kuliner

14 Chinese Food Halal, Makanan Wajib Dicoba Kelezatannya

Penulis:   | 

Berbicara tentang chinese food alias masakan Cina, pasti terbayang di benak seperti apa kelezatannya.

Bumbu melimpah menjadi ciri khas makanan ini, seperti jahe, bawang putih, cabai merah besar, cabai hijau besar, aneka saus, serta campuran arak.

Di Indonesia, ada banyak restoran yang menjual berbagai macam masakan cina. Sebab, sebagian besar masyarakat menyukainya. Namun, sebagai umat muslim tidak bisa mengonsumsi semua menu masakan tersebut.

Pasalnya, ada beberapa menu chinese food yang tidak halal untuk dikonsumsi oleh umat muslim, sebab terbuat dari bahan-bahan non halal seperti daging babi.

Tapi tenang saja, masih ada banyak jenis chinese food yang halal untuk dikonsumsi, dan tentu saja memiliki rasa cukup menggoyang lidah. Apa saja menu masakan tersebut?

Baca juga: Perbedaan Es Krim, Gelato, dan Sorbet yang Terlihat Mirip

1. Nasi hainan

Nasi hainan

(foto: istockphoto)

Nasi Hainan merupakan salah satu chinese food yang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Makanan ini dikenal dengan sebutan nasi hainam.

Selain memiliki cita rasa lezat, masakan yang terbukti halal ini rupanya juga sangat sehat untuk dikonsumsi. Pasalnya, cara mengolahnya bukan digoreng melainkan direbus hingga matang.

Pertama-tama, rebus ayam utuh hingga matang dan menghasilkan kaldu. Kemudian, angkat ayam dan celupkan ke air dingin. Proses pencelupan ke air dingin bertujuan agar kulit ayam menjadi kenyal seperti jeli.

Setelah itu, air kaldu hasil rebusan tadi dicampurkan dengan beberapa bumbu seperti jahe, bawang putih, dan juga daun pandan. Kaldu yang sudah diberi bumbu digunakan untuk memasak nasi.

Ciri khas dari nasi Hainan adalah rasanya yang lezat serta wangi nasinya yang membuat kita sulit melupakannya.

2. Bakpao

9 Chinese Food Halal, Wajib coba Kelezatannya

(foto: istockphoto)

Siapa sih yang tidak kenal dengan masakan cina satu ini? Bakpao banyak dijual di Indonesia, baik di restoran, di kedai pinggir jalan, hingga dijajakan keliling menggunakan sepeda motor.

Kata bakpao berasal dari bahasa suku Hokkian yang mana kata bak berarti daging, sementara Pao memiliki arti bungkusan.

Pada awal kemunculannya, bakpao hanya memiliki satu isian saja, yakni ayam.

Namun, seiring berjalannya waktu dan mengingat bahwa makanan ini sangat mudah untuk dikreasikan, sehingga ada banyak macam isian rasa yang tersedia, mulai dari isian kacang hijau, kacang tanah, selai stroberi, dan masih banyak lainnya.

Bakpao sangat cocok bila dijadikan sebagai pengganjal perut dan bisa membuat perut menjadi kenyang, sebab bahan dasar pembuatannya adalah tepung yang dikukus menjadi seperti roti.

3. Bebek peking

9 Chinese Food Halal, Wajib coba Kelezatannya

(foto: istockphoto)

Bagi kamu penyuka olahan daging bebek, makanan ini menjadi pilihan tepat. Bebek peking merupakan salah satu masakan cina berbahan dasar daging bebek yang dilumuri oleh bumbu rempah-rempah dan kecap, sehingga makanan ini halal untuk disantap.

Masakan yang berasal dari Beijing ini rupanya memiliki cita rasa cukup lezat. Tak heran jika sebagian besar orang dari berbagai negara menggilainya.

Tidak hanya lezat, bebek peking juga termasuk masakan sehat. Seperti yang kita tahu bahwa daging bebek memiliki kandungan lemak tak jenuh lebih tinggi dibanding daging ayam dan sapi. Sehingga, sangat aman dikonsumsi oleh penderita kolesterol.

Selain itu, daging bebek juga mengandung banyak vitamin seperti vitamin B komplek, fosfor, zat besi, selenium, dan protein

4. Mie lamian

Mie lamian

(istockphoto)

Mie lamian merupakan masakan khas Cina yang dibuat dengan cara unik. Dikatakan unik karena proses pembuatan mienya ditarik, digulung, dan dilipat-lipat hingga mendapatkan tekstur yang diinginkan.

Makanan yang ada sejak tahun 1504 ini sangat cocok bagi kamu pecinta mie. Mie lamian bisa diolah menjadi berberapa macam olahan sesuai dengan keadaan cuaca.

Saat musim dingin, mie ini diolah menjadi sup atau tumisan yang dicampur dengan daging sapi.

Sementara, pada saat musim panas mie lamian dihidangkan dingin dengan tambahan potongan timun dan tomat, yang tentu saja membuat rasanya menjadi lebih segar.

5. Siomay

Siomay

(foto: istockphoto)

Sama seperti bakpao, makanan Cina satu ini juga cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia. Hampir semua orang menyukainya, mulai dari anak-anak hingga dewasa.

Siomay terbuat dari olahan daging ayam, udang, jamur, jahe, bawang putih dan daun bawang yang kemudian dicampur dengan sedikit tepung. Lalu, campuran tersebut nantinya dibungkunh dengan kulit pangsit.

Makanan ini diolah dengan cara dikukus, sehingga tekstur yang dihasilkan empuk, lembut, dan rasanya cukup gurih.

Baca juga: 10 Makanan Berwarna Hitam Gelap, Berani Coba?

6. Capcay

9 Chinese Food Halal, Wajib coba Kelezatannya

(foto: istockphoto)

Jika kamu pergi ke restoran Cina, capcay pasti dapat dijumpai dengan mudah. Pasalnya, hampir semua restoran Cina menyajikan makanan ini.

Hal ini disebabkan, capcay terbuat dari beberapa campuran sayur sehingga dianggap sehat jika dikonsumsi.

Tak hanya sehat, masalah cina satu ini juga memiliki rasa yang cukup lezat karena sayuran yang diolah juga dicampur dengan udang, daging ayam, ataupun bakso.

Tidak perlu membelinya di restoran, kamu juga bisa membuatnya sendiri di rumah. Sebab, capcay terbilang cukup mudah untuk dibuat di rumah.

7. Puyunghai

9 Chinese Food Halal, Wajib coba Kelezatannya

(foto: istockphoto)

Puyunghai merupakan masakan cina yang terbuat dari olahan telur, sayuran, seafood, daging, dan bumbu lainnya.

Cara mengolah masakan ini adalah seperti kita membuat telur dadar. Bedanya, puyunghai memiliki campuran isian.

Masakan yang berasal dari Tionghoa ini bisa juga dikatakan sebagai masakan cina halal. Sebab, daging yang dijadikan sebagai campuran bisa dirubah menggunakan daging sapi atau ayam.

Biasanya, puyunghai disajikan dengan saus asam manis ataupun saus asam pedas. Sausnya juga bisa disesuaikan dengan selera, yakni bisa dicampurkan dengan irisan wortel, kacang polong, dan paprika.

Ukuran puyunghai sendiri cukup besar, sehingga sangat cocok bila disantap bersama keluarga.

8. Ayam kung pao

9 Chinese Food Halal, Wajib coba Kelezatannya

(foto: istockphoto)

Ayam kung pao merupakan salah satu masakan cina halal yang memiliki cita rasa asam, pedas, manis, dan gurih.

Tak heran jika masakan ini sangat disukai oleh masyarakat Indonesia sebab rasanya cocok dengan lidah mereka.

Masakan yang berasal dari Sichuan ini berbahan dasar daging ayam yang dipotong dadu, kemudia diolah bersama dengan daun bawang, lada, kacang, saus istimewa, serta irisan cabai.

Yang membuat ayam kung pao cuku khas adalah lada yang digunakan asli dari Sichuan.

Oleh karena itu, masakan ini mengalami modifikasi di berbagai negara, khususnya Indonesia. Sebab, lada Sichuan sulit ditemukan. Walaupun demikian, rasanya masih tetap lezat.

9. Ikan kukus ala Kanton

9 Chinese Food Halal, Wajib coba Kelezatannya

(foto: istockphoto)

Segala jenis ikan bisa dimakan dan pastinya halal. Oleh sebab itu, masakan cina yang terbuat dari bahan dasar ikan ini halal untuk disantap.

Ikan kukus ala Kanton merupakan masakan khas Cina yang memiliki rasa lezat dan bergizi. Selain itu, masakan ini juga cukup mudah dibuat sehingga bisa dijadikan sebagai menu harian di rumah.

Dikatakan sehat, sebab ikan kukus ala Kanton diolah dengan cara dikukus. Ikan yang digunakan bisa berupa ikan utuh atau ikan fillet tanpa tulang.

Seperti yang kita tahu bahwa ikan memiliki kandungan nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Sehingga, sangat dianjurkan untuk mengonsumsi ikan secara rutin.

Setelah matang, ikan bisa disajikan dengan saus kecap yang terbuat daru bahan kecap, jahe, daun bawang, dan daun seledri. Rasa gurih, manis, dan sedikit pedas, mampu membuat lidahmu menari-nari.

10. Cakwe

14 Chinese Food Halal, Makanan Wajib Dicoba Kelezatannya

(foto: pexels)

Cakwe merupakan olahan roti yang digoreng dengan rasa asin dan gurih. Biasanya, makanan ini dijumpai di pinggir jalan dan dijual bersama roti goreng.

Makanan ini rupanya berasal dari Cina, dan tentu saja halal dan bebas dimakan oleh siapapun. Awal kemunculannya, cakwe hanya dijadikan sebagai bekal ketika berperang karena dianggap lebih praktis dan mengenyangkan.

Namun, saat ini makanan ini kerap menjadi hidangan atau cemilan yang di santap di pagi hari. Makan cakwe tidak lengkap rasanya jika tidak dicocol dengan saus asam manis pedas. Rasa gurih rotinya dicampur dengan sausnya yang pedas, mampu membuat lidah bergoyang.

Tak heran jika banyak masyarakat Indonesia menyukai makanan ini. Bahkan, banyak dari mereka menjadikan cakwe sebagai menu wajib sarapan di pagi hari. Sebab, selain rasanya enak, juga mampu membuat perut terasa kenyang lebih lama.

11. Mapo tofu

14 Chinese Food Halal, Makanan Wajib Dicoba Kelezatannya

(foto: istockphoto)

Apakah kamu termasuk pecinta makanan pedas? Jika iya, tidak salahnya untuk mencoba chinese food yang satu ini. Mapo tofu merupakan masakan cina yang terbuat dari bahan dasar tahu lembut yang dimasak dengan bumbu khusus, yakni lada hitam

Hidangan pedas ini sangat banyak diminati, terutama di negaranya. Jika kamu berkunjung ke Tiongkok, kamu akan menemukannya dengan mudah.

Mapo tofu yang asli menggunakan lada hitam yang hanya ada di tiongkok sebagai bahan perasa pedasnya. Sehingga, rasa yang dihasilkan cukup khas dan unik.

Sementara, di negara lain seperti Indonesia, lada hitam tidak ditemukan dengan mudah sehingga diganti dengan bahan lainnya. Dengan demikian, rasa yang dihasilkanpun juga berubah namun tetap lezat dan sesuai dengan lidah lokal.

12. Oyster omelette

14 Chinese Food Halal, Makanan Wajib Dicoba Kelezatannya

(foto: istockphoto)

Chinese food satu ini biasanya dijual disepanjang jalan Hongkong. Rasanya yang enak dan pastinya halal untuk dikonsumsi oleh siapapun.

Oyster omelette merupakan hidangan yang terbuat dari bahan dasar telur yang dicampur dengan tepung dan kerang. Ketiga bahan tersebut lalu digoreng seperti layaknya menggoreng telur dadar ataupun martabak telur.

Cara pembuatannya pun cukup mudah. Pertama-tama siapkan telur, irisan daun selada tepung kanji, kerang, dan bumbu penyedap. Setelah itu, telur didadar di atas penggorengan dan kemudian ditambahkan dengan adonan tepung kanji yang sudah dibuat sebelumnya.

Penggunaan tepung kanji disini bertujuan agar telur dadar semakin tebal dan bertekstur kenyal. Kemudian, tambahkan kerang yang sudah dicuci bersih dan juga irisan daun selada.

Goreng hingga matang dan berwarna kuning keemasan. Sajikan dengan siraman saus asam pedas dan manis untuk menambah cita rasa lezat.

13. I fu mie

14 Chinese Food Halal, Makanan Wajib Dicoba Kelezatannya

(foto: instagram)

Salah satu Chinese food yang satu ini dapat dijumpai di berbagai resto cina yang ada di Indonesia. I fu mie merupakan masakan khas Tionghoa yang berbahan dasar mie.

Dalam pembuatannya, mie direbus terlebih dahulu, lalu kemudian digoreng sampai garing hingga membentuk seperti sarang.

Saat proses penyajiannya, mie yang telah digoreng garing diletakkan di atas piring, kemudia disiram dengan capcay atau tumisan sayuran.

Hidangan ini memiliki cita rasa gurih, dan lezat. Perpaduan garing mienya ditambah dengan gurih tumisan sayur menjadi satu menghasilkan cita rasa yang luar biasa.

Selain rasanya yang lezat, I fu mie juga halal untuk disantap. Tertarik untuk mencoba? Yuk segera datangi restoran cina terdekat.

14. Bubur ikan

14 Chinese Food Halal, Makanan Wajib Dicoba Kelezatannya

(foto: istockphoto)

Bagi kamu pecinta bubur, tidak ada salahnya jika mencicipi makanan khas cina satu ini, ialah bubur ikan.

Sama halnya seperti bubur pada umumnya, bubur ikan terbuat dari beras yang dimasak hingga hancur. Bedanya, topping yang digunakan adalah suiran daging ikan, khususnya ikan dori.

Sebagai pelengkapnya, bisa ditambahkan dengan cakwe dan juga daun seledri.

Bubur ikan memiliki rasa gurih dengan aroma yang khas. Sebab, dalam pembuatannya, menggunakanan rempah khas cina.

 

Itulah beberapa jenis chinese food halal yang bisa dinikmati. Selain membelinya di restoran, kamu juga bisa membuatnya sendiri di rumah.

TULIS KOMENTAR

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.