. 10 Tempat Wisata Finlandia, Tawarkan Keindahan Alam Berbalut Sejarah

travel

10 Tempat Wisata Finlandia, Tawarkan Keindahan Alam Berbalut Sejarah

By  | 

Masyarakat Finlandia disebut sebagai yang paling bahagia di dunia. Menikmati liburan di kota bernuansa romantis ini, mungkin kamu juga dapat menemukan kebahagiaan yang berharga dari liburanmu. Sebagai negara ke-delapan terbesar di Eropa, ternyata Finlandia memiliki jumlah kependuduk terendah di Uni Eropa.

Negara Nordik ini beribukota di Helsinki. Keindahan alam Finlandia dibuktikan dari negerinya yang disebut memiliki ribuan danau dan pulau.

Selain itu, hutan-hutan lebat seperti pinus juga tumbuh subur di sini. Membuat negara ini memiliki alam dengan perpaduan hijau dan biru yang memukau. Kecantikan alamnya ini sangat terawat, seakan sedikit sekali tersentuh tangan manusia.

Finlandia juga punya banyak kota-kota indah. Bangunan-bangunan tradisional yang banyak terbuat dari kayu, membuat negara ini semakin cantik sekaligus romantis.

Bangunan bersejarah banyak berdiri masih kokoh, menariknya bangunan-bangunan ini banyak yang menyerupai kastil di negeri dongeng.

Sebagai negara dingin Finlandia juga memiliki banyak destinasi wisata musim salju yang memikat. Sehingga, akan cocok sekali untuk kamu yang ingin berlibur untuk menikmati musim dingin dengan pengalaman berkesan yang tak terlupakan.

Berbicara mengenai destinasi wisata di Finlandia, memang tak akan pernah ada habisnya. Ragam keunikan wisata dapat dengan mudah kamu pilih di sini. Namun, setidaknya berikutlah 10 destinasi wisata terbaik di Finlandia.

Yuk, temukan hangatnya musim panas serta nikmati udara dingin yang menantang di Finlandia, untuk dapatkan pengalaman liburan yang berbeda.

Baca juga: 10 Tempat Wisata Menarik di Mongolia, Keindahannya Buat Lupa Diri

1. Mengunjungi benteng berbentuk unik di atas air, Suomenlinna

10 Tempat Wisata Finlandia, Tawarkan Keindahan Alam Berbalut Sejarah

(foto: instagram/ euroventure)

Finlandia punya benteng yang besar dengan bentuk yang tidak biasa. Namanya benteng Suomenlinna. Benteng Suomenlinna berada di luar Kota Helsinki. Benteng ini sudah berdiri sejak tahun 1748.  Menariknya, benteng ini berada di sekelompok pulau.

Benteng yang dibangun pada era Swedia ini, berfungsi sebagai benteng maritime sekaligus markas armada kepulauan. Benteng ini dahlunya melindungi tiga negara berdaulat yang berbeda. Yakni Kerajaan Swedia, Kekaisaran Rusia, dan Republik Finlandia.

Benteng yang juga punya nama lain Sveaborg ini, tersebar dalam 6 pulau yang berbeda. Awalnya, Swedia membangun benteng-benteng ini di Pulau Susiluodot yang berada di dekat pelabuhan Helsinki.

Untuk dapat merampungkan benteng yang amat luas ini, dibutuhkan waktu yang sangat lama. Yakni kurang lebih 40 tahun.

Perang yang terjadi di antara ketiga negara tersebut, menyebabkan kepemilian Benteng Soumenlinna ini terus berpindah-pindah tangan. Saat kepemilikan Rusia, mereka menambah luas benteng dengan membangun barak dan gereja ortodoks.

Benteng ini sempat mengalami banyak kerusakan parah. Sebelum akhirnya jatuh ke tangan Finlandia dan begitulah kemudian benteng ini dikenal dengan Soumenlinna yang artinya Kastil Finlandia. Soumenlinna kini sudah dimasukkan ke dalam salah satu daftar warisan dunia menurut UNESCO.

Tak hanya bernilai sejarah, benteng Soumenlinna ini dikelilingi dengan panorama alam yang memukai. Hijau rerumputan menyelimuti pulau-pulaunya.

Benteng dikelilingi dengan tembok yang terbuat dari batu yang panjangnya enam kilometer dan memanjang melewati enam pulau. Untuk dapat mencapi benteng ini, kamu hanya bisa mangakses perjalanannya melalui jalur air.

2. Cari tahu bentuk bangunan tradisional Finlandia di Seurasaari

Seurasaari Finlandia

(foto: instagram/alex_and_vern)

Seurasari merupakan satu dari banyaknya pulau yang ada di Finlandia. untuk mencapai pulau ini kamu menempuhnya dengan hanya berjalan kaki menyebrangi jembatan kayu. Begitu selesai menyebrangi jembatan ini, kamu seakan di bawa ke dunia yang berbeda saat mulai menginjak kaki di Seurassari.

Suasana alamnya yang masih sangat alami, jauh dari unsur perkotaan yang ramai, membuat kamu seakan menemukan surga ketenangan di destinasi wisata satu ini. Sensasi berada di sini, membuatmu merasa sudah berada sangat jauh dari Kota Helsinki yang punya tampilan yang jauh berbeda dari Seurassari.

Loading...

Seurassari ini sebenarnya adalah bagian dari salah satu taman nasional yang ada di Finlandia. Kawasan ini menyerupai sebuah museum di alam terbuka yang menyajikan deretan rumah-rumah pertanian kayu yang sudah berusia tua dan sebuah gereja tua yang masih berdiri di sini.

Bangunan-bangunan tua banyak tersebar di museum yang berupa hutan ini. Datang ke sini, kamu juga akan diperkenalkan dengan tradisi kehidupan masyarakat  Finlandia di masa lampau. Berbagai saat yang paling menyenangkan untuk berkunjung ke Seurassari adalah ketika musim panas.

Pada musim ini, ada banyak aktivitas tradisional masyarakat yang dilakukan. Di antaranya menyalakan api unggun, melakukan pengibaran bendera, hingga banyak pertunjukkan-pertunjukkan tari.

Jika kamu ingin menikmati keindahan alam pulau ini, kamu bisa berjalan ke arah sebelah selatan Seurassari. Di lokasi ini terdapat jalan setapak yang biasa kamu gunakan untuk mengelilingi keseluruhan pulau kecil ini.

Pesona alam yang dipertontonkan di sini, akan membuatmu lupa bahwa kamu sudah menghabiskan waktu kurang lebih satu jam, untuk dapat menyusuri jalan setapak dalam mengelilingi pulau ini. Di pulau ini, juga kamu akan bertemu beberapa hewan liar seperti tupai dan burung pelatuk.

Setelah asyik berkeliling pulau, kamu bisa menuju kafe paling hits yang letaknya berada di seberang pulau. Kafe ini, berada di sebuah penginapan yang terkenal akan keindahan serta keunikan derkorasi dalam penginapannya, yang seperti rumah-rumah dalam cerita negeri ajaib Alice in Wonderland.

3. Rekreasi ke kastil salju yang megah, Kastil Salju Kemi

Kastil Salju Kemi Finlandia

(foto: instagram/tanjagorbatschow)

Di dunia banyak kastil yang sengaja dibuat dari salju. Salah satu yang terbesar, ada Kota Kemi, Finlandia. Yaitu Kastil Salju Kemi. Kastil ini mulai didirikan pada tahun 1996. Dimana saat itu, daya tarik wisatanya mampu mengundang 300.000 pengunjung untuk menikmati keiwtimewaan bangunan kastil salju besar ini.

Tentunya, benteng ini hanya dapat kamu datangi setiap musim dingin saja. Arsitektur dari benteng-benteng yang berada di Kemi ini memiliki luas dan tinggi yang berbeda-beda. Keluasannya ada yang bisa mencapai 12.000 hingga 20.000 meter persegi.

Selain itu terdapat juga bangunan menara-menara. Menara paling tinggi, mencapai 20.000 meter. Sementara itu yang terenadah 1000 meter. Menara ini, memiliki tiga jenis ruangan yang berbeda.

Selain memasuki kastil-kastil sajau, di dalam kawasan ini kamu juga akan menemukan tempat penginapan, kafe dan restoran, hingga sebuah galeri seni. Di sini juga terdapat kapel. Yang bisa ramai kunjungi oleh pengunjung yang datang untuk dibaptis.

Pengunjung yang datang ke sini juga ada yang menggunakan kastil ini sebagai tempat memberlangsungkan pernikahan. Kamu juga bisa coba berbulan madu di sini. merasakan, sensasi menginap yang berbeda dan berkesan. Saat musim semi tiba, biasanya batang-batang es ini akan mulai mencair.

Lalu, saat musim dingin tiba lagi, kastil-kastil es akan dibangun lagi. Setiap tahun gaya arsitektur bentuk bangunan kastil ini pun berubah-ubah. Namun, pada tahun 2019 lalu, Kastil Salju Kemi memnciptakan bangunan kastil salju ini tetap awet dalam sepanjang tahun.

4. Berfoto dengan latar bangunan ala Hogwarts, Kastil Olavinlinna

Olavinlinna Castle Finlandia

(foto: instagram/irenadiakova)

Kastil Olavinlinna  adalah kastil di Finlandia pertama yang dibangun di era senjata api. Letak kastil ini, berada di hutan belantara di Karelia Utara. Kastil ini berada di sebuah pulau yang letaknya di atas danau. Pengerjaan bangunannya, sudah dimulai sejak tahun 1475 di bawah pengawasan pemerintahan Swedia.

Letak kastil tepatnya Kyrönsalmi, berada di titik sempit antara danau besar, yakni Haukivesi dan Pihlajavesi. Di lokasi kastil ini berkembang sebuah kota yaitu Kota Savonlinna.

Pendiri Kastil Olavinlinna ini merupakan seoran kelahiran Denmark, bernama Ksatria Erick Axelsson. Dimana dalam pendiriannya tersebut, Erick berprinsip bahwa benteng yang kuat harus dibangun, sebagai perlindungan dari wilayah Savo.

Panorama dari Kastil Olavilinlinna ini memang tampak menagumkan dan begitu terkenal di Finlandia. Meskipun, sebenarnya banyak sekali kastil-kastil peninggalan masa silam di negara ini. Kastil ini berdiri di atas bebatuan curam.

Jika dilihat dari kejauhan, kastil nampak seperti mengapung di atas danau biru yang jernih. Seperti lukisan di negeri dongeng atau seperti bangunan sekolah Hogwarts yang ada di Harry Potter.

Bangunan kastil ini memiliki tiga menara dengan dinding melingkar yang menjadi penghubung di antara menara-menara ini.  Bangunan kokoh ini, butuh waktu yang sangat lama untuk pengerjaannya. Bangunan utamanya saja, menghabiskan waktu 10 tahun hingga perampungannya.

Setelah itu, dibangunlah bangunan yang disebut Bailey. Bailey memiliki dua buah menara yang pembangunannya selesai sekitar abad ke-15. Saat itu, kastil nampak menjadi yang paling modern di antara kastil lainnya, karena dinding melingkarnya yang menjulang tinggi.

Dahulunya, kastil ini hanya digunakan sebagai gudang pembuatan dan penyimpanan senjata. Namun, keeksotisan kawasan kastil ini mampu mengundang banyak pasang mata pelancong untuk berwisata ke sini. Bahkan, pada tahun 1912, kastil ini digunakan sebagai tempat berlangsungnya serangkaian Festival Opera Savolinna.

5. Berkunjung ke danau cantik dengan banyak pulau-pulau kecil, Danau Saimaa

Danau Saimaa Finlandia

(foto: instagram/laurasarikka)

Finlandia merupakan salah satu negara yang punya banyak kenampakan alam yang eksotis. Salah satu buktinya, bisa kamu lihat dari panorama Danau Saimaa.

Danau sangat luas, serta pulau-pulau kecil yang nampak diselimuti hijau rerumputan serta beberapa pepohonan hijau yang didominasi oleh pohon cemara, terlihat begitu subur dan segar dipandang mata. Hijaunya pula-pulau kecil tersebut berpadu dengan air danau nan jernih yang menambah kecantikan Danau Saimaa.

Luas Danau Saimaa mencapai 4.400 meter persegi. Dengan luas tersebut, Danau Saimaa ditetapkan sebagai danu terbesar ke-4 di Eropa. kamu bisa mengunjungi danau ini di Finlandia bagian tenggara.

Danau Saimaa ini memiliki volume air 36 kilometer kubik, dimana sumber airnya berasal dari aliran Sungai Vuoksi serta Sungai Terusan Saimaa. Di antara pula-pulau kecil tersebut terdapat kanal kecil yang dapat membagi danau menjadi beberapa bagian.

Uniknya, again yang terpisah ini memiliki nama-nama tersendiri. Yakni ada Suur Saimaa, Orivesi, Puruvesi, Haukivesi, Yovesi, Pihlajavesi, dan Pyhaselka. Sementara itu, Kanal Suur dapat terhubung dengan Teluk Finlandia. Kanal-kanal ini jugalah yang biasanya banyak dimanfaatkan sebagai tujuan wisata.

Kumpulan pulau-pulau kecil di Danau Saimaa ini disebut dengan Lakeland. Pulau yang ditumbuhi hutan lebat ini, terkenal sebagai tanah subur bagi para petani. Di sini, terdapat saluran air yang berliku-liku. Kamu bisa mengunjungi pulau ini dengan menggunakan kayak.

Lalu coba jajal aktivitas trakking di hutan ini. Wilayah ini, dahulunya terkenal akan sejarah banyaknya kapal uang yang berlayar di sini sebelum ada mobil. Namun, semakin lama kapal-kapal uap itu sudah sulit ditemukan.

Danau serta Sungai di Finlanadia terkenal akan airnya yang masih sangat bersih. Bahkan, disebut sebagai sumber air minum terbaik di dunia.

Baca juga: Intip Eksotisme Kyrgyzstan Melalui 10 Wisata Unggulannya

6. Bermain di peternakan Finlandia di musim dingin, Reindeer Farm Petri Mattus

Reindeer Farm Petri Mattus Finlandia

(foto: instagram/visitrovaniemi)

Mengunjungi Finlandia jangan lupa datang ke Lapland. Provinsi satu ini, menyimpan banyak destinasi wisata menarik, dari kota-kota yang cantik, yang buat kamu juga akan mengenal lebih dekat kehidupan masyarakat Finlandia. Salah satunya, kehidupan peternakan Finlandia.

Kamu bisa menikmati destinasi wisata peternakan ala Finlandia tersebut di Reindeer Farm Petri Mattus. Reinderr Farm Petri Matrus ini, merupakan peternakan rusa. Dimana, pemiliknya bernama Petri Matrus.

Lokasi perternakan ini berada di sebuah desa bernama Menesjärvi yang letaknya berada di antara Taman Nasional Lemmenjoki dan daerah hutan belantara Hammastunturi.

Di sini terdapat banyak rusa yang dibiarkan berkeliaran bebas. Banyak aktivitas seru bersama rusa yang dapat kamu lakukan juga. Di antaranya kamu bisa mencoba profesi sebagai penggembala rusa. Saat musim dingin, kamu bisa menemani penggembala untuk memberi makan pada sekawanan rusa.

Selain rusa, peternakan ini juga memelihara sapi. Saat musim semi, kamu bisa melihat bagaimana sapi-sapi tersebut baru saja melahirkan dan menghasilkan anak-anak sapi yang menggemaskan.

Aktivitas seru lainnya yang tak kalah seru adalah, perjalanan menaiki kereta luncur salju.  Kereta ini ditarik oleh rusa. Selama perjalanan, kamu akan diceritakan banyak perbincangan menarik seperti bagaimana menggembala rusa, keistimewaan budaya Suku Sami, hingga mengenal lebih jauh mengania bagaimana gaya hidup di kutub utara.

Di kereta salju ini, kamu juga bisa menikmati kopi panas yang diseduh dengan cara tradisional. Hewan rusa yang memang dikenal jinak, akan dengan mudahnya kamu ajak untuk berfoto.

7. Bertamu ke kampung halaman Santa Claus, di Desa Santa Claus

Desa Santa Clause Finlandia

(foto: instagram/ rcieurope)

Destinasi wisata lainnya yang tak boleh kamu lewatkan ketika singgah di Provinsi Lapland, Finlandia adalah Desa Santa Claus.  Terletak di sebelah utara Rovaniemi, Desa Santa Claus merupakan taman hiburan anak-anak yang selalu ramai dikunjungi ketika musim liburan tiba.

Berkunjung ke desa ini, kamu akan merasakan nuansa natal yang serba putih atau White Christmas. Dikarenakan, desa ini diselimuti oleh salju. Menginap di desa ini, akan membuat perayaan natalmu semakin berkesan. Banyak rumah-rumah warga yang disewakan di sini.

Kamu bisa memlih di antara salah satunya lalu menghias pohon natal yang sudah disediakan, meletakannya di dekat jendela, sehingga pemandangan pohon cemara dengan tumpukkan salju di sampingnya akan semakin indah.

Di desa ini juga tentunya terdapat sinter claus. Biasanya, mereka akan memberi hadia natal juga. Selain itu, bermain salju di destinasi wisata satu ini, juga menjadi salah satu aktivitas yang tak boleh kamu lewatkan. Sinter Claus yang ada di sini dianggap sebagai sinter clause sungguhan.

Mereka bahkan menerima banyak permintaan kado ketika natal tiba. Setiap harinya, mereka juga mendapatka ribuan surat yang dikirimkan dari seluruh penjuru dunia. Saat musim dingin tiba, kamu bisa bermain salju di Santa’s Ice Park atau coba berkeliling area pedesaan dengan menggunakan kereta salju.

Desa Santa Claus ini hanya berjarak 8 kilometer saja dari pusat kota.  Atraksi andalan desa ini, yakni bertemu santa, dapat dilakukan di Santa’s Office. Rumah Santa Clause ini, berbahan kayu. Setiap harinya ratusan anak mengantri untuk dapat bertemu santa.

Di sini kamu bisa berbincang dengan santa, hingga berfoto dengan santa. Karena begitu banyaknya surat yang datang untuk santa, desa ini bahkan punya kantor pos khusus, yang isinya merupakan surat-surat hanya ditujukan untuk Santa Clause.

Di desa ini juga terdapat sebuah fenomena alam menarik yang jarang terjadi. Yakni, kenampakan Aurora Borealis. Ya, Rovaniemi merupakah salah satu wilayah di Finlandia yang seringkali menampakan keindahan fenomena Aurora Borealis, yang cukup intens menghiasi langit malam kota ini.

Selain penginapan rumah warga, di sini juga terdapan penginapan berbentuk seprti rumah pohon. Kamu juga bisa banyak belaja cara hidup manusia di kutub utara, dengan mendatangi Arctic Science Center and Museum.

8. Menyusuri tatanan kota nan instagrammable di Old Porvoo

Old Porvoo Finlandia

(foto: instagram/namastediary)

Jika kamu penyuka wisata berjalan kaki, menyusuri setiap sudut kota yang cantik, Kota Porvoo atau yang dikenal juga dengan sebutan Old Porvoo adalah jawabannya.  Menariknya, kota ini berdiri di tepi Sungai, yaitu Sungai Merah.

Barisan rumah merah kayu Porvoo, menjadi ikon kota yang sekaligus mengabadikan nilai sejarah perdagangan di kota ini. Kota tua Ini menyimpan banyak variasi bangunan antik serta romantis, hingga bangunan canggih dan modern.

Bangunan tua lainnya yang paling terkenal berada di pusat kota, yaitu Katredal Porvoo. Orang-orang banyak berdatang ke sini untuk berbelanja souvenir hingga menikmati kuliner Finlandia.

Porvoo memiliki beberapa pembuat cokelat terkenal seperti Pieni Suklaatehdas dan Brunberg’s Chocolate Factory, yang juga memiliki toko di Old Porvoo.

Kota ini, hanya berjarak 50 kilometer saja dari Helsinki. Kamu bisa menggunakan kapal uap ketika berkunjung ke sini. Sesampainya di kota ini, kamu akan disambut dengan barisan rumah merah yang dulunya gudang tempat penyimpanan barang dagang.

Gudang-gudang ini dicat, untuk mempercantik bangunan, selain itu oker merah juga dapat melindungi rumah tepi sungai yang terbuat dari kayu tersebut dari panasnya sinar matahari.  Awalnya, gudang-gudang pencatan bangunan gudang sebagai penghormatan atas kedatangan Gustav III, yang merupakan Raja Swedia.

Keindahan Old Porvoo mampu menyihir banyak fotografer dunia untuk mengabadikan penampilan kota yang masih banyak mempertahankan unsur tradisonalnya ini. Bahkan, jalan yang akan kamu lalui di kota ini, masih merupakan jalan berbatu-batu.

Memasuki semakin dalam kota ini, kamu akan diajak menyusuri kota dengan bentuk bangunan tradisional Finlandia, yang dicat warna-warni cantik. Di pusat kotanya, kamu akan menemukan Holm House. Tempat ini biasa mengadakan pameran musiman.

Selain itu juga memliki banyak bunga indah yang tumbuh di pekarangannya. Statsiun Kereta Lama juga jadi destinasi favorit yang harus kamu kunjungi di sini. Area ini, terdiri dari toko perangkat keras, tukang melapis kain, penjual besi, hingga galeri seni dan kafe musim panas.

9. Berdoa di gereja bak istana negeri dongeng, Uspenski Cathedral

Uspenski Cathedral Finlandia

(foto: instagram/imnotflyingyoureflying)

Katedral Uspenski merupakan salah satu katerdral yang terkenal karena bangunannya yang indah bak istana di negeri dongeng. Katedral ini merupakan katedral ortodoks Rusia yang terletak di semenanjung Katajanokka, Helsinki.

Gereja ini merupakan yang terbesar di Eropa Barat. Gereja yang kira-kira dibangun sekitar tahun 1862 hingga 1868 ini, dirancang oleh seorang arsitektur bernama  Gonostajev.

Batu bata berwarna merah yang merupakan bahan yang digunakan untuk pendirian gereja ini, disebut berasal dari Benteng Bomarsund di Aland yang telah hancur pada masa Perang Kirimea di tahun 1854.

Saat ini, gereja ini memiliki 60.000 anggota dan merupakan bagian dari Partiarkat Ortodoks Ekumenis yang berpusat di konstatinopel.

Tampilan luar dari gereja memang tidak memiliki desain rumit dengan ukiran dan semacamnya. Namun, justru daya tarik bata merah dari bangunannya, memberikan kesan tersendiri yang membuatnya tetap menarik untuk dilihat.

Dinding bata mera tua serta kubah hijau yang yang berlapis emas di atasnya, menjadikan gereja ini terlihat menawan. Kubah pada gereja ini terdiri dari 13 buah. Dimana, dalam kepercayaan mereka, kubah tersebut mewakili Kristus dan kedua belas rasul.

Kubah-kubah bangunan gereja tersebut disangga oleh empat pilar granit monolitik yang tinggi menjulang. Jika kamu masuk ke dalam katedral, kamu akan menemukan  tampilam ikon yang kaya serta daya tarik gereja khas ortodoks lainnya.

Du dalam gereja juga dipasang koleksi seni dari bang antic yang dinilai berharga dari abad ke-19 yang disebut dengan The Wonder Worker. Pajangan ini nampak indah juga memiliki nilai tinggi. Bahkah, dua di antaranya dikabarkan telah dicuri.

Gereda ini letaknya di sebuah lereng perbukitam. Sehingga, ketika kamu berada di sini kamu bisa melihat indahnya Kota Helsinki hinggan Pelabuhan Selatan yang nampak indah dari sini. katedral ini diperkirakan menerima setengah juta kunjungan setiap tahunnya.

Tak hanya untuk beribadah, gereja ini juga beberapa kali dijadikan sebagi tempat penyelenggaraan konser. Sementara itu, Festival gereja praasniekka selalu diadakan setiap tahunnya yang setiap tangal 15 Agustus.

10. Berkunjung ke mercusuar di kota kecil di atas air, Mercusuar Bengtskar

Mercusuar Bengtskar Finlandia

(foto: instagram/bumajni_samolet)

Finlandia juga punya beberapa mercusuar. Namun, mercusuar yang dianggap paling menyita perhatian masyarakatnya hingga wisatawan, adalah Mercusuar Bengtskar. Mercusuar Bengtskär berdiri menjulang hingga ketinggian 52 kilometer.

Mercusuar terletak di sebuah pulau karang kecil. Tepatnya, mercusuar ini berada di atas permukaan Sungai Aurajoki, yakni bagian sebelah barat Finlandia di Kota Kimitoon. Kota Kimitoon sendiri merupakan kota tertua yang di negara Finlandia.

Usia mercusuar ini bahkan diperkirakan sudah mencapai 100 tahun. Mercusuar ini menjadi saksi bisu, sebagai pengarah di daerah perairan Finlandia tersebut, dari masa Perang Dunia II hingga sekarang. Mercusuar Bengkstar merupakan mercusuar tertinggi, yang ada di negara Nordic.

Bagian dalam mercusuar ini di ruangan pertaa terdapat toko kecil. Beberapa souvenir, mulai dari kaos, buku, jaket, serta aksesoris lainnya dijual di sini dalam berbagai ukuran. Di ruangan ini, kamu juga bisa menyesap minuman hangat seperti kopi atau teh.

Ruangan selanjutnya yang akan kamu masuki, adalah ruangan keluarga dari penjaga mercusuar. Di sini, kamu akan disuguhi dengan sup panas diserta roti gandum khas Finlandia. Serta ilmu bagaimana cara mengelola mercusuar.  Selanjutnya, barulah kamu akan dijak ke puncak mercusuar atau yang disebut sebagai ruang reflktor.

Untuk mencapai puncaknya tersebut, sebuah tangga spiral harus kamu naikki, jumlah anak tangga ini adalah 252.  Sementara itu, pemandangan dari dalam menara di sisi-sisinya, sudah dapat kamun lihat melalui enam jendela terpisah.

Lokasinya yang berada di pulau karang, dengan banyaknya bebatuan karang berwarna putih yang tersebar menambah kecantikan bangunan mercusuar ini. Banyak pengunjung yang datang untuk sekadar berfoto. Baik untuk di sosial media maupun untuk dijadikan latar foto pra wedding.

Kamu juga akan mendapatkan banyak ilmu pengetahuan mengenai sejarah pulau ini, yang biasanya di ceritakan oleh pemandu wisata di pulau mercusuar ini, sambil duduk-duduk di bebatuan karang.

Itulah dia 10 Destinasi Wisata Finlandia yang begitu banyak memilki daya tarik, temukanlah kebahagianmu, di negara paling bahagia di dunia ini.