inspirasi

8 Anjing Terbesar di Dunia, Tinggi dan Besar

Penulis:   | 

Jika selama ini kamu menganggap bahwa anjing adalah hewan imut yang bertubuh kecil, kamu salah. Sebab, ternyata ada beberapa jenis anjing terbesar di dunia yang tentu saja cukup mengerikan.

Anjing menjadi pilihan banyak orang untuk menjadi hewan peliharaan. Disamping memiliki tubuh dan wajah yang lucu nan menggemaskan, hewan tersebut juga dianggap sebagai hewan pintar dan setia.

Tak heran, jika banyak orang memilih untuk memeliharanya hanya sekedar untuk penjaga rumah, teman bermain, hingga teman untuk menghilangkan stress dan penat setelah seharian bekerja dan berakitivitas.

Ada banyak jenis anjing yang bisa dipelihara, mulai dari yang berukuran kecil mungil, hingga besar. Nah, berikut adalah beberapa jenis anjing terbesar di dunia yang mungkin belum banyak diketahui.

Baca juga: 10 Jenis Mangga, Dari Kweni hingga Golek

1. Newfoundland

8 Anjing Terbesar di Dunia, Tinggi dan Besar

(foto: istockphoto)

Newfoundland merupakan salah satu anjing terbesar di dunia yang memiliki tinggi antara 68 hingga 73 cm. Anjing ini juga memiliki berat yakni mencapai 70 kg.

Saat berhadapan dengan orang asing, newfoundland cenderung lebih kalem. Sehingga, banyak orang yang meragukannya jika dijadikan sebagai anjing pencaga.

Akan tetapi, newfoundland mudah untuk dilatih. Dengan demikian, ketika kamu melatihnya untuk menjadi hewan penjaga yang ditakuti, ia akan bisa melakukannya dengan mudah.

Tidak salah jika kamu ingin memeliharanya, sebab ia merupakan anjing yang setia. Tidak hanya itu, dia juga ramah pada anak-anak sehingga tidak akan berbahaya.

Namun, tetap saja jangan terlalu menganggap remeh ya, karena newfoundland memiliki ukuran cukup besar, yang bisa saja menimbulkan dampak berbahaya bagi anak-anak ketika bermain.

2. Irish wolfhound

8 Anjing Terbesar di Dunia, Tinggi dan Besar

(foto: istockphoto)

Irish wolfhound merupakan ras anjing yang berasal dari Irlandia. Anjing ini memiliki ukuran cukup besar, yakni tinggi mencapai 88 cm dan berat hinge mencapai 85 kg.

Karena ukurunnya yang cukup besar itulah, maka jaman dahulu anjing ini kerap dijadikan sebagai anjing pemburu. Bahkan, ia juga seringkali diikut sertakan dalam berbagai perang.

Irish wolfhound tidak sering menggong. Ia juga kurang agresif jika berada di dekat orang asing, oleh karena itu, anjing ini kurang cocok jika dijadikan sebagai anjing penjaga.

Namun, Irish wolfhound merupakan salah satu ras anjing yang cerdas, setia, dan juga sabar. Untuk itu, jangan bosan dan menyerah untuk selalu melatihnya.

3. Anatolian Shepherd

8 Anjing Terbesar di Dunia, Tinggi dan Besar

(foto: istockphoto)

Bagi kamu yang ingin memelihara anjing besar sebagai penjaga, tidak ada salahnya jika memilih ras anjing yang satu ini.

Anatolian Shepherd merupakan anjing yang berubah menjadi sangat galak jika bertemu dnegan orang asing.

Namun, jika pada majikan dan keluarnya, ia akan seketika menjadi anjing yang ramah dan penyayang.

Tidak hanya itu, anjing ini juga akan berubah menjadi anjing yang protektif dan siap melindungi kapanpun dna dimanapun.

Anatolian Shepherd memiliki tinggi hingga menjadi 73 cm, serta berat hingga 68 kg. ia juga memiliki kepala berbentuk bulat yang cukup besar sehingga tampak menakutkan.

4. Leonberger

8 Anjing Terbesar di Dunia, Tinggi dan Besar

(foto: istockphoto)

Sesuai dengan namanya, Leonberger merupakan ras anjing yang berasal dari kota Leonberger Jerman.

Anjing ini memiliki ukuran sekitar 68 hingga 81 cm untuk tingginya, sementara beratnya bisa mencapai 75 kg.

Leonberger merupakan jenis anjing yang memiliki otot besar, sehingga ia terlihat snagat kuat. Tidak hanya itu, anjing ini juga memiliki kecerdasan tinggi dan juga kesabaran yang tinggi.

Dahulu kala, Leonberger dijadikan sebagai anjing peliharaan oleh bangsawan Eropa. Tidak sedikit pula dari mereka yang menjadikannya sebagai penjaga hewan ternak.

Bagi kamu yang ingin memelihara anjing ini, perlu untuk dicatat bahwa Leonberger tidak cocok dipelihara oleh pemula.

Pasalnya, ia membutuhkan pelatihan dan perawatan khusus karena memiliki bulu yang mudah rontok.

Baca juga: 8 Spesies Langka di Dunia, Penyebab Utamanya Pemburuan Bebas

5. Great Dane

8 Anjing Terbesar di Dunia, Tinggi dan Besar

(foto: istockphoto)

Great dane merupakan ras anjing yang dikembangkan oleh bangsawan Jerman, dengan menyilangkan dua ras anjing besar, yakni English Mastiff dan Irish Wolfhound.

Perlu diketahui bahwa Great Dane memiliki tinggi sekitar 81 hingga 91 cm, sementara untuk beratnya mencapai 90 kg.

Tidak seperti penampilannya yang mengerikan, anjing ini justru sangat penyayang dan ramah, terutama pada anak-anak.

Akan tetapi, kamu harus ektra sabar dalam melatihnya. Pasalnya Great Dane merupakan ras anjing yang sulit untuk dilatih, sebab ia memiliki sifat keras kepala.

Belum sampai disitu, Great Dane juga selalu ingin disayang sehingga ia lebih sensitif. Untuk itu, jika kamu ingin memeliharanya, pastikan untuk selalu mengajaknya bermain.

6. Neopolitan Mastiff

Neopolitan Mastiff

(foto: istockphoto)

Neopolitan Mastiff merupakan salah satu ras anjing tua yang berasal dari Romawi. Sama seperti Irish Wolfhound, anjing ini juga kerap diikutsertakan dalam berbagai perang.

Ukuran tubuhnya sangat besar, yakni dengan tinggi sekitar 76 cm dan berat hingga mencapai 90 kg. oleh sebab itu, tak heran jika banyak bangsa Romawi menjadikannya sebagai hewan yang tak gentar dalam melawan musuh.

Anjing ini tidak bisa dipelihara sembarangan. Sebab, ia membutuhkan pelatihan ekstra yang hanya bisa dilakukan oleh ahlinya.

Walau demikian, Neopolitan Mastiff merupakan anjing yang snagat cerdas, penyayang, dan protektif pada majikannya.

Tidak hanya itu, ia juga memiliki kepekaan terhadap ancaman di luaran sana walaupun ia jarang sekali menggonggong.

7. English Mastiff

English Mastiff

(foto: istockphoto)

Jika kamu bertanya, ras anjing apa yang paling tertua? Jawabannya adalah English Mastiff. Ras anjing ini sudah ada sejak masa peradaban Mesir Kuno, tepatnya sekitar 3.000 SM.

Dahulu, English Mastiff hanya dipelihara oleh bangsa Mesir. Lalu, orang Romawi Kuno juga menggunakannya untuk pertarungan gladiator.

Dibandingkan dengan ras anjing lainnya yang sudah disebutkan di atas, English Mastiif memiliki ukuran yang paling besar. Tingginya sekitar 91 cm dan berat yang mencapai hingga 156 kg.

Anjing ini memiliki indera penciuman yang tajam, serta peka terhadap ancaman. Oleh sebab itu, English Mastiff sangat cocok jika dijadikan sebagai hewan penjaga karena ia juga tidak akan segan untuk menyerang penyusup yang akan masuk ke dalam rumah.

English Mastiff juga membutuhkan pelatihan khusus, mengingat ukuran badannya yang terlampau besar.

Sebagai informasi tambahan, jika kamu ingin memelihara anjing ini maka pastikan untuk selalu menyayangi dan mencintainya. Sebab, ia akan merasa sangat Bahagia jika majikannya menyayanginya.

8. Bernard

Bernard

(foto: istockphoto)

Pada awal kemunculannya, St. Bernard merupakan anjing yang kerap digunakan untuk operasi penyelamatan di gunung Alpen. Namun, seiiring berjalannya waktu, anjing besar ini kini banyak dijadikan sebagai hewan peliharaan.

Sama seperti Neufounland, St. Bernard juga merupakan ras anjing yang cenderung kalem dan pendiam.

Untuk memelihara anjing ini, dibutuhkan pelatihan ekstra dan sabar, sebab jika tidak ia akan menimbulkan berbagai macam masalah, salah satunya adalah merusak barang-barang yang ada di rumah.

Akhir kata

Nah, itulah beberapa jenis anjing terbesar di dunia. Jika kamu tertarik untuk memelihara salah satu diantara mereka, maka sebaiknya siapkan budget yang tidak seikit.

Hal tersebut dikarenakan, mereka memiliki harga yang super mahal mengingat ukurannya yang besar.

Tidak hanya itu, mereka juga membutuhkan perawat dan pelatihan khusus, yang tentu saja membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Bagaimana? Apakah masih tertarik memelihara anjing terbesar di dunia?

TULIS KOMENTAR

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.