inspirasi

10 Jenis Mangga, Dari Kweni hingga Golek

Penulis:   | 

Apakah kamu pecinta buah manga? Jika iya, tahukah kamu bahwa ada banyak jenis mangga yang ada di Indonesia? Semua jenis buah tersebut sangat disukai oleh banyak orang.

Buah mangga memiliki rasa manis. Namun, ada juga yang memiliki rasa asam. Teksturnya pun beragam, mulai dari yang lembut hingga berserat.

Warna kuning ataupun oranye pada dagingnya, membuat orang yang melihatnya menelan ludah. Apalagi, bau wangi yang dihasilkan oleh mangga yang sudah matang.

Tidak hanya memiliki rasa enak, buah mangga juga mengandung vitamin C cukup tinggi, sehingga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh, terutama untuk melancarkan proses pencernaan.

Nah, berikut adalah beberapa jenis mangga yang cukup populer di Indonesia karena memiliki rasa cukup lezat, diantaranya:

Baca juga: 8 Manfaat Kembang Turi, Bisa untuk Meningkatkan Imunitas

1. Mangga Indramayu

10 Jenis Mangga, Dari Kweni hingga Golek

(foto: pinterest)

Nama mangga satu ini cukup unik, karena menggunakan nama sebuah daerah yang berada di Indonesia.

Jenis mangga ini banyak diminati karena daging buahnya yang tebal, serta rasanya yang manis.

Dari segi tekstur, mangga ini memiliki tekstur kering dan berbeda dari jenis lainnya. Sehingga, ia kerap disebut dengan mangga pelem cengkir.

Buah ini juga memiliki aroma yang cukup menyengat dengan daging buah manis, berserat, dan sedikit berair.

2. Mangga golek

10 Jenis Mangga, Dari Kweni hingga Golek

(foto: istockphoto)

Mangga yang satu ini berasal dari Probolinggo, Jawa Timur. Dibalik namanya, ada arti yang cukup unik dan menarik.

Kata Golek berasal dari Bahasa Jawa yang berarti mencari. Tujuannya dinamakan mangga golek adalah agar setiap kali mencicipinya, mereka akan mencarinya lagi karena merasa ketagihan.

Bentuk buah ini adalah sedikit memanjang dan ramping. Terdapat bintik-bintik putih kehijauan pada kulitnya yang nantinya setelah masak akan berubah menjadi warna coklat.

Mangga golek mmeiliki tekstur daging tebal dan empuk. Dagingnya juga berwarna jingga cerah sehingga mampu menggugah selera.

3. Mangga alpukat

10 Jenis Mangga, Dari Kweni hingga Golek

(foto: pinterest)

Mangga alpukat berasal dari Pasuruan, Jawa Timur. Jenis buah ini merupakan hasil dari persilangan antara buah mangga gadung dengan mangga madu.

sesuai dengan namanya, jenis mangga ini bentuknya hampir seperti alpukat. Cara makan buah ini cukup unik. Jika kebanyakan mangga dikupas kulitnya terlebih dahulu lalu bijinya dibuang terakhir, berbeda dengan mangga alpukat.

Jenis mangga ini bisa dipotong menjadi dua dan diputar, sehingga bijinya mudah dilepas. Cara tersebut sama seperti sedang makan buah alpukat.

Selain itu, kamu tidak perlu mengiris menjadi beberapa bagian sebelum disantap. Cukup gunakan sendok untuk mengerok dagingnya. Hal tersebut dikarenakan dagingnya memiliki tekstur lembut sehingga sangat mudah dikerok menggunakan sendok.

4. Mangga harum manis

10 Jenis Mangga, Dari Kweni hingga Golek

(foto; pinterest)

Jenis mangga ini merupakan salahs atu jenis mangga yang keberadaannya mudah ditemukan. Ia merupakan jenis mangga yang cukup disukai oleh banyak orang karena memiliki rasa yang manis.

Tidak hanya memiliki rasa manis, aroma yang dihasilkan oleh buah ini ketika sudah masak sangat wangi dan tentu saja menggugah selera.

Tak heran, jika harum manis menjadi salah satu incaran masyarakat, bahkan paling banyak.

Bentuk buah ini adalah lonjong dengan bagian ujungnya terlihat lebih runcing. Daging buahnya juga sangat empuk dan lembut, sehingga mudah untuk dinikmati.

Bagi sebagian orang, menyantap satu buah mangga harum manis akan terasa kurang. Hal tersebut karena rasa lezat dari buah ini yang mampu menciptakan rasa ketagihan.

5. Mangga manalagi

10 Jenis Mangga, Dari Kweni hingga Golek

(foto: pinterest)

Mangga manalagi kerap disebut dengan mangga madu karena di tengah daging buahnya terdapat warna coklat seperti madu.

Tidak hanya itu, mangga ini juga memiliki rasa manis sama seperti manisnya madu. Tak heran, banyak orang menyukai bangga ini.

Dari segi ukuran, mangga ini memiliki bentuk dan ukuran yang lebih kecil. Walau memiliki rasa manis seperti harum manis, namun dari segi tekstur daging buah, mana lagi bertekstur padat dan berserat, sama seperti mangga golek.

Baca juga: Bahaya Latte Factor, Pengeluaran Kecil yang Tidak Disadari

6. Mangga kweni

10 Jenis Mangga, Dari Kweni hingga Golek

(foto: pinterest)

Mangga kweni alias mangga kuini merupakan jenis mangga yang memiliki aroma lebih tajam dibandingkan dengan jenis lainnya.

Bentuknya lonjong, namun pada bagian depannya berbentuk bulat. Ukurannya relative sedang, hampir sama seperti mangga harum manis. Terdapat bintik-bintik hitam pada seluruh permukaan kulitnya.

Daging buahnya berwarna kuning. Rasanya manis segar dan mengandung banyak air. Sayangnya, buah ini memiliki tekstur berserat yang cukup banyak didandingkan dengan jenis lainnya.

Kweni yang tidak terlalu masak, sangaat cocok jika dijadikan sebagai campuran rujak serut atau sambal.

7. Mangga Garifta

10 Jenis Mangga, Dari Kweni hingga Golek

(foto: istockphoto)

Umumnya, mangga memiliki kulit yang berwarna hijau jika masih mentah, dan kuning jika sudah masak.

Berbeda dengan jenis mangga yang satu ini. Mangga garifta memiliki kulit berwarna merah dengan gradasi kuning dan hijau. Bentuknya lonjong dan daging buahnya berwarna kuning sedikit kemerahan.

Mangga ini merupakan hasil dari perkawinan silang dari jenis berkualitas lainnya, tak heran jika buah ini menjadi unggulan para petani di Pasuruan, Jawa Timur.

rasanya segar dan manis. Ketika masuk ke dalam mulut, rasa manis dan segar campur menjadi satu.

Dari segi tekstur, buah mangga ini memiliki daging yang lunak sehingga mudah disantap. Selain itu, juga sedikit berserat deengan aroma wangi.

8. Mangga gedong gincu

gedong gincu

(foto: pinterest)

Jenis mangga satu ini banyak dibudidayakan di daerah Cirebon dan Indramayu. Keunikan dari mangga ini adalah memiliki warna paling cantic dibanding jenis lainnya.

Kata gincu berasal dari Bahasa Jawa yang artinya kemerahan. Sesuai dengan namanya, gedong gincu memiliki warna kemerahan pada kulit dan daging buanya.

Dari segi bentuk, gedong gincu memiliki bentuk bulat dengan ukuran yang tidak kecil dan juga tidak besar.

Daging buahnya tebal, kenyal, dan tentu saja manis. Selain itu, buah ini juga mampu memberikan kesegaran saat disantap.

9. Mangga lalijiwo

lalijiwo

(foto: pinterest)

Sama seperti mangga golek, mangga lalijiwo juga berasal dari Probolinggo, Jawa Timur. Buah ini memiliki bentuk bulat dengan aroma yang cukup harum.

Terlebih lagi jika sudah matang, mangga lalijiwo akan mengeluarkan bau wangi yang mampu membuat orang menelan ludah.

Tidak hanya wangi, daging buahnya yang berwarna kuning ini juga memiliki rasa yang sangat manis. Tak heran jika banyak orang menyukainya.

Kata lalijiwo berasal dari Bahasa Jawa yang berarti lupa jiwa. Artinya, ketika menyantap buah mangga ini, maka mereka akan lupa segalanya dan hanya menyatu dengan buah mangga yang sedang disantap.

10. Mangga apel

apel

(foto: pinterest)

Berbeda dari jenis mangga lainnya yang memiliki rasa manis dan segar, jenis buah mangga yang satu ini justru memiliki rasa masam, namun masih bisa dinikmati.

Rasa masam pada buah ini dianggap mampu menyegarkan badan. Tak heran, jika banyak orang menggunakannya sebagai campuran rujak.

Bentuk mangga ini sama seperti buah apel, yakni bulat dengan ukuran sedang. Kulitnya berwarna hijau, sementara daging buahnya berwarna kuning.

Saat ini, banyak petani yang sudah berinovasi membudidayakan mangga apel dengan rasa yang lebih manis.

Nah, itulah beberapa jenis mangga yang mungkin beberapa diantaranya sudah pernah kamu cicipi. Buah mangga memang sangat nikmat dan segar, namun jangan terlalu banyak mengonsumsinya agar tidak menimbulkan dampak buruk pada tubuh.

TULIS KOMENTAR

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.