lifestyle

4 Bahan Alami Ini Bisa Buat Rambut Kamu Lembut & Mudah Diatur

By  | 

Setiap orang pastinya menginginkan rambut yang lembut dan mudah diatur ya karena akan terlihat lebih indah.

Tapi banyak orang yang belum tau bagaimana cara mendapatkan rambut yang lembut dan mudah diatur ini.

Jika kamu menganggap bahwa harus merogoh kantong dalam-dalam, kamu salah nih karena hanya dengan bahan alami dan tentunya biaya yang terjangkau, kamu udah bisa kok mendapatkan rambut yang lembut dan pastinya mudah diatur.

Dilansir dari Style Craze, yuk langsung aja dilihat apa aja sih bahan-bahan alaminya.

Baca juga: 6 Cara Gampang Mengatasi Friendzone, Jangan Terlalu Baik & Jangan Baper

1. Aloe vera

Rambut Lembut dan Mudah Diatur Hanya dengan 4 Bahan Alami Ini

(foto: pexels/ellehughes)

Kamu pasti udah tau ya kalau sejak dulu, aloe vera ini dikenal memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh, kulit dan juga rambut.

Jadi gak heran deh kalau sampai sekarang aloe vera menjadi bahan alami yang paling banyak digunakan untuk produk kecantikan.

Untuk melembutkan rambut, kamu hanya memerlukan aloe vera, air bersih dan botol spray yang sudah tidak terpakai.

Pertama, haluskan gel aloe vera dengan menggunakan blender, tambahkan air secukupnya dan tuangkan ke dalam botol spray. Kocok hingga tercampur rata.

Setelah selesai, semprotkan pada rambut dan biarkan tanpa di bilas. Gunakan 3 hingga 4 kali dalam seminggu.

2. Telur

Rambut Lembut dan Mudah Diatur Hanya dengan 4 Bahan Alami Ini

(foto: pixabay)

Telur juga memiliki manfaat yang sangat baik untuk rambut karena kandungan proteinnya yang tinggi sehingga bisa menutrisi, melembutkan dan membuat rambut lebih berkilau.

Telur biasanya digunakan sebagai masker rambut, karena dengan masker telur ini rambut menjadi lebih mudah diatur, tidak kusam dan memperkuat akar rambut.

Bahan yang diperlukan adalah 1 butir telur, 1 sendok makan minyak zaitun dan 1 sendok makan madu murni.

Campur semua bahan ke dalam wadah dan aduk hingga tercampur rata. Oleskan masker ini dari kulit kepalamu hingga ke ujung rambut, diamkan selama 30 menit.

Setelah itu, cucilah rambut dengan shampo hingga bersih dan jangan lupa gunakan kondisioner juga agar rambut lebih lembut lagi.

Ulangi 2 kali dalam seminggu ya agar hasil yang kamu dapatkan lebih optimal.

Baca juga: Jaga Kesehatan Penglihatan, 5 Cara Mudah Ini Bisa Segarkan Mata

3. Minyak kelapa

Rambut Lembut dan Mudah Diatur Hanya dengan 4 Bahan Alami Ini

(foto: pexels/visionpicnet)

Minyak kelapa juga menjadi salah satu bahan alami yang biasa digunakan dalam produk perawatan rambut karena manfaatnya yang bisa membuat rambut lebih lembut dan mudah diatur.

Caranya sangat mudah, kamu hanya perlu menghangatkan minyak kelapa sekitar 2 hingga 3 sendok makan (atau bisa disesuaikan dengan panjang rambutmu).

Hangatkan selama beberapa saat dan usapkan dari kulit kepala hingga ujung rambut. Pijat kulit kepala selama 15 menit. Setelah itu diamkan minyak pada rambut selama 30 menit.

Saat didiamkan, gunakanlah handuk panas untuk menutupi kepala dan rambut. Dan yang terakhir basuh rambut dengan shampo dan kondisioner.

Untuk kamu yang punya masalah dengan ketombe dan gatal-gatal, bisa banget melakukan treatment ini karena minyak kelapa juga dikenal untuk mengatasi ketombe.

Sedangkan memijat kulit kepala bisa merangsang pertumbuhan rambut.

4. Cuka apel

Rambut Lembut dan Mudah Diatur Hanya dengan 4 Bahan Alami Ini

(foto: unsplash/ryanthorpe)

Dan bahan alami yang terakhir adalah cuka apel. Memang sih cuka apel memiliki aroma yang khas sehingga beberapa orang tidak mau menggunakan cuka apel.

Padahal banyak sekali manfaat cuka apel untuk rambut, seperti menghilangkan kotoran dan minyak, membuat rambut terasa lebih lembut dan halus sehingga lebih mudah diatur.

Bahan yang kamu perlukan hanya 2 yaitu 1 sendok makan cuka apel dan 1 gelas air (sesuai dengan panjang rambutmu) dan campurkan kedua bahan.

Berbeda dari perawatan yang sebelumnya, saat menggunakan cuka apel ini terlebih dahulu kamu harus mencuci rambut dengan shampo.

Setelah itu oleskan campuran cuka apel dan air ke rambut, biarkan mengering dan jangan dibilas. Lakukan cara ini seminggu sekali.

Ternyata untuk mendapatkan rambut lembut mudah banget ya, kamu hanya perlu menggunakan salah satu bahan alami diatas. Selain mudah ditemukan bahan alami tersebut juga harganya terjangkau banget.