inspirasi

Mengenal Ciri Kucing Anggora dan Cara Memeliharanya

Penulis:   | 

Salah satu ciri kucing anggora yang paling umum diketahui adalah memiliki bulu lebat dan sangat panjang. Karena bulu itulah, kucing ini terlihat sangat menggemaskan.

Kucing anggora merupakan salah satu jenis kucing yang berasal dari Turki. Kucing ini memiliki sikap yang elegan. Nama anggora memiliki arti yakni kucing putih dengan mata biru atau hijau dan bulu yang panjang.

Anggora menjadi kucing yang disukai oleh banyak orang, terutama bagi mereka pecinta kucing. Hal tersebut dikarenakan, kucing ini memiliki kepribadian aktif dan suka mencari perhatian.

Sifat itulah yang terkadang membuat sebagian pemiliknya harus ekstra sabar. Meski demikian, kucing menggemaskan ini sangat ramah, terutama kepada anak kecil.

Berikut adalah beberapa ciri kucing anggora yang perlu diketahui, serta bagaimana cara merawatnya.

Baca juga: 8 Fakta Ikan Kembung, Tinggi akan Kandungan Omega 3

Ciri kucing anggora

Ciri-Ciri Kucing Anggora dan Cara Memeliharanya

(foto: istockphoto)

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa ciri kucing anggora yang umum dan mudah diketahui adalah bulunya yang lebat dan panjang. Namun, perlu diketahui bahwa kucing ini memiliki banyak ciri khas, diantaranya:

1. Bentuk kepala segitiga

Untuk mengetahui apakah kucing yang kamu miliki adalah jenis angora atau bukan, kamu bisa menilainya dengan cara melihat kepalanya.

Angora memiliki bentuk kepala segitiga, berbeda dengan jenis kucing lainnya yang memiliki bentuk kepala bulat.

Dengan bentuk kepala yang demikian, maka tak heran jika saat kamu melihat kucing ini, wajahnya seperti segitiga yakni dari atas lebar hingga mengerucut ke bagian dagu.

Wajahnya juga memiliki lekukan karena hidungnya yang mancung dengan corak mata yang terlihat sangar. untuk bentk telinga, kucing ini memiliki telinga runcing ke atas dengan bagian ujungnya terdapat bulu.

2. Mata seperti almond

Salah satu bagian dari angora yang membuat gemas adalah bentuk matanya. Bentu mata angora sama seperti kacang almond.

Tidak hanya itu, warna matanya juga sangat unik. Jika jenis kucing lainnya memiliki warna mata kuning, berbeda dengan anggora yang warna matanya biru.

Namun, angora yang memiliki warna mata biru dikatakan sebagai yang menderita penyakit tuli. Selain itu, ada juga anggora yang memiliki dua warna mata berlainan, yakni biru dan kuning. Hal tersebut disebabkan oleh kelainan genetic yang dideritanya.

3. Tubuh panjang

Bentuk tubuh anggora ialah panjang dan langsing. Jadi, jangan heran jika kucing anggoramu terlihat kurus dan tidak gembul. Karena memang bentuk tubuhnya seperti itu.

Akan tetapi, tubuh panjang dan langsing anggora dapat ditutupu dengan bulunya yang panjang dan lebat. Sehingga, kucing ini tetap terlihat menggemaskan.

Ada perbedaan ukuran tubuh antara kucing anggora jantan dan betina. Anggora jantan memiliki ukuran lebih besar, sementara anggora betina lebih kecil.

Ciri lainnya adalah ekor anggora dibalut oleh bulu yang lebih tebal dan panjang dibanding dengan bagian tubuh lainnya.

4. Bulu panjang

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa ciri paling umum yang dimiliki oleh kucing anggora adalah bulunya yang panjang.

Walau bulu panjang juga dimiliki oleh kucing Persia, namun terdapat perbedaan diantara keduanya. Anggora memiliki lapisan bulu tunggal sementara Persia memiliki lapisan bulu yang bagian bawahnya lebih tebal sehingg membutuhkan banyak perawatan.

Di bagian wajah, bulunya tidak terlalu panjang dna tebal. Namun, jika dibanding dengan kucing lainnya, bulu di wajah anggora masih terlihat paling tebal.

Terdapat keunikan pada bulu anggora, yakni ketika musim dingin bulunya akan memanjang dan lebih tebal. Hal tersebut bertujuan untuk menjaga suhu tubuh kucing tetap hangat.

Baca juga: 8 Anjing Terbesar di Dunia, Tinggi dan Besar

Cara memelihara kucing anggora

Ciri-Ciri Kucing Anggora dan Cara Memeliharanya

(foto: istockphoto)

Jika kamu tertarik untuk merawat kucing anggora, maka kamu harus mengetahui terlebih dahulu bagaimana cara merawat dan memelihara kucing tersebut agar tetap tumbuh dengan baik. Beberapa cara tersebut diantaranya:

1. Sisir bulunya secara rutin

Seperti yang kita tahu bahwa bulu anggora sangat tebal dan panjang, sehingga jika tidak disisir secara rutin maka akan terlihat kusut dan tidak menarik.

Agar tetap terlihat bagus, maka sisir bulu anggora secara rutin setiap hari. Jika tidak memungkinkan, maka lakukan penyisiran selama dua hingga tiga hari sekali.

Jangan menggunakan sisir rambut pada umumnya, melainkan gunakan sikat logam bergigi panjang untuk bulu kucing yang lebih panjang.

2. Potong kuku

Sama seperti jenis kucing lainnya, anggora memiliki kuku yang panjang. Bisa saja, tanpa sengaja kuku tersebut mencakar kulitmu.

Untuk menghindari hal tersebut, maka lakukanlah pemotongan kuku secara rutin. kamu bisa memotong kuku kucing ini setiap satu bulan sekali atau saat kuku mulai panjang. Jika kam bisa memotongnya sendiri, maka lakukanlah sendiri di rumah. Namun, jika tidak bisa maka bawalah ke dokter hewan untuk memangkas dan membersihkan kukunya.

3. Bersihkan telinga

Telinga merupakan bagian dari anggora yang sangat penting untuk dijaga kebersihannya. Jika terdapat kotoran yang menumpuk, maka dapat menimbulkan masalah pada organ tersebut.

Untuk itu, lakukan pembersihan telinga secara rutin agar kotoran pada telinga tidak menumpuk. Kamu bisa membersihkan telinga anggora setiap beberapa minggu sekali.

Meski terkadang kucing membersihkan telinganya sendiri namun tidak semua kotoran bisa terangkat.

Jika telinga kucing dalam keadaan bersih, maka warnanya akan terlihat merah muda dan tidak berbau dibandingkan telinga yang kotor.

4. Sikat gigi kucing

Jangan heran jika perawatan kucing sama seperti manusi. Hal tersebut bertujuan agar kucing terlihat bersih dan wangi sehingga nyaman untuk dipeluk kapanpun.

Selain membersihkan bagian kuku dan telinga, jangan lupa untuk memperhatikan kebersihan gigi kucing dengan cara menyikatnya secara rutin.

Jika gigi kucing tidak dirawat, maka dapat menimbulkan sakit gigi. oleh sebab itu, pastikan untuk menyikat gigi kucing menggunakan pasta gigi kucing yang bisa kamu dapatkan di pet shop.

Perlu diingat bahwa jangan pernah menggunakan pasta gigi manusia karena mengandung florida yang tidak aman bagi tubuh kucing.

5. Beri pakan berkualitas

Semua makhluk hidup tentunya butuh makan agar bisa bertahan hidup, tidak terkeculi dengan kucing anggora yang menggemaskan.

Jangan pernah memberinya makan makanan yang sembarangan, sebab dapat menimbulkan resiko penyakit pada kucing, salah satunya adalah obesitas.

Jadi, pilihlah makanan yang berkualitas dan jika memberinya makanan instan, maka periksalah terlebih dahulu daftar label gizinya.

6. Ajak interaksi

Kucing anggora merupakan kucing yang aktif dan terkadang suka bermanja-manja pada pemiliknya, ia juga kerap mencari perhatian agar bisa diajak bermain.

Ketika kamu memilihara kucing anggora, maka jangan lupa untuk selalu mengajaknya berinteraksi, seperti bermain Bersama di dalam maupun luar rumah.

7. Rutin periksa kesehatannya

Kucing anggora merupakan salah satu kucing yang rentan terhadap penyakit. Oleh sebab itu, ada baiknya jika selalu membawanya ke dokter hewan secara rutin untuk memastikan bahwa kucing anggoramu dalam keadaan sehat.

Walau tidak menunjukkan tanda-tanda bahwa anggoramu sedang mengalami masalah pada kesehatannya, namun akan lebih baik jika selalu mengontrol atau cek kesehatan secara rutin.

Nah, itulah beberapa fakta kucing anggora dan cara memeliharnya dengan baik dan benar. Jika kamu berkeinginan untuk memelihara kucing menggemaskan tersebut, maka lakukan beberapa cara diatas agar kucingmu tetap sehat dan bisa bermain dengan ceria.

TULIS KOMENTAR

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.