lifestyle

8 Manfaat Begadang serta Dampak Buruk jika Dilakukan Belebihan

Penulis:   | 

Begadang merupakan kebiasaan tidak tidur pada malam hari namun tidur pada pagi hingga siang hari. Bisa dikatakan bahwa begadang mengubah siang menjadi malam, malam menjadi siang.

Sebagian besar orang pasti pernah tidak tidur saat mengerjakan sesuatu, entah mengerjakan tugas sekolah, pekerjaan kantor, ataupun hanya bermain game online.

Begadang sebenarnya merupakan kebiasaan buruk, sebab dapat menimbulkan dampak buruk, terutama bagi kesehatan tubuh seperti resiko penyakit anemia, obesitas, diabetes, dan penyakit berbahaya lainnya.

Banyak yang menganggap jika begadang ada kaitannya dengan insomnia. Padahal, keduanya jelas sangat jauh berbeda.

Insomnia merupakan sebuah penyakit yang membuat penderitanya tidak bisa tidur di malam hari. Biasanya, mereka tidak melakukannya dengan sengaja.

Sementara, begadang bukanlah penyakit melainkan kebiasaan buruk yang dilakukan secara terus menerus dalam kondisi sadar.

Selain itu, begadang juga bisa membuat kualitas tidur menjadi terganggu. Sehingga, waktu tidurpun berkurang, yang akhirnya bisa menyebabkan efek kurang baik bagi kesehatan.

Namun, dibalik dampak buruknya, rupanya masih ada manfaat baik yang bisa
Kamu dapatkan dari begadang, yakni bisa menyelesaikan banyak pekerjaan hanya dalam satu malam.

Maka tak heran jika banyak orang sampai rela kerja lembur dan begadang hanya untuk menyelesaikan pekerjaan mereka tepat waktu.

Tidak hanya itu, masih banyak sederet manfaat begadang yang masih belum diketahui oleh banyak orang. Seperti apa manfaatnya?

Baca juga: Apa Itu Penyakit Ain, Kenali Sebab dan Bahayanya

1. Menjadi lebih pintar

8 Manfaat Begadang, bisa bikin Kamu jadi Pintar

(foto: istockphoto)

Manfaat begadang yang pertama adalah bisa membuatmu menjadi lebih pintar. Namun, menjadi pintar bukan karena begadang, melainkan karena aktivitas yang dilakukan saat tidur larut malam.

Salah satu contoh, misalkan kamu mengerjakan tugas atau belajar di tengah malam hingga memaksamu untuk tidur larut malam, maka kemungkinan besar kamu akan menjadi lebih pintar.

Karena ilmu yang kamu pelajari hingga larut malam, bisa masuk ke otak dan pikiranmu.

Akan tetapi, jika kamu begadang tanpa melakukan hal yang bermanfaat, bisa dipastikan kamu tidak akan mendapatkan manfaat baik apapun.

Bisa ditarik kesimpulan bahwa begadang bisa membuat seseorang menjadi lebih pintar, asalkan aktivitas yang dilakukan saat begadang memiliki arti penting.

Untuk itu, jika kamu suka begadang, maka isilah dengan kegiatan yang positif. Seperti yang dilakukan oleh tokoh besar Albert Einstein, Bung Karno, dan tokoh penting lainnya, mereka begadang untuk mencari ilmu pengetahuan baru.

2. Menemukan ide cemerlang

8 Manfaat Begadang, bisa bikin Kamu jadi Pintar

(foto: istockphoto)

Sebagian besar orang seringkali susah menemukan ide cemerlang di siang hari. Alhasil, mereka lebih memilih untuk mencarinya di malam hari terutama saat larut malam, dengan cara begadang.

Hal ini dikarenakan, begadang ternyata bisa memunculkan ide-ide cemerlang dan juga kreatif.

Hal ini dibuktikan dengan adanya sebuah penelitian yang menyatakan bahwa, para pekerja malam lebih unggul dalam memberikan ide-ide cemerlang dibanding yang bekerja di pagi atau siang hari.

Jika kamu termasuk seseorang yang susah menemukan ide cemerlang, maka cobalah untuk mencarinya dengan cara begadang.

Namun, jangan lakukan setiap hari. Lakukanlah hanya saat kamu membutuhkan ide cemerlang saja.

3. Menjadi lebih waspada

Menjadi lebih waspada

(foto: istockphoto)

Siapa bilang begadang bisa membuat orang kehilangan fokus? Justru, kebiasaan tidur larut malam bisa memberi manfaat baik yakni menjadi lebih waspada.

Hal tersebut dibenarkan oleh hasil dari sebuah penelitian yang mengatakan bahwa seseorang yang tidur larut malam memiliki tingkat kewaspadaan yang sangat tinggi dibanding mereka yang tidur lebih awal di malam hari.

Akan tetapi, perlu dicacat bahwa kamu harus mendapatkan waktu tidur yang cukup setiap hari. Jika tidak, maka kondisi tubuh akan menurun dan berdampak buruk bagi kesehatan.

4. Meningkatkan stamina

Meningkatkan stamina

(foto: istockphoto)

Banyak yang beranggapan bahwa begdang bisa membuat tubuh lemas tanpa stamina.

Hal ini dikarenakan tidur larut malam bisa membuat dampak buruk bagi kesehatan, salah satunya anemia yang menyebabkan tubuh menjadi lemas.

Rupanya, anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar. Sebab, begadang juga memberikan manfaat yaitu membantu meningkatkan stamina.

Menurut sebuah penelitian, stamina seseorang yang kerap begadang akan meningkat dan memuncak di malam hari.

Sedangkan bagi mereka yang tidur lebih awal dan bangun di pagi hari, kekuatannya akan tetap stabil sepanjang hari.

Baca juga: Perbedaan Lotion dan Moisturizer, Perawatan Terbaik Buat Kulit

5. Menjaga emosi

Menjaga Emosi

(foto: istockphoto)

Emosi bisa menjadi puncak dari kehancuran. Pasalnya, ketika seseorang tidak bisa mengontrol emosinya, maka akan terdorong pikiran untuk melakukan hal buruk terhadap orang lain, baik secara sadar maupun tidak.

Emosi bisa disebabkan oleh beberap hal, salah satunya adalah rasa stress. Ketika kamu merasa penat dengan segala aktivitas yang padat, maka akan meningkatkan resiko timbulnya rasa stress.

Perasaan itulah yang nantinya berubah menjadi emosi berlebih jika tidak segera ditangani.

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa begadang bisa menghilangkan stress. Sehingga, emosi menjadi lebih terjaga.

6. Meningkatkan konsentrasi

8 Manfaat Begadang, bisa bikin Kamu jadi Pintar

(foto: istockphoto)

Sebagian besar orang mengalami kesulitan konsentrasi pada pagi atau siang hari. Sebab, di waktu tersebut banyak sekali aktivitas yang dilakukan oleh orang-orang di sekitar sehingga menimbulkan kegaduhan.

Akibatnya, tidak sedikit dari mereka mencoba meningkatkan konsentrasi pada malam hari dengan cara begadang.

Ternyata, cara tersebut bekerja. Hal tersebut dikarenakan begadang bisa membuat seseorang lebih fokus dengan aktivitas yang sedang dilakukan.

Maka tak heran jika banyak orang terutama pelajar mengerjakan tugas sekolah di malam hari.

7. Menghilangkan depresi

8 Manfaat Begadang, bisa bikin Kamu jadi Pintar

(foto: istockphoto)

Depresi merupakan salah satu tanda adanya gangguan mental yang ditandai dengan perasaan sedih, galau, emosi, serta suasan hati yang tidak baik.

Biasanya, perasaan tersebut terjadi secara terus-menerus setiap hari. Jika tidak segera diobati, maka akan dapat menimbulkan penyakit mental yang lebih parah.

Tidur larut malam digadang-gadang mampu membantu menghilangkan depresi. Hal ini dibuktikan dengan adanya sebuah penelitian yang mengungkapkan bahwa begadang dapat meningkatkan suasana hati menjadi lebih baik, sehingga depresi dapat dihindari.

hormon serotonin alias hormon bahagia di dalam darah akan meningkat pada malam hari. Sehingga, ketika kamu begadang maka akan menimbulkan mood yang baik di pagi harinya.

8. Menjadi lebih tenang di pagi hari

8 Manfaat Begadang, bisa bikin Kamu jadi Pintar

(foto: istockphoto)

Manfaat begadang yang terakhir adalah membuat pikiran dan perasaan menjadi lebih tenang di pagi hari.

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa Seseorang yang tidur larut malam cenderung memiliki kadar kortisol lebih rendah di pagi hari.

Seperti yang kita tahu bahwa kortisol merupakan pemicu stress. Sehingga, jika kadarnya berkurang, maka resiko timbulnya rasa stress juga menurun.

Dampak buruk begadang

10 Cara Agar Bisa Tidur Cepat Saat Malam Hari, Biar Gak Insomnia

(foto: guff)

Disamping memiliki manfaat bagi kesehatan, begadang dalam jangka waktu yang terlalu sering juga dapat menimbulkan dampak buruk, tentu saja juga bagi kesehatan tubuh.

1. Kehilangan libido

Libido merupaakn gairah atau hasrat pada pria dan wanita yang mendorong untuk melakukan aktivitas  seksual.

Gairah seksual ini sangatlah penting untuk membangun sebuah hubungan yang harmonis. Sebab, hubungan tanpa adanya seksual maka akan terasa hambar.

Oleh karenanya, sangat penting untuk selalu menjaga libido dalam tubuh dengan cara mengatur pola hidup sehat dengan rajin berolahraga, tidur cukup, dan makan makanan bergizi.

Kebiasaan begadang yang dilakukan terlalu sering dapat mengurangi libido. Dengan demikian, maka gairah untuk melakukan hubungan intim dengan pasangan tidak akan muncul sehingga bisa menimbulkan dampak buruk bagi kehidupan rumah tangga.

Oleh sebab itu, kurangi kebiasaan begadang jika memang tidak diperlukan.

2. Menghambat pemulihan saat sakit

Ketika sedang sakit, dokter ataupun ahli kesehatan menyarankan untuk istirahat yang cukup agar bisa mempercepat penyembuhan.

Sebab, dengan tidur dalam waktu yang tepat maka tubuh akan melakukan proses penyembuhan dengan cepat. Hal tersebut dikarenakan, tidur nyenyak dan cukup mampu membuat tubuh menjadi lebih rileks dan tidak lelah melakukan aktivitas.

Selain itu, tidur cukup juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh sehingga dapat membantu badan untuk melawan serangan penyakit.

Akan tetapi, jika kamu suka begadang dalam kondisi tubuh yang tidak sehat, maka bisa dipastikan bahwa kamu akan mengalami kesulitan dalam proses penyembuhan.

3. Pola makan menjadi buruk

Idealnya, manusia makan sebanyak tiga kali dalam sehari dengan waktu yang tepat yakni pagi, siang, dan malam. Pola makan yang teratur dapat membantu tubuh menjadi lebih sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit seperti obesitas dan diabetes.

Namun, jika kamu memiliki kebiasaan buruk begadang, maka dapat membuat pola makanmu menjadi buruk.

Sebab, saat begadang kamu akan makan di tengah malam atau larut malam. Tidak hanya itu, kamu akan melewatkan sarapan karena saat begadang kamu akan bangun di siang hari.

Akibatnya, pola makan yang seharusnya pagi, siang, dan malam, akan berganti menjadi siang, malam, dan larut malam, yang mana dapat menyebabkan dampak buruk bagi kesehatan tubuh.

4. Porsi makan lebih banyak

Selain menyebabkan pola makan yang tidak teratur, kebiasaan begadang juga bisa membuat porsi makan menjadi lebih banyak.

Sebab, ketika tidak tidur di malam hari, tubuh akan terasa lapar sehingga mendorong keinginan untuk makan. Biasanya, orang yang memiliki kebiasaan buruk tersebut akan menyantap cemilan secara terus menerus.

Bisa dikatakan, jika tidak begadang porsi makan dalam jumlah yang cukup. Namun, ketika begadang, porsi makan menjadi lebih banyak karena juga menyantap berbagai macam cemilan di malam hari.

5. Berat badan bertambah

Jika kamu ingin menurunkan berat badan namun masih memiliki kebiasaan buruk begadang setiap malam, maka kubur jauh-jauh keinginan tersebut.

Pasalnya, tidur larut malam dapat memicu kenaikan berat badan. Alasannya, saat malam hari yang seharusnya diisi dengan aktiitas tidur, justru kamu isi dengan makan cemilan bahkan makanan berat.

Seperti yang kita tahu bahwa makan di malam hari sebelum tidur dapat menimbulkan kenaikan berat badan. Hal ini dikarenakan, setelah makan kamu akan tidur yang otomatis tidak melakukan kegiatan atau aktivitas yang mampu membakar makanan yang kamu makan.

Sehingga, bisa dipastikan bahwa makanan tersebut akan menumpuk di dalam tubuh dan menyebabkan berat badan menjadi semakin bertambah.

7. Memicu resiko terkena penyakit jantung

Jantung merupakan salah satu organ penting dalam tubuh yang berfungsi untuk memompa darah ke seluruh tubuh.

Oleh karena itu, sangat penting untuk selalu menjaga dan merawat kesehatannya agar tetap berfungsi dengan baik.

Sebab, jika organ tersebut tidak dapat berfungsi dengan baik, maka darah tidak akan bisa menglalir ke seluruh tubuh yang akibatnya semua organ tidak bisa bekerja dengan baik, bahkan bisa menyebabkan kematian.

Pola hidup yang sehat sangat berguna bagi kesehatan jantung, salah satunya adalah tidur cukup. Namun, jika kamu memiliki kebiasaan tidur larut malam alias begadang, maka kamu termasuk orang yang tidak menyayangi jantungmu.

Pasalnya, begadang dapat memicu resiko terkena penyakit jantung. Sebuah sudi membuktikan bahwa kurang tidur secara langsung berhubungan terhadap peningkatan tekanan darah tunggu dan penyakit jantung coroner.

7. Mudah lelah di siang hari

Seperti penjelasan sebelumnya, bahwa begadang memiliki manfaat untuk menambah stamina. Pernyataan tersebut memang benar, namun hanya di malam hari saja saat kamu tidak tidur.

Sementara, di siang hari kamu akan merasa mudah lelah dna mengantuk sepanjang hari. Hal ini disebabkan oleh durasi tidur yang kurang dibanding dengan tidur tepat waktu.

Tidak hanya merasa mudah lelah, kebiasaan begadang yang cukup sering juga dapat menyebabkan sakit kepala, pusing, bahkan migrain.

Jika kondisi tersbeut terus berlangsung, maka bisa dipastikan bahwa aktivitas yang kamu lakukan akan menjadi terganggu.

8. Kulit tampak kusam

Tidak hanya berpengaruh bagi kesehatan tubuh, kebiasaan begadang juga berdampak pada kecantikan kulit, terutama pada wajah.

Menurut salah satu dokter kecantikan, kebiasaaan tidur larut malam dapat menyebabkan wajah menjadi kusam dan tidak cerah.

Hal tersbeut dikarenakan kadar hormone kortisol akan meningkat ketika waktu tidur tidak terpenuhi.

Perlu diketahui bahwa hormone tersebut dapat memperngaruhi hormone lainnya, termasuk hormone yang dapat meningkatkan jumlah kulit mati sehingga menjadikan wajah terlihat kusam.

Tidak hanya kusam, kebiasaan begadang juga dapat menimbulkan resiko masalah pada kulit seoerti meradang dan memerah.

9. Menyebabkan insomnia berkelanjutan

Insomnia merupakan sebuah penyakit dimana penderitanya akan mengalami kesulitan untuk tidur. Berbeda dengan begadang yang hanya merupakan sebuah kebiasaan yang dilakukan dengan sengaja baik untuk kepentingan pekerjaan atau sekedar bermain game online.

Begadang bisa dihentikan karena hanya sebatas kebiasaan bukan penyakit. Sementara, insomnia tidak. Penderitanya akan mengalami kesulitan tidur di malam hari walaupun memiliki keinginan untuk tidur.

Kebiasaan begadang yang dillakukan setiap hari rupanya dapat menyebabkan insomnia secara berkelanjutan. Dengan demikan, seseorang yang mengalami kondisi tersebut tidak akan bisa tidur di malam hari.

Oleh sebab itu, kurangi kebiasaan begadang agar tidka menimbulkan insomnia berkelanjutan.

10. Membahayakan kesehatan ibu hami

Wanita yang sedang hamil dianjurkan untuk tidur cukup agar tetap sehat dan janin yang dikandungnya dapat tumbuh dengan baik.

Namun, jika seorang ibu hamil memiliki kebiasaan begadang, maka dapat menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan ibu dna Janis yang dikandung, bahkan dapat memicu resiko komplikasi pada kehamilan.

Hal tersebut dikarenakan, ketika begadang ibu hamil akan mudah lapar sehingga makan di malam hari dalam jumlah yang banyak. Hal itu dapat memicu kenaikan pada gula darah sehingga menyebabkan diabetes.

Perlu diketahui bahwa, ketika dalam masa kehamilan, wanita tidak boleh terserang diabetes karena janin yang dikandung dapat berpotensi mengalami bayi lahir dengan berat badan lebih dari 4 kilogram.

Akhir kata

Demikianlah manfaat begadang yang masih belum banyak diketahui. Untuk mendapatkan manfaatnya, sebaiknya lakukan siklus tidur begadang yang benar.

Usahakan untuk tetap terjaga selama satu malam penuh. Keesoka harinya, jangan tidur terlebih dahulu. Tunggu hingga malam tiba. Kemudian, kamu bisa tidur lebih cepat pada malam hari. Sehingga, saat bangun tidur besok, badan dan juga pikiranmu akan terasa segar kembali.

Namun, perlu diingat, sebaiknya jangan tidur larut malam jika memang tidak ada aktivitas penting yang harus dikerjakan dan diselesaikan dengan cepat. Jangan membuang waktu tidurmu dengan percuma jika memang tidak ada perlunya jika tidak ingin mengalami dampak yang lebih buruk.

TULIS KOMENTAR

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.