kuliner

7 Menu Buka Puasa yang Aman untuk Penderita Asam Lambung

Penulis:   | 

Untuk menunjang ibadah puasa, menu makanan sehari-hari perlu diperhatikan, termasuk menu buka puasa yang aman.

Terutama bagi penderita asam lambung, asupan makanan yang dikonsumsi juga harus diperhatikan agar jangan sampai menimbulkan sakit perut sehingga justru mengganggu ibadah puasa yang dijalankan.

Untuk itu, berikut rekomendasi menu buka puasa yang aman bagi penderita asam lambung yang bisa kamu coba.

Baca juga: 8 Olahraga Ringan Saat Puasa, Badan Sehat & Bugar

1. Kentang tumbuk 

7 Menu Buka Puasa yang Aman untuk Penderita Asam Lambung

(foto: pixabay/blandinejoannic)

Menu pertama yang bisa kamu konsumsi saat berbuka jika menderita asam lambung adalah kentang tumbuk atau yang lebih dikenal dengan mashed potato.

Kentang merupakan sumber karbohidrat yang baik sehingga bisa kamu andalkan selama berbuka. Selain itu, kentang juga bisa memberikan rasa kenyang dan rasanya juga gurih.

Namun, kelebihan kentang yang paling menonjol di sini adalah umbi batang yang satu ini mengandung zat yang disebut alkali. Zat tersebut dapat membantu menetralkan asam lambung sehingga mencegah sakit maag kambuh.

Cara membuatnya juga mudah. Rebus kentang yang sudah dikupas dan dipotong ke dalam air mendidih yang sudah diberi garam.

Tiriskan jika kentang sudah empuk. Lalu panaskan mentega dan susu dengan api kecil. Angkat adonan mentega dan susu lalu siramkan ke kentang yang sudah direbus.

Campur perlahan sambil menghancurkan kentang. Sebelum dihidangkan, beri taburan garam dan merica pada kentang.

2. Smoothies pisang 

pisang

(foto: pixabay/11082974)

Meski terbuat dari buah, smoothies adalah hidangan yang cukup mengenyangkan. Smoothies bisa dijadikan pilihan sebagai makanan untuk sahur dan berbuka karena mengandung banyak nutrisi.

Bagi penderita asam lambung, smoothies pisang bisa menjadi salah satu opsi untuk menu berbuka.

Berbeda dari buah lainnya, alasan pisang menjadi buah yang tepat dikonsumsi bagi penderita asam lambung lantaran buah yang satu ini memiliki kandungan asam yang sangat rendah.

Tak hanya itu, bagi penderita asam lambung, pisang adalah buah yang kaya akan kandungan kalium serta memiliki serat yang penting untuk melancarkan pencernaan.

Jadi, jika kamu memiliki asam lambung tak perlu takut mengonsumsi buah-buahan untuk memenuhi asupan gizi dan nutrisi. Sebab, kamu bisa mengandalkan pisang.

Untuk membuat smoothies pisang, kamu bisa mencampurkannya dengan yogurt. Campurkan pisang yang sudah dipotong, yogurt, dan susu cair secukupnya ke dalam blender.

Jika sudah, tuangkan ke dalam gelas dan letakkan di kulkas agar lebih segar dikonsumsi saat berbuka nanti. Smoothies pisang akan membuatmu merasa kenyang.

3. Ikan kukus 

ikan

(foto: pixabay/Wow_Pho)

Ikan adalah sumber protein yang baik untuk dikonsumsi sehingga sangat cocok digunakan sebagai menu buka puasa.

Bagi penderita asam lambung, ikan aman untuk dikonsumsi. Sebab berbeda dari sumber protein hewani lainnya, ikan memiliki kandungan lemak yang lebih rendah.

Selain itu, ikan juga kaya akan kandungan Omega-3 yang penting untuk tubuh, terutama jika ikan yang kamu pilih adalah ikan salmon.

Jika kamu tidak bisa menemukan salmon, ikan yang lain juga tidak masalah untuk dicoba seperti ikan kembung, ikan gurami, ikan kakap, atau bahkan kerapu.

Sebagai menu buka puasa, kamu bisa menyantap ikan dengan cara dikukus atau dipanggang.

4. Nasi tim ayam 

nasi tim

(foto: instgaram/the_sutedjos_family)

Bagi penderita asam lambung, akan lebih baik jika memilih makanan untuk buka puasa yang memiliki tekstur lembut.

Makanan yang bertekstur lembut mudah dicerna dan tidak akan membebani lambungmu. Menu lainnya yang bisa kamu coba saat berbuka puasa adalah nasi tim.

Nasi tim memiliki tekstur yang lebih lunak. Agar tidak terasa hambar, campurkan dengan beberapa lauk sebagai sumber protein lainnya. Misalnya tahu atau tempe bacem dan kamu juga bisa menambahkan ayam.

Baca juga: 7 Tips Persiapan Mudik Aman dan Nyaman

5. Sayur bayam

7 Menu Buka Puasa yang Aman untuk Penderita Asam Lambung

(foto: pixabay/ThiloBecker)

Sayuran memang makanan yang baik dan sangat dianjurkan untuk dikonsumsi guna memenuhi kebutuhan serat dan juga nutrisi lainnya.

Namun, perlu kamu ketahui bahwa tidak semua sayuran aman untuk dikonsumsi oleh para penderita asam lambung.

Jika kamu juga salah satu yang menderita gangguan kesehatan yang satu ini, maka sangat perlu untuk memilih sayuran yang aman.

Kamu bisa memilih bayam. Sebab dibanding sayuran lainnya, bayam tidak mengandung gas dan tentu saja kaya akan serat. Tak sedikit sayuran yang mengandung gas sehingga justru akan memicu timbulnya asam lambung.

Sayur bayam bening bisa kamu jadikan sebagai menu buka puasa. Selain kuahnya yang segar dan menggugah selera, sayur bayam juga kaya kandungan serat untuk melancarkan pencernaanmu.

Pencernaan lancar akan membuat lambungmu terkontrol sehingga terhindar dari asam lambung.

6. Puding oatmeal 

7 Menu Buka Puasa yang Aman untuk Penderita Asam Lambung

(foto: pixabay/gerhardy)

Selain smoothies pisang, jika kamu sedang tidak ingin mengonsumsi makanan berat seperti nasi dan lauknya, puding juga bisa kamu jadikan opsi.

Namun bukan sembarang puding, pilihlah puding oatmeal. Mengonsumsi oatmeal secara rutin dapat membantumu mengurangi gejala asam lambung.

Bukan tanpa alasan, biji-bijian yang satu ini kaya akan kandungan serat. Selain itu, manfaat lainnya dari oatmeal yang bisa kamu dapatkan adalah bahwa makanan yang satu ini mengandung vitamin dan nutrisi lainnya yang dapat membersihkan lambung sehingga lambung akan lebih sehat.

7. Beef yakiniku 

7 Menu Buka Puasa yang Aman untuk Penderita Asam Lambung

(foto: pexels/SenuScape)

Daging bisa kamu pilih untuk memenuhi kebutuhan protein selama berpuasa. Daging juga merupakan makanan yang ramah bagi penderita asam lambung.

Jadi, jika kamu merasa bosan dengan menu itu-itu saja, bisa mencoba membuat beef yakiniku di rumah. Rasa makanan asal Jepang ini sangat lezat, dan bisa kamu konsumsi bersama dengan nasi.

Bagi mereka yang belum terbiasa, mungkin akan berpikir bahwa membuat beef yakiniku bisa memakan waktu. Memang benar, karena untuk bisa membuatnya, ada serangkaian proses yang perlu diikuti agar kamu benar-benar bisa menghasilkan daging yang empuk dan lezat.

Tak perlu khawatir karena saat ini sudah ada banyak restoran yang menjual menu beef yakiniku sehingga kamu bisa memesannya dan kurir akan mengantarkan ke rumahmu.

Demikianlah tadi sederet pilihan menu buka puasa bagi kamu yang menderita asam lambung.

Asupan makanan harus tetap dijaga agar tubuhmu tidak lemas selama berpuasa dan tentu saja kandungan nutrisi yang kamu makan juga perlu diperhatikan.

Selamat menunaikan ibadah puasa!

TULIS KOMENTAR

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.