. ";s:18:"ihaf_insert_footer";s:0:"";s:16:"ihaf_insert_body";s:0:"";s:21:"_transient_doing_cron";s:33:"1596417378.3123149871826171875000";}} Jangan Anggap Remeh, 6 Kebiasaan Ini Bisa Ganggu Kesehatan Mental Kamu

lifestyle

Jangan Anggap Remeh, 6 Kebiasaan Ini Bisa Ganggu Kesehatan Mental Kamu

By  | 

Siapa bilang kesehatan fisik lebih penting dari kesehatan mental? Faktanya baik kesehatan fisik maupun kesehatan mental memang sama pentingnya.

Ada berbagai faktor yang bisa mempengaruhi kesehatan mental seseorang. Jika mental tidak dijaga dengan baik, maka gangguan mental bisa saja terjadi.

Mungkin kamu beranggapan gangguan mental terjadi akibat trauma saja. Padahal gangguan mental ini bisa terjadi bisa dari berbagai kebiasaan yang kamu lakukan.

Dilansir dari Careers In Psychology, ada beberapa kebiasaan yang bisa mengganggu kesehatan mentalmu, apa saja ya?

Baca juga: 4 Bahan Alami Ini Bisa Buat Rambut Kamu Lembut & Mudah Diatur

1. Perfeksionis

Waspada! 6 Kebiasaan ini Bisa Menganggu Kesehatan Mental Kamu

(foto: unsplash/hoxmark)

Memilih segala sesuatu yang terbaik untuk hidupmu memang sangat penting. Apalagi dalam menggapai tujuan hidupmu, kesempurnaan memang sangat dibutuhkan.

Hanya saja tidak semua hal bisa dituntut untuk selalu sempurna. Karena jika kamu terus-menerus menuntut kesempurnaan, maka semakin lama mentalmu akan terganggu.

Para psikolog mengatakan bahwa perfeksionis memang ada sisi positif dan negatifnya. Positif karena bisa membantumu untuk melakukan yang terbaik di hidup ini, menetapkan tujuan dan melihat kegagalan sebagai suatu pembelajaran.

Sedangkan sisi negatifnya, kamu akan merasa ketakutan, gagal dan ketidak puasan jika kamu tidak mencapai kesempurnaan tersebut.

2. Posisi duduk yang salah

Waspada! 6 Kebiasaan ini Bisa Menganggu Kesehatan Mental Kamu

(foto: pexels/gustavofring)

Tahukah kamu ternyata cara duduk yang salah juga bisa mengganggu kesehatan mentalmu.

Menurut penelitian yang diterbitkan pada Journal of Behaviour Therapy dan Experimental Psychiatry, posisi duduk yang baik juga akan mempengaruhi suasana hatimu menjadi lebih baik lagi.

Selain bisa memperbaiki suasana hati, posisi duduk yang benar juga bisa menambah energi positif, mengurangi rasa lelah dan mengurangi depresi rendah hingga sedang.

3. Selalu merasa bersalah

Waspada! 6 Kebiasaan ini Bisa Menganggu Kesehatan Mental Kamu

(foto: pixabay)

Tentunya setiap orang juga pernah membuat kesalahan, baik kesalahan kecil ataupun besar. Ada yang cepat melupakan kesalahan tersebut dan ada juga yang sulit melupakannya sehingga terus merasa bersalah.

Selalu merasa bersalah hanya akan memperburuk mentalmu, menambah pikiran negatif dan kamu menjadi tidak fokus dalam mengerjakan suatu pekerjaan.

Agar pekerjaan dan aktivitas bisa berjalan lebih lancar, cobalah untuk mulai mengurangi perasaan bersalah di dalam dirimu.

Ingat, merasa bersalah bukanlah menyelesaikan persoalan tapi hanya membuat kamu terus berada di dalam masalah yang seperti tak ada jalan keluarnya.

Baca juga: 6 Cara Gampang Mengatasi Friendzone, Jangan Terlalu Baik & Jangan Baper

4. Kurang olahraga

Waspada! 6 Kebiasaan ini Bisa Menganggu Kesehatan Mental Kamu

(foto: unsplash/gentritbsylejmani)

Kurang olahraga atau bahkan tidak olahraga sama sekali hanya akan membuat suasana hati menjadi lebih buruk.

Maka dari itu biasakanlah olahraga secara rutin setidaknya 3 kali dalam seminggu. Lakukan olahraga yang kamu sukai selama 30 menit setiap kali melakukan olahraga.

Suasana hari akan menjadi lebih baik jika kamu rutin melakukan olahraga karena bisa melepaskan hormon endorfin dan sistem kekebalan tubuh juga menjadi lebih baik.

5. Terlalu sering menggunakan media sosial

Waspada! 6 Kebiasaan ini Bisa Menganggu Kesehatan Mental Kamu

(foto: unsplash/austindistel)

Sekarang ini rasanya hampir setiap orang memiliki media sosial ya. Jadi tidak heran kalau hampir beberapa jam sekali, rasanya ada yang kurang jika tidak mengecek media sosial yang dimiliki.

Selain itu orang-orang juga lebih senang berkomunikasi via media sosial karena lebih praktis dibandingkan berkomunikasi secara langsung.

Padahal kamu juga butuh lho berkomunikasi secara langsung dan mengurangi penggunaan media sosial agar kesehatan mentalmu tetap terjaga dengan baik.

Kamu harus tau bahwa komunikasi langsung memang lebih penting, karena akan melatih cara berinteraksimu dengan orang lain dan menjaga mentalmu agar tetap lebih baik.

6. Kurang tidur

Waspada! 6 Kebiasaan ini Bisa Menganggu Kesehatan Mental Kamu

(foto: pexels/andreapiacquadio)

Berbagai pekerjaan yang belum terselesaikan atau terus memainkan media sosial hingga larut malam akan sangat mengganggu kualitas tidurmu.

Tidur larut malam dan waktu tidur yang tidak cukup akan membuat kesehatan mental menjadi terganggu, tidak mudah fokus, mood menjadi lebih buruk dan kurang bersemangat.

Jika kamu kurang tidur terus-menerus maka akan memunculkan berbagai risiko penyakit seperti bipolar, depresi dan berbagai penyakit akan lebih mudah menyerang tubuhmu.

Dari 6 kebiasaan diatas, manakah yang paling sering kamu lakukan? Mulai sekarang yuk jaga kesehatan mentalmu, karena mental yang sehat akan membuat tubuhmu sehat juga.