menyerang, salah satunya adalah penyakit paru-paru.

Solusi yang tepat untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan menanam pohon di pinggir jalan kota untuk membantu menyerap polutan dan meghasilkan oksigen.

Akhir kata

Demikianlah manfaat tumbuhan bagi lingkungan sekitar dan manusia. Sebaiknya, kita harus selalu melestarikan lingkungan dengan cara menjaga dan merawat tumbuhan dengan cara tidak menebang pohon sembarangan, dan menanam kembali lahan yang gundul.

TULIS KOMENTAR

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.