. 7 Tips Solusi Mengatasi Rambut Rontok, Pijat Kepala Hingga Pakai Masker Telur

lifestyle

7 Tips Solusi Mengatasi Rambut Rontok, Pijat Kepala Hingga Pakai Masker Telur

By  | 

Untuk kaum hawa, rambut merupakan mahkota, karena keindahan dan kesehatan rambut bisa menjadi penunjang untuk menambah kepercayaan diri.

Selain karena faktor cuaca dan lingkungan, usia yang bertambah dan serta faktor kekuatan akar rambut, bisa membuat rambut kamu sering rontok.

Nah, apakah memotong rambut menjadi pendek, harus menjadi solusi, jika rambut kamu sering rontok? Sedangkan, kamu menginginkan bisa memiliki rambut panjang dan indah?

Jangan khawatir, beberapa cara ini bisa menjadi langkah yang tepat untuk mengatasi rambut rontok tanpa perlu mengeluarkan biaya mahal.

Baca juga: 5 Cara Menatasi Anak yang Mengalami Fobia, Orangtua Harus Tahu

1. Rutinlah memijat kulit kepala

Jangan Khawatir dengan Rambut Rontok, 7 Tips ini Bisa Jadi Solusi Tepat untuk Kamu

(foto: unsplash/jan)

Ternyata bukan hanya kulit wajah atau kulit badan kita yang perlu dipijat, kulit kepala juga butuh dipijat dengan rutin.

Fungsinya untuk apa sih? Pijatan rutin di kulit kepala dapat membantu merangsang pertumbuhan dan membantu menjaga ketebalan sel rambut di area dermal papilia.

Tentunya untuk mendapatkan hasil yang maksimal, jangan lupa tambahkan minyak atau masker rambut, yang berbahan dasar alami.

Kamu tahu tidak, pijatan lembut di kulit kepala, bisa menjadi solusi untuk mengurangi kadar stress juga. Yuk, dicoba.

2. Oleskan masker telur

Jangan Khawatir dengan Rambut Rontok, 7 Tips ini Bisa Jadi Solusi Tepat untuk Kamu

(foto: unsplash/louis)

Mengoleskan telur di rambut, bukannya akan membuat rambut amis? Jangan salah, kandungan kadar protein yang cukup tinggi, memiliki fungsi untuk mempercepat pertumbuhan sel rambut.

Adanya kandungan sulfur, Zinc, Zat besi, selenium, fosforus, dan iodine, membuat telur menjadi solusi sebagai bahan alami untuk memperkuat pertumbuhan rambut.

Cara penggunannya tidak sulit, kok. Kamu hanya perlu memisahkan satu putih telur ke dalam mangkuk yang kecil, berikan satu sendok teh minyak zaitun (kalau tidak ada, bisa digantikan minyak lavender atau minyak biji anggur) serta madu.

Aduk perlahan, hingga putih telur berubah menjadi adonan pasta. Kemudian, oleskan di kulit kepala serta rambut, diamkan selama 20 menit. Setelah kamu rasa masker menyerap, bilaslah dengan air dingin, kemudian keramaslah dengan shampo rambut.

3. Oleskan gel lidah buaya

Jangan Khawatir dengan Rambut Rontok, 7 Tips ini Bisa Jadi Solusi Tepat untuk Kamu

(foto: unsplash/foodism)

Bahan ini tentu sudah sangat umum dipakai sebagai bahan dasar alami untuk merawat rambut rontok. Hal ini karena, adanya kandungan di dalam lidah buaya, yang mampu mendinginkan kulit kepala, serta menjadi kondisioner yang alami untuk rambut kaum hawa.

Selain itu, kandungan yang ada di lidah buaya, dipercaya untuk mengurangi ketombe serta minyak yang berlebih, dimana efek sampingnya bisa menyumbat foikel rambut.

Oleskan gel lidah buaya di kulit kepala dan rambut, lalu pijatlah dengan lembut, hingga gel lidah buaya meresap. Jangan lupa untuk dilakukan dengan rutin, jika kamu ingin mendapatkan hasil yang maksimal.

4. Pijatlah kulit kepala dengan minyak kelapa

Jangan Khawatir dengan Rambut Rontok, 7 Tips ini Bisa Jadi Solusi Tepat untuk Kamu

(foto: unsplash/fallon)

Adanya kandungan asam lemak yang ada di minyak kelapa, dipercaya bisa mengurangi rambut kamu kehilangan protein. Hal ini dikarenakan, asam lemak yang ada di minyak kelapa, terbukti bekerja hingga menembus batang rambut.

Kapan waktu terbaik untuk menggunakan minyak kelapa? Hal ini tergantung dari kondisi rambut kamu. Minyak kelapa bisa digunakan sebelum dan juga sesudah kamu mencuci rambut.

Untuk kamu yang memiliki rambut berminyak, saran terbaik adalah pakailah minyak kelapa dan membiatkannya selama satu malam atau beberapa jam sebelum kamu keramas.

Cara penggunaanya sangatlah sederhana. Berikan minyak kelapa ke kulit kepala dan juga seluruh rambut. Kemudian, pijatkan secara perlahan hingga menyerap.

Sebagai informasi bagi kamu yang rambutnya kering, minyak kelapa bisa dipakai dan dibiarkan sebentar sebelum kamu mencuci rambut.

Baca juga: 6 Tanda Orang Punya Sifat Egois, Suka Mengkritik & Takut Mengambil Resiko

5. Konsumsi minyak ikan

Jangan Khawatir dengan Rambut Rontok, 7 Tips ini Bisa Jadi Solusi Tepat untuk Kamu

(foto: unsplash/anshu)

Selain melakukan perawatan dari luar, perawatan rambut rontok, bisa dilakukan dari dalam. Konsumsilah asam lemak dan omega secara rutin, jika kamu ingin mendapatkan rambut yang sehat.

Hal ini dikarenakan, tidak hanya tubuh kamu saja yang butuh nutrisi dan protein, ternyata rambut juga membutuhkannya juga.

Mengonsumsi suplemen minyak ikan yang memiliki kandungan omega dan anti-oksidan secara rutin, dipercaya dapat membantu untuk meningkatkan ketebalan helai rambut dan juga rambut rontok kamu bisa berkurang. Hal ini juga ditunjang dengan, imunitas tubuh kamu yang makin kuat.

6. Meminum jus bawang

Jangan Khawatir dengan Rambut Rontok, 7 Tips ini Bisa Jadi Solusi Tepat untuk Kamu

(foto: unsplash/frank)

Sebuah riset mengatakan, jus bawang bisa membantu penyembuhan kebotakan untuk orang yang mengidap alopecia areata.

Kandungan di dalam jus bawang mampu mendorong pertumbuhan sel rambut baru serta meningkatkan sirkulasi darah.

Cara membuat jus bawang tidaklah sulit. Blenderlah beberapa suing bawang kemudian saringlah jusnya. Kemudian, oleskan di kulit kepala serta seluruh rambut.

Diamkan selama 15 menit agar meresap. Jangan lupa untuk dibilas dengan shampoo seperti biasa.

7. Pijat kulit kepala dengan teh hijau

Jangan Khawatir dengan Rambut Rontok, 7 Tips ini Bisa Jadi Solusi Tepat untuk Kamu

(foto: unsplash/matcha-co)

Adanya kandungan antioksidan di dalam teh hijau, mampu mendukung pertumbuhan rambut serta mencegah kerontokan.

Cara penggunaanya, pijatlah kulit kepala kamu dengan kantung teh hijau yang sudah kamu pakai dan pastikan masih hangat. Diamakan selama satu jam, kemudian bilaslah dengan air dingin.

Bahan-bahannya sangat mudah didapatkan, bukan? Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, jangan lupa lakukan perawatan ini dengan rutin di rumah.