lifestyle

8 Manfaat Kembang Turi, Bisa untuk Meningkatkan Imunitas

Penulis:   | 

Ada banyak manfaat kembang turi yang bisa didapatkan, sebab bunga tersebut memiliki kandungan kaya akan nutrisi yang baik untuk kesehatan.

Kembang turi merupakan tumbuhan yang memiliki nama latin Sesbania Grandiflora. Tumbuhan ini berasala dari Asia Tenggara, tepatnya India.

Kembang turi umumnya dijadikan sebagai bahan campuran pecel karena memiliki rasa yang cukup nikmat.

Tidak hanya dijadikan sebagai olahan makanan lezat, kembang turi juga memiliki manfaat baik bagi kesehatan tubuh.

Nah, berikut ini kita akan membahas apa saja manfaat baik kembang turi untuk kesehatan. Oleh sebab itu, simak penjelasannya berikut ini.

Baca juga: Bahaya Latte Factor, Pengeluaran Kecil yang Tidak Disadari

1. Meningkatkan imunitas

8 Manfaat Kembang Turi, Bisa untuk Meningkatkan Imunitas

(foto: istockphoto)

Imunitas alias sistem imun yang seringkali kita kenal dengan daya tahab tubuh merupakan bentuk pertahan tubuh terhadap serengan berbagai macam penyakit yang disebabkan oleh virus, bakteri, dan berbagai macam mikroorganisme lainnya.

Adanya sistem imun yang bagus dalam tubuh maka membuat tubuh terhindar dari penyakit sehingga tetap sehat dan tidak mudah sakit.

Mengonsumsi kembang turi memiliki manfaat dalam meningkatkan daya tahan tubuh. Hal tersebut dikarenakan, tumbuhan tersebut menganduang selenium yang mampu membantu menjaga imunitas tubuh.

Selain itu, manfaat kembang turi juga bisa mengurangi perkembangan virus, salah satunya adalah virus HIV yang cukup berbahaya bagi tubuh.

Jika selenium yang terdapat dalam kembang turi diberikan pada pasien yang tertular virus HIV, naka dapat memperlambat perkembangan penyakit tersebut menjadi AIDS.

Tidak hanya selenium, tumbuhan tersebut juga memiliki sifat antioksidan yang dapat menghambat pertumbuhan sel tumor.

2. Mengatasi kelelahan

8 Manfaat Kembang Turi, Bisa untuk Meningkatkan Imunitas

(foto: pexels)

Melakukan berbagai macam aktivitas setiap hari, baik aktivitas ringan maupun berat, tak jarang membuat tubuh menjadi kelehan.

Jika kondisi tubuh terasa lelah dan tidak segera diatasi, maka dapat menghambat aktivitas lainnya yang juga harus segera diselesaikan.

Manfaat kembang turi ternyata bisa membantu mengatasi kelelahan. Tidka hanya itu, tumbuhan tersebut juga mampu mengatasi masalah ringan seperti kelemahan otot, mati rasa, dan lainnya.

Perlu diketahui bahwa, kelelahan disebabkan oleh jumlah fosfor dlama tubuh yang todka normal. Sebab, jika jumlahnya normal, maka tubuh akan senantiasa tetap bugar dan aktif.

Menurut para ahli kesehatan, jumlah fosfor yang dibutuhkan normalnya adalah sekitar 1200 mg untuk orang dewasa.

Kandungan fosfor yang cukup tinggi pada kembang turi dapat mengatasi masalah tersebut. Untuk itu, tidak ada salahnya untuk mengonsumsinya secara rutin.

3. Menurunkan tekanan darah

8 Manfaat Kembang Turi, Bisa untuk Meningkatkan Imunitas

(foto: istockphoto)

Tekanan darah dalam tubuh sebaiknya selalu dikontrol dan dijaga dengan baik agar tidak terjadi kenaikan.

Jika tekanan darah meningkat, maka dapat menimbulkan berbagai macam masalah kesehatan, seperti hipertensi, stroke, penyakit kardiovaskular, hingga penyakit jantung.

Menurunkan tekanan darah agar tetap stabil bisa dilakukan dengan cara mengonsumsi kembang turi secara rutin. Hal tersebut dikarenakan, tumbuhan tersebut mengandung vitamin C sehingga kaya akan antioksidan.

Seseorang yang mengonsumsi makanan mengandung vitamin C dan antioksidan yang tinggi, maka kemungkinan besar lebih rendah memiliki resiko tekanan darah tinggi.

Tidak hanya itu, asupan vitamin C juga dapat mencegah aterosklerosis, yakni pengerasan pembuluh darah.

Untuk itu, mulai sekarang konsumsi makanan yang mengandung vitamin C tinggi, salah satunya adalah kembang turi.

4. Mencegah penyakit Alzheimer

8 Manfaat Kembang Turi, Bisa untuk Meningkatkan Imunitas

(foto: istockphoto)

Alzheimer alias pikun merupakan penyakit yang menyerang otak sehingga daya ingat menjadi melemah dan sering lupa. Bisanya, penyakit ini menyerang seseorang dnegan usia 65 tahun ke atas.

Namun, tidak hanya pada usia lanjut saja, penyakit ini juga bisa meyerang seseorang yang masih berusia muda dengan gejala demensia yang akhirnya bertahap menjadi semakin buruk dalam beebrapa tahun.

Jika penyakit ini masih berstatus ringan, maka penderitanya haya mengalami kehilangan memori. Namun, jika sudah sagat parah, penderitanya akan mengalami hilangnya kemamuan dalam merespon lingkungan sekitar sehingga sulit melakukan percakapan.

Untuk mencegah penyakit Alzheimer, kamu bisa melakukan cara yang cukup mudah, yakni rutin mengonsumsi kembang turi.

Sebab, tumbuhan tersebut rupanya mengandung vitamin B1, dimana vitamin tersebut sangat bermanfaat mencegah dan mengurangi perkembangan penyakit pikun.

Baca juga: Hoarding Disorder, Kebiasaan Menumpuk Banyak Barang di Rumah

5. Baik untuk ibu hamil

10 Manfaat Jagung, Mencegah Depresi dan Alzheimer

(foto: istockphoto)

Ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung nutiri penting demi menjaga pertumbuhan dan perkembangan janin dalam kandungan.

Mereka juga dilarang mengonsumsi makanan sembarangan untuk mencegah berbagai macam masalah yang dapat mempengaruhi kesehatan janin.

Namun, tidak dengan kembang turi. Tumbuhan tersebut sangat aman dikonsumsi oleh ibu hamil, bahkan dapat memberikan manfaat baik, terutama pada janin.

Perlu diketahui bahwa kembang turi mengandung vitamin B9 yang jumlahnya setara dengan nilai harian asam folat yang diperlukan oleh ibu hamil.

Kurangnya konsumsi vitamin dan asam folat dapat menyebabkan masalah serius pada kesehatan janin, seperti cacat tabung saraf yang bisa menyebabkan bayi lahir dengan spina bifida.

Oleh sebab itu, bagi kamu yang sedang hamil, jangan ragu untuk mengonsumsi kembang turi secara rutin, ya. Namun, tetap dalam batas jumlah normal.

6. Mengatasi migrain

10 Manfaat Jagung, Mencegah Depresi dan Alzheimer

(foto: istockphoto)

Migrain atau sakit kepala sebelah merupakan masalah kesehatan yang terjadi akibat gangguan saraf pada namun hanya pasa satu sisi kepala saja.

Penyakit ini disebabkan oleh kelelahan, terlalu banyak mengonsumsi makanan mengandung MSG, telat makan, melakukan olahraga berat, kurang tidur, terlalu banyak mengonsumsi minuman berkafein seperti the dan kopi, stress, dan masih banyak lainnya.

Migrain dapat mengganggu aktivitas karena menimbulkan rasa sakit pada kepala olehs ebab itu, perlu segera diatasi dan diobati dengan tepat agar tidak semakin parah.

Manfaat kembang turi dapat mengatasi penyakit tersebut. Sebab, tumbuhan tersebut mengandung vitamin B2 yang mampu menghasilakan riboflavin. Sebuah penelitian membuktikan bahwa seseorang yang mengonsumsi riboflavin secara cukup, maka dapat terhindar dari masalah migrain.

Untuk itu, mengonsumsi kembang turi secara rutin mampu meningkatkan jumlah riboflavin dalam tubuh sehingga sakit kepala sebelah dapat ditangani dengan cepat.

7. Membantu mengatasi demam

10 Manfaat Madu, bikin Tidur lebih Nyenyak

(foto: istockphoto)

Demam merupakan suhu tubuh yang meningkat hingga di atas 38 derajat Celcius yang terjadi akibat adanya penyakit dalam tubuh.

Bisa dikatakan bahwa demam merupakan reaksi tubuh dalam melawan penyakit yang mencoba untuk memperparah kondisi kesehatan tubuh.

Gejala yang ditimbulkan adalah seperti sakit kepala, tubuh terasa panas, nyeri otot, lemas, menggigil, berkeringat, hingga kehilangan nafsu makan.

Untuk mengobati demam, kamu bisa menggunakan kembang turi yang terbukti ampuh dalam mengatasi demam.

Caranya, ambil beberapa biah kembang turi, lalu tumbuk hingga halus. Kemudian, tambahkan air hangat dan garam secukupnya.

Setelag itu, saring dan ambil airnya. Minum ramuan kembang turi tersebut secara teratur hingga demam hilang.

8. Baik untuk kecantikan kulit

Manfaat Susu Beruang, untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit

(foto: istockphoto)

Memliki kulit sehat merupakan idaman semua wanita, karena dapat membuat penampilan terlihat lebih cantik.

Akan tetapi, tidak semua wanita mampu mendapatkan kulit sehat yang mereka idamkan. Tak sedikit dari mereka memiliki kulit kusam yang diesebabkan oleh kurangnya konsumsi makanan yang mengandung zat besi.

Untuk itu, sebaiknya konsumsi makanan mengandung zat besi seperti kembang turi agar produksi sel darah merah dalam tubuh meningkat.

Dengan meningkatkanya jumlah sel darah merah, maka kulit akan terlihat lebih cerah dan sehat.

Akhir kata

Demikianlah beberapa manfaat bunga turi yang bisa kamu dapatkan jika dikonsumsi setiap hari. Selain mendapatkan tubuh yang sehat, kamu juga bisa memiliki kulit sehat seperti yang kamu idamkan.

Namun, dengan catatan bahwa mengonsumsi tumbuhan tersebut sebaiknya dalam julah yang cukup dna tidak berlebihan agar tidak menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan.

TULIS KOMENTAR

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.