. My Name is Kim Bok Dong, Ketika Ketidakadilan Harus Ditegakkan

film

My Name is Kim Bok Dong, Ketika Ketidakadilan Harus Ditegakkan

By  | 

Perbudakan pada masa Perang Dunia ke II menjadi hal yang tidak bisa dihilangkan. Korban-korban wanita yang dipaksa menjadi Budak Seksual oleh bangsa Jepang tidak bisa lepas dari bayang kelam masa itu.

Termasuk Kim Bok Dong. Seorang wanita yang menjadi korban perbudakan seksual yang mengharapkan keadilan. Kisah hidup dan perjuangannya tertuang dalam film dokumenter yang berjudul My name is Kim Bok Dong.

Menceritakan tentang Kim Bok Dong yang melaporkan dirinya sebagai korban dari perbudakan seksual tentara Jepang semasa perang dunia ke 2.

Pertentangan dalam dirinya memuncak karena Kim Bok Dong mengharapkan keadilan. Dan menginginkan Pemerintahan Jepang meminta maaf atas perbuatan pasukannya. Sehingga pada tahun 1992. Dia bertekad untuk menuntut keadilan.

Loading...

Baca juga: Bring The Soul: The Movie, Mengenal Lebih Dekat BTS Melalui Film Dokumenter

Perjuangannya tidak mudah. Penolakan Pemerintahan Jepang untuk bertanggung jawab dan meminta maaf kepada Kim Bok Dong menyebabkan aksi demontrasi di Korea.

Menuntut Pemerintahan Jepang melalui perwakilannya yaitu Perdana Menteri Jepang, ShinZo Abe untuk menyelesaikan dan mendukung Hak asasi wanita terutama kasus Kim Bok Dong ini.

My Name is Kim Bok Dong, Ketika Ketidakadilan Harus Ditegakkan

(foto: hancinema)

Aksi demontrasi tentang kasus Kim Bong Dong ini ternyata menyita perhatian seluruh dunia. Dukungan demi dukungan ditunjukan oleh para wanita untuk menegakkan keadilan bagi Kim Bok Dong.

Termasuk penduduk Jepang sendiri yang ikut berdemo membela keadilan Kim Bok Dong kepada pemerintahan Jepang.

Sampai pada akhirnya di tahun 2011, untuk memperingati demonstrasi untuk Kim Bok Dong dibangun patung seorang gadis yang duduk dikursi dengan tidak beralaskan kaki. Disimpan di depan kedubes Jepang sebagai simbolis seluruh korban perbudakan seks dari Korea.

Baca juga: To Kill Alice, Perjalanan Wisata Ke Korea Utara yang Berujung Malapetaka

Kisah ini telah menjadi rahasia umum yang tidak akan terlupakan, terutama bagi bangsa Korea. Berlatar tersebut, Mendorong Song Won Geun I membuat film ini dengan harapan penontonnya tidak melupakan sejarah dan bisa memetik hikmah dari kisah Kim Bok Dong.

Dinarasikan oleh Han Ji Min, My name is Kim Bok Dong, yang berdurasi 101 menit ini akan rilis di Korea Selatan pada tanggal 8 Agustus 2019 ini.

Loading...