. Bikin Emosi dan Pusing, Ini 7 Cara Menghadapi Orang Egois | Dailysia

lifestyle

Bikin Emosi dan Pusing, Ini 7 Cara Menghadapi Orang Egois

By  | 

Kamu sering berinteraksi dengan seseorang yang egois? Baik teman, keluarga atau pasangan yang punya sifat egois memang terkadang bikin pusing dan emosi sendiri ya.

Tapi bisa jadi lho kamu juga punya sifat yang egois tersebut tanpa kamu menyadarinya. Banyak orang yang tidak menyadari bahwa diri mereka egois.

Nah, jika sudah merasa kesal dan bingung bagaimana cara menghadapi orang yang egois, kamu bisa mencoba 7 cara menghadapinya yang dilansir dari Lifehack.

Baca juga: 7 Tips Solusi Mengatasi Rambut Rontok, Pijat Kepala Hingga Pakai Masker Telur

1. Menerima bahwa mereka memang egois

Perlu Diketahui, 7 Cara Menghadapi Orang yang Egois

(foto: pexels/visionpicnet)

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk menghadapi seseorang yang egois adalah dengan menerima mereka.

Meskipun kamu memperhatikan mereka, memberikan kasih sayang dan bahkan menganggap mereka adalah orang terdekatmu tapi kamu harus mengetahui bahwa mereka tidak menganggap itu semua.

Orang yang egois sering kali tidak memperdulikan perasaanmu dan bahkan meskipun mereka melakukan hal yang tidak baik untukmu, mereka tidak mau perduli.

Maka dari itu cobalah untuk menerima sifat mereka, karena dengan kamu coba memberitau mereka tentang kesalahannya, mereka tidak memperdulikan ucapanmu tersebut.

2. Koreksi dirimu sendiri

Perlu Diketahui, 7 Cara Menghadapi Orang yang Egois

(foto: unsplash/simonmigaj)

Memang sih orang yang egois cenderung lebih sering mengomentari orang lain dan menganggap dirinya lebih baik, sehingga ia beranggapan bahwa dirinya yang patut dijadikan contoh.

Meskipun ia sering membuatmu kesal, cobalah untuk mengoreksi dirimu juga dengan cara apa yang membuat kamu tetap bertahan lama dengannya dan pikirkan apa ada pernyataan darinya tentang dirimu yang menunjukan kebenaran?

Jangan berpikiran sempit, tapi berpikirlah dari sudut pandangnya juga siapa tau kamu dan dia memang sama-sama egois.

3. Jadilah diri sendiri

Perlu Diketahui, 7 Cara Menghadapi Orang yang Egois

(foto: pexels/andreapiacquadio)

Tahukah kamu jika sering bergaul dengan seseorang maka kamu juga akan terbawa pergaulan tersebut? Jadi jika kamu bergaul dengan seseorang yang egois, jangan sampai ikut egois juga seperti mereka.

Seperti yang dibahas sebelumnya bahwa orang egois cenderung tidak perduli dengan orang lain dan hanya ingin pendapat mereka saja yang ingin didengarkan.

Tetaplah menjadi seseorang yang perhatian juga perduli dengan orang lain dan hormatilah setiap pendapat yang berbeda denganmu.

4. Mengingatkan

Perlu Diketahui, 7 Cara Menghadapi Orang yang Egois

(foto: pexels/ekaterinabolovtsova)

Agak sulit memang untuk mengingatkan orang yang egois karena menurut mereka, pendapatnyalah yang terbaik.

Tapi jika kamu mengingatkan mereka dengan cara yang benar, mungkin saja mereka akan mendengarkanmu.

Cobalah untuk mengajaknya bicara secara baik-baik, setelah itu utarakan keluh kesahmu padanya. Ingat, jangan membentak ataupun menyudutkannya karena hanya akan memancing kemarahan.

Baca juga: 5 Cara Menatasi Anak yang Mengalami Fobia, Orangtua Harus Tahu

5. Belajar untuk tidak perduli

Perlu Diketahui, 7 Cara Menghadapi Orang yang Egois

(foto: pexels/andreapiacquadio)

Orang egois akan selalu haus akan perhatianmu dan orang lain. Kalau kamu memang orang terdekatnya dan ingin dia berubah, belajarlah untuk tidak perduli dengannya lagi.

Bukan tidak perduli secara drastis tapi perlahan-lahan kamu bisa dengan tidak menawarkan bantuan saat dirinya sedang membutuhkannya.

Risikonya jika kamu belajar untuk tidak perduli kepadanya, hubungan kamu dan dia akan merenggang dan bahkan dia akan menjauh darimu.

6. Hindari sering bertemu

Perlu Diketahui, 7 Cara Menghadapi Orang yang Egois

(foto: unsplash/elkuddah)

Seringnya menghabiskan waktu dengan orang egois, maka akan membuatmu lelah dan bahkan tidak menikmati hari-harimu dengannya.

Jika ini terjadi, cobalah untuk tidak terlalu sering bertemu dengannya. Ini salah satu cara efektif yang patut kamu coba.

Bukanlah lebih baik menghabiskan waktu sendiri dan mengerjakan pekerjaan lainnya dari pada bertemu dengan orang yang egois?

7. Mencari teman baru

Perlu Diketahui, 7 Cara Menghadapi Orang yang Egois

(foto: unsplash/wildlittlethingsphoto)

Ada pepatah yang mengatakan ‘tinggalkan yang buruk dan yang baik akan datang’ inilah yang akan terjadi di hidupmu jika meninggalkan seseorang yang memberikan keburukan di hidupmu.

Perlahan tinggalkan mereka dan carilah teman baru yang tentunya lebih baik. Perlu diingat ini adalah jalan terakhir yang bisa kamu coba jika orang yang egois tersebut tidak bisa berubah.

Terlalu banyak menghabiskan waktu dengan orang egois akan membuat lebih banyak racun di dalam hidupmu. Maka dari itu dengan mencoba cara-cara diatas, kamu akan dengan mudah menghadapi orang yang egois.