. 8 Tips Mudah Merawat Kuku Agar Tetap Cantik dan Sehat | Dailysia

lifestyle

8 Tips Mudah Merawat Kuku Agar Tetap Cantik dan Sehat

By  | 

Selain rambut dan wajah, kuku juga merupakan elemen yang cukup menjadi perhatian penting bagi para kaum hawa, karena selain menunjang penampilan, bagaimana kepribadian mereka tercermin dari keindahan dan sehatnya kuku.

Sama halnya dengan jenis kulit wajah maupun rambut, tiap kuku dari para kaum hawa tentunya memiliki karakter yang berbeda, ada yang berkuku lunak, kuku rapuh, kuku kering, hingga kuku yang sehat. Kenapa bisa berbeda? Itu tergantung, bagaimana kamu merawat kuku serta menjaganya tetap sehat dan cantik.

Nah, tentu kamu pasti penasaran, bagaimana tips cara merawat kuku kamu agar tetap cantik dan sehat? Yuk, simak tipsnya di bawah ini.

Baca juga: Lagi Jatuh Cinta, 4 Hal Ini Buktikan Jika Kamu Serius Dengannya

1. Jangan terlalu sering pakai cat kuku

8 Cara Alami ini Bisa Bikin Kuku Kamu Indah dan Sehat

(foto: unsplash/element5digital)

Ini bukan berarti kamu tidak boleh pakai cat kuku. Kamu masih boleh untuk menggunakan cat kuku, hanya saja tetap berikan kuku kamu waktu untuk beristirahat dan bernafas.

Dengan cara luangkan waktu sehari atau dua hari dalam satu minggu, untuk membiarkan kuku kamu polos, tanpa cat kuku apapun. Gunanya agar, kuku indah kamu bisa mendapatkan udara yang segar.

Setelah kamu yakin kuku kamu sudah bersih dari cat kuku, rendamlah tangan kamu ke dalam air hangat yang sudah diberikan perasan jeruk nipis. Biarkanlah selama 15-20 menit.

Mengapa jeruk nipis? Kandungan astringent di dalam jeruk nipis, terbukti mampu membantu memudarkan warna kusam pada kuku. Oh ya, ramuan ini juga bisa jadi solusi untuk kamu, ketika tangan kamu terkena noda kunyit seusai masak.

2. Pilihlah cat kuku yang berbahan dasar ringan

8 Cara Alami ini Bisa Bikin Kuku Kamu Indah dan Sehat

(foto: unsplash/frederick)

Tahukah kalian, ada beberapa kandungan bahan kimia yang keras dan beracun di dalam sebotol cat kuku? Beberapa contoh kandungan kimia yang beracun dan ada di cat kuku contohnya, toluene, dibutil ftalat, dimetil dan dietil ftalat, kapur barus, dan formaldehida.

Meskipun tidak semua produsen menggunakan bahan-bahan keras ini, namun tetaplah jadi pembeli yang cerdas, dengan tetap membaca secara cermat, ada kandungan apa saja di dalam cat kuku tersebut.

Saran terbaik adalah, belilah cat kuku yang berasal dari bahan dasar air. Meskipun tidak bertahan lama, tapi bahan dasar ini terbukti aman untuk kamu pakai.

3. Rendamlah kuku di dalam jus jeruk

8 Cara Alami ini Bisa Bikin Kuku Kamu Indah dan Sehat

(foto: unsplash/Monika)

Loh, jus jeruk bukannya untuk diminum? Apa hubungannya dengan kuku? Jus jeruk memiliki kandungan yang bisa membantu tangan dan kuku kamu tetap lembut dan indah. Cara perawatannya tidak susah, kok!

Setelah kamu selesai memasak dan membersihkan rumah, luangkanlah waktu selama 10 menit, untuk merendam tangan kamu ke dalam jus jeruk yang sudah ditambahkan madu. Nah, untuk hasil terbaik, lakukan secara berulang.

Baca juga: Jangan Panik, 7 Tips Ini Bisa Mencegah & Mengatasi Rambut Bercabang

4. Jangan lupa potong kuku pendek

8 Cara Alami ini Bisa Bikin Kuku Kamu Indah dan Sehat

(foto: unsplash/Marcus)

Siapa bilang, punya kuku pendek itu tidak cantik? Justru, jangan berkecil hati, ketika kamu memotong kuku hingga pendek, secara tidak langsung, kamu sudah mencegah masuknya kuman serta bibit penyakit untuk bersarang di celah kuku.

Percaya atau tidak, kuku tangan kamu lebih cepat bertumbuh empat kali lipat daripada kuku kaki? Jadi, masihkah kamu malas untuk memotong kuku?

5. Rendamlah kuku dalam cuka sari apel

8 Cara Alami ini Bisa Bikin Kuku Kamu Indah dan Sehat

(foto: unsplash/Alex)

Cuka sari apel dan minyak zaitun bisa menjadi pilihan dan solusi guna mendapatkan kuku yang indah. Caranya sangat sederhana, rendamlah kuku kamu ke dalam cuka sari apel dan minyak zaitun, tapi jangan lupa di hangatkan sebelumnya. setelah di rendam selama 15-20 menit, bilaslah kuku dengan air hangat.

Oh ya, dengan mengoleskan lidah buayapun juga bisa membantu perawatan kuku kamu menjadi cantik dan bening.

6. Lakukan perawatan kuku dari dalam tubuh

8 Cara Alami ini Bisa Bikin Kuku Kamu Indah dan Sehat

(foto: unsplash/jez)

Sama halnya dengan perawatan kulit serta rambut, perawatan kuku bisa dilakukan dari dalam tubuh. Caranya cukup sederhana, minumlah air putih dengan jumlah banyak.

Jangan lupa untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung kalsium, seperti susu, makanan yang berasal dari susu dan keju, ikan pari dan ikan sarden, kacang-kacangan dan biji-bijian.

Untuk para pencinta sayuran, pilihan sayur seperti wortel, brokoli, bayam, asparagus, dan kangkung sangatlah tepat. Sama seperti buah, apel merah, stroberi, pepayan, nanas, mangga, alpukat, anggur, manggis, dan buah lainnya, bisa menjadi pilihan yang baik untuk kamu konsumsi.

7. Gosoklah kuku dengan belimbing wuluh

8 Cara Alami ini Bisa Bikin Kuku Kamu Indah dan Sehat

(foto: unsplash/brenda)

Belimbing wuluh ternyata tidak hanya digunakan untuk memasak saja. Namun, buah ini bisa digunakan untuk menjaga keindahan kuku kamu. Caranya sangat mudah sekali, potonglah belimbing wuluh dan gosokkan bagian buahnya di atas kuku, kemudian bilaslah kuku dengan air hangat.

Sedangkan, untuk pemilik kuku panjang, kamu bisa menggosok dasar kuku kamu dengan menggunakan bagian buahnya.

8. Jangan menggigit kuku

8 Cara Alami ini Bisa Bikin Kuku Kamu Indah dan Sehat

(foto: unsplash/Bailey)

Kamu masih suka menggigit kuku? Yuk, hindari cara ini, jika kamu kepingin punya kuku yang indah. Ketika kamu menggigit kuku, tanpa sadar bakteri dan jamur bisa masuk ke celah kuku dan menyebabkan infeksi.

Karena area mulut kita, pastilah kotor karena adanya air liur dan enzim yang bisa merusak kulit. So, gantilah kebiasaan ini dengan kegiatan positif lainnya.

Nah, cara-cara tersebut tidaklah susah untuk dilakukan, bukan? Selamat merawat kuku kamu di rumah.