. Kamu Punya Trauma? Ini 5 Tips Cara Mengatasinya | Dailysia

lifestyle

Kamu Punya Trauma? Ini 5 Tips Cara Mengatasinya

By  | 

Ada sebagian orang mengalami trauma di dalam hidupnya. Trauma ini disebabkan oleh berbagai macam hal di masa lalu mereka.

Trauma memang condong lebih ke arah yang negatif, karena seseorang pernah mengalami suatu kejadian yang tidak mengenakan sehingga dikehidupannya akan dihantui rasa ketakutan.

Untuk kamu yang memiliki trauma, coba yuk intip cara mengatasinya seperti dilansir dari Help Guide.

Baca juga: Gak Perlu Bingung, Ini 6 Langkah Mengatasi Anak yang Susah Makan

1. Bercerita dan perbanyak teman

Kamu Punya Trauma? Yuk Ketahui Bagaimana Cara Mengatasinya

(foto: unsplash/priscilladupreez)

Memendam trauma tersebut sendirian hanya akan membuat kamu semakin takut untuk bangkit dan seakan-akan memikul beban sendiri.

Cobalah untuk berbagai cerita ke orang terdekatmu. Ini akan membantumu mengurangi beban ketakutan karena telah bercerita ke orang lain dan hatimu juga akan lebih lega.

Perbanyaklah waktu dengan orang-orang yang dekat denganmu atau mengisi waktu dengan kegiatan yang lebih bermanfaat. Sebisa mungkin tidak sendirian karena bisa membuat kamu berlarut dalam trauma tersebut.

Selain kedua cara tadi, kamu juga bisa mencoba cara lain seperti mengikuti sebuah komunitas, travelling bersama keluarga atau teman, minta dukungan orang terdekat, berpartisipasi dalam kegiatan sosial dan lain sebagainya.

Bukankah hidup ini lebih berarti jika kamu memiliki teman dan saling bertukar cerita dengannya?

2. Curahkan isi hati lewat tulisan

Kamu Punya Trauma? Yuk Ketahui Bagaimana Cara Mengatasinya

(foto: pexels/lisafotios)

Jika kamu seseorang yang tidak bisa langsung percaya dan bisa menceritakan trauma ke orang lain, cobalah untuk menuangkan curahan hatimu itu lewat tulisan.

Dengan menuangkan isi hatimu secara rutin dengan menulis, maka semakin lama kamu perasaanmu akan semakin lega dan nyaman.

Tulisan juga menjadi salah satu terapi yang bisa kamu jalani untuk bisa mengatasi trauma secara perlahan-lahan.

Awalnya mungkin kamu merasa tidak nyaman dan kerepotan harus menulis, tapi percayalah semakin lama kamu akan terbiasa dan lebih rileks tentunya.

3. Menenangkan diri

Kamu Punya Trauma? Yuk Ketahui Bagaimana Cara Mengatasinya

(foto: pexels/arthurbrognoli)

Rasa gelisah, takut, khawatir dan bahkan stres merupakan hal yang biasa kamu alami ketika merasakan trauma. Meskipun demikian, kamu harus tetap berusaha untuk tetap tenang.

Menenangkan diri bukan hanya berguna untuk meringankan rasa trauma, tapi juga bisa mengendalikan emosi yang tidak terkontrol.

Bagaimana cara untuk menenangkan diri? pertama, kamu bisa melatih pernapasan seperti mengambil napas dalam-dalam dan membuangnya perlahan.

Yang kedua, kamu bisa mencoba untuk melihat pemandangan-pemandangan indah yang menyegarkan mata, bermain dengan hewan peliharaan, ataupun mendengarkan musik.

Baca juga: Bikin Emosi dan Pusing, Ini 7 Cara Menghadapi Orang Egois

4. Menghadapi ketakutan tersebut

Kamu Punya Trauma? Yuk Ketahui Bagaimana Cara Mengatasinya

(foto: unsplash/nanao)

Cara ini tentu tidak mudah untuk dilakukan, tapi untuk mengatasi rasa takut maka cara inilah bisa menjadi jalan terbaik.

Hadapilah ketakutan itu dengan rasa berani dan percaya bahwa semuanya akan baik-baik saja. Ulangi cara ini beberapa kali dan secara bertahap, kamu akan merasa lebih baik dari yang sebelumnya.

Saat mencoba cara ini, yang terpenting adalah kamu harus memikirkan bahwa untuk mengembalikan kualitas hidup, ketakutan itu harus dihadapi.

5. Jagalah kesehatanmu

Kamu Punya Trauma? Yuk Ketahui Bagaimana Cara Mengatasinya

(foto: unsplash/jennyhill)

Tahukah kamu bahwa memiliki tubuh yang sehat maka kamu bisa mengatasi trauma dengan lebih baik lho. Maka dari itu sangat penting rasanya untuk menjaga kesehatan.

Mulailah dari hal kecil seperti tidur cukup selama 7 hingga 8 jam sehari. Karena kurangnya tidur hanya akan memperburuk trauma dan pastinya bisa mengganggu aktivitas harianmu.

Setelah itu mulailah konsumsi makanan sehat, perbanyak makan buah dan sayuran, jangan lupa juga konsumsi air putih yang cukup.

Hindari kebiasaan buruk untuk kesehatan seperti merokok dan minum alkohol. Berolahragalah secara rutin setidaknya 3 kali dalam seminggu.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi trauma. Trauma akan berangsur membaik jika kamu rutin melakukan 5 cara tersebut, selamat mencoba!