kuliner

10 Makanan Jepang Populer di Indonesia, Bikin Ngiler

Penulis:   | 

Selain Chinese food, ada banyak jenis makanan Jepang populer di Indonesia, salah satunya adalah Sushi. Makanan tersebut disukai oleh masyarakat Indonesia karena memiliki rasa yang enak.

Tidak hanya sushi, Jepang juga memiliki aneka ragam makanan khas lainnya dengan rasa yang tak kalah lezat. Beberapa makanan tersebut tentu saja cukup populer di Indonesia dan juga banyak yang menyukainya.

Selain memiliki rasa yang nikmat, makanan Jepang juga terbuat dari bahan-bahan menyehatkan, seperti berbagai jenis ikan dan sayuran. Berikut adalah beberapa makanan Jepang populer di Indonesia, diantaranya.

Baca juga: 18 Jajanan Kekinian yang Wajib Kamu Coba, Dijamin Bikin Ketagihan

1. Sashimi

10 Makanan Jepang Populer di Indonesia, bikin Ngiler

(foto: istockphoto)

Sashimi merupakan makanan khan Jepang yang terbuat dari bahan dasar irisan daging ikan mentah. makanan ini disajikan dengan saus khas sehingga walau masih mentah tetap memiliki cita rasa yang lezat.

Sebagian besar masyarakat Indonesia memang tidak terbiasa mengonsumsi ikan mentah, walau demikian tidak sedikit pula dari mereka menjadikan sashimi menjadi makanan faforit.

Hal tersebut terbukti dengan banyaknya restoran Jepang di Indonesia menghidangkan sashimi sebagai menu utama mereka.

Bagi masyarakat tradisonal Jepang, makanan ini dianggap mengandung omega 3 yang cukup tinggi karena daging ikan yang disantap tanpa melewati proses pengolahan.

Ada banyak jenis ikan yang dapat dijadikan sashimi, namun lebih banyak menggunakan ikan salmon dan tuna.

2. Sushi

10 Makanan Jepang Populer di Indonesia, bikin Ngiler

(foto: istockphoto)

Banyak orang yang masih sulit membedakan antara sushi dan sashimi. Jika sashimi terbuat dari bahan ikan mentah yang diiris tipis, lain halnya sushi yang terbuat dari bahan nasi yang dibentuk dan diberi topping.

Topping inilah yang seringkali membuat orang salah kaprah menyebut sashimi sebagai sushi atau sebaliknya, karena sushi juga menggunakan topping daging ikan mentah, seperti salmon.

Sushi juga sangat populer di Indonesia. Bisa dikatakan bahwa makanan khas jepang ini masih bisa diterima karena tidak murni menggunakan ikan mentah.

Ada banyak jenis isian yang digunakan pasa sushi selain ikan mentah, diantaranya onigiri alias rumput laut kering, alpukat, sayuran, seafood, dna masih banyak lainnya.

Sushi dimakan dengan kecap atau saus khas yang memiliki rasa gurih dan nikmat. Tak heran jika masyarakat Indonesia menyukainya.

3. Tempura

10 Makanan Jepang Populer di Indonesia, bikin Ngiler

(foto: istockphoto)

Tempura merupakan makanan khas Jepang yang terbuat dari adonan berisi aneka macam ikan dan sayuran. Kemudian, dibalut dengan campuran tepung gandum, air, dan telur.

Tempura yang sudah dibaluri dengan campuran tepung, lalu digoreng hingga matang. Makanan ini menjadi kesukaan banyak orang terutama masyarakat Indonesia karena memiliki cita rasa gurih.

Banyak restoran Jepang menjual tempura dan menjadikannya sebagai menu utama. Mereka menyajikan tempura hangat hanya dengan bumbu garam dan dicocol dengan saus khas.

4. Ramen

10 Makanan Jepang Populer di Indonesia, bikin Ngiler

(foto: istockphoto)

Bagi pecinta mie, tentu sudah tak asing lagi dengan makanan khas Jepang yang sukup populer dii Indonesia ini, ialah ramen.

Ramen menjadi makanan yang paling banyak disukai karena sering di tampilkan dalam film-film anime Jepang.

Perlu diketahui bahwa nama lain dari makanan ini adalah chua soba. Cara penyajiannya biasanya dicampur dengan berbagai macam bahan lainnya, seperti daging, ikan, miso, dan juga irisan daun bawang yang kemudian disiram dengan kuah kaldu.

Makanan ini sangat cocok jika disantap saat musim dingin karena memiliki kuah kaldu melimpah dan juga isian yang cukup melimpah.

5. Mochi

10 Makanan Jepang Populer di Indonesia, bikin Ngiler

(foot: istockphoto)

Tidak  hanya berupa makanan berat, Jepang juga memilki cemilan enak yang juga sangat populer di Indonesia, sebut saja mochi.

Mochi merupakan jenis kue yang terbuat dari bahan dasar beraa ketan yang diolah dengan cara ditumbuk hingga lembut dna lengket.

Setelah halus dan lengket, adonan tersebut lalu dibentuk bulat ataupun lonjong sesuai selera. Untuk mempercantik tampilannya, bisa ditambahkan dengan pewarna makanan.

Ada banyak macam isian mochi, seperti buah stoberi, coklat, es krim, dan masih banyak lainnya.

Salah satu alasan mengapa mochi disukai oleh banyak orang karena memiliki tekstur lembut dan lengket ketika masuk ke dalam mulut.

Baca juga: 14 Chinese Food Halal, Makanan Wajib Dicoba Kelezatannya

6. Takoyaki

10 Makanan Jepang Populer di Indonesia, bikin Ngiler

(foto: istockphoto)

Makanan yang sudah menjamur di Indonesia ini rupanya banyak disukai, terutama bagi masyarakat Indonesia.

Makanan khas Jepang ini terbuat dari bahan dasar tepung terigu yang dimasak dengan cetakan bulat. Di dalamnya, diberi isian daging gurita. Itulah yang menjadi ciri khas dari Takoyaki.

Setelah dimasak, Takoyaki kemudian diberi topping yang beraneka ragam, seperti nori, mayones, saum Takoyaki, kecap manis, beni shoga, dan katsuobushi

Berbagai macam topping tersebut tak ayal membuat penggemarnya menelan ludah. Apalagi jika disantap saat musim dingin.

7. Udon

10 Makanan Jepang Populer di Indonesia, bikin Ngiler

(foto: istockphoto)

Selain ramen, Jepang juga memiliki makanan khas dari mie lainnya, yakni udon. Bedanya, ukuran pada mie pada udon lebih besar dibanding ramen.

Di Jepang sendiri, makanan ini dianggap sebagai makanan rakyat karena memiliki harga yang cukup murah sehingga bisa dinikmati oleh semua orang dari berbagai macam kalangan.

Di Indonesia, udon menjadi salah satu makanan khas Jepang yang cukup populer. Banyak restoran Jepang menjual udon dengan berbagai macam topping, seperti tempura, kue ikan, irisan daging, dan masih banyak lainnya.

Udon disajikan dalam berbagai macam olahan, namun yang paling populer adalah udon goreng dan udon kuah.

8. Shabu-shabu

Shabu-shabu

(foto: istockphoto)

Makanan khas Jepang yang satu ini cukup populer, bahkan kini menjadi tren di kalangan anak muda di Indonesia.

Shabu-shabu merupakan makanan yang isinya berupa irisan daging tipis, khususnya daging sapi yang dimakan dengan cara dicelupkan ke dalam panci khsusu yang berisi kuah kaldu di atas meja.

Cara makannya cukup unik. Kamu hanya perlu mengambil irisan daging menggunakan sumpit, kemudian celupkan ke dalam kuah kaldu dalam panci sambal menggoyang-goyangkan daging hingga beberapa saat.

Kemudian, celupkan ke dalam saus khas yang disebut dengan gomadare atau ponzu sebelum akhirnya masuk ke dalam mulut.

Di dalam panci tidak hanya berisi air panas atau kuah kaldu saja, melainkan juga ada sayur-sayuran , tofu, dan bumbu penyedap lainnya.

9. Karaage

Karaage

(foto: istockphoto)

Karaage sebenarnya bukan nama makanan, melainkan tekni memasak ala Jepang dimana berbagai jenis bahan seperti daging ayam, daging sapi, dan ikan digoreng dalam rendaman minyak panas.

Cara membuatnya cukup mudah. Potongan daging di marinasi dengan bumbu yang terbuat dari bawang putih, kecap asin, dan jahe.

Setelah itu, balurkan daging ke dalam tepung terigu ataupun tepung kentang, lalu digoreng dalam minyak gorang panas.

Perlu diingat bahwa dalam menggorengnya, panci atau wajan harus berisi minyak yang cukup banyak, agar daging bisa terendam sempurna. Sehingga, saat dimasak bisa matang sempurna.

10. Onigiri

Onigiri

(foto: istockphoto)

Onigiri merupakan makanan khas Jepang berbahan dasar nasi putih yang dibentuk menjadi segitiga. Kemduian, nasi tersebut dibungkus menggunakan rumput laut kering.

Awal pembuatannya, masyarakat berniat untuk menjadikan onigiri sebagai makanan bekal yang siap dimakan hanya dengan menggunakan tangan, sehingga lebih praktis namun mengenyangkan.

Onigiri cukup populer di Indonesia. Tidak hanya dijual di restoran Jepang, makanan ini juga bisa ditemukan dengan mudah di swalayan yang menjual aneka jajanan.

Demikianlah beberapa macam makanan khas Jepang populer di Indonesia. Semua makanan di atas bisa dijumpai dengan mudah karena memang cukup disukai oleh banyak orang.

TULIS KOMENTAR

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.