. 5 Grup K-Pop yang Awalnya Debut dengan Lebih Banyak Member |

kpop

5 Grup K-Pop yang Awalnya Debut dengan Lebih Banyak Member

By  | 

Bagi penggemar K-Pop mungkin sudah tidak asing lagi dengan proses perjalanan menjadi seorang idol. Mulai dari trainee bertahun-tahun sampai memulai debut dan melakukan promosi dengan grup masing-masing.

Biasanya grup K-Pop sudah bersama-sama semenjak latihan sebagai trainee di agensi perusahaan. Mereka saling mengetahui jatuh bangunnya kerja keras untuk menjadi seorang idol.

Tapi ternyata ada beberapa grup K-pop yang seharusnya debut dengan lebih banyak member tetapi malah menjadi seperti formasi yang kita ketahui saat ini. Beberapa trainee ada yang keluar dari agensi karena keputusan agensi atau keputusan dari trainee-nya itu sendiri.

Kira-kira grup K-pop mana saja kah yang seharusnya debut dengan lebih banyak member? Mari kita lihat daftar di bawah ini.

Baca: Bolbbalgan4 Bercerita Tentang Patah Hati di Single Terbaru My Trouble

1. BLACKPINK

5 Grup K-Pop yang Awalnya Debut dengan Lebih Banyak Member

(foto: pinterest/miyeon)

Awalnya sebelum debut BLACKPINK beranggotakan 5 orang, termasuk Miyeon. Miyeon telah menjadi trainee di YG Entertainment selama lima tahun dan dipersiapkan debut bersama Jennie, Rose, Lisa, dan Jisoo.

Kabarnya agensi menghapus Miyeon dari formasi BLACKPINK karena ia ketahuan berkencan dengan salah seorang kontestan “Mix & Match” yaitu Jung Jinhyung.

Memang, peraturan dalam agensi adalah seorang trainee dilarang untuk berpacaran selama masa latihan hingga beberapa tahun setelah debut. Hal tersebut membuat keputusan Miyeong untuk keluar dari agensi YG Entertainment.

Loading...

Walaupun Miyeon gagal untuk debut bersama Jisoo CS, namun akhirnya ia mendapat tawaran dari Cube Entertainment untuk bergabung bersama (G)I-DLE.

2. iKON

5 Grup K-Pop yang Awalnya Debut dengan Lebih Banyak Member

(foto: fyeahpentagon)

iKON yang sekarang kita kenal memiliki anggota 7 orang. Namun ternyata mereka memiliki 9 orang member sebelum debut.

Dalam ajang pencarian bakat “Mix & Match”, YG Entertainment memilih 9 orang trainee yang nantikan akan debut menjadi iKON dan salah bersaing satu sama lain untuk membuktikan siapa yang paling pantas untuk debut menjadi idol.

Salah satu pesertanya adalah Hongseok. Namun, saat final ternyata juri memutuskan untuk mengeliminasi Hongseok dari grup.

Hal itu membuat ia keluar dari agensi YG Entertainment dan bergabung bersama Cube Entertainment. Bersama Cube, akhirnya Hongseok debut dalam grup PENTAGON.

5 Grup K-Pop yang Awalnya Debut dengan Lebih Banyak Member

(foto: soompi)

Member lain yang seharusnya bergabung debut bersama iKON adalah Jung Jin Hyeong. YG Entertainment memutuskan untuk mengeluarkan Jinhyung dari grup karena menyalahi aturan sebagai seorang trainee.

Ia tertangkap basah memiliki hubungan spesial dengan Miyeon yaitu salah satu trainee yang awalnya dipersiapkan untuk debut bersama BLACKPINK.

Baca juga: WayV Grup Boy Terbaru SM Entertainment Asal Cina

3. EXO

5 Grup K-Pop yang Awalnya Debut dengan Lebih Banyak Member

(foto: pinterest/pbs.twimg)

EXO debut dengan 12 member yang dibagi menjadi dua subgrup, yaitu EXO-K dan EXO-M. Awalnya SM Entertainment merancang EXO debut dengan 13 anggota.

Jinho menjadi trainee SM setelah ia memenangkan kompetisi menyanyi pada 2008. Pada 2010 ia menjadi bagian dari SM The Ballad bersama Jay Kim TRAX, Jonghyun SHINee, dan Kyuhyun Super Junior.

Karena ia menjadi trainee yang paling dikenal dan memiliki progress yang sangat bagus, banyak yang mengharapkan ia akan menjadi member ke 13 EXO.

Namun, dengan alasan yang tidak diketahui, Jinho tidak ikut debut bersama EXO pada 2012. Karena ketidakpastiannya bersama SM Entertainment, akhirnya Jinho memutuskan untuk keluar dari SM. Cube Entertainment akhirnya merekrut Jinho untuk debut bersama PENTAGON.

5 Grup K-Pop yang Seharusnya Debut Dengan Lebih Banyak Member

(foto: allkpop)

Berbeda dengan Jinho yang memutuskan untuk keluar dari SM Entertainment, Johnny memilih tetap bersama SM. Johnny saat itu menjadi trainee pada 2008 dan berlatih bersama member EXO lainnya.

Ia diprediksi untuk menjadi member EXO ke 13 namun lagi-lagi tanpa alasan yang jelas Johnny tidak termasuk dalam lineup final EXO. Memilih setia bersama SM, Johnny akhirnya debut bersama NCT.

4. GFRIEND

5 Grup K-Pop yang Seharusnya Debut Dengan Lebih Banyak Member

(foto: allkpop)

Awalnya GFRIEND dipersiapkan untuk debut beranggotakan 7 member termasuk Jenny dan Yang Yoojin. Sebenarnya Jenny dan Yoojin adalah member “visual” dari GFRIEND.

Jenny memutuskan untuk keluar dari Source Music dan meninggalkan grup trainee-nya sesaat sebelum GFRIEND siap untuk debut. Jenny memutuskan untuk bergabung bersama MBK Entertainment dan debut bersama DIA.

5 Grup K-Pop yang Seharusnya Debut Dengan Lebih Banyak Member

(foto: twitter)

Sedangkan Yang Yoojing tidak memiliki alasan yang jelas mengapa ia memutuskan untuk keluar sesaat sebelum GFRIEND debut.

Semenjak keputusannya untuk keluar dari agensi, Yoojing bergabung bersama grup bernama “Heart” dan debut pada 2016.

Baca juga: 10 Grup Boyband K-Pop yang Akan Debut Tahun 2019

5. BIGBANG

5 Grup K-Pop Yang Awalnya Debut Dengan Lebih Banyak Member

(foto: pinterest/jageun)

BIGBANG yang saat ini kita kenal beranggotakan G-Dragon, T.O.P, Taeyang, Seungri, dan Daesung. Namun ternyata awalnya mereka direncanakan untuk debut dalam 6 formasi. Member ke 6 BIGBANG adalah Hyunseung.

Hyunseung menghabiskan saat-saat latihannya bersama lima member BIGBANG lainnya. Namun sesaat sebelum debut, Hyunseung gagal menjadi member BIGBANG dan debut bersama mereka.

Melalui video dokumentar prebut BIGBANG diketahui alasan YG mengeliminasi Hyunseung dari grup karena ekspresi dan stage act Hyunseung yang saat itu belum cukup berkembang.

Akhirnya Hyunseung memutuskan untuk bergabung dalam Cube Entertainment dan melakukan debut bersama BEAST.

Baca juga: Ada Jennie, Exo dan Twice, Ini 10 Lagu Korea Terbaru & Populer Januari 2019

Walaupun para trainee telah berlatih sekuat tenaga selama bertahun-tahun bersama suatu agensi namun tidak menutup kemungkinan ia akan melakukan debut di agensi berbeda.

Hal itu tentu saja membuat trainee merasa kecewa, namun mereka bisa mengubah rasa kecewa itu menjadi sebuah semangat yang akhirnya membawa mereka kesebuah kesuksesan.

Karena kesuksesan tidak hanya ada di satu pintu, jadi mari kita berjuang pantang menyerah seperti para trainee di atas. Semangat!

Loading...