Uncategorized

14 Manfaat Kencur, Meningkatkan Nafsu Makan & Sumber Energi

Penulis:   | 

Manfaat kencur kerap digunakan sebagai bumbu rempah untuk melezatkan masakan. Rempah ini bisa ditambahkan ke dalam jenis masakan, sebut saja seblak.

Makanan khas Bandung ini memiliki cita rasa luar biasa, dengan aroma kencur yang cukup kentara.

Kencur merupakan salah satu jenis tanaman rimpang yang berasal dari Malaysia, Cina, Myanmar, Indonesia, dan Thailand. Di Asia, ia dikenal sebagai bumbu dapur dengan rasa yang cukup unik dan menarik.

Tidak hanya sebagai bumbu masakan, manfaat kencur ternyata bisa dijadikan sebagai obat herbal untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan, seperti mencegah kanker.

Tanaman herbal ini mengandung senyawa minyak atsiri, antioksidan, flavonoid, saponin, dan polifenol. Sehingga, cukup ampuh jika dijadikan sebagai obat herbal dalam menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Selain kanker, apa saja macam penyakit yang bisa diatasi oleh kencur? Simak penjelasannya berikut ini.

Baca juga: 8 Alasan Mengapa Kita harus Memiliki Sikap Empati

1. Menambah energi

Kenali 7 Manfaat Kencur, Meningkatkan Nafsu Makan

(foto: istockphoto)

Manusia melakukan aktivitas fisik setiap harinya, baik aktivitas ringan maupun berat. Setiap kegiatan yang dilakukan membutuhkan energi.

Energi tersebut diperoleh dari makanan dan minuman yang dikonsumsi setiap hari. Saat makanan dan minuman tersebut masuk ke dalam tubuh, selanjutnya akan diproses untuk menghasilkan energi yang nantinya akan digunakan untuk melakukan aktivitas.

Jika energi di dalam tubuh kurang, maka tubuh akan mudah lelah sehingga tidak bisa beraktivitas banyak.

Oleh sebab itu, diperlukan cara untuk menambah energi agar tetap semangat dalam melakukan kegiatan sehari-hari.

Manfaat kencur ternyata bisa menambah energi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Caranya, rebus kencur dengan beberapa bahan lainnya seperti jahe dan kayu manis.

Air rebusan tersebut diminum secara rutin setiap malam sebelum tidur.

Hasilnya, saat bangun tidur tubuh akan jauh terasa lebih segar dan siap untuk menghadapi berbagai kesibukan setelahnya.

2. Mengurangi kembung pada perut

Kenali 7 Manfaat Kencur, Meningkatkan Nafsu Makan

(foto: pexels)

Perut kembung biasanya disebabkan oleh masuk angin. Kondisi tersebut membuat tubuh terasa tidak nyaman, bahkan seperti ingin muntah karena di dalam perut serasa seperti penuh dengan makanan.

Biasanya, perut kembung disebabkan oleh kebiasaan mengonsumsi minuman alkohol, makan terlalu cepat, masuk angin, jarang berolahraga dan masih banyak faktor penyebab lainnya.

Walaupun termasuk penyakit ringan dan bukan masalah kesehatan yang serius, namun jika tidak segera diatasi makan akan menimbulkan dampak buruk lainnya.

Sebab, perut kembung bisa menjadi sebuah tanda bahwa tubuh sedang tidak baik-baik saja. Bisa jadi, ada penyakit berbahaya lainnya yang menyerang tubuh seperti asam lambung, peradangan usus besar, hingga kanker usus.

Untuk mengatasi perut kembung, kamu bisa mengonsumsi ramuan herbal yang terbuat dari kencur. Sebab, ramuan tersebut memiliki kemampuan untuk mengurangi rasa begah dan penuh di dalam perut.

Caranya, ambi beberapa kencur. Cuci sampai bersih dan rebus menggunakan sedikit garam. Kemudian, cuci bersih lagi agar garam hilang.

Setelah hilang, rebus kembali dengan air hangat. Minumlah air rebusan tersebut secara rutin.

3. Mampu melawan bakteri jahat

Kenali 7 Manfaat Kencur, Meningkatkan Nafsu Makan& Kanker

(foto: istockphoto)

Di dalam tubuh terdapat bakteri baik yang berperan aktif dalam melawan bakteri jahat penyebab penyakit yang berusaha masuk ke dalam tubuh.

Bakteri jahat biasanya bisa masuk melalui makanan yang kita konsumsi. Salah satu bakteri penyebab penyakit yang harus diwaspadai adalah staphylococcus aureus.

Bakteri tersebut bisa menyebabkan berbagai macam masalah kesehatan seperti bisul, dan kulit bengkak bernanah.

Adanya kondisi tersebut tentu dapat menimbulkan rasa tidak nyaman. Apalagi jika area yang terkena masalah tidak sengaja disentuh, pasti akan terasa sakit sekali.

Manfaat kencur ternyata bisa mengatasi masalah tersebut. Kandungan infeksi staph yang terdapat di dalamnya mampu melawan bakteri staphylococcus aureus. Sehingga, masalah bisul dan kulit bengkak dapat dihindari.

4. Meningkatkan nafsu makan

Kenali 7 Manfaat Kencur, Meningkatkan Nafsu Makan

(foto: istockphoto)

Setiap orang memiliki tingkat nafsu makan yang berbeda. Ada yang memiliki nafsu makan tinggi, ada juga yang sebaliknya.

Umumnya, nafsu makan yang rendah akan membuat seseorang terlihat kurus dan mudah lemas. Sebab, asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh melalui makanan, tidak terpenuhi dengan baik.

Jika masalah nafsu makan tidak segera diatasi, maka akan timbul penyakit berbahaya seperti anorexia, yakni berat tubuh dibawah rata-rata alias tidak normal.

Untuk menambah nafsu makan, kamu bisa mengonsumsi ramuan herbal yang terbuat dari kencur. Hal ini dikarenakan, kencur memiliki kandungan karminatif yang dipercaya dapat meningkatkan nafsu makan.

Tak heran, jika ada beberapa produk vitamin atau obat herbal yang menambahksn kencur ke dalamnya, terutama suplemen makan pada anak.

Baca juga: 5 Manfaat Tumbuhan bagi Lingkungan Sekitar dan Manusia

5. Mengobati diare

Mengobati diare

(foto: adobestock)

Normalnya, manusia mengeluarkan kotoran alias buang air besar sebanyak satu kali sehari. Namun, saat pencernaan terganggu, bisa membuatnya tidak lancar, atau bahkan sebaliknya.

Kondisi tubuh yang terus mengeluarkan kotoran lebih sering disebut dengan diare. Jika tidak segera diatasi, maka akan mengakibatkan tubuh kekurangan cairan, sehingga tidak bisa melakukan aktivitas apapun karena lemas.

Selain membuat tubuh kehilangan cairan, diare juga bisa menimbulkan rasa sakit pada perut. Apalagi, ketika harus ke kamar mandi terus menerus, maka bisa mengganggu aktivitas dan membuat tubuh menjadi lemas.

Untuk mengobati diare, kamu bisa mengonsumsi ramuan herbal yang terbuat dari kencur. Pasalnya, kandungan karminatif yang ada di dalamnya, mampu melindungi usus dari infeksi penyebab diare.

6. Mengobati batuk secara alami

Mengobati batuk secara alami

(foto: adobestock)

Sama seperti jahe, kencur juga bisa mengobati batuk secara alami. Selain itu, ia juga bisa mengatasi rasa gatal pada tenggorokan yang mana kita tahu bahwa kondisi tersebut pasti muncul bersamaan dengan batuk.

Cara mengolah kencur untuk dijadikan sebagai obat batuk adalah ambil beberapa ruas kencur, kemudian cuci hingga bersih. Selanjutnya, kupas kulitnya dan parut sampai halus.

Masukkan hasil parutannya ke dalam kain bersih, lalu peras hingga mengeluarkan air. Air perasan tersebut ditambahkan dengan jeruk nipis dan madu secukupnya.

Setelah itu, minumlah ramuan herbal tersebut sebanyak tiga kali sehari secara rutin sampai batuk reda.

7. Menurunkan kolesterol jahat

Menurunkan kolesterol jahat

(foto: istockphoto)

Tingginya kadar kolesterol dalam tubuh dapat menyebabkan penyakit berbahaya, yakni penyakit jantung.

Umumnya, kondisi tersebut terjadi akibat kebiasaan buruk mengonsumsi makanan mengandung lemak jenuh secara berlebihan.

Oleh karenanya, penting untuk menjaga kadar kolesterol agar tetap stabil, sehingga tidak berakibat buruk pada tubuh.

Untuk menurunkan kadar kolesterol yang sudah terlanjur mengalami kenaikan, bisa dengan cara mengonsumsi ramuan kencur.

Hal ini dikarenakan, tanaman tersebut mampu meningkatkan produksi empedu di dalam tubuh.

Seperti yang kita tahu bahwa empedu memilki peranan penting yakni menyerap nutrisi dan menghilangkan racun berupa kolesterol jahat yang masuk ke dalam tubuh. Dengan demikian, jumlah kolesterol dapat terkontrol.

8. Sebagai obat sakit kepala

Kaya Akan Manfaat, Inilah Sederet Fungsi Daun Spearmint. Tertarik Mencoba?

(foto: pexels/andrea)

Sakit kepala merupakan rasa nyeri dan sakit yang menyerang kepala secara tiba-tiba atau mendadak. Penyakit ini bisa meyerang siapa saja dan dimana saja.

Rasa nyeri yang muncul bisa di seluruh kepala atau hanya di bagian sisinya saja. Umumnya, sara sakit yang dirasakan bisa terasa ringan hingga berat, dan berlangsung dalam waktu singkat maupun lama.

Ciri-ciri sakit kepala yang kerap dirasakan adalah nyeri disertai dengan sensasi berdenyut, rasa nyeri yang menusuk, serta rasa nyeri yang terjadi secara konsisten.

Sakit kepala disebabkan oleh pola hidup tidak sehat seperti kurang tidur, telat makan, dan masih banyak lainnya.

Namun, ada juga penyebab sakit kepala yang tergolong dalam kategori berbaya, yaitu infeksi telinga, cedera kepala, hipertensi. Tumor otak, stroke, sinusitis, dan penyakit berbahaya lainnya.

Untuk meredakan sakit kepala, kamu bisa mengonsumsi kencur, sebab rempah ini diyakni mampu menjadi obat sakit kepala yang manjur. Tak heran, jika banyak orang yang emnjadikannya sebagai obat herbal dalam mengatasi sakit kepala.

Pengobatan ini bisa dijadikan sebagai pengobatan alternative ketika kamu tidak bisa mengonsumsi obat kimia.

9. Mencegah jerawat

Manfaat Susu Beruang, untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit

(foto: adobestock)

Jerawat merupakan salah satu masalah kulit yang kerap mengganggu penderitanya. Timbulnya jerawat pada wajah bisa mengganggu penampilan, sehingga banyak orang yang berusaha untuk menghilangkannya.

Masalah kulit ini, umumnya terjadi akibat kebiasaan buruk malas membersihkan wajah, produksi minyak berlebih, serta konsumsi makanan yang mengandung lemak tinggi secara berlebihan.

Tidak hanya itu, jerawat juga bisa disebabkan oleh paparan virus dan bakteri jahat yang menempel pada kulit.

Untuk mencegah jerawat, kamu bisa mengonsumsi kencur secara rutin. Kandungan senyawa di dalamnya mampu menekan pertumbuhan hormone penyebab jerawat.

Selain itu, mengonsumsi kencur juga bisa menyembuhkan jerawat dengan cepat sehingga tidak menimbulkan noda yang disebabkan oleh bekas jerawat.

10. Mencegah penuaan dini

11 Manfaat Ajaib Jahe, untuk Kesehatan dan Kecantikan

(foto: istockphoto)

Semua orang tentu ingin awet muda, bukna? Mungkin kamu juga termasuk salah satunya. Namun, semua orang pasti akan mengalami penuaan, sebab itu merupakan proses alami yang pasti akan terjadi.

Penuaan bisa terjadi pada mereka yang sudah berusia lanjut. Namun, tidak menutuo kemungkinan akan dialami oleh kamu yang masih berusia muda.

Sebab, terdapat istilah penuaan dini, dimana gejala atau tanda penuaan muncul walaupun belum mencapai usia lanjut.

Berdadarkan hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa setiap orang memiliki kesempatan untuk mengalami penuaan dini, terutama orang yang memiliki kebiasaan buruk, seperti sering merokok, minum minuman beralkohol, malas berolahraga, dan masih banyak lainnya.

Untuk mencegah penuaan. Konsumsilah kencur secara rutin. Kandungan senyawa yang besifat anti-inflamasi, yang terdapat di dalam rempah ini, mampu menangkal penuaan.

11. Mengobati otot bengkak akibat terkilir

10 Manfaat Seledri untuk Kesehtan, Bagus untuk Jantung dan Mata

(foto: istockphoto)

Saat kita melakukan aktivitas, terutama aktivitas berat, terkadang cedera menghampiri. Salah satu cedera yang paling umum terjadi adalah terkilir.

Terkilir membuat otot mengalami pembengkakan yang mengakibatkan rasa sakit dan nyeri. Bahkan, rasa sakit tersebut terkadang membuat kesulitan dalam berjalan ataupun menggerakkan bagian tubuh yang cedera.

Tentu saja, kondisi tersebut dapat mengganggu aktivitas. Terkadang, kita juga tidak melakukan apapun ketika otot mengalami masalah.

Untuk mengobati otot bengkak akibat terkilir, kamu bisa menggunakan kencur. Rempah tersebut dipercaya mampu mengurangi pembengkakan pada otot, sehingga banyak orang yang menggunakanannya sebagai obat tradisional.

Caranya, campurkan satu ruas kencur dengan nasi mentah. Tumbuk keduanya hingga halus. Setelah itu, aplikasikan ke bagian otot yang bengkak. Lakukan cara tersebut secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

12. Meningkatkan sel sperma

 

Sperma merupakan cairan kental yang dihasilkan oleh pria ketika sedang ejakulasi. Cairan ini memiliki fungsi yang sangat penting, yakni membuahi sel telur pada wanita agar bisa mengalami kehamilan.

Setiap pria melakukan ejakulasi, ada jutaan sel sperma yang keluar dan berenang menuju sel telur. Namun sayangnya, tidak semua sel sperma bisa berhasil membuahi sel telur. Hanya yang sehat sajalah yang nantinya akan membuahi dan akhirnya berhasil menumbuhkan benih.

Oleh sebab itu, sangat penting untuk menjaga kualitas sperma agar bisa membuahi sel telur dengan mudah.

Manfaat kencur bisa digunakan sebagai ramuan herbal untuk meningkatkan kualitas sperma. Sebuah studi menunjukkan bahwa kandungan etanol yang terdapat di dalam rempah tersebut mampu membuat kualitas sel sperma menjadi lebih bagus.

Bahkan, mereka percaya bahwa mengonsumsi suplemen kencur secara rutin dapat meningkatkan motilitas sperma hingga tiga kali lipat dibanding orang yang tidak meminumnya.

  1. Menjaga kesehatan jantung

Ketika seseorang malah untuk menjaga kesehatan jantung, maka ia akan berpotensi untuk terkena penyakit jantung yang bisa menyebabkan kematian.

Seperti yang kita tahu bahwa jantung merupakan organ vital yang memiliki peranan penting, yakni memompa darah ke seluruh tubuh.

Seperti yang kita tahu bahwa darah bertugas mengalirkan oksigen ke seluruh organ tubuh agar bisa menjalankan fungsinya dengan baik.

Bisa dibayangkan bila jantung mengalami masalah, maka aliran darah akan mengalami gangguan, dengan demikian, pasokan oksigen akan berkurang sehingg bisa menimbulkan dampak buruk bagi tubuh.

Kesehatan jantung dipengaruhi oleh pola hidup yang sehat. Jika kita menjalankan pola hidup dehat, maka bisa dipastikan bahwa jantung akan selalu sehat dan baik-baik saja.

Sebaliknya, jika kita menjalankan pola hidup tidak sehat seperti kebiasaan merokok, minum alcohol, serta mengonsumsi makanan mengandung lemak tinggi, maka tubuh akan terserang berbagai macam penyakit mematikan.

Menjaga kesehatan jantung bisa dengan mengionsumsi kencur. Berbagai penelitian membuktikan bahwa mengonsumsi kencur mampu menurunkan kdar kolesterol, meningkatkan sirkulasi dahar dalam jantung, serta bisa sebagai anti-inflamasi untuk menghalau mikroorganisme yang berusaha masuk.

  1. Menurunkan demam

Demam merupakan suatu kondisi dimana suhu tubuh mengalami kenaikan hingga lebih dari 380C. kondisi ini bisa terjadi pada siapapun, baik anak-anak, maupun dewasa.

Demam bisa disebut sebagai reaksi daya tahan tubuh alias sitem imun yang berperang melawan virus dan bakteri penyebab penyakit.

Bisa dikatakan bahwa demam juga bisa menjadi sebuah tanda bahwa tubuh sedang tidak baik-baik saja. Ada beragam penyakit yang sering menyebabkan demam, seperti flu, batuk, radang tenggorokan, infeksi saluran kemih, dan masih banyak lainnya.

Selain itu, demam juga bisa terjadi akibat beberapa faktor lain, diantaranya terkena paparan sinar matahari yang berlangsung cukup lama, reaksi setelah imunisasi pada anak, siklus menstruasi, hingga efek samping obat-obatan.

Demam yang tidak terlalu tinggi akan sembuh dengan sendirinya, namun jika sudah menunjukkan angka lebih dari  390C, maka harsu segera pergi ke dokter untuk memeriksanya lebih lanjut.

Untuk mengatasi demam, kamu bisa memanfaatkan kencur. Sifat antibakteri dan antijamur yang terdapat di dalamnya, mampu mengusir virus dan bakteri penyebab penyakit yang menimbulkan gejala demam atau panas tinggi.

Caranya, parut kencur hingga halus. Kemudian, perasa ambil airnya. Rebus dengan air sebanyak 2-3 gelas. Minum air rebusan tersebut sebanyak dua kali sehari hingga panas turun.

 

Akhir kata

Nah, demikianlah tujuh manfaat kencur untuk kesehatan. Kamu bisa mengonsumsinya dalam bentuk bubuk ataupun suplemen.

Sebaiknya, jangan mengonsumsi kencur secara berlebihan agar tidak menimbulkan efek samping, terutama bagi kamu yang masih dalam proses pengobatan medis.

TULIS KOMENTAR

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.