inspirasi

8 Ide Hampers Ramadan Unik untuk Menyambung Tali Silaturahmi

Penulis:   | 

Bulan Ramadan adalah saat yang tepat untuk saling berbagi kebahagiaan dengan sesama salah satunya dengan memberikan hampers Ramadan.

Dengan memberikan hampers Ramadan kepada rekan, teman sejawat, keluarga jauh, dan sanak saudara, maka secara tidak langsung kamu dapat tetap menjalin tali silaturahmi dengan mereka.

Selain itu, hampers yang kamu berikan juga bisa membuat mereka merasa senang. Karena kebetulan momennya adalah bulan Ramadan, maka pilihlah kado hampers yang bisa menunjang kegiatan ibadah.

Tak perlu bingung, karena beberapa ide hampers Ramadan berikut bisa kamu jadikan sebagai sumber inspirasi. Yuk, simak selengkapnya.

Baca juga: 7 Ide Kreasi Kreatif Sambut Ramadan Penuh Berkah

1. Alat ibadah

alat ibadah

(foto: pinterest)

Ide hampers pertama yang bisa kamu berikan adalah alat ibadah. Tentu saja, hampers yang satu ini sangat bermanfaat.

Hampers alat ibadah bisa berupa mukena, sajadah, Al-Quran, hingga tasbih, yang mana semua itu diperlukan saat melakukan ibadah salat.

Di bulan Ramadan, banyak orang yang akan berlomba-lomba meningkatkan intensitas ibadah mereka, bukan? Oleh sebab itu, tanpa perlu berpikir panjang, berikan saja hampers Ramadan kepada orang yang terdekat.

Hampers yang kamu berikan akan sangat bermanfaat bagi mereka yang menerimanya, karena bisa digunakan saat di rumah maupun salat berjamaah di masjid.

2. Body care

body care

(foto: pinterest)

Selain seperangkat alat ibadah, kamu juga masih bisa memberikan hadiah hampers Ramadan berupa produk perawatan tubuh.

Saat berpuasa, tubuh akan kehilangan cairan yang mana itu akan membuat kulit kering. Untuk itu, perlu menjaga kelembapan alami yakni dengan cara memberikan produk untuk melembapkan tubuh.

Nah, di sinilah kegunaan hampers berupa produk perawatan kulit. Pilih produk yang memiliki aroma kalem atau tidak terlalu menyengat dan hias sesuai dengan temanya, yakni Ramadan.

3. Kurma dan makanan manis

8 Ide Hampers Ramadan Unik untuk Menyambung Tali Silaturahmi

(foto: pinterest)

Kurma merupakan satu makanan yang identik dengan datangnya bulan Ramadan. Sehingga ide hampers yang menyertakan kurma akan sangat cocok untuk diberikan kepada sanak saudara.

Biasanya, kurma akan dikemas dalam stoples yang menarik dengan hiasan di sekitarnya. Agar tidak monoton, tambahlah beberapa manisan atau makanan manis di samping kurma.

Sebagaimana diketahui bersama, makanan manis sangat diperlukan saat bulan Ramadan terutama saat waktu berbuka.

Makanan manis dapat diandalkan sebagai sumber untuk mendapatkan glukosa tubuh setelah lebih dari 10 jam berpuasa. Namun ingat, jangan memberikan makanan yang terlalu manis karena segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik.

4. Kue kering

kukis

(foto: pinterest)

Tidak perlu menunggu sampai datangnya Lebaran untuk bisa memberikan hampers berupa kue kering. Kamu juga bisa kok memberikan hampers Ramadan berupa kue kering.

Kue kering adalah hal yang selalu dicari ketika seseorang ingin ngemil. Setelah berbuka puasa dan salat tarawih, tidak sedikit orang yang akan menghabiskan waktu dengan bersantai menonton televisi atau mengobrol dengan teman.

Di saat seperti inilah kue kering akan menjadi pelengkap yang dibutuhkan. Ada banyak jenis kue kering yang bisa kamu pilih. Namun sebaiknya, sesuaikan dengan selera orang yang akan kamu beri hampers.

Beberapa jenis kue kering yang dikemas jadi satu dengan hiasan bernuansa Ramadan akan memberikan kesan yang berbeda dibanding jika hanya membelinya begitu saja di toko.

Baca juga: 8 Dekorasi Unik untuk Rumah Ceriakan Momen Ramadan

5. Madu dan vitamin

8 Ide Hampers Ramadan Unik untuk Menyambung Tali Silaturahmi

(foto: pinterest)

Di bulan suci Ramadan, penting untuk menjaga daya tahan tubuh agar tetap sehat. Sebab, dengan begitu maka ibadah puasa yang dilakukan juga akan berjalan lancar.

Salah satu cara untuk menjaga daya tahan tubuh agar tetap sehat adalah dengan mengonsumsi madu dan vitamin.

Berangkat dari alasan inilah kamu bisa memberikan hampers berupa seperangkat set madu dan vitamin. Hampers ini akan sangat bermanfaat bagi penerimanya karena bisa dikonsumsi sehari-hari.

Dengan memberikan hampers berupa madu dan vitamin, maka secara tidak langsung kamu juga ikut mendukung orang yang bersangkutan untuk menjalankan ibadah puasanya dengan daya tahan tubuh yang kuat.

6. Perlengkapan makan

set makan

(foto: pinterest)

Meskipun setiap orang sudah pasti memiliki peralatan makan dan minum di rumah, namun tak ada salahnya kamu memberikan hampers Ramadan berupa set makan sebagai kado.

Kamu tidak akan kesulitan memilih karena ada banyak toko yang menyediakan paket hampers Ramadan berupa set makan dengan motif yang bernuansa Islami.

Peralatan makan menjadi benda yang sering digunakan saat makan sahur maupun berbuka sehingga dengan set makanan yang sarat akan nuansa Ramadan maka hal itu akan semakin bermanfaat.

Selain itu, dengan memakai set makanan dengan motif khusus Ramadan bukan tidak mungkin akan menghasilkan kesan yang berbeda saat menggunakannya.

7. Baju muslim

8 Ide Hampers Ramadan Unik untuk Menyambung Tali Silaturahmi

(foto: pinterest)

Selain mukena seperti yang disebutkan di atas, baju muslim juga bisa kamu berikan sebagai kado dalam bentuk hampers untuk diberikan di momen Ramadan.

Baju muslim akan sangat diperlukan bagi mereka yang gemar bepergian ke acara-acara keagamaan. Terlebih lagi di bulan Ramadan, biasanya akan ada banyak acara rohani atau kajian dan ceramah untuk dihadiri.

Saat menghadiri acara terebut, tentu baju yang dikenakan juga harus disesuaikan, yakni baju muslim. Begitu pula jika hendak pergi ke masjid untuk mengikuti salat tarawih berjamaah maka berpakaian muslim sangat dianjurkan.

Oleh sebab itu, memberikan hampers lebaran berupa baju muslim bisa menjadi opsi yang tepat. Akan lebih baik lagi jika kamu mengetahui selera orang yang akan kamu beri hampers , dalam hal ini adalah warna.

8. Jilbab

8 Ide Hampers Ramadan Unik untuk Menyambung Tali Silaturahmi

(foto: pinterest)

Ide hampers Ramadan terakhir yang bisa kamu berikan kepada rekan atau sanak saudara, khususnya perempuan, adalah jilbab.

Bagi wanita muslim, jilbab merupakan pakaian yang dikenakan setiap harinya sehingga tak heran jika banyak wanita yang mengoleksi jilbab dalam berbagai warna.

Oleh sebab itu, ide hampers Ramadan dengan memberikan jilbab bisa menjadi rekomendasi untuk membuat sang penerima senang. Pastikan kamu memilih kumpulan warna yang disukai.

Jika kamu tidak yakin dengan warna apa yang cocok, maka pilihlah warna kalem yang netral. Biasanya, hampers berupa hadiah jilbab dikemas dalam beberapa warna sehingga memberikan kebebasan untuk memilihnya.

Demikian beberapa ide hampers Ramadan unik yang bisa kamu berikan kepada rekan kerja, keluarga, atau teman sejawat.

Dengan berbagi bingkisan di bulan Ramadan, kamu bisa memberikan manfaat kepada yang lain dan tentu saja bisa untuk menyambung tali silaturahmi.